Hem, sebenernya, hipnotis atau gendam itu bukan suatu hal mistik. Tidak ada hal mistik kalo kita tidak meyakini. Tahu bahwa itu ada, iya.
Nah, hipnotis itu seperti memanfaatkan kondisi psikologis yg ngga stabil. Entah itu karena kebahagiaan atau kesedihan. Semacam efek shock, kayak duluu lagi amarak penipuan di sabun cuci attack atau apa. Biasanya orang kalau di bungkusnya ada kata Berhadiah, adalah dua kemungkinan. Satu, sudah pasti yakin 100% ngga bakal menang, atau bagi yang oportunis, 'moga ajaa dapet'. Gitu kali ya?
Situasinya, orang lagi mau nyuci baju itu kan biasanya santai, bahkan cenderung dalam hatinya,"yah, nyuci lagii nyuci lagi", shg kalo dapet kupon berhadiah gitu, saking senengnya, udh ngga sempet lagi berpikir tenang tentang kebenaran hadiah itu. Untuk hal itu, saya pernah mencoba mancing2, karena pernah dapet.
Saya pancing untuk telpon (dgn nomer beli dadakan juga, krn aku yakin, penipu memang harus dibalas dengan tipu daya juga

). Si pembicara di seberang memang bicaranya nylepret gitu kayak sepur ga ketemu stasiun, engga memberi kesempatan kita untuk berfikir sejenak. Sempet satu menit pertama sy dengerin. Tapi stgh menit kemudian, sy motong bicaranya dgn bilang,"waduh, lobet maaas, lobeet..."sambil langsung matiin hp.
Bbrp menit kmd, ternyata penipu itu menelpon lagi. Haha...biarin, ini dia kesempatan saya bales! Dia nelpon2 gitu, sambil mendesak2 untuk membyr by pajak hadiah, bla bla bla. Saya coba belagak LOLA selola lolanya. Udh lola, belagak orang ada di udik pula... Sampe akhirnya ane bilang,"mas, saya musti jalan dulu ke bawah buat nyari angkot mas, nda punya atm, wong ndeso.. Anda kok ya mau yaa ketipu wong ndeso..???"
Jadi, saya kuras habis pulsa dia ampe 30 menit lebih dia nyrocos nelpon ke telpon ane..
Kalo untuk ATM pakai outsourcing, hmmm..rasanya kok agak janggal ya om? Bukan ane ngga pecaya, tapi sepengalaman wong ndeso ini, yang makai jasa outsourcing itu hanya jasa pengantaran uangnya.. Yang tau kode mesin ATM itu ya hanya anak ATM yg notabene kary tetap bank tsb. Polisi dan orang2 outsourcing itu ngga tau apa2.. Makanya, kalau ada yg tau kod internal, pasti anak ATM yg udh dipecat karena melakukan tindakan kriminil. Biasanya, anak IT dan ATM itu anak emas nya direktur operasional. Gaji satu staf ATM, bisa sama dengan gaji Kabag Umum. Nyawa sebuah bank, sesungguhnya, ada di anak2 IT dan ATM. Karena di otak mereka lah tersimpan semua rahasia pembobolan bank dari A-Z. Biasanya, yang ada, anak2 ATM dan IT itu dibajak oleh perusahaan lain atau kenalannya. Dan proses itu bukan proses mudah, karena proses peralihan ke perusahaan lain itu pengamanannya ada.
CMIIW ya, mungkin ada rekan2 yg punya pengalaman lebih advanced di industri perbankan yang lebih kakap kelasnya..
