1 April 2012 Mobil Pribadi Dilarang Pakai Premium?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: 1 April 2012 Mobil Pribadi Dilarang Pakai Premium?

Post by VanzMatic »

zweifellos wrote:Ini sebenarnya bbm subsidi dan non-subsidi kan? Kalau memang iya, mestinya ga perlu mempermasalahkan premium, pertamax dll. Toh premium bisa dijual dengan harga non-subsidi. Bukan masalah lah kalau yang seperti ini.

Mengenai hubungannya ke transportasi massal, sepertinya kurang relevan. Tujuan dari menjual bbm dengan harga non-subsidi kan biar subsidi bisa dinikmati dengan lebih baik, bukan ke arah pengurangan kendaraan bermotor roda empat.
setuju om, kalo emang niat menghapus subsidi, lepas juga aja premium ke harga minyak internasional, sehingga tercipta prinsip "Ada harga ada barang (Ana rega ana rupa)". Mau hemat, pakai aja premium, tapi dengan resiko lebih boros dikit, bikin nglitik, dll, kalo mobil dinas kantor mah sebodo teuing, mesin mobil prothol di jalan ya tinggal telpon kantor, beres.

Kalo mobil mau lebih hemat, pakai aja petromax. Lebih iritt, mobil jadi ga gampang rusak, kan repot ndiri kalo mobil pribadi malah rusak.

Ini, IMHO, lebih fair. Anggaran engga terbebani karena premium udah dilepas ke harga pasar dunia, tapi konsumen juga bebas memilih. :big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: 1 April 2012 Mobil Pribadi Dilarang Pakai Premium?

Post by Cloud »

Untuk sekarang, dengan kondisi psikologis rakyat Indonesia pada umumnya, kebijakan ini bakal menjadi buah simalakama.
Mending dibenahi untuk jangka panjang, toh sekarang sistem ekonomi dh rusak (meski dikatakan sukses melewati krisis), sekalian aja rusak, tapi ke arah yang benar dalam penyembuhannya, jangan tanggung2 ngobatin penyakit, ntr gak sembuh2 malah menjadi tak tersembuhkan karena sudah mendarah daging dan menjadi gaya hidup.
Ini tugas pemerintah, tapi mari kita juga berkontribusi,
pada hal2 yang kecil aja.
misal, sekarang banyak terjadi anak2 smp bahkan sd ke sekolah sudah pake motor, pada ugal2an pula,
nah, mulailah menyita motor anak2, dan berilah mereka sepeda or biar naik angkutan umum, ato jalan kaki kalo deket, ato antar jemput juga gpp (kalo angkutan umum dinilai gk aman n nyaman),
antar jemput bikin macet?
mungkin iya, tapi ada sisi pembelajarannya,

masalah angkutan massal yang buruk bukan tugas kita, tapi sebenarnya bisa berkontribusi, misalkan anda pengusaha kaya yang ingin berbisnis di bidang transportasi, bisa tuh ajukan proposalnya ke pemerintah, masalah diterima ato nggak, selama ada niat baik n bisnisnya benar2 baik, pasti diterima, kalo nggak, berarti emang pemerintahnya yg kurang tanggap, masih sibuk terima uang haram di depan mata daripada menerima uang halal yang belum ada di depan mata,
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: 1 April 2012 Mobil Pribadi Dilarang Pakai Premium?

Post by VanzMatic »

Cloud wrote:Untuk sekarang, dengan kondisi psikologis rakyat Indonesia pada umumnya, kebijakan ini bakal menjadi buah simalakama.
Mending dibenahi untuk jangka panjang, toh sekarang sistem ekonomi dh rusak (meski dikatakan sukses melewati krisis), sekalian aja rusak, tapi ke arah yang benar dalam penyembuhannya, jangan tanggung2 ngobatin penyakit, ntr gak sembuh2 malah menjadi tak tersembuhkan karena sudah mendarah daging dan menjadi gaya hidup.
Ini tugas pemerintah, tapi mari kita juga berkontribusi,
pada hal2 yang kecil aja.
misal, sekarang banyak terjadi anak2 smp bahkan sd ke sekolah sudah pake motor, pada ugal2an pula,
nah, mulailah menyita motor anak2, dan berilah mereka sepeda or biar naik angkutan umum, ato jalan kaki kalo deket, ato antar jemput juga gpp (kalo angkutan umum dinilai gk aman n nyaman),
antar jemput bikin macet?
mungkin iya, tapi ada sisi pembelajarannya,

masalah angkutan massal yang buruk bukan tugas kita, tapi sebenarnya bisa berkontribusi, misalkan anda pengusaha kaya yang ingin berbisnis di bidang transportasi, bisa tuh ajukan proposalnya ke pemerintah, masalah diterima ato nggak, selama ada niat baik n bisnisnya benar2 baik, pasti diterima, kalo nggak, berarti emang pemerintahnya yg kurang tanggap, masih sibuk terima uang haram di depan mata daripada menerima uang halal yang belum ada di depan mata,
wihh, japemethe, dab...! :mky_02: :mky_02:

Sebenernya memang terpulang ke mental pemerintah, bro bro sekalian. Silakan tanya ke bro Cloud yang wong Yogjo, walaupun Jogja juga mulai tambah macet, tapi dengan adanya kemauan kuat pemerintah untuk me-revitalisasi public transport, pasti juga rakyatnya pada naroh mobilnya kok. Yang penting, kesinambungan moda transport itu.

Jogja dan Solo jadi contoh yang bagus untuk kepedulian keaparatan pada rakyat. Transport rakyat yang mudah dan murah masih dilindungi, seperti becak dan andong. Transport mandiri seperti ojek, ikut ditata. TransJogja terus dibenahi dan malah diangkat dengan cara ditawarkan sebagai salah satu ikon pariwisata, sehingga Solo dan Semarang juga ikut menyediakan sarana busway ini.. Sepeda juga dilindungi dengan penertiban jalur, pembuatan rambu2 sepeda dan penyediaan tempat berhenti sepeda di lampu merah.

Intinya, aparat bisa menjamin ketersediaan public transport yang AMAN, NYAMAN, dan sambung menyambung, jadi tidak memberi celah kepada masy untuk membuang duit berlebih untuk membeli bensin. Dengan demikian, akan semakin tercipta homogenitas masyarakat pengguna moda transport yang semakin beragam, sehingga masy juga semakin paham dan akan semakin menghargai pemakai moda transportasi lain.

Demikian share dari salah satu wong tjilik.... :ungg:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
deon_fuelsaver
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu Sep 23, 2010 13:22

Re: 1 April 2012 Mobil Pribadi Dilarang Pakai Premium?

Post by deon_fuelsaver »

Kalau ane sih simple aja.

Kalau Pemerintah Masih Korupsi , sampai kapanpun ane akan menentang wajib pertamax atau kenaikan harga bbm

Kalau pemerintah bersih berwibawa , ane akan mendukung subsidi bbm dihapus.....

Pertimbangannya simple :
subsidi yang dihapus itu kan akhirnya masuk kedalam kas negara. Tapi ane nggak yakin subsidi silang untuk masyarakat miskin akan dilakukan. Pasti banyak kebocoran disana sini. Duit yang berlebih itu toh nanti akan masuk ke dalam kantong pejabat negara.....

Ane gak rela
Pokoknya nggak rela


Wajib demo nih. Seluruh mahasiswa se_indonesia harus bersatu dengan seluruh masyarakat untuk demo.
Kalau perlu mendudukin gedung mpr seperti saat peristiwa lengsernya soeharto.

Waduh kok jadi gini ane....... :mky_01: maklum emosi.... :mky_03:
User avatar
dieselkiki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42

Re: 1 April 2012 Mobil Pribadi Dilarang Pakai Premium?

Post by dieselkiki »

pemerintah ni gak jelas.. senengya bikin polemik saja dengan mengeluarkan pernyataan nanggung dan seakan tidak cerdas

1. maksudnya mobil mewah ini apa ? Harga brapa atau cc berapa gak ada yang ngomong
2. subsidi untuk golongan tidak mampu. Tidak mampu itu penghasilan per bulan berapa ?
3. subsidi dihapuskan artinya apa ? penghapusan subsidi = penghapusan premium ataukah penghapusan subsidi = harga premium mengikuti harga pasaran ?? (quote dr om doq)
4. knapa pemerintah tidak membuat release resmi perhitungan subsidi per liternya ? Ngaku gitu lho
5. knapa gak jual premium tanpa subsidi saja ? jadi ada pilihan sesuai kantong masing-masing dengan konsekuensinya masing-masing (quote om vanzmatic). Apa susahnya pelaksanaan teknis di lapangannya ?
6. mobil di bawah tahun 2000 apakah layak mengkonsumsi BBM non subsidi maksudnya layak ilustrasinya adalah carry 1.0 tahun 95 apa kebutuhan mesinnya memang harus mengkonsumsi max ? mobil diesel konvensional apakah mesinnya memerlukan dex ? Setahu saya mesin diesel konvensional lebih membutuhkan solar karena ada sulfurnya yang berfungsi melumasi dibandingkan dex yang kurang mampu melumasi, cmiiw. apa solusinya untuk masalah ini mengingat orang indonesia banyak yang hanya mampu membeli mobil seumuran tersebut ?
7. kalau hanya premium yang diatur dan solar belum ada keputusannya maka akankah banyak permintaan akan mobil diesel konvensional ? Kalo iya bukankah hanya mengalihkan masalah ke solar ? apakah pemerintah juga memikirkan hal ini ?
8. kalau keputusan ini dilaksanankan akankah banyak orang berganti ke motor ? Berapa konsumsi premium oleh motor per hari ? banyak mana dibandingkan dengan mobil ? Apakah nanti motor juga akan ditarik subsidinya karena jumlahnya yang makin banyak ? apakah hal ini dipikirkan juga oleh pemerintah ?

Yang lebih banyak dikonsumsi per harinya itu premium atau solar ya ? Ada yang punya info ?
- faith humanity freedom -
User avatar
Lucky11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 592
Joined: Wed Jan 12, 2011 6:09
Location: Jalan Rusak ? ? ?

Re: 1 April 2012 Mobil Pribadi Dilarang Pakai Premium?

Post by Lucky11 »

deon_fuelsaver wrote:Kalau ane sih simple aja.

Kalau Pemerintah Masih Korupsi , sampai kapanpun ane akan menentang wajib pertamax atau kenaikan harga bbm

Kalau pemerintah bersih berwibawa , ane akan mendukung subsidi bbm dihapus.....

Pertimbangannya simple :
subsidi yang dihapus itu kan akhirnya masuk kedalam kas negara. Tapi ane nggak yakin subsidi silang untuk masyarakat miskin akan dilakukan. Pasti banyak kebocoran disana sini. Duit yang berlebih itu toh nanti akan masuk ke dalam kantong pejabat negara.....

Ane gak rela
Pokoknya nggak rela


Wajib demo nih. Seluruh mahasiswa se_indonesia harus bersatu dengan seluruh masyarakat untuk demo.
Kalau perlu mendudukin gedung mpr seperti saat peristiwa lengsernya soeharto.

Waduh kok jadi gini ane....... :mky_01: maklum emosi.... :mky_03:
Fersuma Bung ente ngotot kaya gini.... Ente ngotot eh... Para Anggota Dewan + Menteri malah enak2 Ngent*t Di gedung tempat musawaroh...
Dilarang Merokok Kecuali Perlu!
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: 1 April 2012 Mobil Pribadi Dilarang Pakai Premium?

Post by doq »

dieselkiki wrote:pemerintah ni gak jelas.. senengya bikin polemik saja dengan mengeluarkan pernyataan nanggung dan seakan tidak cerdas

1. maksudnya mobil mewah ini apa ? Harga brapa atau cc berapa gak ada yang ngomong
2. subsidi untuk golongan tidak mampu. Tidak mampu itu penghasilan per bulan berapa ?
3. subsidi dihapuskan artinya apa ? penghapusan subsidi = penghapusan premium ataukah penghapusan subsidi = harga premium mengikuti harga pasaran ?? (quote dr om doq)
4. knapa pemerintah tidak membuat release resmi perhitungan subsidi per liternya ? Ngaku gitu lho
5. knapa gak jual premium tanpa subsidi saja ? jadi ada pilihan sesuai kantong masing-masing dengan konsekuensinya masing-masing (quote om vanzmatic). Apa susahnya pelaksanaan teknis di lapangannya ?
6. mobil di bawah tahun 2000 apakah layak mengkonsumsi BBM non subsidi maksudnya layak ilustrasinya adalah carry 1.0 tahun 95 apa kebutuhan mesinnya memang harus mengkonsumsi max ? mobil diesel konvensional apakah mesinnya memerlukan dex ? Setahu saya mesin diesel konvensional lebih membutuhkan solar karena ada sulfurnya yang berfungsi melumasi dibandingkan dex yang kurang mampu melumasi, cmiiw. apa solusinya untuk masalah ini mengingat orang indonesia banyak yang hanya mampu membeli mobil seumuran tersebut ?
7. kalau hanya premium yang diatur dan solar belum ada keputusannya maka akankah banyak permintaan akan mobil diesel konvensional ? Kalo iya bukankah hanya mengalihkan masalah ke solar ? apakah pemerintah juga memikirkan hal ini ?
8. kalau keputusan ini dilaksanankan akankah banyak orang berganti ke motor ? Berapa konsumsi premium oleh motor per hari ? banyak mana dibandingkan dengan mobil ? Apakah nanti motor juga akan ditarik subsidinya karena jumlahnya yang makin banyak ? apakah hal ini dipikirkan juga oleh pemerintah ?

Yang lebih banyak dikonsumsi per harinya itu premium atau solar ya ? Ada yang punya info ?
sepaham sama saya oom......
semua pertanyaan2 itu jg masih belum jelas utk kita :e-think:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: 1 April 2012 Mobil Pribadi Dilarang Pakai Premium?

Post by evolution21 »

paling ga rela kalo pakein bbm non subsidi ke mobil angkutan, masa truck dyna, pick up carry, L300 dipakein pertadex / pertamax?
oh my god....
M-90
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54

Re: 1 April 2012 Mobil Pribadi Dilarang Pakai Premium?

Post by M-90 »

evolution21 wrote:paling ga rela kalo pakein bbm non subsidi ke mobil angkutan, masa truck dyna, pick up carry, L300 dipakein pertadex / pertamax?
oh my god....

Ane pernah lho liat metromini (1x) dan angkot (1x) ngisi BBM di SPBU Shell, bahkan ane sempat ngobrol same supir angkotnya, ane tanya "Bang, apa rugi isi pake Shell super utk angkot ?" eh dia jawab "Gpp Mas, sesekali isi Shell, biar mesinnya maknyoss !" :mky_01:
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Re: 1 April 2012 Mobil Pribadi Dilarang Pakai Premium?

Post by yoyoyo »

@semua diatas
banyak yg sepemikiran dng ane shg timbul pertanyaan2 yg sama.
ok,
intinya yg diperlukan adalah kontrol subsidi BBM, kontrol terhadap pemakaiannya.
sementara subsidi yg dihemat itu lain lagi ceritanya.

seperti yg sudah dicetus oleh blogger satu ini, solusi-jalan-tengah-dari-masalah-bbm-bersubsidi
adalah serupa R A T I O N I N G.
pelaksanaannya pakai semacam kupon, yg dicetak perum peruri (untuk menekan pemalsuan).
mau diperjual belikan? silahkan, tentu yg menjual tidak akan dapat subsidi itu.

yg masih jadi masalah di blog itu, bagaimana distribusinya.
ane baru terpikir, bagaimana kalau saat perpanjang STNK saja.
Jadi sudah pasti 1 kendaraan dapat 1 sheet/set kupon subsidi, misalnya:
berisi 100 kupon @sekian liter.

jangka waktu 1 (setahun?) - pemerataan subsidi
semua kendaraan dapat

jangka waktu 2 - klasifikasi subsidi
kendaraan berusia 20 tahun atau lebih tua (kalau 2012, berarti kendaraan 1990 dan lebih tua) : dapat
kendaraan 1991 sampai 2005 : dapat 50% set
kendaraan 2006 sampai terbaru : dapat 30% set

jangka waktu 3 - klasifikasi subsidi lanjutan 1
kendaraan berusia tua - 1990: dapat 50% set
kendaraan 1991 sampai 2005 : dapat 30% set
kendaraan 2006 sampai terbaru : dapat 15% set

jangka waktu 4 - klasifikasi subsidi lanjutan 2
kendaraan berusia tua - 1990: dapat 30% set
kendaraan 1991 sampai 2005 : dapat 20% set
kendaraan 2006 sampai terbaru : dapat 10% set

jangka waktu 4 - klasifikasi subsidi lanjutan 3
kendaraan berusia tua - 1990: dapat 10% set
kendaraan 1991 sampai 2005 : dapat 10% set
kendaraan 2006 sampai terbaru : dapat 10% set
---------> pada saat ini semua sama, artinya 10% ini tidak harus 10 lembar, bisa dipecah jadi 20 lembar

lepas dari jangka ini semua tanpa subsidi,
harga Premium akan floating.

kutipan dari artikel itu:
Sebagai perbandingan, negara lain yang pernah melakukan hal serupa adalah Iran. Tanggal 27 Juni 2007, Presiden Ahmadinejad melakukan penjatahan BBM bersubsidi yang kurang lebih sama seperti ide yang saya paparkan di atas. Pendistribusian merata ini berlangsung selama tiga tahun sampai Juli 2010. Setelah itu, Iran dengan total menghapuskan sistem subsidi BBM dan menggantikannya dengan sistem subsidi bertarget.
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: 1 April 2012 Mobil Pribadi Dilarang Pakai Premium?

Post by solar_kerosen »

Kamboja aja BBM gak subsidi masa kalah sama Kamboja dan Thailand
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: 1 April 2012 Mobil Pribadi Dilarang Pakai Premium?

Post by evolution21 »

yah tiap negara punya kebijakan beda2 lha
ada negara yg sekolah disubsidi
ada yg berobat disubsidi
dll dll
User avatar
dieselkiki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42

Re: 1 April 2012 Mobil Pribadi Dilarang Pakai Premium?

Post by dieselkiki »

kalo saya lebih setuju :

1. premium dan solar dijual dengan harga tanpa subsidi supaya ada pilihan dengan konsekuensi masing-masing (mengakomodir golongan yang hanya mampu membeli mobil dengan cara kredit yang artinya pengeluaran pendapatan seseorang yang sudah diatur seefisien mungkin sehingga apabila ada kebutuhan mendadak tidak langsung terganggu keuangannya)

2. premium dan solar subsidi hanya untuk kendaraan umum, motor harus pake non subsidi juga. Untuk melatih bangsa ini mandiri dari subsidi. Kenapa motor juga ?
a. untuk mengerem pertumbuhan motor yang makin gampang dimiliki oleh pihak yang sebenarnya belum siap mental untuk memiliki dan menaiki sepeda motor (karena hal ini yang membuat kemacetan makin kusut dan semrawut)
b. menekan angka kecelakaan sepeda motor

3. mobil baru dengan cc lebih dari (atau sama) dengan 1500 cc untuk bensin dan diesel harus membeli bbm selain premium dan solar.kenapa 1500 cc ?
a. karena harga mobil ini lebih dari 200 juta yang menurut saya membeli mobil dengan harga 200 juta saja mampu kenapa membeli max/plus/dex gak mampu ? (sudah cukup kaya)
b. memaksa produsen mobil untuk mengeluarkan mesin cc kecil berteknologi modern sehingga ratio km/l lebih bagus lagi (kalau dari sananya cc lebih kecil berteknologi sama dengan mesin besar maka dari sononya ini mesin sudah irit tinggal pengemudinya saja yang bisa membuat irit atau tidak). Supaya kita mendapatkan mesin dengan teknologi pendukungnya yang bagus sama dengan yang di luar negri dan uang kita menjadi berharga setiap kali kita keluarkan
c. mesin max 1500cc sudah cukup mengakomodir fungsi dasar dari sebuah mobil toh infrastrukturnya juga tidak memadahi (jalan bolong, macet, lalu lintas semrawut, dll), menurut saya membesarnya cc mobil sebenarnya di drive oleh produsen bukan karena kebutuhan konsumen.

asal uang tarikan dari subsidi tidak dimakan secara tidak seharusnya saya yakin banyak pengguna mobil pribadi setuju kalo solar dan premium dijual tanpa subsidi


just ngopini... :mky_01:
- faith humanity freedom -
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: 1 April 2012 Mobil Pribadi Dilarang Pakai Premium?

Post by Risol1 »

dieselkiki wrote:pemerintah ni gak jelas.. senengya bikin polemik saja dengan mengeluarkan pernyataan nanggung dan seakan tidak cerdas

1. maksudnya mobil mewah ini apa ? Harga brapa atau cc berapa gak ada yang ngomong
2. subsidi untuk golongan tidak mampu. Tidak mampu itu penghasilan per bulan berapa ?
3. subsidi dihapuskan artinya apa ? penghapusan subsidi = penghapusan premium ataukah penghapusan subsidi = harga premium mengikuti harga pasaran ?? (quote dr om doq)
4. knapa pemerintah tidak membuat release resmi perhitungan subsidi per liternya ? Ngaku gitu lho
5. knapa gak jual premium tanpa subsidi saja ? jadi ada pilihan sesuai kantong masing-masing dengan konsekuensinya masing-masing (quote om vanzmatic). Apa susahnya pelaksanaan teknis di lapangannya ?
6. mobil di bawah tahun 2000 apakah layak mengkonsumsi BBM non subsidi maksudnya layak ilustrasinya adalah carry 1.0 tahun 95 apa kebutuhan mesinnya memang harus mengkonsumsi max ? mobil diesel konvensional apakah mesinnya memerlukan dex ? Setahu saya mesin diesel konvensional lebih membutuhkan solar karena ada sulfurnya yang berfungsi melumasi dibandingkan dex yang kurang mampu melumasi, cmiiw. apa solusinya untuk masalah ini mengingat orang indonesia banyak yang hanya mampu membeli mobil seumuran tersebut ?
7. kalau hanya premium yang diatur dan solar belum ada keputusannya maka akankah banyak permintaan akan mobil diesel konvensional ? Kalo iya bukankah hanya mengalihkan masalah ke solar ? apakah pemerintah juga memikirkan hal ini ?
8. kalau keputusan ini dilaksanankan akankah banyak orang berganti ke motor ? Berapa konsumsi premium oleh motor per hari ? banyak mana dibandingkan dengan mobil ? Apakah nanti motor juga akan ditarik subsidinya karena jumlahnya yang makin banyak ? apakah hal ini dipikirkan juga oleh pemerintah ?

Yang lebih banyak dikonsumsi per harinya itu premium atau solar ya ? Ada yang punya info ?
Kalo yg ane baca dari postingannya TS + dari link2 detikoto yg dikasi sama TS, sebenernya udah jelas banget peraturan yg mao diimplementasikan oleh pemerintah:

nih ane coba jawabin:
1. Gak ada yg bilang "mobil mewah" gak boleh isi premium, yg ada adalah "mobil pribadi" gak boleh isi premium lagi setelah 1 april 2012, alias mobil apapun juga (mewah, kuno, murah, SUV, sedan, dll), selama tu mobil milik pribadi, ya gak boleh isi premium.

2. Pertama, pemerintah belum bilang bahwa subsidi BBMnya mao dialihkan untuk golongan tidak mampu. Kedua, kalaupun mao dialihkan ke golongan ini, pasti pemerintah udah punya standard income level orang2 yg eligible buat subsidi ini.

3. menteri esdm gak pernah bilang bahwa harga premium gak bakal disubsidi lagi (ikuti harga pasar) atau premium mao dihapuskan.
yg dia bilang begini:
"Premium = BBM subsidi"
"Pertamax dan pertamax plus = BBM Non subsidi"
"mobil pribadi gak boleh pake BBM subsidi alias gak boleh pake premium"
Artinya mobil pribadi harus pake pertamax atau pertaplus....udah gitu doang :mrgreen:
BBM subsidi (premium) akan dinaikkan bertahap, tapi bukan berarti gak disubsidi lagi.

4. Kalo anda minta datanya ke pertamina mungkin bisa dikasi karena itukan public records.

5. jawabannya karena "pemerintah gak mau". Alasannya banyak dan macem2 dan kita mungkin cuma bisa tebak2 aja. Kalo ane bilang sih mungkin karena pemerintah harus mempertimbangkan kenaikkan ini dari semua sisi kehidupan masy indonesia, ya dari sektor ekonomi, politik, dll....misalnya pemerintah menganggap bahwa masy (terutama kelas menengah bawah) belum bisa survive tanpa BBM subsidi, dsb....

Lagian juga premium non subsidi harganya gak bakal beda jauh sama pertamax, paling beda 500 per liternya....sekarang bisa murah gini ya karena subsidinya kenceng.

6. Kalo mobil2 tua dan teknologi rendah apakah layak atau engga pake pertamax, ya jawabannya bergantung masing2 orang. Tapi kalo peraturan udah bilang harus pake, ya apapun opini dari masing2 orang, dimata pemerintah ya jadi LAYAK.
Sama aja misalnya kaya mobil daihatsu ceria koq bayar parkir perjamnya sama kaya mobil hummer H2? Apakah ceria LAYAK bayar parkir dengan rate yg sama dengan H2 padahal mungkin ceria cuma pake setengah space parkirnya H2? Tapi kalo pengelola parkir udah bilang sama ratenya, ya pemilik ceria harus bayar yg sama kalo mao parkir disitu....

Kalo soal solar, mobil pribadi masih boleh pake solar subsidi. Peraturan ini cuma untuk bensin (kata si menteri di detikoto)

7. mungkin iya mungkin engga, mungkin banyak yg lari ke solar mungkin sedikit. Tapi yg pasti di indo populasi mobil solar (terutama harga menengah bawah) masih jauh lebih sedikit dibanding yg bensin.
Kalo rakyat udah membludak pake solar semua, biarlah pemerintah pikirin lagi gimana langkah selanjutnya. Tapi yg pasti sekarang ini, cuma premium yg dilarang, solar masih bebas.

8. sama kaya jawaban no 7

gampang kan jawabannya :mrgreen:
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: 1 April 2012 Mobil Pribadi Dilarang Pakai Premium?

Post by solar_kerosen »

Solar di kalimantan sekarang Langka bener om .................. seminggu bisa cuma 2x itupun intip intipan sama Truk siapa cepat dia dapat aduh ... udah kaya jaman kemerdekaaan saja antri beras
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: 1 April 2012 Mobil Pribadi Dilarang Pakai Premium?

Post by ilhami »

beli solar industri aja, dijamin nggak ngantri :big_weee:
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Re: 1 April 2012 Mobil Pribadi Dilarang Pakai Premium?

Post by yoyoyo »

Risol1 wrote: 5. jawabannya karena "pemerintah gak mau". Alasannya banyak dan macem2 dan kita mungkin cuma bisa tebak2 aja. Kalo ane bilang sih mungkin karena pemerintah harus mempertimbangkan kenaikkan ini dari semua sisi kehidupan masy indonesia, ya dari sektor ekonomi, politik, dll....misalnya pemerintah menganggap bahwa masy (terutama kelas menengah bawah) belum bisa survive tanpa BBM subsidi, dsb....

Lagian juga premium non subsidi harganya gak bakal beda jauh sama pertamax, paling beda 500 per liternya....sekarang bisa murah gini ya karena subsidinya kenceng.
betul, spt kata blog itu:
selama tahun 2001-2002, pemerintah selalu merevisi harga BBM pada hampir setiap bulannya.
...
2003-2004, Presiden Megawati Sukarnoputri menghadapi masalah klasik, yaitu membengkaknya subsidi BBM. Harga bensin Premium saat itu adalah Rp 1810/liter dan cukup menggerogoti APBN kita. Harga tersebut ditetapkan pada 1 Januari 2003 dan bertahan sampai akhir kepemimpinan Megawati Sukarnoputri.
....
Mengapa dilakukan perubahan kebijaksanaan yang tiba-tiba? Tentunya, tak lain dan tak bukan, adalah karena Pemilihan Umum yang akan dilaksanakan pada tahun 2004. Rasanya pemerintah tahu persis bahwa subsidi BBM pada umumnya merupakan ide yang buruk. Tapi pemerintah juga tahu menaikkan harga BBM adalah cara pasti untuk menurunkan modal politik. Dan modal politik sangat dibutuhkan untuk menjaring suara pemilih.
...
Susilo Bambang Yudhoyono ...... merevisi harga BBM bersubsidi. Tugas ini pertama kali dilakukan pada 1 Maret 2005 dengan merevisi harga Premium menjadi Rp 2400/liter. Dan yang kedua pada 1 Oktober 2005 dengan kembali merevisi harga Premium menjadi Rp 4500/liter. Langkah ini, tentu saja, tanpa perlu ada perasaan malu-malu, diprotes habis-habisan oleh Megawati dan partainya yang kini menjadi oposisi.


sudah pernah terjadi, dan tentu pemerintah saat ini ngga mau mengulang.
itulah kenapa timbul ide rationing , juga ide saya bgmn pelaksanaannya yg harus secara bertahap
agar rakyat tidak merasa dicubit, dan ada adaptasi di berbagai bidang.

premium kalau suatu saat disubsidi sangat keciiiil pun, saya akan pakai kalau kendaraan saya specnya minta premium.
mungkin pemerintah bisa berbaik hati dng menyuguhkan premium TT kedepannya.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: 1 April 2012 Mobil Pribadi Dilarang Pakai Premium?

Post by ilhami »

Turboman wrote:
Soal penghapusan subsidi BBM yah yuk mari kita lihat, jika orang gak bisa isi Premium maka ada "toko" yg jadi rame.........so ? :mrgreen:
maksudnya toko apa ya :ungg:
User avatar
fusionkit
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Fri Apr 13, 2007 5:48

Re: 1 April 2012 Mobil Pribadi Dilarang Pakai Premium?

Post by fusionkit »

Selama masih banyak korupsi kok sepertinya gak rela subsidi ditiadakan yah? soalnya ud ketebak ujung2nya uang subsidi gak balik ke rakyat malah dikorupsi.. :mky_03:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: 1 April 2012 Mobil Pribadi Dilarang Pakai Premium?

Post by VanzMatic »

Memang sih, kita ributnya kan karena itu.

Pajak digenjot, kita dicekik pajak kiri kanan, eehhh, orang pajak nya yang makan uang pajak kita... :big_slap:

Subsidi premium dipangkas, eeh mau bikin gedung dpr baru...tunjangan dewan, presiden dan menteri naik semua, plus mobil dinas ganti semua,... sementara sekolah2 pada ambruk, jembatan jembatan pada rubuh, jalan bopeng kemana mana (jalan negara lo, bukan jalan pemda).
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
salah obat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56

Re: 1 April 2012 Mobil Pribadi Dilarang Pakai Premium?

Post by salah obat »

haha..
Biasanya pemimpin yang pusing ngatur bawahannya, lha ini kok bawahan dibikin pusing para pemimpinnya.
User avatar
fusionkit
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Fri Apr 13, 2007 5:48

Re: 1 April 2012 Mobil Pribadi Dilarang Pakai Premium?

Post by fusionkit »

kalau dilihat "derita" tahun depan, pengendara mobil sudah banyak dihadapkan oleh beberapa issue seperti subsidi bbm dihapuskan, rencana kenaikan tarif tol dan parkir, pajak kendaraan yg berlipat karena mempunyai mobil lebih dari satu, keadaan jalan yg sudah semakin tidak kondusif.

padahal kalau mau dilihat, pemilik kendaraan membayar pajak kendaraan setiap tahun untuk apa yah? rata2 1 mobil bayar sekitar 1jt rupiah dan berapa banyak mobil yg ada di jakarta? uang sebanyak itu kemana yah? hm.. :big_smoking:

kondisi jalan yg sangat sudah tidak layak, seenaknya dalam perencanaan contoh Sudirman yg menjadi "NERAKA" kemacetan akibat gorong2? seharusnya hal2 seperti ini bisa diantisipasi oleh pemerintah.

tapi pada kenyataannya rakyat yg selalu kalah, saya mendukung kita bebas subsidi bbm tapi kondisi jalan juga harus baik sehingga uang kita gak terbakar menanti jalanan yg macet dan membuat stress..!!
User avatar
Lucky11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 592
Joined: Wed Jan 12, 2011 6:09
Location: Jalan Rusak ? ? ?

Re: 1 April 2012 Mobil Pribadi Dilarang Pakai Premium?

Post by Lucky11 »

VanzMatic wrote:Memang sih, kita ributnya kan karena itu.

Pajak digenjot, kita dicekik pajak kiri kanan, eehhh, orang pajak nya yang makan uang pajak kita... :big_slap:

Subsidi premium dipangkas, eeh mau bikin gedung dpr baru...tunjangan dewan, presiden dan menteri naik semua, plus mobil dinas ganti semua,... sementara sekolah2 pada ambruk, jembatan jembatan pada rubuh, jalan bopeng kemana mana (jalan negara lo, bukan jalan pemda).
Memang Kita Harus Akui Ini Merupakan Kehebatan Dan Kelebihan Pemerintah Kita Dan Takkan Pernah Ada Di Negara Lain....
Dilarang Merokok Kecuali Perlu!
richngenerous
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 98
Joined: Tue Sep 13, 2011 5:26

Re: 1 April 2012 Mobil Pribadi Dilarang Pakai Premium?

Post by richngenerous »

ane tidak melihat keuntungan pake non subsidi. uangnya buat subsidi mao diapain. ngak keliatan tuh wujud nyatanya. uang rakyat makin susah sebaliknya uang penguasa makin tebal.
FortunerMan

Re: 1 April 2012 Mobil Pribadi Dilarang Pakai Premium?

Post by FortunerMan »

VanzMatic wrote:Memang sih, kita ributnya kan karena itu.

Pajak digenjot, kita dicekik pajak kiri kanan, eehhh, orang pajak nya yang makan uang pajak kita... :big_slap:

Subsidi premium dipangkas, eeh mau bikin gedung dpr baru...tunjangan dewan, presiden dan menteri naik semua, plus mobil dinas ganti semua,... sementara sekolah2 pada ambruk, jembatan jembatan pada rubuh, jalan bopeng kemana mana (jalan negara lo, bukan jalan pemda).
Ajaib memang kelakuan pejabat2 Indonesia.