GL 1.5 Ultimate atau D4D a/t G ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Mon Sep 15, 2008 4:41
- Location: Bonjer - Jakbar
Re: GL 1.5 Ultimate atau D4D a/t G ?
secara ane baru test drive GL matic om..
dari yg sehari-harinya naik apanjah manual, pas nyoba GL
muter2 seputaran puri indah...wuihhh..jauhhh nyamannya
yg belum test drive D4D nih,kmarin dateng ke toyota bonjer, mau test drive kata salesnya gak bisa krn gak ada boil utk testdrive
cuman dengerin testimoni temen2 yg pake nih mobil...
rencana mau testdrive pake ipah diesel temen,
biar ngerasain bedanya...
yg katanya kayak "orang jangkung lari dengan langkah lebar2"
trus torsi yg guede, ok pas stop n go...
secara panther touring mertua aja udah ganas githu, gmn ipah yg commonrail ya?
trus kata temen yg mudik pake ipah diesel, wuihhh wusss wussss....dan irit lagi...
ama "free" maintenance nya bro,
gue bukan type yg rajin cek-cek kondisi mobil
dan malas ke bengkel..
nyuci mobil aj jarang..
makanya nyari warna silver, gak mau hitam
klo soal kecepatan, gue bukan type driver yg suka kebut2an om..
coz biasa bawa keluarga dan anak kecil2,
berusaha nyetir nyaman dan bisa bikin mereka terlelap tidur pas ane setirin
ipah diesel? GL 1.5 ultimate?............
dari yg sehari-harinya naik apanjah manual, pas nyoba GL
muter2 seputaran puri indah...wuihhh..jauhhh nyamannya
yg belum test drive D4D nih,kmarin dateng ke toyota bonjer, mau test drive kata salesnya gak bisa krn gak ada boil utk testdrive
cuman dengerin testimoni temen2 yg pake nih mobil...
rencana mau testdrive pake ipah diesel temen,
biar ngerasain bedanya...
yg katanya kayak "orang jangkung lari dengan langkah lebar2"
trus torsi yg guede, ok pas stop n go...
secara panther touring mertua aja udah ganas githu, gmn ipah yg commonrail ya?
trus kata temen yg mudik pake ipah diesel, wuihhh wusss wussss....dan irit lagi...
ama "free" maintenance nya bro,
gue bukan type yg rajin cek-cek kondisi mobil
dan malas ke bengkel..
nyuci mobil aj jarang..
makanya nyari warna silver, gak mau hitam
klo soal kecepatan, gue bukan type driver yg suka kebut2an om..
coz biasa bawa keluarga dan anak kecil2,
berusaha nyetir nyaman dan bisa bikin mereka terlelap tidur pas ane setirin
ipah diesel? GL 1.5 ultimate?............
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6015
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: GL 1.5 Ultimate atau D4D a/t G ?
Kebetulan lg saya pake panther grand touring, untuk tarikan dlm keadaan sama2 standard saya msh pegang touring drpd innova D4D. Innova D4D tarikan lebih soft, panther kasar tp lbh responsif. Apalagi kalo D4D nya dicekokin solar kotor terus2an kyk pny saya, lama2 tambah lemot response nya. Kalo kenyamanan GL lebih unggul. Tapi GL saya suara ban lumayan masuk ke kabin, agak sedikit mengganggu.perotta79 wrote:secara ane baru test drive GL matic om..
dari yg sehari-harinya naik apanjah manual, pas nyoba GL
muter2 seputaran puri indah...wuihhh..jauhhh nyamannya
yg belum test drive D4D nih,kmarin dateng ke toyota bonjer, mau test drive kata salesnya gak bisa krn gak ada boil utk testdrive
cuman dengerin testimoni temen2 yg pake nih mobil...
rencana mau testdrive pake ipah diesel temen,
biar ngerasain bedanya...
yg katanya kayak "orang jangkung lari dengan langkah lebar2"
trus torsi yg guede, ok pas stop n go...
secara panther touring mertua aja udah ganas githu, gmn ipah yg commonrail ya?
trus kata temen yg mudik pake ipah diesel, wuihhh wusss wussss....dan irit lagi...
ama "free" maintenance nya bro,
gue bukan type yg rajin cek-cek kondisi mobil
dan malas ke bengkel..
nyuci mobil aj jarang..
makanya nyari warna silver, gak mau hitam
klo soal kecepatan, gue bukan type driver yg suka kebut2an om..
coz biasa bawa keluarga dan anak kecil2,
berusaha nyetir nyaman dan bisa bikin mereka terlelap tidur pas ane setirin
ipah diesel? GL 1.5 ultimate?............
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1027
- Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40
Re: GL 1.5 Ultimate atau D4D a/t G ?
Mari kita sekarang bandingkan feature 2 mobil ini sekarang :
innova D4D G AT.
Tidak ada ABS, EBD, BA.
Tidak ada airbag.
Back Sonar
Kursi bahan kain
Yang lain standard.
Grand Livina 1.5 Ultimate AT
Udah JOK KULIT
Airbag Driver.
Back Sonar
ABS, EBD, BA semua ada.
Hasil uji tabrakan sudah ketahuan, mirip ama model model yang di jual di Jepang, seperti honda city, Nissan Tiida yang kuat rangkanya.
For all These,
Harga cuman 209 juta.
Atau mau tampil beda, bisa ambil versi HWS Autech yang baru keluar
http://www.nissan.co.id/id/web/models/G ... /hpage.htm
Feature nambah banyak lagi :
2 LCD Head Rest Monitor
6 inch DVD Touchscreen
Body kit Autech.
innova D4D G AT.
Tidak ada ABS, EBD, BA.
Tidak ada airbag.
Back Sonar
Kursi bahan kain
Yang lain standard.
Grand Livina 1.5 Ultimate AT
Udah JOK KULIT
Airbag Driver.
Back Sonar
ABS, EBD, BA semua ada.
Hasil uji tabrakan sudah ketahuan, mirip ama model model yang di jual di Jepang, seperti honda city, Nissan Tiida yang kuat rangkanya.
For all These,
Harga cuman 209 juta.
Atau mau tampil beda, bisa ambil versi HWS Autech yang baru keluar
http://www.nissan.co.id/id/web/models/G ... /hpage.htm
Feature nambah banyak lagi :
2 LCD Head Rest Monitor
6 inch DVD Touchscreen
Body kit Autech.
Last edited by toyotaman on Fri Oct 14, 2011 9:38, edited 1 time in total.
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1027
- Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40
Re: GL 1.5 Ultimate atau D4D a/t G ?
TS kalau beli Grand Livina, semua sudah ada. Lengkap featurenya. Siap pakai. Just GO.
Beli innova, udah habis 266 juta, dapat feature basic. Mau nambah jok kulit, keluar duit lagi dan repot harus bongkar pasang kursi. Kulit enak karena lebih gampang di bersihkan.
Mau nambah ABS, EBD, BA, airbag gituan bisa ngak ? Bisa pun, keluar duit lagi.
Mau nambah entertainment system, 2 LCD monitor, keluar duit lagi.
Pula, innova lebih gendut. Kalau ke tempat tertentu, parkir akan lebih sulit, Grand Livina kemana aja, mau parkir di tempat yang sempit seperti di Mal Mangga Dua, ITC M2, masuk ke gang gang seperti di Pademangan, jalan tikus, lincah. Gampang nyelip di antara banyak motor, bajai dan angkot.
Toh asal ngak sering 3 orang dewasa full size duduk di baris 2, space Grand Livina cukup untuk 4 dewasa full size + 2 dewasa medium size,+ 1-2 anak tergantung usia.
For most purposes, Grand Livina sudah lebih dari cukup untuk hidup di dalam kota tiap hari, dan sekali kali keluar kota. Ruang bagasi juga lumayan saat baris 3 di lipat.
innova cuman menang lebih gede berapa persen, tapi selain itu, habis duit 266 juta ngak dapat banyak fasilitas, dan kalau ke tempat yang parkirnya susah, sempit, atau kadang lewat jalan / gang sempit di Jakarta, innova lebih sulit manuver.
Beli innova, udah habis 266 juta, dapat feature basic. Mau nambah jok kulit, keluar duit lagi dan repot harus bongkar pasang kursi. Kulit enak karena lebih gampang di bersihkan.
Mau nambah ABS, EBD, BA, airbag gituan bisa ngak ? Bisa pun, keluar duit lagi.
Mau nambah entertainment system, 2 LCD monitor, keluar duit lagi.
Pula, innova lebih gendut. Kalau ke tempat tertentu, parkir akan lebih sulit, Grand Livina kemana aja, mau parkir di tempat yang sempit seperti di Mal Mangga Dua, ITC M2, masuk ke gang gang seperti di Pademangan, jalan tikus, lincah. Gampang nyelip di antara banyak motor, bajai dan angkot.
Toh asal ngak sering 3 orang dewasa full size duduk di baris 2, space Grand Livina cukup untuk 4 dewasa full size + 2 dewasa medium size,+ 1-2 anak tergantung usia.
For most purposes, Grand Livina sudah lebih dari cukup untuk hidup di dalam kota tiap hari, dan sekali kali keluar kota. Ruang bagasi juga lumayan saat baris 3 di lipat.
innova cuman menang lebih gede berapa persen, tapi selain itu, habis duit 266 juta ngak dapat banyak fasilitas, dan kalau ke tempat yang parkirnya susah, sempit, atau kadang lewat jalan / gang sempit di Jakarta, innova lebih sulit manuver.
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: GL 1.5 Ultimate atau D4D a/t G ?
Kebetulan lg saya pake panther grand touring, untuk tarikan dlm keadaan sama2 standard saya msh pegang touring drpd innova D4D. Innova D4D tarikan lebih soft, panther kasar tp lbh responsif. Apalagi kalo D4D nya dicekokin solar kotor terus2an kyk pny saya, lama2 tambah lemot response nya. Kalo kenyamanan GL lebih unggul. Tapi GL saya suara ban lumayan masuk ke kabin, agak sedikit mengganggu.[/quote]
Klo mau enak sehh, spt temen sy punya, tuh catalic ksh copot, ganti pipa biasa saja. Ud mayan enak, krn AT trans, d utak atik enginenya(pasang powerplug or ganti full exhaust system kans**) pun percuma coz lemot shift up n down nya blm resiko jebol gearbox, laen crita klo d4d manual, byk yg bs burnout katae.
Klo mau enak sehh, spt temen sy punya, tuh catalic ksh copot, ganti pipa biasa saja. Ud mayan enak, krn AT trans, d utak atik enginenya(pasang powerplug or ganti full exhaust system kans**) pun percuma coz lemot shift up n down nya blm resiko jebol gearbox, laen crita klo d4d manual, byk yg bs burnout katae.
Re: GL 1.5 Ultimate atau D4D a/t G ?
Oooo gitu ya om Profith. Bagus ini info yg bermanfaat ttg kedua kendaraan iniProfith83 wrote:Kalau mobil pertama lebih baik milih Innova karena kehandalan spare part dan mesin diesel.
Saya punya 2-2nya, Livina 1.5 XV manual 2007
Ipah diesel D4D thn 2008 manual
fast moving part Livina lebih murah :
Filer olie Livina 30.000 an, sedangkan inova kalau gak salah 80.000 an
Olie livina 3 liter, inova diesel 7 liter.
Filter udara livina 90.000 an, filter udara inova sekitar 200.000 an
Filter bensin livina gak ada, filter solar inova sekitar 150.000 an (dalamnya saja)
Tetapi yang lebih mahal Livina :
Shock beker belakang livina katanya 1 set 500.000 lebih, katanya inova cuma 250.000 an
Shock beker depan ... gak tahu
Kalau ganti kopling livina 1.5 jt an 1 set, katanya harus 1 set soalnya ada kemungkinan nanti setelah diganti 1 bulan kemudian bisa jadi tidak enak lagi (alias balik asal)
Kalau untuk kecepatan saya pilih GL, tetapi GL kecil, ipah enak besar jadi terasa lapang.
Tanjakan kalau merambat/beriringan sangat pelan dan panjang, resiko mundur lebih besar Livina karena Torsi Livina kalau dibawah RPM 2000 wah sangat sangat kurang.
Yang bahaya Livina kalau muatan penuh 6 orang di tanjakan dan hujan, terus mobil sempat berhenti ... bahaya karena Livina penggerak roda depan.
Kalau tanjakan. mobil berhenti, isi 6 orang dewasa tetapi tidak hujan masih bisa
Kalau tanjakan jalannya kosong tidak merambat, ke 2 nya enak ........ semua bertenaga.
Semoga bermanfaat
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: GL 1.5 Ultimate atau D4D a/t G ?
Berikut sedikit sharing pengalaman beli mobil:
1. Buat Keputusan Sebelum ke Ruang Pamer
Sebelum pergi ke ruang pamer, putuskan dulu apa yang diinginkan dari sebuah mobil, apakah fiturnya, model, harga atau kemampuan mesinnya. Banyak dealer mobil ingin agar anda membeli mobil yang mereka tawarkan, bukan mobil yang anda inginkan atau butuhkan. Ada baiknya anda memiliki dua atau tiga pilihan sehingga punya kesempatan untuk melakukan perbandingan dan disesuaikan dengan dana yang ada.
2. Bekali Informasi Cukup
Gunakan internet untuk mencari mobil sebelum pergi ke ruang pamer. Cek lebih dulu daftar harga di dealer, selain itu juga perlu melihat brosur untuk mengetahui fitur mobil mobil yang diinginkan dan melihat kemungkinan ada program diskon pada periode tsb.
3. Tenaga Penjual Bukan Kawan Anda
Perlu diingat bahwa tenaga penjual itu tugasnya menghasilkan uang, mereka bukan kawan anda. Meskipun ia adalah paman anda, keponakan atau tetangga anda, mereka tetap saja mengharapkan komisi dari penjualan mobil yang dipromosikan. Anda perlu hati-hati terhadap kepentingan keuangan anda sendiri, karena tenaga penjual itu tidak akan memikirkan kondisi uang anda.
4. Dapatkan Persetujuan Awal
Pastikan dapatkan persetujuan awal oleh bank atau perusahaan leasing jika ingin membeli mobil dengan cara kredit. Dengan mengantongi persetujuan awal dari lembaga keuangan itu maka anda bisa menyesuaikan harga mobil dengan pagu kredit, dan juga bisa menyesuaikan dengan isi kantong untuk cicilan bulanan.
5. Pertimbangkan Biaya Perawatan
Pertimbangkan biaya perawatan ketika memilih sebuah mobil untuk dimiliki. Perlu diperhitungkan berapa biaya perawatan mobil dalam setahun. Karena ada mobil yang berharga murah, tapi biaya perawatannya untuk beberapa tahun pemakaian justru jauh lebih tinggi dibandingkan mobil yang berharga lebih mahal.
6. Perlu Waktu Lebih Banyak
Jangan biarkan tenaga penjual memberikan anda kesempatan untuk membawa mobil ke rumah untuk dicoba sebelum ada kesepakatan. Karena dengan menerima tawaran tersebut, maka anda akan punya tanggungan atau kewajiban, dan terlebih lagi daya tawar anda akan berkurang. Cara terbaik ketika mempertimbangkan membeli mobil adalah pulang ke rumah lebih dulu setelah dari ruang pamer dan pertimbangkan sekurangnya 24 jam sebelum memutuskan untuk memboyong mobil ke garasi.
Semoga bermanfaat..!
1. Buat Keputusan Sebelum ke Ruang Pamer
Sebelum pergi ke ruang pamer, putuskan dulu apa yang diinginkan dari sebuah mobil, apakah fiturnya, model, harga atau kemampuan mesinnya. Banyak dealer mobil ingin agar anda membeli mobil yang mereka tawarkan, bukan mobil yang anda inginkan atau butuhkan. Ada baiknya anda memiliki dua atau tiga pilihan sehingga punya kesempatan untuk melakukan perbandingan dan disesuaikan dengan dana yang ada.
2. Bekali Informasi Cukup
Gunakan internet untuk mencari mobil sebelum pergi ke ruang pamer. Cek lebih dulu daftar harga di dealer, selain itu juga perlu melihat brosur untuk mengetahui fitur mobil mobil yang diinginkan dan melihat kemungkinan ada program diskon pada periode tsb.
3. Tenaga Penjual Bukan Kawan Anda
Perlu diingat bahwa tenaga penjual itu tugasnya menghasilkan uang, mereka bukan kawan anda. Meskipun ia adalah paman anda, keponakan atau tetangga anda, mereka tetap saja mengharapkan komisi dari penjualan mobil yang dipromosikan. Anda perlu hati-hati terhadap kepentingan keuangan anda sendiri, karena tenaga penjual itu tidak akan memikirkan kondisi uang anda.
4. Dapatkan Persetujuan Awal
Pastikan dapatkan persetujuan awal oleh bank atau perusahaan leasing jika ingin membeli mobil dengan cara kredit. Dengan mengantongi persetujuan awal dari lembaga keuangan itu maka anda bisa menyesuaikan harga mobil dengan pagu kredit, dan juga bisa menyesuaikan dengan isi kantong untuk cicilan bulanan.
5. Pertimbangkan Biaya Perawatan
Pertimbangkan biaya perawatan ketika memilih sebuah mobil untuk dimiliki. Perlu diperhitungkan berapa biaya perawatan mobil dalam setahun. Karena ada mobil yang berharga murah, tapi biaya perawatannya untuk beberapa tahun pemakaian justru jauh lebih tinggi dibandingkan mobil yang berharga lebih mahal.
6. Perlu Waktu Lebih Banyak
Jangan biarkan tenaga penjual memberikan anda kesempatan untuk membawa mobil ke rumah untuk dicoba sebelum ada kesepakatan. Karena dengan menerima tawaran tersebut, maka anda akan punya tanggungan atau kewajiban, dan terlebih lagi daya tawar anda akan berkurang. Cara terbaik ketika mempertimbangkan membeli mobil adalah pulang ke rumah lebih dulu setelah dari ruang pamer dan pertimbangkan sekurangnya 24 jam sebelum memutuskan untuk memboyong mobil ke garasi.
Semoga bermanfaat..!
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: GL 1.5 Ultimate atau D4D a/t G ?
Maaf ya...kalau menurut nubietol....misalkan sama2 non airbag, kalau GL dilaga kambing dgn innova, penumpang GL pasti bakalan lebih parah....secara pertama, kemungkinan dicucuk ladder frame, kedua, lebih tinggi kabin innova dgn massa yg lbh berat....sotoy mode:ON...uwkwkwkw
Airbag, piranti keselamatan pasif....cmiiw
Bukan tidak penting, tapi bukan penentu keselamatan, masih byk faktor lain, test crash can only do so much in a controlled environment:)
Kalau perihal GC, saya pernah liat acara di discovery channel, sama2 volvo hatchback, satu nya gc lebih tinggi 20mm, trus laga kambing, dan sensor dummy menunjukkan penumpang depan d mbl lbh rendah lebih fatal....
Airbag, piranti keselamatan pasif....cmiiw
Bukan tidak penting, tapi bukan penentu keselamatan, masih byk faktor lain, test crash can only do so much in a controlled environment:)
Kalau perihal GC, saya pernah liat acara di discovery channel, sama2 volvo hatchback, satu nya gc lebih tinggi 20mm, trus laga kambing, dan sensor dummy menunjukkan penumpang depan d mbl lbh rendah lebih fatal....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
Re: GL 1.5 Ultimate atau D4D a/t G ?
Anyway buat TS coba di consider juga masalah extra space di kabin kendaraan yang mau dipilih. Kalau buat saya innova lebih menarik karena spacenya yg lebih lapang karena kalau sudah stuck di kemacetan jakarta every bit of extra space is a welcomed feature
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 592
- Joined: Wed Jan 12, 2011 6:09
- Location: Jalan Rusak ? ? ?
Re: GL 1.5 Ultimate atau D4D a/t G ?
Satu lagi, menawar semurah-murahnya dan pura2 tidak butuh unitnya, kalau bisa si pembeli dirumah saja biar salesnya yang datang sendiri dan nanti kalau sudah deal baru datang ke dealernya. Pastikan jangan membawa uang cash untuk pembayaran unit saat perjalanan ke dealer.VanzMatic wrote:Berikut sedikit sharing pengalaman beli mobil:
1. Buat Keputusan Sebelum ke Ruang Pamer
Sebelum pergi ke ruang pamer, putuskan dulu apa yang diinginkan dari sebuah mobil, apakah fiturnya, model, harga atau kemampuan mesinnya. Banyak dealer mobil ingin agar anda membeli mobil yang mereka tawarkan, bukan mobil yang anda inginkan atau butuhkan. Ada baiknya anda memiliki dua atau tiga pilihan sehingga punya kesempatan untuk melakukan perbandingan dan disesuaikan dengan dana yang ada.
2. Bekali Informasi Cukup
Gunakan internet untuk mencari mobil sebelum pergi ke ruang pamer. Cek lebih dulu daftar harga di dealer, selain itu juga perlu melihat brosur untuk mengetahui fitur mobil mobil yang diinginkan dan melihat kemungkinan ada program diskon pada periode tsb.
3. Tenaga Penjual Bukan Kawan Anda
Perlu diingat bahwa tenaga penjual itu tugasnya menghasilkan uang, mereka bukan kawan anda. Meskipun ia adalah paman anda, keponakan atau tetangga anda, mereka tetap saja mengharapkan komisi dari penjualan mobil yang dipromosikan. Anda perlu hati-hati terhadap kepentingan keuangan anda sendiri, karena tenaga penjual itu tidak akan memikirkan kondisi uang anda.
4. Dapatkan Persetujuan Awal
Pastikan dapatkan persetujuan awal oleh bank atau perusahaan leasing jika ingin membeli mobil dengan cara kredit. Dengan mengantongi persetujuan awal dari lembaga keuangan itu maka anda bisa menyesuaikan harga mobil dengan pagu kredit, dan juga bisa menyesuaikan dengan isi kantong untuk cicilan bulanan.
5. Pertimbangkan Biaya Perawatan
Pertimbangkan biaya perawatan ketika memilih sebuah mobil untuk dimiliki. Perlu diperhitungkan berapa biaya perawatan mobil dalam setahun. Karena ada mobil yang berharga murah, tapi biaya perawatannya untuk beberapa tahun pemakaian justru jauh lebih tinggi dibandingkan mobil yang berharga lebih mahal.
6. Perlu Waktu Lebih Banyak
Jangan biarkan tenaga penjual memberikan anda kesempatan untuk membawa mobil ke rumah untuk dicoba sebelum ada kesepakatan. Karena dengan menerima tawaran tersebut, maka anda akan punya tanggungan atau kewajiban, dan terlebih lagi daya tawar anda akan berkurang. Cara terbaik ketika mempertimbangkan membeli mobil adalah pulang ke rumah lebih dulu setelah dari ruang pamer dan pertimbangkan sekurangnya 24 jam sebelum memutuskan untuk memboyong mobil ke garasi.
Semoga bermanfaat..!
Dilarang Merokok Kecuali Perlu!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: GL 1.5 Ultimate atau D4D a/t G ?
Kebetulan saya pernah pakai GL 1.5 XV AT 2008 selama setahun lebih, pemakaian mayoritas dalkot, lukot pernah jakarta - surabaya pp full penumpang+barang dan ke puncak nggak pernah ada masalah.
Menurut pendapat saya bilamana suka comfortnya GL dan pemakaian mayoritas dalam kota pilih GL saja. Kalau sering luar kota dan kondisi jalan kurang bagus pilih Innova diesel.
Menurut pendapat saya bilamana suka comfortnya GL dan pemakaian mayoritas dalam kota pilih GL saja. Kalau sering luar kota dan kondisi jalan kurang bagus pilih Innova diesel.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27188
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: GL 1.5 Ultimate atau D4D a/t G ?
and the truth speak for themselves..
ane pribadi punya ipah bensin, taon kmaren beli seken kluaran taon 2006, odo pas dibeli uda 70an nyaris 80 rebu... perna jg make GL 1.5 XV taon 2007 akhir, lalu dijual taon kmaren...
kalo mo dipukul rata... sperti yg rekan dsini bilang.. ane jg mengalami nya... si ipah walaupun ane beli seken dan ane jadiin kuda perang ane tiap ari (termasuk jadi kuda beban gila2an ane) problem nya jauhh lebi dikit dari si GL ane dulu... dari sejak beli taon kmaren ampe ari ini, odo si ipah uda ane pake jalan lebi dari 35 rebu km... ga perna masuk beres.. smua ane kerjain sendiri servis2 termasuk tune up nya, kcuali ganti oli aja di bengkel rumahan... tohh ampe ari ini, satu baut pun ga ada yg copot atau kendor.. bahkan ga ada bunyi2 aneh2... padahal track record servis dari pemilik sblom nya, ga beda perlakuan nya ama ane skrg... ini mobil nyaris jaranggggg bangettt nyicipin servis berkala beres.. .... satu hal yg plg ane benci dari ini mobil yahhh cuman FC nya aja yg kurang ajar...
ane ga bilang GL itu banyak problem major... mesin GL ane slama ane pake blom perna meledak koq.. mobil nya jg blom perna patah jadi 2 atau pintu mendadak copot pas lagi lari... tapiii... ini mobil banyak printilan2 konyol nya aja... fuel sender, collumn steer itu 2 problem yg bikin ane rajin bolak balik beres.. blom lagi soal batok lampu yg berembun, kondensor ac, ama yg plg parah yahh corong bensin yg berkarat parah ampe bikin bau uap bensin menyengat skali tiap abis dipakai... untung aja itu smua diganti ama beres walaupun utk yg batok lampu, fuel sender, kondensor ac sempet bikin ane perang urat saraf ama si SA, ampe kirim email sgala ke nissan pusat.... tapi yahh tetep aja.. musti bolak balik bengkel...
ipah ama GL ?? sama aja ahh kalo soal tanggung jawab produk mereka... ipah ga recall soal as roda nya ?? nissan jg ga perna recall soal fuel sender bensin nya.... masi mending honda, power window aja masi mau diurusin ama mereka... ga usa ngomong yg di luar dulu dehh... kita ngomong ama yg dijual dsini aja... emangnya kita pake ntuh mobil yg dluar...
ane pribadi punya ipah bensin, taon kmaren beli seken kluaran taon 2006, odo pas dibeli uda 70an nyaris 80 rebu... perna jg make GL 1.5 XV taon 2007 akhir, lalu dijual taon kmaren...
kalo mo dipukul rata... sperti yg rekan dsini bilang.. ane jg mengalami nya... si ipah walaupun ane beli seken dan ane jadiin kuda perang ane tiap ari (termasuk jadi kuda beban gila2an ane) problem nya jauhh lebi dikit dari si GL ane dulu... dari sejak beli taon kmaren ampe ari ini, odo si ipah uda ane pake jalan lebi dari 35 rebu km... ga perna masuk beres.. smua ane kerjain sendiri servis2 termasuk tune up nya, kcuali ganti oli aja di bengkel rumahan... tohh ampe ari ini, satu baut pun ga ada yg copot atau kendor.. bahkan ga ada bunyi2 aneh2... padahal track record servis dari pemilik sblom nya, ga beda perlakuan nya ama ane skrg... ini mobil nyaris jaranggggg bangettt nyicipin servis berkala beres.. .... satu hal yg plg ane benci dari ini mobil yahhh cuman FC nya aja yg kurang ajar...
ane ga bilang GL itu banyak problem major... mesin GL ane slama ane pake blom perna meledak koq.. mobil nya jg blom perna patah jadi 2 atau pintu mendadak copot pas lagi lari... tapiii... ini mobil banyak printilan2 konyol nya aja... fuel sender, collumn steer itu 2 problem yg bikin ane rajin bolak balik beres.. blom lagi soal batok lampu yg berembun, kondensor ac, ama yg plg parah yahh corong bensin yg berkarat parah ampe bikin bau uap bensin menyengat skali tiap abis dipakai... untung aja itu smua diganti ama beres walaupun utk yg batok lampu, fuel sender, kondensor ac sempet bikin ane perang urat saraf ama si SA, ampe kirim email sgala ke nissan pusat.... tapi yahh tetep aja.. musti bolak balik bengkel...
ipah ama GL ?? sama aja ahh kalo soal tanggung jawab produk mereka... ipah ga recall soal as roda nya ?? nissan jg ga perna recall soal fuel sender bensin nya.... masi mending honda, power window aja masi mau diurusin ama mereka... ga usa ngomong yg di luar dulu dehh... kita ngomong ama yg dijual dsini aja... emangnya kita pake ntuh mobil yg dluar...
tokek_hutan wrote:Sharing aja, saya pakai GL XV 18AT 2007 sampai sekarang. Jika pemakaiannya 90% di dalam kota Jkt FC dalkot lebih bagus ketimbang 15AT. Ini dicompare dengan milik teman sekantor yang rute-nya juga serupa (sama2 jalur tol Dalkot).
FC 18AT bisa >10km/liter, dengan patokan isi 40liter Pertamax, kembali ke SPBU setelah jarak tempuh 410-440km. Very satisfied !!! Tenaga gak ngempos tiap kali kickdown dan peredaman kabin mestinya lebih baik dari seri 15AT ya (karena dulunya kan versi luxury diatas XV 15AT).
Kalo pemakaian luar kota, FC GL18AT tidak pernah lebih dari 13km/liter (sudah berkali2 saya hitung). nah ini jauh dengan milik teman yang konon bisa sampai 15-18km/liter. Ujung2nya tergantung purpose memilih mobil utk dipakai rutin ke mana...
Perihal kekuatan struktur bodi + sparepart dan fastmoving, saya compare dengan inova vvti type V AT 2005:
Sejak pakai inova type V dari baru (2005), tidak ada sebutir baut-pun yang diganti, sparepart juga kuat sekali, AKI-nya sejak baru gress dari showroom baru diganti tahun 2009 awal (alias 4,5tahun lebih). Dengan audio yang sudah ICE + subwoofer 12", saya kagum dengan kekuatan kelistrikan inova yg tidak membuat AKI tekor.
Sejak meminang GL18AT 2007 (beli seken tahun 2009), 3x klaim Fuel Meter (tidak akurat melulu), 4x claim baut join steer (oblak terus), 3x ganti AKI (terakhir bulan Juni 2011 yang artinya setahun sekali ganti AKI !!!), sempat ganti shockabsober belakang menjelang garansi habis karena bocor.
Saya perhatikan memang kompartemen ruang mesin GL sangat kompak dan temperatur mesin nissan ini sangat panas shg merusak cell2 AKI. Saya gak menuduh audio ICE yang saya pasang di GL karena lebih ringkas dan ringan (merek AVIX) ketimbang yang di inova (full kenwood).
Yang perlu saya dan TS pertimbangkan jika meminang GL adalah suhu mesin yang sangat panas, membuat saya was2 kira2 berapa lama umur extraFan electric-nya nih. Mengingat sudah tidak garansi lagi. Banyak sharing di milisnya yang mengalami air AKI mendidih kepanasan, umumnya dialami yang 1500cc. Ngeri kan.
Join-steer kena Rp. 700ribuan (hampir 800ribu) jika sudah lewat masa garansi. Saya belum tanya biaya yang Fuel-Meter kalo sudah out warranty.
Tapi sharing saya ttg GL18AT itu utk tahun 2007 ya. Saya gak tau apakah sudah ada refinement komponen bermasalah di tahun 2011 ini. Menurut saya sih nggak ya (CMIIW).
Sementara kalo inova D4D saya gak tau karena punya saya yang vvti, meskipun lebih boros, tapi saya puas dan sayang dengannya. Anak2 dan istri juga lebih suka pake inova kalo keluar kota (karena tipe V kabinnya lebih lux dan peredamannya lebih banyak ketimbang tipe G).
Karena 22-nya saya punya, saya cenderung vote Inova D4D jika pemakaian kombinasi dalkot dan lurkot.
Kalo mayoritas dalkot, saya cenderung vote GL18AT seken. Kenapa? udah jalan menjelang tahun ke 5 belum ada penyegaran model. Nanti kalo pas beli nyicil tiba2 muncul major facelift, bisa bikin Be-Te.
Kalo boleh saran ke TS, bila ada alternatif 1500cc lain, kenapa gak ambil Freed PSD? Harga gak kemahalan karena semua fitur2nya paling lengkap dibanding jualan HPM yang sudah2. Pricelist 260juta masih bisa discount.
Saya juga pake Freed 2010 PSD yang kontrol ACnya sudah digital (bukan tipe kompor gas).
Model-nya gress, di Indo maupun Jepang masih sama.
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: GL 1.5 Ultimate atau D4D a/t G ?
Ipah recall as roda bahkan velg...ane dikirimi surat kok chiong...di taun ketiga velg kusam ane cling kembali.
Kalau as roda cuma dikirimi surat yang secara esensi nya menenangkan.....gitu aja sich...
Kalau as roda cuma dikirimi surat yang secara esensi nya menenangkan.....gitu aja sich...
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27188
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: GL 1.5 Ultimate atau D4D a/t G ?
i second that... sama2 perna punya GL dan punya ipah... kurang lebih emang gt apa ada nya...
ZombiEE wrote:Ane ulangi sekali lagi...sama2 ada keunggulan....tapi kelemahan GL outweight keunggulannya....
Saya pribadi gak punya waktu atau pun konsentrasi yang lebih utk cuma dihabiskan baby-ing sang mobil....
Discl: pilihan dan opini sangat personal dan bias...don't flame me for this..uwkwkwkww
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4619
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: GL 1.5 Ultimate atau D4D a/t G ?
Sorry sebelumnya, saya punya 2-2 nya.
Pernah juga mengalami Grand Livina tiba tiba mesin mati di tanjakan.
Ceritanya begini,
1. sedang tanjakan curam
2. berkelok
3. track puaanjaaaaang
4. di depan ada mobil yang lambat
5. Saya pikir ngikutin saja ... lihat RPM mobil saya cuma 1000-1500. sesekali diatas 1500.
6. Mobil diisi cuma 2 dewasa berat 70 kg dan 60 kg, 2 anak berat masing masign tidak lewat 35.
7. Baris 3 kosong cuma diisi baju karena mau ke luar kota.
8. Saya tidak mau injak kopling (mungkin ini yang salah)
Jadi kalau mau injak kopling rasanya OK OK saja
Another topic :
Tulisan saya pertama yang susah nanjak harus dalam keadaan extreme di bawah ini (dipenuhi semunya)
1. Tanjakan curam (sekitar lebih dari 30%)
2. Mobil full loaded diisi 4 penumpang dewasa yang masing masing beratnya 75 KG dan 2 anak masin masing 45 kg
3. Hujan sehingga di jalanan ada air turun dari atas
4. Karena macet akhirnya mau tidak mau berhenti.
Karena sudah berhenti harus handrem nah kalau hujan kan licin kehilangan traksi
1. Digas masih RPM rendah dilepas mesin mati.
2. kalau RPM tinggi dilepas kopling mesinnya kuat tetapi bannya tidak gigit karena pengggerak roda depan kehilangan traksi apalagi hujan dan tanjakan curam sehingga makin tidak ada traksi (mungkin kalau diganti ban 205) masih bisa
Jadi kalau tidak hujan saya yakin yah OK OK saja.
Atau hujan tetapi tanjakan landai OK OK saja jugaan
Atau ban depan diganti 205 saya kira juga OK OK saja
Pernah juga mengalami Grand Livina tiba tiba mesin mati di tanjakan.
Ceritanya begini,
1. sedang tanjakan curam
2. berkelok
3. track puaanjaaaaang
4. di depan ada mobil yang lambat
5. Saya pikir ngikutin saja ... lihat RPM mobil saya cuma 1000-1500. sesekali diatas 1500.
6. Mobil diisi cuma 2 dewasa berat 70 kg dan 60 kg, 2 anak berat masing masign tidak lewat 35.
7. Baris 3 kosong cuma diisi baju karena mau ke luar kota.
8. Saya tidak mau injak kopling (mungkin ini yang salah)
Jadi kalau mau injak kopling rasanya OK OK saja
Another topic :
Tulisan saya pertama yang susah nanjak harus dalam keadaan extreme di bawah ini (dipenuhi semunya)
1. Tanjakan curam (sekitar lebih dari 30%)
2. Mobil full loaded diisi 4 penumpang dewasa yang masing masing beratnya 75 KG dan 2 anak masin masing 45 kg
3. Hujan sehingga di jalanan ada air turun dari atas
4. Karena macet akhirnya mau tidak mau berhenti.
Karena sudah berhenti harus handrem nah kalau hujan kan licin kehilangan traksi
1. Digas masih RPM rendah dilepas mesin mati.
2. kalau RPM tinggi dilepas kopling mesinnya kuat tetapi bannya tidak gigit karena pengggerak roda depan kehilangan traksi apalagi hujan dan tanjakan curam sehingga makin tidak ada traksi (mungkin kalau diganti ban 205) masih bisa
Jadi kalau tidak hujan saya yakin yah OK OK saja.
Atau hujan tetapi tanjakan landai OK OK saja jugaan
Atau ban depan diganti 205 saya kira juga OK OK saja
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3054
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: GL 1.5 Ultimate atau D4D a/t G ?
Profith83 wrote:Sorry sebelumnya, saya punya 2-2 nya.
Pernah juga mengalami Grand Livina tiba tiba mesin mati di tanjakan.
Ceritanya begini,
1. sedang tanjakan curam
2. berkelok
3. track puaanjaaaaang
4. di depan ada mobil yang lambat
5. Saya pikir ngikutin saja ... lihat RPM mobil saya cuma 1000-1500. sesekali diatas 1500.
6. Mobil diisi cuma 2 dewasa berat 70 kg dan 60 kg, 2 anak berat masing masign tidak lewat 35.
7. Baris 3 kosong cuma diisi baju karena mau ke luar kota.
8. Saya tidak mau injak kopling (mungkin ini yang salah)
Jadi kalau mau injak kopling rasanya OK OK saja
Another topic :
Tulisan saya pertama yang susah nanjak harus dalam keadaan extreme di bawah ini (dipenuhi semunya)
1. Tanjakan curam (sekitar lebih dari 30%)
2. Mobil full loaded diisi 4 penumpang dewasa yang masing masing beratnya 75 KG dan 2 anak masin masing 45 kg
3. Hujan sehingga di jalanan ada air turun dari atas
4. Karena macet akhirnya mau tidak mau berhenti.
Karena sudah berhenti harus handrem nah kalau hujan kan licin kehilangan traksi
1. Digas masih RPM rendah dilepas mesin mati.
2. kalau RPM tinggi dilepas kopling mesinnya kuat tetapi bannya tidak gigit karena pengggerak roda depan kehilangan traksi apalagi hujan dan tanjakan curam sehingga makin tidak ada traksi (mungkin kalau diganti ban 205) masih bisa
Jadi kalau tidak hujan saya yakin yah OK OK saja.
Atau hujan tetapi tanjakan landai OK OK saja jugaan
Atau ban depan diganti 205 saya kira juga OK OK saja
kalau masalah traksi atau tanjakan banyak faktornya om
- mesin kondisi prima atau tidak
- kampas kopling udah tipis
- setelan kampas kopling gak pas
- ban kurang gigit mungkin tidak cocok sama jalanan di Indonesia
- bodi terlalu ringan
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27188
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: GL 1.5 Ultimate atau D4D a/t G ?
sama satu lagi... overhang GL di bagian belakang.. terlalu panjang kayanya... otomatis pas di tanjakan beban sebagian besar bertumpu di blakang nya... hal ini tidak terjadi swaktu ane pake XR ane nanjak... mo tanjakan curam sperti pas mau masuk kampung gajah di lembang.. dalam keadaan 4 penumpang dewasa dan aqua gallon di bagasi.. tetep bisa nanjak.. walaupun bau kopling sangit... masi wajar itu..
ohh jangan lupa, ban bawaan GL itu dunlop sp sport 300... baca2 review di google, ban jenis ini kurang bagus review nya... bahkan ane beberapa kali panic breaking pake ban ini jg terasa skali grip nya kurang... waktu hujan pas lagi lari di tol, jangan ditanya.. parahh... ada baik nya di upgrade dgn ban yg lebih baik kualitas nya...
ohh jangan lupa, ban bawaan GL itu dunlop sp sport 300... baca2 review di google, ban jenis ini kurang bagus review nya... bahkan ane beberapa kali panic breaking pake ban ini jg terasa skali grip nya kurang... waktu hujan pas lagi lari di tol, jangan ditanya.. parahh... ada baik nya di upgrade dgn ban yg lebih baik kualitas nya...
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4619
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: GL 1.5 Ultimate atau D4D a/t G ?
Profith83 wrote:Sorry sebelumnya, saya punya 2-2 nya.
Pernah juga mengalami Grand Livina tiba tiba mesin mati di tanjakan.
Ceritanya begini,
1. sedang tanjakan curam
2. berkelok
3. track puaanjaaaaang
4. di depan ada mobil yang lambat
5. Saya pikir ngikutin saja ... lihat RPM mobil saya cuma 1000-1500. sesekali diatas 1500.
6. Mobil diisi cuma 2 dewasa berat 70 kg dan 60 kg, 2 anak berat masing masign tidak lewat 35.
7. Baris 3 kosong cuma diisi baju karena mau ke luar kota.
8. Saya tidak mau injak kopling (mungkin ini yang salah)
Jadi kalau mau injak kopling rasanya OK OK saja
Another topic :
Tulisan saya pertama yang susah nanjak harus dalam keadaan extreme di bawah ini (dipenuhi semunya)
1. Tanjakan curam (sekitar lebih dari 30%)
2. Mobil full loaded diisi 4 penumpang dewasa yang masing masing beratnya 75 KG dan 2 anak masin masing 45 kg
3. Hujan sehingga di jalanan ada air turun dari atas
4. Karena macet akhirnya mau tidak mau berhenti.
Karena sudah berhenti harus handrem nah kalau hujan kan licin kehilangan traksi
1. Digas masih RPM rendah dilepas mesin mati.
2. kalau RPM tinggi dilepas kopling mesinnya kuat tetapi bannya tidak gigit karena pengggerak roda depan kehilangan traksi apalagi hujan dan tanjakan curam sehingga makin tidak ada traksi (mungkin kalau diganti ban 205) masih bisa
Jadi kalau tidak hujan saya yakin yah OK OK saja.
Atau hujan tetapi tanjakan landai OK OK saja jugaan
Atau ban depan diganti 205 saya kira juga OK OK saja
kalau masalah traksi atau tanjakan banyak faktornya om
- mesin kondisi prima atau tidak ............ Mobil masih baru masih KM 5000 an
- kampas kopling udah tipis ............ Idem diatas
- setelan kampas kopling gak pas ........... Stelan OK
- ban kurang gigit mungkin tidak cocok sama jalanan di Indonesia ............. Livina ddijual di Indonesia
- bodi terlalu ringan ............. setuju
Intinya kehikangan traksi kalau penggerak roda depan sedang nanjak ... sehingga berat mobil lari ke belakang maka ban belakang yang dapat traksi lebih sedangkan ban depan berkurang
Apalagi kalau hujan dan tanjakan curam, oleh karena itu disiasati dengan Ban digedein
Atau main koplingnya harus pintar
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 230
- Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56
Re: GL 1.5 Ultimate atau D4D a/t G ?
ikut nimbrung ah mumpung sepi..
saya juga pemakai d4d 2010 tapi manual, odo sekarang 12ribuan..
mobilnya jarang pakai, tapi sebulan sekali dipakai jarak jauh (solo - malang). biasa dapet fc 1:14.
bbm pakai biosolar + redline85
bener banget kalo tarikannya soft (tak ada hentakan) seperti bus keluaran baru.
kalo jarak jauh buat nyalip2 di range 60 kpj (gigi 4) - 120 kpj (gigi 5) lumayan enteng.
buat naik tanjakan? enteng gak usah dibahas lagi.
saya juga pemakai d4d 2010 tapi manual, odo sekarang 12ribuan..
mobilnya jarang pakai, tapi sebulan sekali dipakai jarak jauh (solo - malang). biasa dapet fc 1:14.
bbm pakai biosolar + redline85
bener banget kalo tarikannya soft (tak ada hentakan) seperti bus keluaran baru.
kalo jarak jauh buat nyalip2 di range 60 kpj (gigi 4) - 120 kpj (gigi 5) lumayan enteng.
buat naik tanjakan? enteng gak usah dibahas lagi.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 98
- Joined: Tue Sep 13, 2011 5:26
Re: GL 1.5 Ultimate atau D4D a/t G ?
minggu depan GL baru bisa keluar dari dealer nih.
budget nya kurang 60 jt an utk inova disel matik.
infonya menarik utk disimak. hmm adem.
budget nya kurang 60 jt an utk inova disel matik.
infonya menarik utk disimak. hmm adem.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3054
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: GL 1.5 Ultimate atau D4D a/t G ?
Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3054
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: GL 1.5 Ultimate atau D4D a/t G ?
daripada OOT gimana kalau om En Gi posting suv angkotnya di foto mobil SMers
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: GL 1.5 Ultimate atau D4D a/t G ?
Nothing special om. Estede abis seperti deskripsi ane di trid2 oli dll. Tar kalo uda pake Jeep JK ane akan posting tanpa diminta di seluruh trid HUAHAHAHAHAHA............ Bedewei mantan mobil ane kan udah ane posting om?solar_kerosen wrote:daripada OOT gimana kalau om En Gi posting suv angkotnya di foto mobil SMers
Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3054
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: GL 1.5 Ultimate atau D4D a/t G ?
^ gambarnya gak keluar coba pake imageshack atau sejenisnya
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun