(ask) P ke N harus shift lock release?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
leocifer
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sat Oct 08, 2011 18:26

(ask) P ke N harus shift lock release?

Post by leocifer »

Dear all,

Mohon pencerahannya cara terbaik untuk memindahkan posisi transmisi matic dari P ke N supaya mobil bisa didorong saat diparkir.

Selama ini yg saya lakukan adalah cukup dengan mematikan mesin saat posisi transmisi berada di N. Tapi belakangan ini beberapa teman saya mengatakan hal tsb bisa merusak transmisi matic

Menurut mereka cara terbaik dan teraman adalah selalu menggunakan shift lock release/ manual override saat mesin dalam keadaan mati dan kunci kontak tercabut.

Benarkah demikian? Karena setau saya, tidak semua mobil matic punya fitur shiftlock release.

Thx dan salam kenal buat semuanya.
Pak Uwo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 349
Joined: Thu Feb 24, 2011 3:32

Re: (ask) P ke N harus shift lock release?

Post by Pak Uwo »

Kalau sudah ada shift lock releasenya ya sebaiknya digunakan. Karena fasilitas itu biasanya dikaitkan dengan logic control dari sistem pengamanan. Kalau belum ada, ya tidak apa-2. Karena berarti belum ada kaitan dengan logic control. Seingat saya, berkaitan dengan sistem pengamanan, kalau sudah ada shift lock releasenya.. kunci kontak tidak bisa dicabut selain di P deh. (mungkin teman-2 yang lain bisa meng koreksi hal ini).
Maaf, mobil apa yang anda gunakan...?
User avatar
leocifer
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sat Oct 08, 2011 18:26

Re: (ask) P ke N harus shift lock release?

Post by leocifer »

Pak Uwo wrote:Kalau sudah ada shift lock releasenya ya sebaiknya digunakan. Karena fa
silitas itu biasanya dikaitkan dengan logic control dari sistem pengamanan. Kalau belum ada, ya tidak apa-2. Karena berarti belum ada kaitan dengan logic control. Seingat saya, berkaitan dengan sistem pengamanan, kalau sudah ada shift lock releasenya.. kunci kontak tidak bisa dicabut selain di P deh. (mungkin teman-2 yang lain bisa meng koreksi hal ini).
Maaf, mobil apa yang anda gunakan...?
Zafira dan sirion oom, matic semua dan ga ada shift lock release hehehhehe.
Baru mulai kepikiran sejak ambil new tucson. Tapi berhubung mobilnya belom ditangan, ga bisa explore lebih jauh.
Salahnya saya waktu testdrive cuma kepikir nyiksa mesin dan kaki2. Ga kepikir buat ngetes metode parkir :mky_01:
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: (ask) P ke N harus shift lock release?

Post by asudarsono »

Kasus lain : Kalau parkir masuk gigi, memang bukan peruntukannya. Misalnya berhenti di tanjakan pakailah P dan rem tangan, syukur diganjal.

Parkir mesin hidup maupun mati harus di P atau N.
Ready to Race
Pak Uwo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 349
Joined: Thu Feb 24, 2011 3:32

Re: (ask) P ke N harus shift lock release?

Post by Pak Uwo »

Iya .. mobil saya XL_7 juga A/T tanpa shift lock. Kalau mesin mati bisa dipindah ke mana-2, tetapi hanya bisa di start pada saat P. Jadi pengamanannya hanya sampai disini. Nanti lihat saja di Tucsonnya, saya rasa pengamanannya lebih ketat.. jadi kemungkinan kunci hanya bisa dicabut pada saat P. Supaya orang tidak lupa pada saat parkir harus betul-2 posisi P.
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: (ask) P ke N harus shift lock release?

Post by aldy »

Honda old city (CVT) udah pake shift lock release :frm_tumbright: Kalo menurut ane ini safety yg bagus..jadi pasti mobil aman cz kalo ga masuk P kunci kontak ga bisa dicabut..
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: (ask) P ke N harus shift lock release?

Post by VanzMatic »

leocifer wrote:Dear all,

Mohon pencerahannya cara terbaik untuk memindahkan posisi transmisi matic dari P ke N supaya mobil bisa didorong saat diparkir.

Selama ini yg saya lakukan adalah cukup dengan mematikan mesin saat posisi transmisi berada di N. Tapi belakangan ini beberapa teman saya mengatakan hal tsb bisa merusak transmisi matic

Menurut mereka cara terbaik dan teraman adalah selalu menggunakan shift lock release/ manual override saat mesin dalam keadaan mati dan kunci kontak tercabut.

Benarkah demikian? Karena setau saya, tidak semua mobil matic punya fitur shiftlock release.

Thx dan salam kenal buat semuanya.
Pak Uwo wrote:Kalau sudah ada shift lock releasenya ya sebaiknya digunakan. Karena fasilitas itu biasanya dikaitkan dengan logic control dari sistem pengamanan. Kalau belum ada, ya tidak apa-2. Karena berarti belum ada kaitan dengan logic control. Seingat saya, berkaitan dengan sistem pengamanan, kalau sudah ada shift lock releasenya.. kunci kontak tidak bisa dicabut selain di P deh. (mungkin teman-2 yang lain bisa meng koreksi hal ini).
Maaf, mobil apa yang anda gunakan...?
Betul banget, pa Uwo. Habanja matic sy jg sdh ber-shift lock. Jadi, posisikan transmisi ke P, tarik rem tangan, matikan mesin, cabut kunci dulu, tekan terus shift lock sambil menggeser tuas persneling dari P ke N. Lepas shift lock, lepaskan rem tangan.

Kenapa harus tarik rem tangan dulu...? Pertama, untuk keamanan. Saat kita release dari P ke N dengan menekan shift lock, takutnya kalau elevasi jalan agak2 miring dikit, sehingga takutnya kendaraan bergerak dikit, tapi kitanya engga nyadar karena pandangan mata dan tangan masih tertuju ke tuas matik. So, kalau kendr bergerak bbrp cm setelah kita release / lepas rem tangan, biasanya kita akan lebih cepat tanggap mengantisipasinya dengan menarik kembali tuas rem tangan cepat2.

Mungkin terdengar konyol, lha wong kendr lain memang terparkir seri dan didorong2 kan berarti engga mungkin jalannya berelevasi yang mengakibatkan kendr meluncur sendiri.? Iya, kalo pas kendaraan lain elevasi jalannya rata, lha kalo pas apes di posisi jalan yang dilindas kendr kita ada sedikit cekungan yang mana pas roda kendr kita ada diatas cekungan keciiil gitu, kan ya ngaruh juga?

mencegah jauh lebih bermanfaat daripada kalau sudah harus mengobati, kan?

Salam!
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
henz155
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1588
Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
Location: medhan

Re: (ask) P ke N harus shift lock release?

Post by henz155 »

Sepertiny udah pengamanan standart y klo di P br bs cabut kunciny.klo mbl2 mazda g da shift lock releaseny.wkt tmnin tmn ane servis di tawarin ma mekanik mazda tuk lepasin lockny.bier bs di posisikan di N wkt mesin udah di matikan.
Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: (ask) P ke N harus shift lock release?

Post by poeticmind »

Pak Uwo wrote:Iya .. mobil saya XL_7 juga A/T tanpa shift lock. Kalau mesin mati bisa dipindah ke mana-2, tetapi hanya bisa di start pada saat P. Jadi pengamanannya hanya sampai disini. Nanti lihat saja di Tucsonnya, saya rasa pengamanannya lebih ketat.. jadi kemungkinan kunci hanya bisa dicabut pada saat P. Supaya orang tidak lupa pada saat parkir harus betul-2 posisi P.
rata2 suzuki, pak... tidak perlu shift lock, dalam keadaan mati bisa dipindah semau kita. tapi waktu start harus di P, ini standar semua matic.
Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: (ask) P ke N harus shift lock release?

Post by poeticmind »

leocifer wrote:Dear all,

Mohon pencerahannya cara terbaik untuk memindahkan posisi transmisi matic dari P ke N supaya mobil bisa didorong saat diparkir.

Selama ini yg saya lakukan adalah cukup dengan mematikan mesin saat posisi transmisi berada di N. Tapi belakangan ini beberapa teman saya mengatakan hal tsb bisa merusak transmisi matic

Menurut mereka cara terbaik dan teraman adalah selalu menggunakan shift lock release/ manual override saat mesin dalam keadaan mati dan kunci kontak tercabut.

Benarkah demikian? Karena setau saya, tidak semua mobil matic punya fitur shiftlock release.

Thx dan salam kenal buat semuanya.
tidak benar kalo merusak, karena sudah sistem komputer... jadi utk mobil2 yg belum ada shift release justru ga masalah mau mematikan mesin pada posisi gear manapun... kalopun ada shift release, fungsinya buat pengamanan karena kunci tidak bisa dicabut jika tidak berada pada posisi P, setelah mesin mati dan cabut kunci baru tekan shift release.

jadi yg oom lakukan ga salah... saya jamin.
Image
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: (ask) P ke N harus shift lock release?

Post by asudarsono »

Jaman dulu kalau mau dari P ke yang lain, harus menginjak rem, tapi rem kaki biasa sih.

Sekarang juga udah kebiasaan, dari posisi diam apakah P atau N juga nginjak rem. Pokoknya kalau mobil stasioner injak rem dulu baru pindah gigi. Selain lebih nyaman bagi penumpang, juga lebih safety tidak terjadi mobil ngeluyur sendiri ..... jadi inget mobil yg meluncur dari parkiran bertingkat.
Ready to Race
User avatar
leocifer
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sat Oct 08, 2011 18:26

Re: (ask) P ke N harus shift lock release?

Post by leocifer »

Dear all,

terima kasih atas respon dan pencerahannya.

Kesimpulannya adalah :

1. untuk mobil yang belum ada fitur shift lock, mematikan mesin pada saat tuas transmisi di N sah2 saja dan tidak merusak transmisi.

2. Untuk mobil yang sudah memiliki fitur shift lock, disarankan untuk menggunakan fitur ini setelah mematikan mesin karena kunci tidak bisa dicabut apabila transmisi tidak berada di posisi P.

cmiiw
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: (ask) P ke N harus shift lock release?

Post by VanzMatic »

asudarsono wrote:Jaman dulu kalau mau dari P ke yang lain, harus menginjak rem, tapi rem kaki biasa sih.

Sekarang juga udah kebiasaan, dari posisi diam apakah P atau N juga nginjak rem. Pokoknya kalau mobil stasioner injak rem dulu baru pindah gigi. Selain lebih nyaman bagi penumpang, juga lebih safety tidak terjadi mobil ngeluyur sendiri ..... jadi inget mobil yg meluncur dari parkiran bertingkat.
habanja ane juga tetep harus injek rem, om, kalo dari P mau ke R, N, D, dst, kalo ngga, ngga bakalan mau pindah :mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: (ask) P ke N harus shift lock release?

Post by ilhami »

lha bukannya start mesin juga harus injak rem ?
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: (ask) P ke N harus shift lock release?

Post by VanzMatic »

ilhami wrote:lha bukannya start mesin juga harus injak rem ?
Kalo di Habanja, dudulnya tuh start mesin engga harus injek rem kalo di posisi P.

Kalo di posisi lain....engga brani nyoba.. :mrgreen: :mrgreen:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
feriindrawan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Thu Dec 09, 2010 4:03
Location: Malang

Re: (ask) P ke N harus shift lock release?

Post by feriindrawan »

[quote="leocifer"]


Kesimpulannya adalah :

1. untuk mobil yang belum ada fitur shift lock, mematikan mesin pada saat tuas transmisi di N sah2 saja dan tidak merusak transmisi.


saya pake Honda Jazz RS 2010, saat mematikan mesin harus tuas transmisi harus berada di posisi P, jika tidak, kunci tidak bisa dicabut.. Tidak ada fitur shift lock pada mobil ini (atau saya yg tidak menemukannya ya?)..

Pertanyaannya: bagaimana untuk mobil dengan jenis ini?
Kind regard,
bivanos88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02

Re: (ask) P ke N harus shift lock release?

Post by bivanos88 »

kl di innova ane, start mesin hanya bisa di P dan N..

shiftlock di jazz RS kl gak salah ada tuh.. cara nya harus di colok pake kunci mobilnya baru bisa geser tuas dari P ke N..

CMIIW
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: (ask) P ke N harus shift lock release?

Post by m4rio »

avanza matic ada shift lock ya?? baru tau nih ane.. setau ane cuman gate biasa doank yg slama ini ane liat. ane yg salah liat kali ya// :mky_01: :mky_01:
bivanos88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02

Re: (ask) P ke N harus shift lock release?

Post by bivanos88 »

iya, sejak avanza 1.3 matic keluar, sekarang semua avanza matic pake shiftlock..
rush terios setelah facelift terakhir ini jg udah pake shiftlock..
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: (ask) P ke N harus shift lock release?

Post by Risol1 »

asudarsono wrote:Jaman dulu kalau mau dari P ke yang lain, harus menginjak rem, tapi rem kaki biasa sih.
Jaman sekarang juga masih harus injek rem kalo mao geser tuas dari P :mrgreen:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: (ask) P ke N harus shift lock release?

Post by ZombiEE »

Gak harus sol...kalau wayar nya putus..ƙα̇̇̇̊α̇̇̇̊ßúúяяя•*˚*• ach
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: (ask) P ke N harus shift lock release?

Post by Risol1 »

leocifer wrote:Dear all,

Mohon pencerahannya cara terbaik untuk memindahkan posisi transmisi matic dari P ke N supaya mobil bisa didorong saat diparkir.

Selama ini yg saya lakukan adalah cukup dengan mematikan mesin saat posisi transmisi berada di N. Tapi belakangan ini beberapa teman saya mengatakan hal tsb bisa merusak transmisi matic

Menurut mereka cara terbaik dan teraman adalah selalu menggunakan shift lock release/ manual override saat mesin dalam keadaan mati dan kunci kontak tercabut.

Benarkah demikian? Karena setau saya, tidak semua mobil matic punya fitur shiftlock release.

Thx dan salam kenal buat semuanya.
shiftlock gak bikin transmisi jadi awet atau bikin transmisi jadi aman (gak rentan rusak).
Shiftlock guna nya cuma untuk kasi pengemudi mobil matik kemampuan untuk pindahin posisi gigi pada saat kunci dicabut.

mobil yg punya shiflock udah pasti bisa di manual override posisi giginya pada saat kunci dicabut
mobil yg GAK punya fungsi shiftlock belum tentu bisa di manual override posisi giginya pada saat kunci dicabut.

matiin mesin saat transmisi di N sama aja impactnya ke transmisi dengan matiin mesin di P lalu geser manually ke N pake fitur shiftlock.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: (ask) P ke N harus shift lock release?

Post by Risol1 »

VanzMatic wrote: habanja ane juga tetep harus injek rem, om, kalo dari P mau ke R, N, D, dst, kalo ngga, ngga bakalan mau pindah :mky_01:
N ke atas (N ke R ke P dan sebaliknya) HARUS selalu injek rem, kalo engga diinjek gak even mao gerak itu tuas.

Kalo N kebawah (5,4,3,2,L, dst dan sebaliknya) GAK HARUS diinjek remnya. boleh injek boleh engga. Tanpa rem diinjek transmisi bisa geser.
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: (ask) P ke N harus shift lock release?

Post by ZombiEE »

Ane malah punya kebiasaan buruk lupa injak rem dr N ke Drive.....ga perlu tekan tuas malah...
User avatar
leocifer
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sat Oct 08, 2011 18:26

Re: (ask) P ke N harus shift lock release?

Post by leocifer »

@ oom feriindrawan, Jazz RS ada shift locknya kok oom.

@ oom ZombiEE, sama donk oom. tapi saya bukan lupa, cuma udah terbiasa dari N ke D tanpa injak rem