All about Suzuki katana
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Thu Jul 07, 2011 3:01
All about Suzuki katana
Mohon di share yang dulu ato skarang yg masih punya katana
Mohon share suka dan duka nay....
Mohon share suka dan duka nay....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: All about Suzuki katana
Pernah iseng jual beli mobkasnya bro. Jimny dan Katana.
(+)
Banyak. Parts murah, berlimpah, gampang diperbaikin.
( . )( . ) Eh salah maksud ane (-)
Dari sisi user: Performa pas2an (abis apa yang diharapin mesin seliter konvensional), kalo dapet unit gak terawat biasanya penyakitan radiatornya. Ajrut2an. Bisa ditolong dengan ganti per daun dan shocknya. Tapi cuman nolong dikit. Bodinya terlalu kecil memang, tipikal mobil kecil y gitulah pastinya. Space sempit, berasa claustrophobic bagi yang biasa mobil gede kek ane.
Dari sisi pedege: Capek ngejualnya, banyak banget saingan. Susah cari sekenan bagus maklum tipikal usernya adalah konsumen entry user yang mayoritas cuman tau makek doank dengan perawatan minim. Lha kok malah curcol....
Konklusi: Cari mobil buat operasional harian yang ekonomis ? Dialah jawabannya. Secara teknis dia gak da keluhan sama sekali.
(+)
Banyak. Parts murah, berlimpah, gampang diperbaikin.
( . )( . ) Eh salah maksud ane (-)
Dari sisi user: Performa pas2an (abis apa yang diharapin mesin seliter konvensional), kalo dapet unit gak terawat biasanya penyakitan radiatornya. Ajrut2an. Bisa ditolong dengan ganti per daun dan shocknya. Tapi cuman nolong dikit. Bodinya terlalu kecil memang, tipikal mobil kecil y gitulah pastinya. Space sempit, berasa claustrophobic bagi yang biasa mobil gede kek ane.
Dari sisi pedege: Capek ngejualnya, banyak banget saingan. Susah cari sekenan bagus maklum tipikal usernya adalah konsumen entry user yang mayoritas cuman tau makek doank dengan perawatan minim. Lha kok malah curcol....
Konklusi: Cari mobil buat operasional harian yang ekonomis ? Dialah jawabannya. Secara teknis dia gak da keluhan sama sekali.
Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3051
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: All about Suzuki katana
Nightster Guy wrote:Pernah iseng jual beli mobkasnya bro. Jimny dan Katana.
(+)
Banyak. Parts murah, berlimpah, gampang diperbaikin.
( . )( . ) Eh salah maksud ane (-)
Dari sisi user: Performa pas2an (abis apa yang diharapin mesin seliter konvensional), kalo dapet unit gak terawat biasanya penyakitan radiatornya. Ajrut2an. Bisa ditolong dengan ganti per daun dan shocknya. Tapi cuman nolong dikit. Bodinya terlalu kecil memang, tipikal mobil kecil y gitulah pastinya. Space sempit, berasa claustrophobic bagi yang biasa mobil gede kek ane.
Dari sisi pedege: Capek ngejualnya, banyak banget saingan. Susah cari sekenan bagus maklum tipikal usernya adalah konsumen entry user yang mayoritas cuman tau makek doank dengan perawatan minim. Lha kok malah curcol....
Konklusi: Cari mobil buat operasional harian yang ekonomis ? Dialah jawabannya. Secara teknis dia gak da keluhan sama sekali.
justru itu biar kecil2 cabe rawit cuma unitnya kok sekarang langka yah masih banyakan Taft gue lihat mondar mandir di kota
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: All about Suzuki katana
katana yg jelas harganya nahan banget.....
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Thu Jul 07, 2011 3:01
Re: All about Suzuki katana
di angka brapa tuh om?ak4ng wrote:katana yg jelas harganya nahan banget.....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: All about Suzuki katana
katana 2wd masi ada yg brani jual 40 jetian......
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Thu Jul 07, 2011 3:01
Re: All about Suzuki katana
tahun berapa tuh om?
bapak ane lg nyari buat iseng ehehhe
buat maen offroad kalo lg liburan...
bapak ane lg nyari buat iseng ehehhe
buat maen offroad kalo lg liburan...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: All about Suzuki katana
lokasi sukabumi..... taun 2000an lah...... Lupa.... itu bbrp bln yg lalu....
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Thu Jul 07, 2011 3:01
Re: All about Suzuki katana
yah jauh om sukabumi
yang skitar jakarta gk ada om?
yang skitar jakarta gk ada om?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Mon Sep 15, 2008 6:20
- Location: Bandung
Re: All about Suzuki katana
Keluarga jimny/katana, jangan membayangkan mobil yg nyaman..., tapi....
- Versi 2WD: Spare part murah banget, gampang pula nyarinya, BBM irit asal jangan dikasih ban terlalu gede, mesin sangat2 simpel utk ukuran mobil zaman skrg, perawatan mudah. Enak utk dipakai dalam kota tapi kalau utk keluar kota/jarak jauh sebaiknya jangan deh....
- Versi 4WDnya utk offroad? Siapa takut? Asalkan di'modif' secara tepat, ndak malu2in kok utk main tanah/lumpur.
- Versi 2WD: Spare part murah banget, gampang pula nyarinya, BBM irit asal jangan dikasih ban terlalu gede, mesin sangat2 simpel utk ukuran mobil zaman skrg, perawatan mudah. Enak utk dipakai dalam kota tapi kalau utk keluar kota/jarak jauh sebaiknya jangan deh....
- Versi 4WDnya utk offroad? Siapa takut? Asalkan di'modif' secara tepat, ndak malu2in kok utk main tanah/lumpur.
Last edited by w126 on Fri Nov 18, 2011 13:55, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: All about Suzuki katana
masa sih bbm-nya irit? emang klu standardnya brp konsumsinya?
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 810
- Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37
Re: All about Suzuki katana
Di bali kayaknya Jimny/Katana jadi salah 1 mobil yang banyak ditemuin di jalan. Dulu nyokap juga pernah punya katana blitz, klo numpang dibelakang dijamin gak bisa tidur soalnya tempat duduknya yang model hadap2an trus goyangan kuat banget plus kabin gak pake finishing material lembut (dilapis kain aja nggak, cuman body besi di-cat), jadi sering kepala kejeduk body mobil n harus pegangan di besi yang melintang di kaca belakang. Klo liat temen2 yang pada pake sekarang sih enak banget kayaknya....gampang dirawat, serasa kayak punya motor aja ngerawatnya. tapi klo urusan bensin kok sepertinya gak irit2 amat ya? rata2 pemakaian normal di Bali sekitar 1:8 - 1:12, masih kalah ama city car. satu lagi yang harus diperhatikan pas beli yaitu kolongnya banyak yang keropos, mungkin karena banyak yang males bwt ngerawat serius mobil ini....
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Wed Sep 08, 2010 17:28
- Location: bandung
Re: All about Suzuki katana
pengalaman minggu lalu anter teman muter2 cari katana di bandung.
saat ini jimny/katana kayaknya udah masuk kategori mobil hobi...jd harga pasaran suka2 yg jual, rata2 harga taun 94-95 diatas 45jt semua.
modal pasang anting tinggi + ban extra grip, walau keropos sana sini plus mesin ngebul, yg jual bisa santai nawarin harga pembukaan 50jt...wewww
beruntung ane beli 2 tahun lalu masi murah heheh.
share pengalaman:
+ gampang dirawat, asal dah ganti platina ke cdi, radiator sehat, sering2 bersihin karbu, InsyaAllah greng terus.
+ sparepart ori murah2, apalagi yg kw ato second
+ part kampakan/copotan/ex-singapur sekarang banyak bgt. mo upgrade ke rem cakram, pasang power steering, upgrade ke 4x4, pasang booster rem, pasang elektrik fan, ganti gearbox 5 speed banyak bengkel yg nawarin dgn harga sangat murah dibanding taun2 kmaren.
- karna mobil jeep, dah pasti bantingan keras. gw sih dah nyerah ngulik2 ganti per ini itu, shock ini itu. teteup aja empuk standar jip heheheh...nikmati aja ajrut2an
- mobil gw gabisa dipake ngebut! speed 80 setir dah oleng kiri kanan. dah nyerah jg benerinnya gimana hehehe...klo diperiksa ke bengkel kaki2 dibilangnya gak ada yg oblag/rusak. di spooring/balancing bisa, teteup aja oleng
saat ini jimny/katana kayaknya udah masuk kategori mobil hobi...jd harga pasaran suka2 yg jual, rata2 harga taun 94-95 diatas 45jt semua.
modal pasang anting tinggi + ban extra grip, walau keropos sana sini plus mesin ngebul, yg jual bisa santai nawarin harga pembukaan 50jt...wewww
beruntung ane beli 2 tahun lalu masi murah heheh.
share pengalaman:
+ gampang dirawat, asal dah ganti platina ke cdi, radiator sehat, sering2 bersihin karbu, InsyaAllah greng terus.
+ sparepart ori murah2, apalagi yg kw ato second
+ part kampakan/copotan/ex-singapur sekarang banyak bgt. mo upgrade ke rem cakram, pasang power steering, upgrade ke 4x4, pasang booster rem, pasang elektrik fan, ganti gearbox 5 speed banyak bengkel yg nawarin dgn harga sangat murah dibanding taun2 kmaren.
- karna mobil jeep, dah pasti bantingan keras. gw sih dah nyerah ngulik2 ganti per ini itu, shock ini itu. teteup aja empuk standar jip heheheh...nikmati aja ajrut2an
- mobil gw gabisa dipake ngebut! speed 80 setir dah oleng kiri kanan. dah nyerah jg benerinnya gimana hehehe...klo diperiksa ke bengkel kaki2 dibilangnya gak ada yg oblag/rusak. di spooring/balancing bisa, teteup aja oleng
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: All about Suzuki katana
pantesann... mobil ini kerap jadi speed trap di tol. sering bgt kejebak hrs jalan pelan krn ktemu mobil ini....
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Wed Sep 08, 2010 17:28
- Location: bandung
Re: All about Suzuki katana
iya om..
ada satu lg, kalo bisa jgn motong jalur ato rem mendadak ketika ada jimny/katana di belakang.
ini mobil bawaannya gak ada booster rem...hehehehe
bisa pakem, asal injak pake otot
ada satu lg, kalo bisa jgn motong jalur ato rem mendadak ketika ada jimny/katana di belakang.
ini mobil bawaannya gak ada booster rem...hehehehe
bisa pakem, asal injak pake otot
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: All about Suzuki katana
beberapa kali naik katana (bukan cuma 1 mobil), yg saya rasakan di kabin belakang ada bau bensin yg cukup menyengat...
saya pikir mungkin hanya menimpa katana temen saya, tapi beberapa kali naik mobil lainnya (masih sama-sama katana), bau bensin ini juga ada...
saya pikir mungkin hanya menimpa katana temen saya, tapi beberapa kali naik mobil lainnya (masih sama-sama katana), bau bensin ini juga ada...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: All about Suzuki katana
bagaimanapun ini kendaraan yg easy. bandel. mudah dipiara oleh awam.
keluhan utama cuma di naikannya yg kerasss. entah kenapa
keluhan utama cuma di naikannya yg kerasss. entah kenapa
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Mon Oct 10, 2011 2:23
Re: All about Suzuki katana
andy1800 wrote:bagaimanapun ini kendaraan yg easy. bandel. mudah dipiara oleh awam.
keluhan utama cuma di naikannya yg kerasss. entah kenapa
udah kodratnya jip om; sampe G-klasse pun naikannya ya keras kalo di bandingin sedan; apalagi bandingan nya S-klasse ..
kadang masih suka heran ada orang komplen naikannya jip kok keras atau gini gitu....
bukannya setiap kendaraan dah ada tujuannya masing2;
emang mau pake sedan buat offroad?
kalo semisal beli sedan ta[pi bantingannya kaya katana; baru deh boleh komplen sekomplen2 nya....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: All about Suzuki katana
Wetsssssssss....
Jeep CJ-7 palagi YJ Wrangler nyaman loh, sama2 per daun dan rigid kek Katana. Faktor kerasnya bantingan katana, IMSO (In My Stupid Opinion) karena fisika gak boong. Barang kecil (ringan) memang susah diredam saat ada impact dari kontur jalanan. Walau spring rate koefisiennya 'dilunakkan' pada Katana pun, tetep faktor dimensi bodi pengaruh (WB nya). Contoh lain liat aja bantingan mobil jenis apapun juga sedan, makin gede bodinya pasti makin nyaman regardless on its suspension mechanism.
SOTOY !!
Jeep CJ-7 palagi YJ Wrangler nyaman loh, sama2 per daun dan rigid kek Katana. Faktor kerasnya bantingan katana, IMSO (In My Stupid Opinion) karena fisika gak boong. Barang kecil (ringan) memang susah diredam saat ada impact dari kontur jalanan. Walau spring rate koefisiennya 'dilunakkan' pada Katana pun, tetep faktor dimensi bodi pengaruh (WB nya). Contoh lain liat aja bantingan mobil jenis apapun juga sedan, makin gede bodinya pasti makin nyaman regardless on its suspension mechanism.
SOTOY !!
Das Beste oder nichts.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 191
- Joined: Mon Oct 10, 2011 14:52
- Location: Jakarta
Re: All about Suzuki katana
no complain.. dulu pernah pake katana ampir 2 taon, dari baru.. buat pake harian ke sekolah.. std abis.. ga dimodif apa2 en blom pernah pake off road.. overall sih oke2 aja.. soal bantingan ane setuju ama om ng, hukum fisika selalu jujur deh.. tapi yah, overall ane no complain deh..
trus katana dituker ama mobil laen bukan karena banyak rusak ato problem.. cuman bokap aja mendadak tukerin tu mobil tanpa alesan yg jelas..
trus katana dituker ama mobil laen bukan karena banyak rusak ato problem.. cuman bokap aja mendadak tukerin tu mobil tanpa alesan yg jelas..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Mon Oct 10, 2011 2:23
Re: All about Suzuki katana
completely agreed om;Nightster Guy wrote:Wetsssssssss....
Jeep CJ-7 palagi YJ Wrangler nyaman loh, sama2 per daun dan rigid kek Katana. Faktor kerasnya bantingan katana, IMSO (In My Stupid Opinion) karena fisika gak boong. Barang kecil (ringan) memang susah diredam saat ada impact dari kontur jalanan. Walau spring rate koefisiennya 'dilunakkan' pada Katana pun, tetep faktor dimensi bodi pengaruh (WB nya). Contoh lain liat aja bantingan mobil jenis apapun juga sedan, makin gede bodinya pasti makin nyaman regardless on its suspension mechanism.
SOTOY !!
maksud kalimat saya sebelumnya adalah kecenderungan orang (-yang seringkali baru mau cari mobil seken as mobil pertamanya) membandingkan bantingan katana dengan sedan yang harga sekelas nya; dimana perbandingannya sama sekali gak jeruk ke jeruk
makanya saya bilang; dimana2 kalo jip lawan sedan yang sekelas ya pasti tewas kalo soal kenyamanan;
kalo kenyamanan jip lawan jip tentunya perbedaan kelas dan harga juga bicara; memang CJ selain beratnya yang sumbang kenyamanan; entah sasis nya ini di dukunkan ke mana bisa lentur gitu... seolah2 bisa meliuk tapi tetep solid; yah; lagi2 dia jadi legends bukan karena nothing pastinya;
tapi dimerek mana lagi selain katana ini yang bisa beli mobil jadi 4x4 buat mandiin kebo sekitaran 40jt; belum lagi ngomongin operasional kalo udah jajan
kalo ada kesalahan mohon di koreksi,
salam
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Mon Sep 15, 2008 6:20
- Location: Bandung
Re: All about Suzuki katana
Setuju banget ama Om balakutax & jip_kecil. Ya begitulah katana. Dari pengalaman saya, dengan segala kelemahan & kelebihannya, mobil ini sangat cocok sebagai mobil pertama (pengalaman pribadi hehehe). Rem tanpa booster, ndak ada power steering, suspensi keras, tarikan boyot, semuanya mendidik kita untuk berhati2 & sabar dalam mengemudi. Bensin tidak cukup irit??? Ingat pengeluaran operasional kendaraan tidak hanya dari bensin saja tetapi juga dari spare part dll. Spare part katana boleh dibilang sangat murah.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5489
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: All about Suzuki katana
Saya juga demen kalo pas di luar negeri liat model2 katane yg baru kenapa di indonesia di stop ya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: All about Suzuki katana
di era 90-an, hampir rata2 kursus mengemudi pake katana...sampe2 tante saya dulu begitu lulus kursus tsb juga beli katana...hehehe...
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: All about Suzuki katana
Sekarang udah ganti jazz, avanza, x-over, dll. hehehe.jalu wrote:di era 90-an, hampir rata2 kursus mengemudi pake katana...sampe2 tante saya dulu begitu lulus kursus tsb juga beli katana...hehehe...
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today