Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Standard pabrikan untuk pertama kalinya isi oli mesin adalah mesti DINO oil, karena hanya dino oli ini yang digunakan untuk break-in. Synthetic nggak bisa digunakan untuk break-in.frontier wrote:Pak PenyuTurbo, kalo gak salah Jazz V-TEC dari pabriknya pakai oli idemitsu... itu dino atau synth ? Saat odometer mencapai 1000 km, aku ganti dengan Petronas Syntium 5000 (0W-40).... Sekarang baru jalan total 5000 km...
Kalau volvo, mereka pakai CASTROL untuk break-in.
Untuk synthetic, cari yang viscosity band-nya nggak terlalu jauh (15W40 atau 20W50 misalnya). Kalau 0W40 terlalu banyak polimernya, polimer ini yang cepat mengalami degradasi, walaupun oli syntheticnya masih ok.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Masukkan dalam botol yang terbuat dari kaca. Kalau jerican plastic setidak-tidaknya LDPE (Low Density Poly Ethylene).frontier wrote:oke oli Redline pasti kupilih pak... aku juga mau beli acetosal di Sby untuk stock di Bjm... hehehehe..... bagusnya for safety reason, dikemas di wadah apa ya.. apakah jerican plastik kecil cukup aman ?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Sun Aug 08, 2004 8:08
- Location: Bandung
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Karena ini thread yang cukup baik, saya sticky ah...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Tergantung dari Daily Travel Distance.ZombiEE wrote:abang2 sekalian..gimana dgn performa Mobil I 5-50?biasa dipakai sampai 8000km..hehehe..thanks
Standard pengujiannya adalah 210 Jam ... pada kecepatan 70 km/jam ... kalau boil jalan terus pada kecepatan 70 km/jam ... teorinya bisa nyampe ke 210 jam x 70 km/jam = 14.700 km ~ 15.000 km ... itu semua disebut dengan Normal (light) Driving Conditions.
Kalau udah Severe Driving Conditions ... seperti Stop and Go ... Short Travel Distances ... umumnya orang yang tahu gak berani ampe 8.000 km ... kecuali kalau dokatnya udah tipis ..... hehehehehehe.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Yang perlu dipahami itu :ZombiEE wrote:makasih bang atas pencerahannya...langit pun terang aa...hehehe
oiya bang....Mobil S tuh semi syntetic ga pa pa dipake?:)makasih
1. Semi-Synthetic Oil : 15% Synthetic and Additive + 85% Mineral Oil
2. Fully-Synthetic Oil : 85% Synthetic + 15% Mineral Oil and Additive
Profit Margin Penjual Semi-Synthetic sangat besar sekali .... He3 ...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Wed Sep 20, 2006 15:33
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Wed Sep 20, 2006 15:33
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Nilai awalnya nggak jadi masalah untuk negara yang iklimnya panas mulu ... tapi diusahakan jangan terlalu jauh dari nilai belakang.abdoel wrote:terus nilai awalnya ?PenyuTurbo wrote:SAE ... kalau boil baru __W40 ... kalau boil dah lama __W50abdoel wrote: terus masalah SAE nya piye ?
1. Untuk yang __W40 ... bila tersedia 10W40 atau 15W40 atau 20W40, maka pilih yang 20W40.
2. Sama halnya dengan yang __W50 ... jika tersedia 10W50 atau 15W50 atau 20W50 ... maka ambil yang 20W50.
Perbedaan antara angka belakang dan angka depan menunjukkan banyaknya jumlah POLIMER (Plastik) yang terdapat di dalam kandungan oli. POLIMER ini yang akan mengalami rusak (breakdown) ... semakin banyak jumlah polimer maka semakin cepat kerusakan oli ... walaupun molekul oli itu sendiri gak RUSAK ... buktinya ada orang yang ngambil OLI BEKAS ... kemudian disaring lagi ... lantas dijual lagi.