(ask) P ke N harus shift lock release?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Sat Oct 08, 2011 18:26
(ask) P ke N harus shift lock release?
Dear all,
Mohon pencerahannya cara terbaik untuk memindahkan posisi transmisi matic dari P ke N supaya mobil bisa didorong saat diparkir.
Selama ini yg saya lakukan adalah cukup dengan mematikan mesin saat posisi transmisi berada di N. Tapi belakangan ini beberapa teman saya mengatakan hal tsb bisa merusak transmisi matic
Menurut mereka cara terbaik dan teraman adalah selalu menggunakan shift lock release/ manual override saat mesin dalam keadaan mati dan kunci kontak tercabut.
Benarkah demikian? Karena setau saya, tidak semua mobil matic punya fitur shiftlock release.
Thx dan salam kenal buat semuanya.
Mohon pencerahannya cara terbaik untuk memindahkan posisi transmisi matic dari P ke N supaya mobil bisa didorong saat diparkir.
Selama ini yg saya lakukan adalah cukup dengan mematikan mesin saat posisi transmisi berada di N. Tapi belakangan ini beberapa teman saya mengatakan hal tsb bisa merusak transmisi matic
Menurut mereka cara terbaik dan teraman adalah selalu menggunakan shift lock release/ manual override saat mesin dalam keadaan mati dan kunci kontak tercabut.
Benarkah demikian? Karena setau saya, tidak semua mobil matic punya fitur shiftlock release.
Thx dan salam kenal buat semuanya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 349
- Joined: Thu Feb 24, 2011 3:32
Re: (ask) P ke N harus shift lock release?
Kalau sudah ada shift lock releasenya ya sebaiknya digunakan. Karena fasilitas itu biasanya dikaitkan dengan logic control dari sistem pengamanan. Kalau belum ada, ya tidak apa-2. Karena berarti belum ada kaitan dengan logic control. Seingat saya, berkaitan dengan sistem pengamanan, kalau sudah ada shift lock releasenya.. kunci kontak tidak bisa dicabut selain di P deh. (mungkin teman-2 yang lain bisa meng koreksi hal ini).
Maaf, mobil apa yang anda gunakan...?
Maaf, mobil apa yang anda gunakan...?
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Sat Oct 08, 2011 18:26
Re: (ask) P ke N harus shift lock release?
Zafira dan sirion oom, matic semua dan ga ada shift lock release hehehhehe.Pak Uwo wrote:Kalau sudah ada shift lock releasenya ya sebaiknya digunakan. Karena fa
silitas itu biasanya dikaitkan dengan logic control dari sistem pengamanan. Kalau belum ada, ya tidak apa-2. Karena berarti belum ada kaitan dengan logic control. Seingat saya, berkaitan dengan sistem pengamanan, kalau sudah ada shift lock releasenya.. kunci kontak tidak bisa dicabut selain di P deh. (mungkin teman-2 yang lain bisa meng koreksi hal ini).
Maaf, mobil apa yang anda gunakan...?
Baru mulai kepikiran sejak ambil new tucson. Tapi berhubung mobilnya belom ditangan, ga bisa explore lebih jauh.
Salahnya saya waktu testdrive cuma kepikir nyiksa mesin dan kaki2. Ga kepikir buat ngetes metode parkir

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: (ask) P ke N harus shift lock release?
Kasus lain : Kalau parkir masuk gigi, memang bukan peruntukannya. Misalnya berhenti di tanjakan pakailah P dan rem tangan, syukur diganjal.
Parkir mesin hidup maupun mati harus di P atau N.
Parkir mesin hidup maupun mati harus di P atau N.
Ready to Race
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 349
- Joined: Thu Feb 24, 2011 3:32
Re: (ask) P ke N harus shift lock release?
Iya .. mobil saya XL_7 juga A/T tanpa shift lock. Kalau mesin mati bisa dipindah ke mana-2, tetapi hanya bisa di start pada saat P. Jadi pengamanannya hanya sampai disini. Nanti lihat saja di Tucsonnya, saya rasa pengamanannya lebih ketat.. jadi kemungkinan kunci hanya bisa dicabut pada saat P. Supaya orang tidak lupa pada saat parkir harus betul-2 posisi P.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: (ask) P ke N harus shift lock release?
Honda old city (CVT) udah pake shift lock release
Kalo menurut ane ini safety yg bagus..jadi pasti mobil aman cz kalo ga masuk P kunci kontak ga bisa dicabut..

RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: (ask) P ke N harus shift lock release?
leocifer wrote:Dear all,
Mohon pencerahannya cara terbaik untuk memindahkan posisi transmisi matic dari P ke N supaya mobil bisa didorong saat diparkir.
Selama ini yg saya lakukan adalah cukup dengan mematikan mesin saat posisi transmisi berada di N. Tapi belakangan ini beberapa teman saya mengatakan hal tsb bisa merusak transmisi matic
Menurut mereka cara terbaik dan teraman adalah selalu menggunakan shift lock release/ manual override saat mesin dalam keadaan mati dan kunci kontak tercabut.
Benarkah demikian? Karena setau saya, tidak semua mobil matic punya fitur shiftlock release.
Thx dan salam kenal buat semuanya.
Betul banget, pa Uwo. Habanja matic sy jg sdh ber-shift lock. Jadi, posisikan transmisi ke P, tarik rem tangan, matikan mesin, cabut kunci dulu, tekan terus shift lock sambil menggeser tuas persneling dari P ke N. Lepas shift lock, lepaskan rem tangan.Pak Uwo wrote:Kalau sudah ada shift lock releasenya ya sebaiknya digunakan. Karena fasilitas itu biasanya dikaitkan dengan logic control dari sistem pengamanan. Kalau belum ada, ya tidak apa-2. Karena berarti belum ada kaitan dengan logic control. Seingat saya, berkaitan dengan sistem pengamanan, kalau sudah ada shift lock releasenya.. kunci kontak tidak bisa dicabut selain di P deh. (mungkin teman-2 yang lain bisa meng koreksi hal ini).
Maaf, mobil apa yang anda gunakan...?
Kenapa harus tarik rem tangan dulu...? Pertama, untuk keamanan. Saat kita release dari P ke N dengan menekan shift lock, takutnya kalau elevasi jalan agak2 miring dikit, sehingga takutnya kendaraan bergerak dikit, tapi kitanya engga nyadar karena pandangan mata dan tangan masih tertuju ke tuas matik. So, kalau kendr bergerak bbrp cm setelah kita release / lepas rem tangan, biasanya kita akan lebih cepat tanggap mengantisipasinya dengan menarik kembali tuas rem tangan cepat2.
Mungkin terdengar konyol, lha wong kendr lain memang terparkir seri dan didorong2 kan berarti engga mungkin jalannya berelevasi yang mengakibatkan kendr meluncur sendiri.? Iya, kalo pas kendaraan lain elevasi jalannya rata, lha kalo pas apes di posisi jalan yang dilindas kendr kita ada sedikit cekungan yang mana pas roda kendr kita ada diatas cekungan keciiil gitu, kan ya ngaruh juga?
mencegah jauh lebih bermanfaat daripada kalau sudah harus mengobati, kan?
Salam!

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1588
- Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
- Location: medhan
Re: (ask) P ke N harus shift lock release?
Sepertiny udah pengamanan standart y klo di P br bs cabut kunciny.klo mbl2 mazda g da shift lock releaseny.wkt tmnin tmn ane servis di tawarin ma mekanik mazda tuk lepasin lockny.bier bs di posisikan di N wkt mesin udah di matikan.

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: (ask) P ke N harus shift lock release?
rata2 suzuki, pak... tidak perlu shift lock, dalam keadaan mati bisa dipindah semau kita. tapi waktu start harus di P, ini standar semua matic.Pak Uwo wrote:Iya .. mobil saya XL_7 juga A/T tanpa shift lock. Kalau mesin mati bisa dipindah ke mana-2, tetapi hanya bisa di start pada saat P. Jadi pengamanannya hanya sampai disini. Nanti lihat saja di Tucsonnya, saya rasa pengamanannya lebih ketat.. jadi kemungkinan kunci hanya bisa dicabut pada saat P. Supaya orang tidak lupa pada saat parkir harus betul-2 posisi P.

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: (ask) P ke N harus shift lock release?
tidak benar kalo merusak, karena sudah sistem komputer... jadi utk mobil2 yg belum ada shift release justru ga masalah mau mematikan mesin pada posisi gear manapun... kalopun ada shift release, fungsinya buat pengamanan karena kunci tidak bisa dicabut jika tidak berada pada posisi P, setelah mesin mati dan cabut kunci baru tekan shift release.leocifer wrote:Dear all,
Mohon pencerahannya cara terbaik untuk memindahkan posisi transmisi matic dari P ke N supaya mobil bisa didorong saat diparkir.
Selama ini yg saya lakukan adalah cukup dengan mematikan mesin saat posisi transmisi berada di N. Tapi belakangan ini beberapa teman saya mengatakan hal tsb bisa merusak transmisi matic
Menurut mereka cara terbaik dan teraman adalah selalu menggunakan shift lock release/ manual override saat mesin dalam keadaan mati dan kunci kontak tercabut.
Benarkah demikian? Karena setau saya, tidak semua mobil matic punya fitur shiftlock release.
Thx dan salam kenal buat semuanya.
jadi yg oom lakukan ga salah... saya jamin.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: (ask) P ke N harus shift lock release?
Jaman dulu kalau mau dari P ke yang lain, harus menginjak rem, tapi rem kaki biasa sih.
Sekarang juga udah kebiasaan, dari posisi diam apakah P atau N juga nginjak rem. Pokoknya kalau mobil stasioner injak rem dulu baru pindah gigi. Selain lebih nyaman bagi penumpang, juga lebih safety tidak terjadi mobil ngeluyur sendiri ..... jadi inget mobil yg meluncur dari parkiran bertingkat.
Sekarang juga udah kebiasaan, dari posisi diam apakah P atau N juga nginjak rem. Pokoknya kalau mobil stasioner injak rem dulu baru pindah gigi. Selain lebih nyaman bagi penumpang, juga lebih safety tidak terjadi mobil ngeluyur sendiri ..... jadi inget mobil yg meluncur dari parkiran bertingkat.
Ready to Race
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Sat Oct 08, 2011 18:26
Re: (ask) P ke N harus shift lock release?
Dear all,
terima kasih atas respon dan pencerahannya.
Kesimpulannya adalah :
1. untuk mobil yang belum ada fitur shift lock, mematikan mesin pada saat tuas transmisi di N sah2 saja dan tidak merusak transmisi.
2. Untuk mobil yang sudah memiliki fitur shift lock, disarankan untuk menggunakan fitur ini setelah mematikan mesin karena kunci tidak bisa dicabut apabila transmisi tidak berada di posisi P.
cmiiw
terima kasih atas respon dan pencerahannya.
Kesimpulannya adalah :
1. untuk mobil yang belum ada fitur shift lock, mematikan mesin pada saat tuas transmisi di N sah2 saja dan tidak merusak transmisi.
2. Untuk mobil yang sudah memiliki fitur shift lock, disarankan untuk menggunakan fitur ini setelah mematikan mesin karena kunci tidak bisa dicabut apabila transmisi tidak berada di posisi P.
cmiiw
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: (ask) P ke N harus shift lock release?
habanja ane juga tetep harus injek rem, om, kalo dari P mau ke R, N, D, dst, kalo ngga, ngga bakalan mau pindahasudarsono wrote:Jaman dulu kalau mau dari P ke yang lain, harus menginjak rem, tapi rem kaki biasa sih.
Sekarang juga udah kebiasaan, dari posisi diam apakah P atau N juga nginjak rem. Pokoknya kalau mobil stasioner injak rem dulu baru pindah gigi. Selain lebih nyaman bagi penumpang, juga lebih safety tidak terjadi mobil ngeluyur sendiri ..... jadi inget mobil yg meluncur dari parkiran bertingkat.

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: (ask) P ke N harus shift lock release?
lha bukannya start mesin juga harus injak rem ?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: (ask) P ke N harus shift lock release?
Kalo di Habanja, dudulnya tuh start mesin engga harus injek rem kalo di posisi P.ilhami wrote:lha bukannya start mesin juga harus injak rem ?
Kalo di posisi lain....engga brani nyoba..


" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 78
- Joined: Thu Dec 09, 2010 4:03
- Location: Malang
Re: (ask) P ke N harus shift lock release?
[quote="leocifer"]
Kesimpulannya adalah :
1. untuk mobil yang belum ada fitur shift lock, mematikan mesin pada saat tuas transmisi di N sah2 saja dan tidak merusak transmisi.
saya pake Honda Jazz RS 2010, saat mematikan mesin harus tuas transmisi harus berada di posisi P, jika tidak, kunci tidak bisa dicabut.. Tidak ada fitur shift lock pada mobil ini (atau saya yg tidak menemukannya ya?)..
Pertanyaannya: bagaimana untuk mobil dengan jenis ini?
Kesimpulannya adalah :
1. untuk mobil yang belum ada fitur shift lock, mematikan mesin pada saat tuas transmisi di N sah2 saja dan tidak merusak transmisi.
saya pake Honda Jazz RS 2010, saat mematikan mesin harus tuas transmisi harus berada di posisi P, jika tidak, kunci tidak bisa dicabut.. Tidak ada fitur shift lock pada mobil ini (atau saya yg tidak menemukannya ya?)..
Pertanyaannya: bagaimana untuk mobil dengan jenis ini?
Kind regard,
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 373
- Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02
Re: (ask) P ke N harus shift lock release?
kl di innova ane, start mesin hanya bisa di P dan N..
shiftlock di jazz RS kl gak salah ada tuh.. cara nya harus di colok pake kunci mobilnya baru bisa geser tuas dari P ke N..
CMIIW
shiftlock di jazz RS kl gak salah ada tuh.. cara nya harus di colok pake kunci mobilnya baru bisa geser tuas dari P ke N..
CMIIW
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: (ask) P ke N harus shift lock release?
avanza matic ada shift lock ya?? baru tau nih ane.. setau ane cuman gate biasa doank yg slama ini ane liat. ane yg salah liat kali ya//



-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 373
- Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02
Re: (ask) P ke N harus shift lock release?
iya, sejak avanza 1.3 matic keluar, sekarang semua avanza matic pake shiftlock..
rush terios setelah facelift terakhir ini jg udah pake shiftlock..
rush terios setelah facelift terakhir ini jg udah pake shiftlock..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: (ask) P ke N harus shift lock release?
Jaman sekarang juga masih harus injek rem kalo mao geser tuas dari Pasudarsono wrote:Jaman dulu kalau mau dari P ke yang lain, harus menginjak rem, tapi rem kaki biasa sih.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: (ask) P ke N harus shift lock release?
Gak harus sol...kalau wayar nya putus..ƙα̇̇̇̊α̇̇̇̊ßúúяяя•*˚*• ach
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: (ask) P ke N harus shift lock release?
shiftlock gak bikin transmisi jadi awet atau bikin transmisi jadi aman (gak rentan rusak).leocifer wrote:Dear all,
Mohon pencerahannya cara terbaik untuk memindahkan posisi transmisi matic dari P ke N supaya mobil bisa didorong saat diparkir.
Selama ini yg saya lakukan adalah cukup dengan mematikan mesin saat posisi transmisi berada di N. Tapi belakangan ini beberapa teman saya mengatakan hal tsb bisa merusak transmisi matic
Menurut mereka cara terbaik dan teraman adalah selalu menggunakan shift lock release/ manual override saat mesin dalam keadaan mati dan kunci kontak tercabut.
Benarkah demikian? Karena setau saya, tidak semua mobil matic punya fitur shiftlock release.
Thx dan salam kenal buat semuanya.
Shiftlock guna nya cuma untuk kasi pengemudi mobil matik kemampuan untuk pindahin posisi gigi pada saat kunci dicabut.
mobil yg punya shiflock udah pasti bisa di manual override posisi giginya pada saat kunci dicabut
mobil yg GAK punya fungsi shiftlock belum tentu bisa di manual override posisi giginya pada saat kunci dicabut.
matiin mesin saat transmisi di N sama aja impactnya ke transmisi dengan matiin mesin di P lalu geser manually ke N pake fitur shiftlock.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: (ask) P ke N harus shift lock release?
N ke atas (N ke R ke P dan sebaliknya) HARUS selalu injek rem, kalo engga diinjek gak even mao gerak itu tuas.VanzMatic wrote: habanja ane juga tetep harus injek rem, om, kalo dari P mau ke R, N, D, dst, kalo ngga, ngga bakalan mau pindah
Kalo N kebawah (5,4,3,2,L, dst dan sebaliknya) GAK HARUS diinjek remnya. boleh injek boleh engga. Tanpa rem diinjek transmisi bisa geser.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: (ask) P ke N harus shift lock release?
Ane malah punya kebiasaan buruk lupa injak rem dr N ke Drive.....ga perlu tekan tuas malah...
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Sat Oct 08, 2011 18:26
Re: (ask) P ke N harus shift lock release?
@ oom feriindrawan, Jazz RS ada shift locknya kok oom.
@ oom ZombiEE, sama donk oom. tapi saya bukan lupa, cuma udah terbiasa dari N ke D tanpa injak rem
@ oom ZombiEE, sama donk oom. tapi saya bukan lupa, cuma udah terbiasa dari N ke D tanpa injak rem