Yang punya, atau yang beli Santa Fe tua saat ini sebenernya bisa nikmati nilai jual kembali " berikutnya " yang sebenernya nyaris sama ama avanza bekas juga. Kita bicara dari segi kerugian, bukan likuiditas.
Meskipun memang jual avanza bekas lebih cepat. Tapi kan fasilitasnya beda jauh banget ! Untuk orang yang rencana beli, terus pakai, menikmati lama, dan bukan untuk dagang, cepat di jual, cocok.
Ngak percaya ? Mari kita lihat nilai Santa Fe tua untuk berapa tahun :
Santa Fe 2.4 MT tahun 2004.
108 jt
http://mobil.kapanlagi.com/hyundai_sant ... 28_ow.html
Berikutnya apakah akan turun banyak lagi karena Korea ? Salah. Coba kita lihat tahun berikutnya 2003 :
94 jt
http://mobil.kapanlagi.com/hyundai_sant ... 05155.html
Dari tahun 2004 ke 2003 cuman turun +-14 jt
Dan berikutnya turunnya makin pelan (semua mobil makin tua begitu)
Untuk Santa Fe tahun 2002 :
84.5 jt
http://mobil.kapanlagi.com/hyundai_sant ... 78_ij.html
Dari tahun 2003 ke 2002 turun cuman +-10 jt
Tahun 2001 gimana ?
79.5 jt
http://mobil.kapanlagi.com/hyundai_sant ... 25_ry.html
Dari 2002 ke 2001 decelerate lagi. Turun cuman +-5 jt doang. Dan berikutnya akan turun ngak lebih dari 5 jt, karena ngak ada mobil makin tua nilainya dropnya accelerate. Semua decelerate. Mau Jepang, mau Korea, bahkan mau China pun sama.
Jadi dari tahun 2004 ke 2001, kurva decelerasinya Santa Fe tua ini jelas : +-14 jt, 10 jt, 5 jt.....Coba lihat avanza bekas, kurva depresiasinya juga ngak beda jauh ama Santa Fe tua ini. Liat aja avanza tahun misalnya '10, 09, 08, 07
Mau bilang ni mobil populasi dikit, jadi pasti setengah mati jualnya nanti, belum tentu ! Liat aja iklan di kapanlagi, di antara iklan Santy tua malah udah ada berapa yang terjual.
Pengalaman saya sendiri saat jual Santy juga, ngak sampai seminggu udah ke jual. Sekitar 3-4 hari udah terjual. Lumayan ! Coba kalau beli sedan Jepang, malah mungkin lebih susah jual iya. Kalau ini kan SUV, harga udah terjangkau, yang minat PASTI ada !
And maybe more than you think. Apalagi udah terjangkau banget harganya.
Kalau di bilang ngak bakal ada pembeli, itu jelas keliru. Karena Hyundai gimanapun juga masih exist di Indonesia, jumlah beresnya malah kita udah tau, masih ada 28 tersebar di seluruh Indonesia. Jadi bukan seperti merek Daiwoo, Sangyong gitu yang benar udah mati sampai beresnya nyaris ngak ada.
Ingat, nilai bekas mobil di tentukan ngak cuman faktor demand / supply, tapi juga tergantung PERSEPSI pasar mengenai mobil itu, tahun tertentu layak di nilaikan berapa ? Jika mobilnya sudah ngak rusak terus, ngak bakal ada panic selling, dan pembeli mau harga super miring pun ngak bakal dapat, karena pemiliknya ngak bakal mau jual dengan harga crazy.
Itulah kenapa untuk Santy tua, ngak ada pemiliknya yang mau lepas dengan harga crazy, misalnya 30-40 jt. Jika begitu, otomatis harga Santy tua akan tertahan. Ngak bakal turun bebas lagi.
Saran saya, untuk orang yang bosan beli kaleng, mau cari SUV relatif besar, enak, feature banyak, dan ngak mau keluar terlalu banyak duit, dan sadar bahwa beli Hyundai bekaspun sekarang itu sudah aman, enak, seperti kesaksian Pak Imsus2c, beli mobil bekas seperti Santy ini adalah GREAT BARGAIN !
Asal bisa analisa dan dapat unit yang kondisinya relatif bagus ! Di jamin dengan uang lebih murah dari avanza baru pun bisa dapat banyak fasilitas, comfort yang sangat tinggi, setara ama SUV baru 300 jt lebih, dan saat mau servis, toh beresnya ada di banyak kota besar dan ngak perlu antri lama.
Boleh di bilang Hyundai bekas saat ini adalah undervalued. Siapa yang bisa pahami dan ngerti cara dapat unit bekas yang layak, akan sangat menikmati barang enak dengan harga lebih murah dari avanza iya.
Malah Pak Imsus2c aja bilang, pakai sampai 200,000 km aja masih OK.