Khusus - Crashed Photo Gallery - PART 01

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia

Post by aldy »

solar_kerosen wrote:Tabrakan gila dan mukzizat orang yg ditabrak terkeluar dari mobilnya dan masih sehat walafiat

http://www.youtube.com/watch?v=m6buzYNbaZM
Kalo liat video ini org indonesia lebih ahli/reflek menghindari mobil nyelonong (nylonong di traffic light contohnya) :mrgreen: :mrgreen: :big_peace:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia

Post by VanzMatic »

Saya kebetulan kemaren menginput data pengeluaran perusahaan atas kejadian tabrakan karambol yang dialami supir perusahaan.. 8 mobil terlibat tabrakan beruntun di tol cakung. Mobil perusahaan tuh Xenia. Depannya Avanza, belakangnya Avanza pula. Jadi, mnrt pengakuan supirnya, di tol itu sedang terjadi kecelakaan, entah bagaimana saya juga ngga ngerti, kok sampe terlibat si supir kurang cekatan mengerem yaa?? :mky_03: Sampei dia nyundul mobil depannya..*sigh* . Di batin saya, apa si bapak supir ini ngga pernah berusaha jaga jarak yaa?

Kalau kita terbiasa dengan distance yang dekat, maka rules bahwa jarak antar kendaraan berbanding dengan kecepatan jadi nggada artinya lagi. Kalau kecepatan 70kpj, berarti jarak amannya 7 meter. 7 mter itu sekira 2x panjang rata2 mobil. Kalau sudah rame menjurus padat, yaa jangan ngeyel harus 70 lah dengan jarak hanya 3 meter :big_slap: Saya, karena saya nyupirnya gaya mbah mbah, yaa jarak 4 meter tu udah warning banget! Berhenti pun pada posisi dimana roda belakang kendaraan depan saya sudah tidak nampak oleh kap mesin. Itu artinya sudah harus STOP.

Supir,samada supir pribadi maupun perusahaan, bagi saya, biar kata dia udah pengalaman 30 tahun kek, kalo nyupir nya masih kayak supir SK, bullsh*t lah! Supir yang bagus, buat saya, adalah dia bisa memberi rasa aman dan nyaman bagi penumpang DAN dia sendiri. Ibaratnya, buat dia sendiri aja ngga dia peduli akan keamanan dan kenyamanan, bagaimana mau mikir keamanan dan kenyamanan orang lain sebaga penumpangnya?

:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia

Post by Nightster Guy »

Om VM, saya pernah baca teori itu. Maap, gak salah tuh 70 KMH jarak aman = 7 meter? Kalo lari 150 KMH jarak aman = 15 meter? Sangat deket loh....

Parameter utamanya adalah kecepatan kita per detik berbanding reaksi rata2 manusia untuk menginjak pedal rem saat mobil di depannya juga mengerem, tul?
Das Beste oder nichts.
User avatar
vote42ner
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1217
Joined: Fri May 20, 2011 1:06

Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia

Post by vote42ner »

VanzMatic wrote:Saya kebetulan kemaren menginput data pengeluaran perusahaan atas kejadian tabrakan karambol yang dialami supir perusahaan.. 8 mobil terlibat tabrakan beruntun di tol cakung. Mobil perusahaan tuh Xenia. Depannya Avanza, belakangnya Avanza pula. Jadi, mnrt pengakuan supirnya, di tol itu sedang terjadi kecelakaan, entah bagaimana saya juga ngga ngerti, kok sampe terlibat si supir kurang cekatan mengerem yaa?? :mky_03: Sampei dia nyundul mobil depannya..*sigh* . Di batin saya, apa si bapak supir ini ngga pernah berusaha jaga jarak yaa?

Kalau kita terbiasa dengan distance yang dekat, maka rules bahwa jarak antar kendaraan berbanding dengan kecepatan jadi nggada artinya lagi. Kalau kecepatan 70kpj, berarti jarak amannya 7 meter. 7 mter itu sekira 2x panjang rata2 mobil. Kalau sudah rame menjurus padat, yaa jangan ngeyel harus 70 lah dengan jarak hanya 3 meter :big_slap: Saya, karena saya nyupirnya gaya mbah mbah, yaa jarak 4 meter tu udah warning banget! Berhenti pun pada posisi dimana roda belakang kendaraan depan saya sudah tidak nampak oleh kap mesin. Itu artinya sudah harus STOP.

Supir,samada supir pribadi maupun perusahaan, bagi saya, biar kata dia udah pengalaman 30 tahun kek, kalo nyupir nya masih kayak supir SK, bullsh*t lah! Supir yang bagus, buat saya, adalah dia bisa memberi rasa aman dan nyaman bagi penumpang DAN dia sendiri. Ibaratnya, buat dia sendiri aja ngga dia peduli akan keamanan dan kenyamanan, bagaimana mau mikir keamanan dan kenyamanan orang lain sebaga penumpangnya?

:big_peace:
kayaknya kita sama mas VM...ngak suka nguntit nguntit dan mepet mepet mobil depannya...hehe...kalo anak2 pas yg nyupirin suka saya marahin kalo deket deket...
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia

Post by doq »

AFAIK klo berdasarkan teori defensive driving, jarak yg tepat dengan kendaraan didepan kita perhitungan nya seperti ini; pada kecepatan 100kph maka jarak aman dg kendaraan depan adalah 100 meter.............so klo pada kecepatan 70kph maka jarak aman nya adalah 70 meter cmiiw
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia

Post by VanzMatic »

Nightster Guy wrote:Om VM, saya pernah baca teori itu. Maap, gak salah tuh 70 KMH jarak aman = 7 meter? Kalo lari 150 KMH jarak aman = 15 meter? Sangat deket loh....

Parameter utamanya adalah kecepatan kita per detik berbanding reaksi rata2 manusia untuk menginjak pedal rem saat mobil di depannya juga mengerem, tul?
Oh, maaf, kurang nolnya, saya tambahin, menjadi 70 meter jarak aman untuk speed 70kpj.

Jadi kalau jalan 70km/j, artinya kita melaju 19,44 meter/detik. Kalau D= 70 meter, dan asumsi V0=19,44 meter per detik, berdasar penelitian, untuk driver berpengalaman, saat trjadi panic brake, reaksi pengemudi adalah 1 detik setelah lampu rem menyala. Artinya, pada detik kedua setelah kendaraan di depan panic brake, kendaraan di belakang sudah melaju sekira 40 meter closer. artinya, tinggal tersisa jarak 70-40 = 30 mter lagi untuk menghindar, atau deep brake.

Untuk menghitung rumus deselerasi dengan perlambatannya, maaf ane lupa, mungkin ada mastah2 yang bisa membantu untuk kasus ini?

Trims koreksi om NG

:thanks:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia

Post by Nightster Guy »

Tul, mods dan om VM. Itungan gampangnya gitu. 100 KMH jarak aman adalah 100 meter. Walau memang konyol sepertinya, kalo kita jalan 30 KMH jarak aman adalah 30 meter (jauh amir), tapi kalo uda kecepatan di atas 100 dst (itungan kira2 asal2an nubie), jarak 100 meter dst itu bener2 mesti ditaatin kalo mo safe.
Das Beste oder nichts.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia

Post by maskopat »

untuk jarak pengereman, bisa dilihat di link ini..
http://www.csgnetwork.com/stopdistinfo.html
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia

Post by VanzMatic »

Nightster Guy wrote:Tul, mods dan om VM. Itungan gampangnya gitu. 100 KMH jarak aman adalah 100 meter. Walau memang konyol sepertinya, kalo kita jalan 30 KMH jarak aman adalah 30 meter (jauh amir), tapi kalo uda kecepatan di atas 100 dst (itungan kira2 asal2an nubie), jarak 100 meter dst itu bener2 mesti ditaatin kalo mo safe.
Yup om, itu kan kalo asumsinya driver berpengalaman. Kalo drivernya pas meleng atau pas angop gitu? Speed 100kpj, reaksinya 2 detik sesudahnya, yaa berarti kendaraan tidak di rem selama 3 detik, artinya dia sudah melaju 27,77 mtr/dtk x 3 = 83,31 meter! Satu dua detik kemudian, yaa udah amblas lah, karena pasti udah nyocol mobil depannya! Engga mungkin kan 1 sampe dua detik setelah reaksi ngerem, dari V0=27,77 mtr / detik, V1 nya langsung 0 meter / detik, kan ngga mungkin??
:big_smoking:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia

Post by zweifellos »

VanzMatic wrote:
Nightster Guy wrote:Om VM, saya pernah baca teori itu. Maap, gak salah tuh 70 KMH jarak aman = 7 meter? Kalo lari 150 KMH jarak aman = 15 meter? Sangat deket loh....

Parameter utamanya adalah kecepatan kita per detik berbanding reaksi rata2 manusia untuk menginjak pedal rem saat mobil di depannya juga mengerem, tul?
Oh, maaf, kurang nolnya, saya tambahin, menjadi 70 meter jarak aman untuk speed 70kpj.

Jadi kalau jalan 70km/j, artinya kita melaju 19,44 meter/detik. Kalau D= 70 meter, dan asumsi V0=19,44 meter per detik, berdasar penelitian, untuk driver berpengalaman, saat trjadi panic brake, reaksi pengemudi adalah 1 detik setelah lampu rem menyala. Artinya, pada detik kedua setelah kendaraan di depan panic brake, kendaraan di belakang sudah melaju sekira 40 meter closer. artinya, tinggal tersisa jarak 70-40 = 30 mter lagi untuk menghindar, atau deep brake.

Untuk menghitung rumus deselerasi dengan perlambatannya, maaf ane lupa, mungkin ada mastah2 yang bisa membantu untuk kasus ini?

Trims koreksi om NG

:thanks:
kalo memang supirnya konsentrasi melihat lalu lintas di depan, kayanya reaksi mengerem itu ga sampe 1 detik (dan tentu juga ga mungkin 0 detik).

terus lagi, jika mengikuti yang om bilang (asumsi orang mengerem 1 detik setelah melihat lampu rem mobil di depannya), pada detik kedua (ini berarti maksudnya 1 detik telah berlalu bukan 2 detik telah berlalu) itu orang melakukan pengereman (menginjak rem). jadi semestinya bukan 2x19,44 meter (kisaran 40 meter seperti yang om tulis) tapi lebih kecil dari itu, karena asumsinya 1 detik reaksi, berati pengereman dilakukan setelah 1 detik alias dari 1 detik menuju 2 detik BUKAN setelah 2 detik. CMIIW.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia

Post by Abu2 »

http://www.youtube.com/watch?v=MXSFXPtc ... re=related

apa ada yang bisa menganalisa mengapa terjadi kehilangan kontrol seperti video di atas , di detik 00:51..?
User avatar
vim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2079
Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
Location: Jakarta Barat

Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia

Post by vim »

@Abu: Kalo menurut saya sih kalo ngga ada oli di jalanan, mungkin ada ban yang bota :) barangkali :)

:big_slap:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia

Post by Abu2 »

@vim : kalo melihat RX 8 di link sebelumnya, dan melihat komentar pengemudinya, sudah jelas bahwa setup suspensi dan kontur jalan yang "menjebak"membuat bagian belakang mobil kehilangan transaksi.

nah, yg audi di link tsb, sepertinya jalan mulus , lebar, rata, seperti kualitas jalan tol di luar negeri. Dan melihat kenderaan2 lain yg melintas di jalan tsb, sepertinya jalannya bersih rata dan mulus.
Atau sepertinya ban meletus? karena di penghujung video, pengemudi berhenti, dan mengecek bagian sisi kanan belakang mobil...
Knalpot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 325
Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49

Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia

Post by Knalpot »

Abu2 wrote:@vim : kalo melihat RX 8 di link sebelumnya, dan melihat komentar pengemudinya, sudah jelas bahwa setup suspensi dan kontur jalan yang "menjebak"membuat bagian belakang mobil kehilangan transaksi.

nah, yg audi di link tsb, sepertinya jalan mulus , lebar, rata, seperti kualitas jalan tol di luar negeri. Dan melihat kenderaan2 lain yg melintas di jalan tsb, sepertinya jalannya bersih rata dan mulus.
Atau sepertinya ban meletus? karena di penghujung video, pengemudi berhenti, dan mengecek bagian sisi kanan belakang mobil...
MANTAP DRIVER AUDINYA !!!

Analisa ane, bukan ban yang meletus karena setelah itu langsung jalan lagi.
Ane liat berulang2..
kemungkinan pertama, driver nambah kecepatan waktu menikung dan nyalip, tapi tidak menyadari sudut belok semakin mengecil sedang kecepatan tidak diturunkan.
Kemungkinan ke dua, cruise control aktif, dan tiba2 kehilangan traksi waktu menikung.

yang jelas mobil jerman memang mantap.. gak bayangin kalau drivernya bawa vios.. belum tentu bisa main handling kayak gitu..

pertanyaan ane, waktu banting2 setir apakah sambil ngerem ????
Apakah bisa dengan mobil abal2 tanpa traksi kontrol dll bisa dapat handling seperti itu ???

sekali lagi mantap !
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia

Post by artoodetoo »

[OOT Dikit]

Tulisan di mobil itu bisa menjadi semacam doa, jadi hati2 memasang stiker di mobil
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia

Post by evolution21 »

vim wrote:@Abu: Kalo menurut saya sih kalo ngga ada oli di jalanan, mungkin ada ban yang bota :) barangkali :)

:big_slap:
setuju yg ini

kalo ban meletus melintir satu arah dan ga bisa bolak balik seperti itu
soalnya pernah ngalamin
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia

Post by ak4ng »

kl kurang angin jga bisa mledak ya??
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia

Post by NYoman »

ak4ng wrote:kl kurang angin jga bisa mledak ya??
kurang ajar pun meledak apalagi kurang angin :wkkk:
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia

Post by ak4ng »

NYoman wrote:
ak4ng wrote:kl kurang angin jga bisa mledak ya??
kurang ajar pun meledak apalagi kurang angin :wkkk:
jadi walau anginnya kurang ttp sikaattttt aja ya.......
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia

Post by Abu2 »

lagi masuk angin pun bisa meledak....
User avatar
vote42ner
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1217
Joined: Fri May 20, 2011 1:06

Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia

Post by vote42ner »

bunyinya bukan duaarrr ya wan..tapi duuuuttttt..lega deh perut..hehehe
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia

Post by solar_kerosen »

vote42ner wrote:bunyinya bukan duaarrr ya wan..tapi duuuuttttt..lega deh perut..hehehe

kok di SM jadi banyak orang stress yah ..... :mky_01:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia

Post by Abu2 »

selaiint duut, ada juga "preeeettttcrrrttttt" (berikut ampasnya)
wkwkkwkkkwkwkw
User avatar
vote42ner
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1217
Joined: Fri May 20, 2011 1:06

Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia

Post by vote42ner »

Wkwkwkwkwk..jorok iihh wan abu mah..
Bukan stress om solar..cuma melepas penat dg bebasnya di sini..merasa aman dan nyaman aja dg sesama members...hehehe
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: List - Link Kecelakaan Maut Mobil Pribadi di Indonesia

Post by Abu2 »

anak2 SM kalo stress mah gak kayak gitu postingannya.... :mky_06: