Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Pak PenyuTurbo, kalo gak salah Jazz V-TEC dari pabriknya pakai oli idemitsu... itu dino atau synth ? Saat odometer mencapai 1000 km, aku ganti dengan Petronas Syntium 5000 (0W-40).... Sekarang baru jalan total 5000 km...
frontier wrote:Pak PenyuTurbo, kalo gak salah Jazz V-TEC dari pabriknya pakai oli idemitsu... itu dino atau synth ? Saat odometer mencapai 1000 km, aku ganti dengan Petronas Syntium 5000 (0W-40).... Sekarang baru jalan total 5000 km...
Standard pabrikan untuk pertama kalinya isi oli mesin adalah mesti DINO oil, karena hanya dino oli ini yang digunakan untuk break-in. Synthetic nggak bisa digunakan untuk break-in.
Kalau volvo, mereka pakai CASTROL untuk break-in.
Untuk synthetic, cari yang viscosity band-nya nggak terlalu jauh (15W40 atau 20W50 misalnya). Kalau 0W40 terlalu banyak polimernya, polimer ini yang cepat mengalami degradasi, walaupun oli syntheticnya masih ok.
oke oli Redline pasti kupilih pak... aku juga mau beli acetosal di Sby untuk stock di Bjm... hehehehe..... bagusnya for safety reason, dikemas di wadah apa ya.. apakah jerican plastik kecil cukup aman ?
frontier wrote:oke oli Redline pasti kupilih pak... aku juga mau beli acetosal di Sby untuk stock di Bjm... hehehehe..... bagusnya for safety reason, dikemas di wadah apa ya.. apakah jerican plastik kecil cukup aman ?
Masukkan dalam botol yang terbuat dari kaca. Kalau jerican plastic setidak-tidaknya LDPE (Low Density Poly Ethylene).
ZombiEE wrote:abang2 sekalian..gimana dgn performa Mobil I 5-50?biasa dipakai sampai 8000km..hehehe..thanks
Tergantung dari Daily Travel Distance.
Standard pengujiannya adalah 210 Jam ... pada kecepatan 70 km/jam ... kalau boil jalan terus pada kecepatan 70 km/jam ... teorinya bisa nyampe ke 210 jam x 70 km/jam = 14.700 km ~ 15.000 km ... itu semua disebut dengan Normal (light) Driving Conditions.
Kalau udah Severe Driving Conditions ... seperti Stop and Go ... Short Travel Distances ... umumnya orang yang tahu gak berani ampe 8.000 km ... kecuali kalau dokatnya udah tipis ..... hehehehehehe.
ooo..makasih bang..
kalo gitu ceritanya..bagusan saya pake Mobil S yg spek 10-40 seharga 40rb/ltr aza donk..tapi rutin ganti tiap 3000km daripada Mobil I seharga 90rb/liter tapi ganti tiap 8000km?thanks yah bang atas sarannya
ZombiEE wrote:ooo..makasih bang..
kalo gitu ceritanya..bagusan saya pake Mobil S yg spek 10-40 seharga 40rb/ltr aza donk..tapi rutin ganti tiap 3000km daripada Mobil I seharga 90rb/liter tapi ganti tiap 8000km?thanks yah bang atas sarannya
SAE ... kalau boil baru __W40 ... kalau boil dah lama __W50
terus nilai awalnya ?
Nilai awalnya nggak jadi masalah untuk negara yang iklimnya panas mulu ... tapi diusahakan jangan terlalu jauh dari nilai belakang.
1. Untuk yang __W40 ... bila tersedia 10W40 atau 15W40 atau 20W40, maka pilih yang 20W40.
2. Sama halnya dengan yang __W50 ... jika tersedia 10W50 atau 15W50 atau 20W50 ... maka ambil yang 20W50.
Perbedaan antara angka belakang dan angka depan menunjukkan banyaknya jumlah POLIMER (Plastik) yang terdapat di dalam kandungan oli. POLIMER ini yang akan mengalami rusak (breakdown) ... semakin banyak jumlah polimer maka semakin cepat kerusakan oli ... walaupun molekul oli itu sendiri gak RUSAK ... buktinya ada orang yang ngambil OLI BEKAS ... kemudian disaring lagi ... lantas dijual lagi.