sip sip


Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
yap...sudah saya praktekkan meneer jalu, memang terbukti, ausnya meratajalu wrote:CMIIW dulu sebelumnyaAbu2 wrote:terhadap hal yang sama ane butuh sedikit pencerahan.279ers wrote:kalo chamber blkg agak negatif, gw juga merasa demikian oom.. tapi ban-nya aus rata, mungkin efek rotasi yg rutin juga kali ya?
ban belakang mobil ane jg chamber negatif, tetapi melihat keausan kembang rodanya, selalu aus dengan rata..
secara logika, ban dengan sudut camber negatif tentu akan lbh cepat habis di sisi bagian dalamnya,
tapi uniknya, mobil yg posisi roda belakang bawaan pabriknya dng sudut Camber negatif keausannya bisa merata...sebenarnya itu karena dr pabrikannya juga mengeset sudut roda belakang dengan Toe Positif (toe in)
kira2 begini deskripsinya :
Camber angle
Toe angle
jika roda belakang hanya diset camber negatif saja (toe zero)..maka ban lebih cepat habis yang bagian dalam
dan jika roda belakang hanya diset dng toe positif saja (camber zero)..maka ban lbh cepat habis yang bagian luar
dengan mengaplikasikan kedua sudut itu di roda belakang...maka akan saling mengimbangi sehingga keausan bisa merata.....
tapi meski ausnya merata tapi tentu saja konfigurasi sudut roda seperti ini berkonsekuensi membuat ban belakang lebih cepat aus dibanding mobil yang roda belakangnya lurus dan tegak (camber zero + toe zero)
CMIIW lagi sesudahnya
krn sebelumnya gak ada oli, dikuatirkan sempet ada gesekan kuat yg bikin timbulnya gram2 logam lbh banyak dr yg sewajarnya, dan itu berarti oli yg sekarang berpotensi mengandung gram2 logam tsb...buat antisipasi supaya jgn makin parah sebaiknya oli yg ada skrg ini dikuras...ganti oli yg barusmoggg wrote:Om FM jalan sih bisa mulus kaga ada suara besi beradu sih, tapi gua merasa pas gua mo narik kaga ada tenaga_nya. (tadi langsung gua tes di tol aja)
aduhh pusing dehh tadi pas liat gitu gua langsung kesell. gila loh ga wajar benerrr kerjaan kaya gini!!
kira2 gimana nih biar ketauan apakah ada cacat di piston dan segala macem?? gua sih ga resein untuk buka engine block
tapi kejadiann ini bikin gua jadi ga sregg bawa mobil gua sendiri.
mantau tret ini ah... cukup menyedihkan kasusnya om smoggg.. sabar ya om.. semoga focusnya gak masalah...doq wrote:sebisa mungkin jangan mau klo disuruh bayar oom, kita harus mempertahankan pendapat klo itu kesalahan mekanik........masa salah mereka lalu kita mau cek kerusakan disuruh bayar? ga beres tuh bengkel.
anyway setuju sama oom jalu, mungkin langkah paling simple pertama ya cek kompresi.......tp itu khan cuma ngecek kompresi di ruang bakar, trus gimana nasib nya sama komponen2 mesin lain nya ya (crankshaft dkk)?
om jalu jadi maksudnya oli yang kemaren uda di masukin gua buang lagi trus masukin oli baru??jalu wrote:hmm..sebenernya langkah pertama yg terpenting itu ganti oli dulu, kalo bisa sekalian sm filternya...cek kompresi bisa belakangan...
iya bener...jd oli yg ada di mesin sekarang dibuang, ganti oli baru, tujuan utama bukan sekedar liat ada partikel tapi yg terpenting memastikan mesin kembali bersih sistem pelumasannya, krn sempet gak ada oli disinyalir timbul gram2 logam yg lbh banyak dr biasanya krn gesekan...kalo gram2 dalam jumlah banyak itu ikut terbawa bersama aliran oli bisa berefek seperti amplas halus...ujung2nya part mesin bisa makin terkikis. Memang sih ada filter oli, tapi kan gak menjamin semua kotoran bisa disaring, tentu masih ada peluang lolos.smoggg wrote:om jalu jadi maksudnya oli yang kemaren uda di masukin gua buang lagi trus masukin oli baru??jalu wrote:hmm..sebenernya langkah pertama yg terpenting itu ganti oli dulu, kalo bisa sekalian sm filternya...cek kompresi bisa belakangan...
dan dari situ kita bisa liat apakah ada partikel ataupun yang lain-nya di oli gua yang lama ini?
Gua sih ada janjian sama bengkel lagi dia bilang kita cek bareng aja lagi untuk masalah ini rencana sih besok.
gua mo minta surat sih tetep biar ada pegangan kedepan_nya, tapi ga di kasih tuh dia bilang tuntasin aja besok. menurut gua sih
klo masalah kaya gini mana bisa langsung ketauan ya, emang bisa ya dalam waktu dekat ketauan masalah-nya??