and the truth speak for themselves..
ane pribadi punya ipah bensin, taon kmaren beli seken kluaran taon 2006, odo pas dibeli uda 70an nyaris 80 rebu... perna jg make GL 1.5 XV taon 2007 akhir, lalu dijual taon kmaren...
kalo mo dipukul rata... sperti yg rekan dsini bilang.. ane jg mengalami nya... si ipah walaupun ane beli seken dan ane jadiin kuda perang ane tiap ari (termasuk jadi kuda beban gila2an ane) problem nya jauhh lebi dikit dari si GL ane dulu... dari sejak beli taon kmaren ampe ari ini, odo si ipah uda ane pake jalan lebi dari 35 rebu km... ga perna masuk beres.. smua ane kerjain sendiri servis2 termasuk tune up nya, kcuali ganti oli aja di bengkel rumahan... tohh ampe ari ini, satu baut pun ga ada yg copot atau kendor.. bahkan ga ada bunyi2 aneh2... padahal track record servis dari pemilik sblom nya, ga beda perlakuan nya ama ane skrg... ini mobil nyaris jaranggggg bangettt nyicipin servis berkala beres..

.... satu hal yg plg ane benci dari ini mobil yahhh cuman FC nya aja yg kurang ajar...
ane ga bilang GL itu banyak problem major... mesin GL ane slama ane pake blom perna meledak koq..

mobil nya jg blom perna patah jadi 2 atau pintu mendadak copot pas lagi lari...

tapiii... ini mobil banyak printilan2 konyol nya aja... fuel sender, collumn steer itu 2 problem yg bikin ane rajin bolak balik beres.. blom lagi soal batok lampu yg berembun, kondensor ac, ama yg plg parah yahh corong bensin yg berkarat parah ampe bikin bau uap bensin menyengat skali tiap abis dipakai... untung aja itu smua diganti ama beres walaupun utk yg batok lampu, fuel sender, kondensor ac sempet bikin ane perang urat saraf ama si SA, ampe kirim email sgala ke nissan pusat.... tapi yahh tetep aja.. musti bolak balik bengkel...
ipah ama GL ?? sama aja ahh kalo soal tanggung jawab produk mereka... ipah ga recall soal as roda nya ?? nissan jg ga perna recall soal fuel sender bensin nya.... masi mending honda, power window aja masi mau diurusin ama mereka... ga usa ngomong yg di luar dulu dehh... kita ngomong ama yg dijual dsini aja... emangnya kita pake ntuh mobil yg dluar...
tokek_hutan wrote:Sharing aja, saya pakai GL XV 18AT 2007 sampai sekarang. Jika pemakaiannya 90% di dalam kota Jkt FC dalkot lebih bagus ketimbang 15AT. Ini dicompare dengan milik teman sekantor yang rute-nya juga serupa (sama2 jalur tol Dalkot).
FC 18AT bisa >10km/liter, dengan patokan isi 40liter Pertamax, kembali ke SPBU setelah jarak tempuh 410-440km. Very satisfied !!! Tenaga gak ngempos tiap kali kickdown dan peredaman kabin mestinya lebih baik dari seri 15AT ya (karena dulunya kan versi luxury diatas XV 15AT).
Kalo pemakaian luar kota, FC GL18AT tidak pernah lebih dari 13km/liter (sudah berkali2 saya hitung). nah ini jauh dengan milik teman yang konon bisa sampai 15-18km/liter. Ujung2nya tergantung purpose memilih mobil utk dipakai rutin ke mana...
Perihal kekuatan struktur bodi + sparepart dan fastmoving, saya compare dengan inova vvti type V AT 2005:
Sejak pakai inova type V dari baru (2005), tidak ada sebutir baut-pun yang diganti, sparepart juga kuat sekali, AKI-nya sejak baru gress dari showroom baru diganti tahun 2009 awal (alias 4,5tahun lebih). Dengan audio yang sudah ICE + subwoofer 12", saya kagum dengan kekuatan kelistrikan inova yg tidak membuat AKI tekor.
Sejak meminang GL18AT 2007 (beli seken tahun 2009), 3x klaim Fuel Meter (tidak akurat melulu), 4x claim baut join steer (oblak terus), 3x ganti AKI (terakhir bulan Juni 2011 yang artinya setahun sekali ganti AKI !!!), sempat ganti shockabsober belakang menjelang garansi habis karena bocor.
Saya perhatikan memang kompartemen ruang mesin GL sangat kompak dan temperatur mesin nissan ini sangat panas shg merusak cell2 AKI. Saya gak menuduh audio ICE yang saya pasang di GL karena lebih ringkas dan ringan (merek AVIX) ketimbang yang di inova (full kenwood).
Yang perlu saya dan TS pertimbangkan jika meminang GL adalah suhu mesin yang sangat panas, membuat saya was2 kira2 berapa lama umur extraFan electric-nya nih. Mengingat sudah tidak garansi lagi. Banyak sharing di milisnya yang mengalami air AKI mendidih kepanasan, umumnya dialami yang 1500cc. Ngeri kan.
Join-steer kena Rp. 700ribuan (hampir 800ribu) jika sudah lewat masa garansi. Saya belum tanya biaya yang Fuel-Meter kalo sudah out warranty.
Tapi sharing saya ttg GL18AT itu utk tahun 2007 ya. Saya gak tau apakah sudah ada refinement komponen bermasalah di tahun 2011 ini. Menurut saya sih nggak ya (CMIIW).
Sementara kalo inova D4D saya gak tau karena punya saya yang vvti, meskipun lebih boros, tapi saya puas dan sayang dengannya. Anak2 dan istri juga lebih suka pake inova kalo keluar kota (karena tipe V kabinnya lebih lux dan peredamannya lebih banyak ketimbang tipe G).
Karena 22-nya saya punya, saya cenderung vote Inova D4D jika pemakaian kombinasi dalkot dan lurkot.
Kalo mayoritas dalkot, saya cenderung vote GL18AT seken. Kenapa? udah jalan menjelang tahun ke 5 belum ada penyegaran model. Nanti kalo pas beli nyicil tiba2 muncul major facelift, bisa bikin Be-Te.
Kalo boleh saran ke TS, bila ada alternatif 1500cc lain, kenapa gak ambil Freed PSD? Harga gak kemahalan karena semua fitur2nya paling lengkap dibanding jualan HPM yang sudah2. Pricelist 260juta masih bisa discount.
Saya juga pake Freed 2010 PSD yang kontrol ACnya sudah digital (bukan tipe kompor gas).
Model-nya gress, di Indo maupun Jepang masih sama.