192 km/h crash test

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
vote42ner
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1217
Joined: Fri May 20, 2011 1:06

Re: 192 km/h crash test

Post by vote42ner »

Hadeuuuuuhhhh...pusiiing om..hehehehe
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: 192 km/h crash test

Post by doq »

bushkntl wrote:
abrof wrote:klo dalam kondisi nyata bila kita melaju 190 kpj apa gak ada sama sekali reaksi pengereman dll, saya pernah punya pengalaman lari antara 120-130 kpj...dan sempat nginjak rem...benturan terjadi dibawah 70 kpj...motor yg saya tabrak hancur...orangnya patah2...dan bemper mobil sangat melindungi pengendara motor tersebut...bemper robek dikit kap mesin penyok....
coba liat lagi rumusnya Kinetic energy: (KE) = ½.m., =velocity² perhatikan notasi ² artinya sudah berbanding pangkat ² terhadap velocity jadi walaupun ada reaksi rem jumlah KE di 190 km/h jauh lebih besar daripada jumlah KE di 120 km/h nah coba pikir efektivitas kemampuan remnya berkurang berapa banyak? intinya bukan masalah keburu rem atau tidak intinya makin cepat benda berjalan makin besar kinetic energinya kalau KE nya harus di transfer ke 0 cuma ada 2 cara di hilangkan bertahap atau pada situasi kecelakaan harus di "telan" oleh bendanya sendiri
setuju, semakin kencang maka energi kinetic semakin besar dan membuat usaha pengereman semakin besar.........

saya pernah mengerem dr speed 190kph, karena ada kendaraan yg tiba2 mengambil jalur, berusaha mengerem sekuat mungkin sambil tetap menjaga agar roda tidak mengunci (non ABS)..........ternyata keefektian rem standar kurang bisa diandalkan karena saya merasakan gejala rem loss setelah kecepatan menurun s/d 130an kph, mungkin terlalu panas ya? :e-think:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
bushkntl
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 687
Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34

Re: 192 km/h crash test

Post by bushkntl »

doq wrote: ....
saya pernah mengerem dr speed 190kph, karena ada kendaraan yg tiba2 mengambil jalur, berusaha mengerem sekuat mungkin sambil tetap menjaga agar roda tidak mengunci (non ABS)..........ternyata keefektian rem standar kurang bisa diandalkan karena saya merasakan gejala rem loss setelah kecepatan menurun s/d 130an kph, mungkin terlalu panas ya? :e-think:
betul bro makin panas rem makin turun efektivitasnya makanya ada opsi untuk mengupgrade size discbrake/rotor, caliper plus racing brake pad semuanya untuk mengurangi brake fade karena panas selain upgrade yg saya sebut bisa juga melakukan/ditambah modifikasi di permukaan rotor seperti melakukan cross drilled(bad) atau slotted untuk membantu penghilangan panas. Cara lain untuk membuat rem lebih effektif adalah mengganti bahan rotornya ke carbon/composite ceramic yg satu ini bisa dibilang menghilangkan brake fade dan glownya bener2 cool(lihat pic di bawah) cuma masalahnya satu:harganya gile :mrgreen:

sebetulnya kalau mau tau effek panas pada rem ikut acara track day dan lihat setelah berapa lap mulai terjadi brake fade makanya kalau di track biasa pemula dianjurkan untuk mengupgrade rem dan ban sebelum mengupgrade performance part apa pun, tanpa rem dan ban yg baik tidak mungkin bisa mendapat track time yang baik.

edited: eh bro gw baru sadar:
doq wrote: ....
saya pernah mengerem dr speed 190kph, karena ada kendaraan yg tiba2 mengambil jalur, berusaha mengerem sekuat mungkin sambil tetap menjaga agar roda tidak mengunci (non ABS).
wkwkwk itu seni tuh ngerem non abs dari 190kph dan roda tidak mengunci boleh sekali2 diajarin ke nubi2 di track, pada pake abs brake aja suka ngaco apalagi kalo sampai harus pakai non abs disuruh ngerem dari speed segitu :mrgreen:


carbon brake in action, yummmy
Image
Last edited by bushkntl on Sat Oct 22, 2011 12:48, edited 1 time in total.
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: 192 km/h crash test

Post by ak4ng »

wihh.. bole donk inpo nya kira2 upgrade rem jadi 6 kaliper tiap ban + brake pad racing + ceramic rotor.......
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: 192 km/h crash test

Post by ilhami »

avanza sanggup 192 kpj?
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: 192 km/h crash test

Post by ak4ng »

entahlah yg 1.5L.... tp yg 1.3L banyak yg bisa 180kmh...
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: 192 km/h crash test

Post by ilhami »

tapi 80 kpj kalau guling guling juga fatal tuh
bushkntl
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 687
Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34

Re: 192 km/h crash test

Post by bushkntl »

kang tambahin twin turbo charger+front splitter+rear diffuser, 200km/h mah bablas

sama headernya di ganti pake ini, mantab dah
Image
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: 192 km/h crash test

Post by Hansen »

bushkntl wrote:kang tambahin twin turbo charger+front splitter+rear diffuser, 200km/h mah bablas
sebelum gas dibejek jgn lupa ucapkan bye bye buat ak4ng :mky_07: :mky_07: :mky_07:
Image
bushkntl
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 687
Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34

Re: 192 km/h crash test

Post by bushkntl »

lah kok bye bye? kan udah di kasih splitter sama rear diffuser buat downforcenya? 200kph mah masih cetek lah :mrgreen:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: 192 km/h crash test

Post by ak4ng »

bushkntl wrote:kang tambahin twin turbo charger+front splitter+rear diffuser, 200km/h mah bablas

sama headernya di ganti pake ini, mantab dah
Image
ane lagi guling2 cara masukin mesin 3UZ V8 ex LX570 ke si irit nan kenchanggg.... atw malah kl bs mesin GM LS7 7.0L V8....... :mky_03: :mky_03: :mky_03: .... heheehe... ga demen tuning modif2an... lbih nikmat natural aspirated.....
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: 192 km/h crash test

Post by asudarsono »

Masukin 3UV gampang dong..... Buka kap mesin, masukin terus tutup lagi.

Masukin LS7 ya buka kap mesin, keluarin 3UV masukin LS7, tutup lagi

Rapih khan?
Ready to Race
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: 192 km/h crash test

Post by doq »

bushkntl wrote:
doq wrote: ....
saya pernah mengerem dr speed 190kph, karena ada kendaraan yg tiba2 mengambil jalur, berusaha mengerem sekuat mungkin sambil tetap menjaga agar roda tidak mengunci (non ABS)..........ternyata keefektian rem standar kurang bisa diandalkan karena saya merasakan gejala rem loss setelah kecepatan menurun s/d 130an kph, mungkin terlalu panas ya? :e-think:
betul bro makin panas rem makin turun efektivitasnya makanya ada opsi untuk mengupgrade size discbrake/rotor, caliper plus racing brake pad semuanya untuk mengurangi brake fade karena panas selain upgrade yg saya sebut bisa juga melakukan/ditambah modifikasi di permukaan rotor seperti melakukan cross drilled(bad) atau slotted untuk membantu penghilangan panas. Cara lain untuk membuat rem lebih effektif adalah mengganti bahan rotornya ke carbon/composite ceramic yg satu ini bisa dibilang menghilangkan brake fade dan glownya bener2 cool(lihat pic di bawah) cuma masalahnya satu:harganya gile :mrgreen:

sebetulnya kalau mau tau effek panas pada rem ikut acara track day dan lihat setelah berapa lap mulai terjadi brake fade makanya kalau di track biasa pemula dianjurkan untuk mengupgrade rem dan ban sebelum mengupgrade performance part apa pun, tanpa rem dan ban yg baik tidak mungkin bisa mendapat track time yang baik.

edited: eh bro gw baru sadar:
doq wrote: ....
saya pernah mengerem dr speed 190kph, karena ada kendaraan yg tiba2 mengambil jalur, berusaha mengerem sekuat mungkin sambil tetap menjaga agar roda tidak mengunci (non ABS).
wkwkwk itu seni tuh ngerem non abs dari 190kph dan roda tidak mengunci boleh sekali2 diajarin ke nubi2 di track, pada pake abs brake aja suka ngaco apalagi kalo sampai harus pakai non abs disuruh ngerem dari speed segitu :mrgreen:


carbon brake in action, yummmy
Image
hehehe iya tuh, ngerem dr speed segitu pada kendaraan non-abs = sport jantung :upss:
feeling mesti bener2 tepat biar ga ngunci, sekali ngunci ya bye2 dah
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: 192 km/h crash test

Post by evolution21 »

Serem...
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: 192 km/h crash test

Post by VanzMatic »

Inti dari video crash test itu kan PENTINGNYA satu hal: REDUCE YOUR SPEED NOW..! Alon alon waton kelakon, takkan lekang dimakan jaman! Jangan main2 atau bercanda dengan maut. Luka di lutut kanan sy sdg mengering akibat kepleset naik motor BULAN Lalu, krn menghindari poldur, tyt mlh kepleset, dari kec 30kpj! Syukur hny spion kana mtr yg pecah, tp lutut ngga bisa ditekuk selama 3 pekan! Masih mau bicara aman kalau jatuh di atas 30 kpj??
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: 192 km/h crash test

Post by MitshuToyo »

doq wrote: setuju, semakin kencang maka energi kinetic semakin besar dan membuat usaha pengereman semakin besar.........

saya pernah mengerem dr speed 190kph, karena ada kendaraan yg tiba2 mengambil jalur, berusaha mengerem sekuat mungkin sambil tetap menjaga agar roda tidak mengunci (non ABS)..........ternyata keefektian rem standar kurang bisa diandalkan karena saya merasakan gejala rem loss setelah kecepatan menurun s/d 130an kph, mungkin terlalu panas ya? :e-think:
Pake Baenol itu ya Om ? Kenceng juga ya... :frm_salut:
Mungkin di kecepatan segitu rem standard baenol justru sudah gak mampu mengunci ban lagi.. :e-think:
Lagi nginjek rem..
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: 192 km/h crash test

Post by doq »

MitshuToyo wrote:
doq wrote: setuju, semakin kencang maka energi kinetic semakin besar dan membuat usaha pengereman semakin besar.........

saya pernah mengerem dr speed 190kph, karena ada kendaraan yg tiba2 mengambil jalur, berusaha mengerem sekuat mungkin sambil tetap menjaga agar roda tidak mengunci (non ABS)..........ternyata keefektian rem standar kurang bisa diandalkan karena saya merasakan gejala rem loss setelah kecepatan menurun s/d 130an kph, mungkin terlalu panas ya? :e-think:
Pake Baenol itu ya Om ? Kenceng juga ya... :frm_salut:
Mungkin di kecepatan segitu rem standard baenol justru sudah gak mampu mengunci ban lagi.. :e-think:
hehehe iya oom :ungg:
wkwkwk bisa jd gak mampu ngunci lg tuhImage
yg jelas saya mesti angkat kaki dr pedal rem beberapa kali biar ngga loss cengkeraman nya, itung2 ABS tradisionil lah :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: 192 km/h crash test

Post by ak4ng »

VanzMatic wrote:Inti dari video crash test itu kan PENTINGNYA satu hal: REDUCE YOUR SPEED NOW..! Alon alon waton kelakon, takkan lekang dimakan jaman! Jangan main2 atau bercanda dengan maut. Luka di lutut kanan sy sdg mengering akibat kepleset naik motor BULAN Lalu, krn menghindari poldur, tyt mlh kepleset, dari kec 30kpj! Syukur hny spion kana mtr yg pecah, tp lutut ngga bisa ditekuk selama 3 pekan! Masih mau bicara aman kalau jatuh di atas 30 kpj??
pake apanja 30kmh kepeleset???
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: 192 km/h crash test

Post by ilhami »

ak4ng wrote:
VanzMatic wrote:Inti dari video crash test itu kan PENTINGNYA satu hal: REDUCE YOUR SPEED NOW..! Alon alon waton kelakon, takkan lekang dimakan jaman! Jangan main2 atau bercanda dengan maut. Luka di lutut kanan sy sdg mengering akibat kepleset naik motor BULAN Lalu, krn menghindari poldur, tyt mlh kepleset, dari kec 30kpj! Syukur hny spion kana mtr yg pecah, tp lutut ngga bisa ditekuk selama 3 pekan! Masih mau bicara aman kalau jatuh di atas 30 kpj??
pake apanja 30kmh kepeleset???
iya ak4ng...30kpj keluar dari track trus ke jurang :P
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: 192 km/h crash test

Post by VanzMatic »

ilhami wrote:
ak4ng wrote:
VanzMatic wrote:Inti dari video crash test itu kan PENTINGNYA satu hal: REDUCE YOUR SPEED NOW..! Alon alon waton kelakon, takkan lekang dimakan jaman! Jangan main2 atau bercanda dengan maut. Luka di lutut kanan sy sdg mengering akibat kepleset naik motor BULAN Lalu, krn menghindari poldur, tyt mlh kepleset, dari kec 30kpj! Syukur hny spion kana mtr yg pecah, tp lutut ngga bisa ditekuk selama 3 pekan! Masih mau bicara aman kalau jatuh di atas 30 kpj??
pake apanja 30kmh kepeleset???
iya ak4ng...30kpj keluar dari track trus ke jurang :P
Kasian bangeett... segitu jelasnya aja engga kebaca..? :mrgreen:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
bushkntl
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 687
Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34

Re: 192 km/h crash test

Post by bushkntl »

maklum kebiasaan ngebut dia bro, sy perhatiin dia suka kelewatan baca secara dia baca sambil ngebut
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: 192 km/h crash test

Post by VanzMatic »

bushkntl wrote:maklum kebiasaan ngebut dia bro, sy perhatiin dia suka kelewatan baca secara dia baca sambil ngebut
Yang venting khan sudah direpisi.... :mrgreen:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
scorpio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 779
Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
Location: tangerang <-> jakarta

Re: 192 km/h crash test

Post by scorpio »

doq wrote: yg jelas saya mesti angkat kaki dr pedal rem beberapa kali biar ngga loss cengkeraman nya, itung2 ABS tradisionil lah :mrgreen:
mantap oom, masih bisa angkat kaki di speed segitu..
klo kejadian ane kemaren lg lari 120kmh tau2 ada bis gede maen masuk ga pake sen, kaki neken rem tp ga berani diangkat, soalnya dah mepet banget ama bis nya
untung remnya kaga loss, klo loss mungkin udah nabrak ceker ayam jembatan di jalan tol kali, secara posisi ban kanan udah keluar dari garis kuning n nyaris mepet ke pembatas jalan :frm_bang_head:
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: 192 km/h crash test

Post by doq »

bukan angkat kaki sama sekali oom :ungg:
lebih tepat nya ngendorin rem sedikit sebelum kemudian diinjek lagi, dan begitu beberapa kali...........soal nya klo ngga begitu rem nya loss saking panas nya :ungg:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: 192 km/h crash test

Post by doq »

doq wrote:bukan angkat kaki sama sekali oom :ungg:
lebih tepat nya ngendorin rem sedikit sebelum kemudian diinjek lagi, dan begitu beberapa kali...........soal nya klo ngga begitu rem nya loss saking panas nya :ungg:
maksud nya "beberapa kali" itu jg palingan sekali-dua kali deh.......ga inget bener, soal nya setelah mencapai tingkat kecepatan aman langsung maneuver :e-think:

btw, itu karena rem masih standard (efektifitas berkurang saat panas) ya oom plus ga ada ABS, klo mobil udah ada ABS ya mestinya diinjek sekuat2 nya........klo perlu sampe rata sama dek :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator