Ford Focus Updated

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
brekeledan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Fri Feb 12, 2010 1:07

Re: Ford Focus Updated

Post by brekeledan »

oooohh begitu toh, iya selain camber negatif dia agak masuk juga alias toe in. mantap kali penjelasan dari kakak pembina ini. jadi no worries lah ya.

sip sip :off_good_job: :off_good_job:
shendwen
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Wed Aug 17, 2011 9:01

Re: Ford Focus Updated

Post by shendwen »

Wah asik banget ane baru join disini dapat banyak info berguna.. :big_peace: thx agan2 master.. ada beberapa ane pengen nanya neh, berhuubung baru pake focus, banyak ga ngarti :upss:
ada yg tau gimana buka shift lock matic nya ga ya? secara ane uda coba nyongkel dengan obeng minus kecil sampe sompel sana sini tp g bisa lepas, soale kadang takut pas parkir ditempat rame kan mau posisiin Netral. apa wajib rusak tuh tutup shift locknya?

Trus kemaren ane baru ganti brake pad belakang, sekarang setiap mobil berhenti lama, pas mau jalan rem nya kyk kejepit, bunyi berderit gitu ngeeeeekkk (kyk sambil di rem dibawa jalan), ntar pas di rem suara makin kenceng, tp klo uda jalan kenceng atau lama uda ilang. Secara ane tanya ke beres katanya normal yah klo baru ganti brake pad? ada yg pernah alami?
trus sebelum ganti brake pad kan rem uda sempat ada bunyi desing, nah sampe sekarang msh tetap gitu, meski ga sekenceng sebelum ganti brake pad. kata beres sih brake discnya uda ga rata n perlu di bubut yah, gimana tuh agan2?

oya, klo pengen ganti velg nya ukuran 18" mau nyari kemana yah? susah banget dapat yg 5 x 108 di medan, kota ane.


thanx buat agan2 yg menjawab :thanks:
User avatar
brekeledan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Fri Feb 12, 2010 1:07

Re: Ford Focus Updated

Post by brekeledan »

shift locknya belum pernah gw buka bro, susyeee. jadi ya menghindari parkir paralel aje

brake pad gw juga gitu, kalo lama ditaro garasi dan posisi ngerem. suka nempel. begitu mau jalan, bunyi kenceng bener dari brake pad. tapi sekali doang. bunyi2 lain dari rem juga ada,klo lagi stop-go kadang bunyi.
bunyi desing-nya gimana tuh?nginggggg?

beeh, jauh aja di medan. pasti yang punya cuma ente ya bro?atau malah banyak :p
shendwen
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Wed Aug 17, 2011 9:01

Re: Ford Focus Updated

Post by shendwen »

Hahaa.. Waktu nyari susah banget gan, cuma ada 2 pilihan: yg sedan ane beli sama 1 lg hatchback tp bekas modif,pernah dibuat wide body,pintu ngangkat dll,mana brani ane ambil itu. Tp setelah pake, lumayan ada ketemu dijalan kadang (tentunya selain mobil polisi yg warna orange) wkwkwk.... Meskipun keliling medan sehari belum tentu ada ketemu :p

Iya gan, bunyi ngiing2 gitu waktu ngerem, tp pas kecepatan tertentu n pijakan rem di posisi tertentu.. Punya agan bunyi berat itu cuma sekali? Punya ane sih ada trus meski makin lama makin kecil sampe jalan kenceng nah bunyinya ilang. Ntar di tinggal posisi P, pas mau jalan gitu lg. Punya agan ganti brake pad jg? Pernah tanya ke beres masalah itu?
joedhie2k
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Tue Nov 16, 2010 6:23

Re: Ford Focus Updated

Post by joedhie2k »

itu masangnya ga pas kali

biasanya bunyinya cuma "jeduk" kecil klo dibiarin parkir lama n rem tangan aktif
pas mau jalan trus bunyi

klo udah jalan ga ada bunyi lagi sih..
shendwen
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Wed Aug 17, 2011 9:01

Re: Ford Focus Updated

Post by shendwen »

gitu yah? td memang ane ada telp nanya katanya juga begitu, cuman karena sibuk belum sempet balik ke beres, aturan make dulu aman kan gan?
smoggg
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Tue May 25, 2010 10:12

Re: Ford Focus Updated

Post by smoggg »

@Om 279ers gua servisnya di jalan panjang doang yg ada juga SA-nya di rotasi dari kelapa gading, pluit kan mereka 1 grup sama yg di roxy.
yaaa di roxy peralatannya doang yg lengkap sih. klo pluit kecil kelapa gading ga terlalu lah sama kaya jalan panjang sedeng2 aja.

itu mega raizin kan untuk stabilin voltase tapi di pasang di aki kan?? kq bisa nyasar sampe ke matic?? emang bisa??
gua sih ada bekas copotan mobil gua yg dulu.
Be-Res bisa pasangin ga?? klo bisa lumayan tuh, kesel gua ga enak benerrr bawanya apalagi klo rem mendadak trus mo narik lagi gilaa nyentakk abiss.

@om Jalu emang ford focus bisa pake 235/65 /17?? escape x ??? hehehehe offset ban focus standar berapa sih?? untuk pelek 17" tebel 55 masuk ga ya??

untuk rem tuh gua sempet ngerasain ampir setaun!! kaget gua pas pertama kali beli ,trus besok paginya mo di pake untuk jalan kaya ada suara besi kencengg benerrr. gua komplen ke Be-Res dia bilang emang begitu rem focus klo di parkir lama apalagi dari malem ampe pagi uda di amplas segala macemm tetep aja bunyi sampe waktunya uda berenti tuhh. hehehehehe unik!!

wahh join ford indonesia bisa harus pake barang keluaran ford semua ga tuhh huehehehehhe komplen gua untuk transmisi bisa beres ga yaa?? :roll:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ford Focus Updated

Post by imsus2c »

jalu wrote:
Abu2 wrote:
279ers wrote:kalo chamber blkg agak negatif, gw juga merasa demikian oom.. tapi ban-nya aus rata, mungkin efek rotasi yg rutin juga kali ya?
terhadap hal yang sama ane butuh sedikit pencerahan.
ban belakang mobil ane jg chamber negatif, tetapi melihat keausan kembang rodanya, selalu aus dengan rata..
CMIIW dulu sebelumnya

secara logika, ban dengan sudut camber negatif tentu akan lbh cepat habis di sisi bagian dalamnya,
tapi uniknya, mobil yg posisi roda belakang bawaan pabriknya dng sudut Camber negatif keausannya bisa merata...sebenarnya itu karena dr pabrikannya juga mengeset sudut roda belakang dengan Toe Positif (toe in)

kira2 begini deskripsinya :

Camber angle
Image

Toe angle
Image

jika roda belakang hanya diset camber negatif saja (toe zero)..maka ban lebih cepat habis yang bagian dalam
dan jika roda belakang hanya diset dng toe positif saja (camber zero)..maka ban lbh cepat habis yang bagian luar

dengan mengaplikasikan kedua sudut itu di roda belakang...maka akan saling mengimbangi sehingga keausan bisa merata.....

tapi meski ausnya merata tapi tentu saja konfigurasi sudut roda seperti ini berkonsekuensi membuat ban belakang lebih cepat aus dibanding mobil yang roda belakangnya lurus dan tegak (camber zero + toe zero)

CMIIW lagi sesudahnya
yap...sudah saya praktekkan meneer jalu, memang terbukti, ausnya merata :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut:
untuk imbangi ausnya roda depan+belakang, bisa rotasi tiap 5000km, kalo penggerak depan, silakan coba rotasi silang
dengan cara ini, ban terakhir yg saya pakai (bukan di focus sih) bertahan 60.000km/4 tahun, itupun sebenarnya masih layak pakai, kedalaman kembangan ban sampai alur TWI masih sekitar 2 mm
keausan ban depan dan belakang dapat dikatakan sama/setara :frm_tumbright:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
smoggg
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Tue May 25, 2010 10:12

Re: Ford Focus Updated

Post by smoggg »

waduhhh gila punya baru servis hari ini.
ini hitungannya serpis besar dan hal besar terjadi mobil gua di nyalain tanpa oli mesin di dalamnya.
org_nya sibuk kocok oli rem karena habis bersihin rem + ganti kampas trus baru ketauan pas di ban terakhir mati ga??
gua tanya dong lu oli mesin uda di isi?? trus tuh 2 mekanik kaget dan setelah di liat belum.
beudehhhh mantep benerrr.....

boleh ga di bagi ilmu_nya kira2 apa yang akan terjadi jika mesin di nyalakan tanpa oli, cukup lama juga sih tapi ga sampe 5 min.
[cencored] helll mobil gua uda rusak tuh kaya-nya.
Last edited by smoggg on Mon Oct 03, 2011 10:38, edited 1 time in total.
FortunerMan

Re: Ford Focus Updated

Post by FortunerMan »

Wah kacau bener. Mudah2an masih ada sisa2 oli di mesin. Trus skrg jalannya gimana bro?
smoggg
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Tue May 25, 2010 10:12

Re: Ford Focus Updated

Post by smoggg »

Om FM jalan sih bisa mulus kaga ada suara besi beradu sih, tapi gua merasa pas gua mo narik kaga ada tenaga_nya. (tadi langsung gua tes di tol aja)
aduhh pusing dehh tadi pas liat gitu gua langsung kesell. gila loh ga wajar benerrr kerjaan kaya gini!!

kira2 gimana nih biar ketauan apakah ada cacat di piston dan segala macem?? gua sih ga resein untuk buka engine block
tapi kejadiann ini bikin gua jadi ga sregg bawa mobil gua sendiri.
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Ford Focus Updated

Post by doq »

wew.....
gile bener tu mekanik, sebener nya klo ga buru2 suruh mereka buka mesin aja oom, suruh tanggung jawab!
saran saya sih mending balikin kesana lagi sebelum kelamaan (mereka jd punya alesan macem2 nanti nya) :e-wall:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
FortunerMan

Re: Ford Focus Updated

Post by FortunerMan »

Iya balikin aja suruh cek semua - ngomongnya sama SA nya, kalo perlu bosnya lagi. Tapi ya ribet waktu ribet energi - apes banget.
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Ford Focus Updated

Post by jalu »

smoggg wrote:Om FM jalan sih bisa mulus kaga ada suara besi beradu sih, tapi gua merasa pas gua mo narik kaga ada tenaga_nya. (tadi langsung gua tes di tol aja)
aduhh pusing dehh tadi pas liat gitu gua langsung kesell. gila loh ga wajar benerrr kerjaan kaya gini!!

kira2 gimana nih biar ketauan apakah ada cacat di piston dan segala macem?? gua sih ga resein untuk buka engine block
tapi kejadiann ini bikin gua jadi ga sregg bawa mobil gua sendiri.
krn sebelumnya gak ada oli, dikuatirkan sempet ada gesekan kuat yg bikin timbulnya gram2 logam lbh banyak dr yg sewajarnya, dan itu berarti oli yg sekarang berpotensi mengandung gram2 logam tsb...buat antisipasi supaya jgn makin parah sebaiknya oli yg ada skrg ini dikuras...ganti oli yg baru

sebelum memutuskan bongkar2 mesin...kalo mau cek cacat di piston atau nggak, bisa dicek kompresinya dulu, biasanya bengkel punya alat testernya...

Image

logikanya kalo internal part masih sehat kompresinya tetap bagus, gak bocor/ngempos. Tapi kalo dah bocor ya mau gak mau dibongkar mesinnya...
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
brekeledan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Fri Feb 12, 2010 1:07

Re: Ford Focus Updated

Post by brekeledan »

widiiiihh horror, masuk bengkel mana tuh om?
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Ford Focus Updated

Post by maskopat »

itu kadang2 ane pengen nongkrongin montir kalo lagi ngeberesin mobil ane...
om smoggg, semoga focusnya gak ada masalah om... :e-pray:

setuju dengan pendapat om2 yang lain, kalo gak terlalu merepotkan, coba claim aja ke bengkel tersebut.. :frm_salut:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
smoggg
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Tue May 25, 2010 10:12

Re: Ford Focus Updated

Post by smoggg »

Waduhh tenk u nih komen2-nya. Tadi gua baru komplen ke customer servis-nya. Gua bilang drpd lu org pake kira2 mending lu buat surat kasi gua deh yg menyatakan kalau nanti di kemudian hari klo mesin-nya kenapa napa lu tangung jawab, tapi dia org kagk mau dia suru gua ke sono lagi aja ngecek bareng lagi biar di tuntasin aja.
Dan yg gua bingung gimana cara-nya tuh dia cek bisa langsung ketauan gua aja dr kemrn uda jln sana sini kaga ada yg aneh selain tenaga drop. Untk asap knalpot putih, ato temp naik ga ada gejala-nya.
Yang gua takut mah nanti misl setahun kemudian kenapa napa trus gua disuru bayar turun mesin apa segala macem kan bisa bengek tuh bayar-nya.

Kalau menurut om jalu mending di test kompresi mesin dulu ya??
Dari situ gua paling ga, ada jaminan x ya??

Kan lu tau kalo di bengkel apa2 charge , gimana kalau masalah mesin bisa lbh mahal.
Om berkeleden gua servis d ford jakbar jek!! Harga profesional kualitas amatir malah si kepala bengkel ngoceh klo bentar mah ga pa2 wajar ga sih??
Jelas2 mesin ga ada oli di nyalain masa hrus sampe piston bengkok baru apa2 gimana tuh!!
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Ford Focus Updated

Post by doq »

sebisa mungkin jangan mau klo disuruh bayar oom, kita harus mempertahankan pendapat klo itu kesalahan mekanik........masa salah mereka lalu kita mau cek kerusakan disuruh bayar? ga beres tuh bengkel.
anyway setuju sama oom jalu, mungkin langkah paling simple pertama ya cek kompresi.......tp itu khan cuma ngecek kompresi di ruang bakar, trus gimana nasib nya sama komponen2 mesin lain nya ya (crankshaft dkk)?
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Ford Focus Updated

Post by maskopat »

doq wrote:sebisa mungkin jangan mau klo disuruh bayar oom, kita harus mempertahankan pendapat klo itu kesalahan mekanik........masa salah mereka lalu kita mau cek kerusakan disuruh bayar? ga beres tuh bengkel.
anyway setuju sama oom jalu, mungkin langkah paling simple pertama ya cek kompresi.......tp itu khan cuma ngecek kompresi di ruang bakar, trus gimana nasib nya sama komponen2 mesin lain nya ya (crankshaft dkk)?
mantau tret ini ah... cukup menyedihkan kasusnya om smoggg.. sabar ya om.. semoga focusnya gak masalah... :e-pray:
dan pihak bengkel mau tanggung jawab... :e-pray:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Ford Focus Updated

Post by jalu »

hmm..sebenernya langkah pertama yg terpenting itu ganti oli dulu, kalo bisa sekalian sm filternya...cek kompresi bisa belakangan...
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Ford Focus Updated

Post by jalu »

dopost
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
smoggg
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Tue May 25, 2010 10:12

Re: Ford Focus Updated

Post by smoggg »

jalu wrote:hmm..sebenernya langkah pertama yg terpenting itu ganti oli dulu, kalo bisa sekalian sm filternya...cek kompresi bisa belakangan...
om jalu jadi maksudnya oli yang kemaren uda di masukin gua buang lagi trus masukin oli baru??
dan dari situ kita bisa liat apakah ada partikel ataupun yang lain-nya di oli gua yang lama ini?

Gua sih ada janjian sama bengkel lagi dia bilang kita cek bareng aja lagi untuk masalah ini rencana sih besok.
gua mo minta surat sih tetep biar ada pegangan kedepan_nya, tapi ga di kasih tuh dia bilang tuntasin aja besok. menurut gua sih
klo masalah kaya gini mana bisa langsung ketauan ya, emang bisa ya dalam waktu dekat ketauan masalah-nya??
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Ford Focus Updated

Post by jalu »

smoggg wrote:
jalu wrote:hmm..sebenernya langkah pertama yg terpenting itu ganti oli dulu, kalo bisa sekalian sm filternya...cek kompresi bisa belakangan...
om jalu jadi maksudnya oli yang kemaren uda di masukin gua buang lagi trus masukin oli baru??
dan dari situ kita bisa liat apakah ada partikel ataupun yang lain-nya di oli gua yang lama ini?

Gua sih ada janjian sama bengkel lagi dia bilang kita cek bareng aja lagi untuk masalah ini rencana sih besok.
gua mo minta surat sih tetep biar ada pegangan kedepan_nya, tapi ga di kasih tuh dia bilang tuntasin aja besok. menurut gua sih
klo masalah kaya gini mana bisa langsung ketauan ya, emang bisa ya dalam waktu dekat ketauan masalah-nya??
iya bener...jd oli yg ada di mesin sekarang dibuang, ganti oli baru, tujuan utama bukan sekedar liat ada partikel tapi yg terpenting memastikan mesin kembali bersih sistem pelumasannya, krn sempet gak ada oli disinyalir timbul gram2 logam yg lbh banyak dr biasanya krn gesekan...kalo gram2 dalam jumlah banyak itu ikut terbawa bersama aliran oli bisa berefek seperti amplas halus...ujung2nya part mesin bisa makin terkikis. Memang sih ada filter oli, tapi kan gak menjamin semua kotoran bisa disaring, tentu masih ada peluang lolos.

saya masih menyimpan optimis krn menurut laporan ente gak ada asap putih atau gejala overheat, mudah2an kondisi mesinnya gak begitu parah. Setelah ganti oli bisa dilanjut cek kompresi dan cek celah2 katup/klep (bila perlu celahnya distel ulang). Kalo ternyata kompresi masih bagus, celah2 katup sudah kembali normal dan oli bersih dr kontaminasi mudah2an performanya bisa kembali lagi normal. Aminn.....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Ford Focus Updated

Post by doq »

bang jalu, cek kompresi khan hanya memeriksa apakah ruang bakar ada kebocoran, nah gimana cara nya cek komponen internal lain?
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
smoggg
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Tue May 25, 2010 10:12

Re: Ford Focus Updated

Post by smoggg »

mo update aja nih kemaren udah kuras lagi oli di mesin. dan seperti kata om jalu ternyata emang ada partikel2 kecil di filternya klo di
oli kaga ada pas gua tuang filternya ke tissue ehh keliatan tuh partikel2 kecil.
menurut bengkel itu masih ga masalah dia sih bilang coba aja nanti ganti oli selanjutnya kita lakukan hal yang sama.
Mudah2an aja kaga ada apa2 sih, klo ada apa2 bingung gua. MO di apain lagi tuh mesin ???
:roll: