192 km/h crash test
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1217
- Joined: Fri May 20, 2011 1:06
Re: 192 km/h crash test
Hadeuuuuuhhhh...pusiiing om..hehehehe
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: 192 km/h crash test
setuju, semakin kencang maka energi kinetic semakin besar dan membuat usaha pengereman semakin besar.........bushkntl wrote:coba liat lagi rumusnya Kinetic energy: (KE) = ½.m.v², v²=velocity² perhatikan notasi ² artinya sudah berbanding pangkat ² terhadap velocity jadi walaupun ada reaksi rem jumlah KE di 190 km/h jauh lebih besar daripada jumlah KE di 120 km/h nah coba pikir efektivitas kemampuan remnya berkurang berapa banyak? intinya bukan masalah keburu rem atau tidak intinya makin cepat benda berjalan makin besar kinetic energinya kalau KE nya harus di transfer ke 0 cuma ada 2 cara di hilangkan bertahap atau pada situasi kecelakaan harus di "telan" oleh bendanya sendiriabrof wrote:klo dalam kondisi nyata bila kita melaju 190 kpj apa gak ada sama sekali reaksi pengereman dll, saya pernah punya pengalaman lari antara 120-130 kpj...dan sempat nginjak rem...benturan terjadi dibawah 70 kpj...motor yg saya tabrak hancur...orangnya patah2...dan bemper mobil sangat melindungi pengendara motor tersebut...bemper robek dikit kap mesin penyok....
saya pernah mengerem dr speed 190kph, karena ada kendaraan yg tiba2 mengambil jalur, berusaha mengerem sekuat mungkin sambil tetap menjaga agar roda tidak mengunci (non ABS)..........ternyata keefektian rem standar kurang bisa diandalkan karena saya merasakan gejala rem loss setelah kecepatan menurun s/d 130an kph, mungkin terlalu panas ya?

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
Re: 192 km/h crash test
betul bro makin panas rem makin turun efektivitasnya makanya ada opsi untuk mengupgrade size discbrake/rotor, caliper plus racing brake pad semuanya untuk mengurangi brake fade karena panas selain upgrade yg saya sebut bisa juga melakukan/ditambah modifikasi di permukaan rotor seperti melakukan cross drilled(bad) atau slotted untuk membantu penghilangan panas. Cara lain untuk membuat rem lebih effektif adalah mengganti bahan rotornya ke carbon/composite ceramic yg satu ini bisa dibilang menghilangkan brake fade dan glownya bener2 cool(lihat pic di bawah) cuma masalahnya satu:harganya giledoq wrote: ....
saya pernah mengerem dr speed 190kph, karena ada kendaraan yg tiba2 mengambil jalur, berusaha mengerem sekuat mungkin sambil tetap menjaga agar roda tidak mengunci (non ABS)..........ternyata keefektian rem standar kurang bisa diandalkan karena saya merasakan gejala rem loss setelah kecepatan menurun s/d 130an kph, mungkin terlalu panas ya?

sebetulnya kalau mau tau effek panas pada rem ikut acara track day dan lihat setelah berapa lap mulai terjadi brake fade makanya kalau di track biasa pemula dianjurkan untuk mengupgrade rem dan ban sebelum mengupgrade performance part apa pun, tanpa rem dan ban yg baik tidak mungkin bisa mendapat track time yang baik.
edited: eh bro gw baru sadar:
wkwkwk itu seni tuh ngerem non abs dari 190kph dan roda tidak mengunci boleh sekali2 diajarin ke nubi2 di track, pada pake abs brake aja suka ngaco apalagi kalo sampai harus pakai non abs disuruh ngerem dari speed segitudoq wrote: ....
saya pernah mengerem dr speed 190kph, karena ada kendaraan yg tiba2 mengambil jalur, berusaha mengerem sekuat mungkin sambil tetap menjaga agar roda tidak mengunci (non ABS).

carbon brake in action, yummmy

Last edited by bushkntl on Sat Oct 22, 2011 12:48, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: 192 km/h crash test
wihh.. bole donk inpo nya kira2 upgrade rem jadi 6 kaliper tiap ban + brake pad racing + ceramic rotor.......
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: 192 km/h crash test
avanza sanggup 192 kpj?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: 192 km/h crash test
entahlah yg 1.5L.... tp yg 1.3L banyak yg bisa 180kmh...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: 192 km/h crash test
tapi 80 kpj kalau guling guling juga fatal tuh
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
Re: 192 km/h crash test
kang tambahin twin turbo charger+front splitter+rear diffuser, 200km/h mah bablas
sama headernya di ganti pake ini, mantab dah

sama headernya di ganti pake ini, mantab dah

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: 192 km/h crash test
sebelum gas dibejek jgn lupa ucapkan bye bye buat ak4ngbushkntl wrote:kang tambahin twin turbo charger+front splitter+rear diffuser, 200km/h mah bablas




-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
Re: 192 km/h crash test
lah kok bye bye? kan udah di kasih splitter sama rear diffuser buat downforcenya? 200kph mah masih cetek lah 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: 192 km/h crash test
ane lagi guling2 cara masukin mesin 3UZ V8 ex LX570 ke si irit nan kenchanggg.... atw malah kl bs mesin GM LS7 7.0L V8.......bushkntl wrote:kang tambahin twin turbo charger+front splitter+rear diffuser, 200km/h mah bablas
sama headernya di ganti pake ini, mantab dah



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: 192 km/h crash test
Masukin 3UV gampang dong..... Buka kap mesin, masukin terus tutup lagi.
Masukin LS7 ya buka kap mesin, keluarin 3UV masukin LS7, tutup lagi
Rapih khan?
Masukin LS7 ya buka kap mesin, keluarin 3UV masukin LS7, tutup lagi
Rapih khan?
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: 192 km/h crash test
hehehe iya tuh, ngerem dr speed segitu pada kendaraan non-abs = sport jantungbushkntl wrote:betul bro makin panas rem makin turun efektivitasnya makanya ada opsi untuk mengupgrade size discbrake/rotor, caliper plus racing brake pad semuanya untuk mengurangi brake fade karena panas selain upgrade yg saya sebut bisa juga melakukan/ditambah modifikasi di permukaan rotor seperti melakukan cross drilled(bad) atau slotted untuk membantu penghilangan panas. Cara lain untuk membuat rem lebih effektif adalah mengganti bahan rotornya ke carbon/composite ceramic yg satu ini bisa dibilang menghilangkan brake fade dan glownya bener2 cool(lihat pic di bawah) cuma masalahnya satu:harganya giledoq wrote: ....
saya pernah mengerem dr speed 190kph, karena ada kendaraan yg tiba2 mengambil jalur, berusaha mengerem sekuat mungkin sambil tetap menjaga agar roda tidak mengunci (non ABS)..........ternyata keefektian rem standar kurang bisa diandalkan karena saya merasakan gejala rem loss setelah kecepatan menurun s/d 130an kph, mungkin terlalu panas ya?![]()
sebetulnya kalau mau tau effek panas pada rem ikut acara track day dan lihat setelah berapa lap mulai terjadi brake fade makanya kalau di track biasa pemula dianjurkan untuk mengupgrade rem dan ban sebelum mengupgrade performance part apa pun, tanpa rem dan ban yg baik tidak mungkin bisa mendapat track time yang baik.
edited: eh bro gw baru sadar:wkwkwk itu seni tuh ngerem non abs dari 190kph dan roda tidak mengunci boleh sekali2 diajarin ke nubi2 di track, pada pake abs brake aja suka ngaco apalagi kalo sampai harus pakai non abs disuruh ngerem dari speed segitudoq wrote: ....
saya pernah mengerem dr speed 190kph, karena ada kendaraan yg tiba2 mengambil jalur, berusaha mengerem sekuat mungkin sambil tetap menjaga agar roda tidak mengunci (non ABS).![]()
carbon brake in action, yummmy

feeling mesti bener2 tepat biar ga ngunci, sekali ngunci ya bye2 dah
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: 192 km/h crash test
Serem...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: 192 km/h crash test
Inti dari video crash test itu kan PENTINGNYA satu hal: REDUCE YOUR SPEED NOW..! Alon alon waton kelakon, takkan lekang dimakan jaman! Jangan main2 atau bercanda dengan maut. Luka di lutut kanan sy sdg mengering akibat kepleset naik motor BULAN Lalu, krn menghindari poldur, tyt mlh kepleset, dari kec 30kpj! Syukur hny spion kana mtr yg pecah, tp lutut ngga bisa ditekuk selama 3 pekan! Masih mau bicara aman kalau jatuh di atas 30 kpj??
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1261
- Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00
Re: 192 km/h crash test
Pake Baenol itu ya Om ? Kenceng juga ya...doq wrote: setuju, semakin kencang maka energi kinetic semakin besar dan membuat usaha pengereman semakin besar.........
saya pernah mengerem dr speed 190kph, karena ada kendaraan yg tiba2 mengambil jalur, berusaha mengerem sekuat mungkin sambil tetap menjaga agar roda tidak mengunci (non ABS)..........ternyata keefektian rem standar kurang bisa diandalkan karena saya merasakan gejala rem loss setelah kecepatan menurun s/d 130an kph, mungkin terlalu panas ya?

Mungkin di kecepatan segitu rem standard baenol justru sudah gak mampu mengunci ban lagi..

Lagi nginjek rem..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: 192 km/h crash test
hehehe iya oomMitshuToyo wrote:Pake Baenol itu ya Om ? Kenceng juga ya...doq wrote: setuju, semakin kencang maka energi kinetic semakin besar dan membuat usaha pengereman semakin besar.........
saya pernah mengerem dr speed 190kph, karena ada kendaraan yg tiba2 mengambil jalur, berusaha mengerem sekuat mungkin sambil tetap menjaga agar roda tidak mengunci (non ABS)..........ternyata keefektian rem standar kurang bisa diandalkan karena saya merasakan gejala rem loss setelah kecepatan menurun s/d 130an kph, mungkin terlalu panas ya?![]()
Mungkin di kecepatan segitu rem standard baenol justru sudah gak mampu mengunci ban lagi..

wkwkwk bisa jd gak mampu ngunci lg tuh

yg jelas saya mesti angkat kaki dr pedal rem beberapa kali biar ngga loss cengkeraman nya, itung2 ABS tradisionil lah

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: 192 km/h crash test
pake apanja 30kmh kepeleset???VanzMatic wrote:Inti dari video crash test itu kan PENTINGNYA satu hal: REDUCE YOUR SPEED NOW..! Alon alon waton kelakon, takkan lekang dimakan jaman! Jangan main2 atau bercanda dengan maut. Luka di lutut kanan sy sdg mengering akibat kepleset naik motor BULAN Lalu, krn menghindari poldur, tyt mlh kepleset, dari kec 30kpj! Syukur hny spion kana mtr yg pecah, tp lutut ngga bisa ditekuk selama 3 pekan! Masih mau bicara aman kalau jatuh di atas 30 kpj??
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: 192 km/h crash test
iya ak4ng...30kpj keluar dari track trus ke jurangak4ng wrote:pake apanja 30kmh kepeleset???VanzMatic wrote:Inti dari video crash test itu kan PENTINGNYA satu hal: REDUCE YOUR SPEED NOW..! Alon alon waton kelakon, takkan lekang dimakan jaman! Jangan main2 atau bercanda dengan maut. Luka di lutut kanan sy sdg mengering akibat kepleset naik motor BULAN Lalu, krn menghindari poldur, tyt mlh kepleset, dari kec 30kpj! Syukur hny spion kana mtr yg pecah, tp lutut ngga bisa ditekuk selama 3 pekan! Masih mau bicara aman kalau jatuh di atas 30 kpj??

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: 192 km/h crash test
Kasian bangeett... segitu jelasnya aja engga kebaca..?ilhami wrote:iya ak4ng...30kpj keluar dari track trus ke jurangak4ng wrote:pake apanja 30kmh kepeleset???VanzMatic wrote:Inti dari video crash test itu kan PENTINGNYA satu hal: REDUCE YOUR SPEED NOW..! Alon alon waton kelakon, takkan lekang dimakan jaman! Jangan main2 atau bercanda dengan maut. Luka di lutut kanan sy sdg mengering akibat kepleset naik motor BULAN Lalu, krn menghindari poldur, tyt mlh kepleset, dari kec 30kpj! Syukur hny spion kana mtr yg pecah, tp lutut ngga bisa ditekuk selama 3 pekan! Masih mau bicara aman kalau jatuh di atas 30 kpj??

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
Re: 192 km/h crash test
maklum kebiasaan ngebut dia bro, sy perhatiin dia suka kelewatan baca secara dia baca sambil ngebut
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: 192 km/h crash test
Yang venting khan sudah direpisi....bushkntl wrote:maklum kebiasaan ngebut dia bro, sy perhatiin dia suka kelewatan baca secara dia baca sambil ngebut

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 779
- Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
- Location: tangerang <-> jakarta
Re: 192 km/h crash test
mantap oom, masih bisa angkat kaki di speed segitu..doq wrote: yg jelas saya mesti angkat kaki dr pedal rem beberapa kali biar ngga loss cengkeraman nya, itung2 ABS tradisionil lah
klo kejadian ane kemaren lg lari 120kmh tau2 ada bis gede maen masuk ga pake sen, kaki neken rem tp ga berani diangkat, soalnya dah mepet banget ama bis nya
untung remnya kaga loss, klo loss mungkin udah nabrak ceker ayam jembatan di jalan tol kali, secara posisi ban kanan udah keluar dari garis kuning n nyaris mepet ke pembatas jalan

vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: 192 km/h crash test
bukan angkat kaki sama sekali oom 
lebih tepat nya ngendorin rem sedikit sebelum kemudian diinjek lagi, dan begitu beberapa kali...........soal nya klo ngga begitu rem nya loss saking panas nya

lebih tepat nya ngendorin rem sedikit sebelum kemudian diinjek lagi, dan begitu beberapa kali...........soal nya klo ngga begitu rem nya loss saking panas nya

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: 192 km/h crash test
maksud nya "beberapa kali" itu jg palingan sekali-dua kali deh.......ga inget bener, soal nya setelah mencapai tingkat kecepatan aman langsung maneuverdoq wrote:bukan angkat kaki sama sekali oom
lebih tepat nya ngendorin rem sedikit sebelum kemudian diinjek lagi, dan begitu beberapa kali...........soal nya klo ngga begitu rem nya loss saking panas nya

btw, itu karena rem masih standard (efektifitas berkurang saat panas) ya oom plus ga ada ABS, klo mobil udah ada ABS ya mestinya diinjek sekuat2 nya........klo perlu sampe rata sama dek
