Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by VanzMatic »

imsus2c wrote:
VanzMatic wrote:
Kalo itu, desainnya menurut saya siih..... :wkkk: :wkkk: :wkkk: Aduh..maaf, no offense ya om... :big_peace:

Kia city car sih kalo saya, walaupun semua gen city car KIA desainnya bagi saya nggada yang sreg / pas di hati, tapi kalau saya dipaksa vote, saya masih vote yang ini:
Image

:big_peace:
memang sih, desain selera orang dan susah diperdebatkan...:D
kepala desainer kia soul namanya Mike Torpey dibawah pimpinan Peter Schreyer

coba lihat web ini, keren kok : http://www.kia-soul.com/

tapi desain kia soul ini sendiri memenangkan REDDOT award di eropa thn 2009
http://www.carpages.co.uk/kia/kia-soul-19-03-09.asp

reddot itu sendiri: http://en.red-dot.org/
Tetep aja bagi saya pribadi, IMHO lho, sangat-sangat ngga masuk gitu om... Jujur, kalo ada disini, saya disuruh nyetir soul itu, yakin saya malu om bawa mobl antik gitu... :mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by doq »

meneer, share dunk mengenai ketersediaan part maupun aftersales service hyundai di sana..........
klo liat data dr oom TM khan jaringan beres nya lumayan tuh, nah pengen tau jg soal lain nya :ungg:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by imsus2c »

VanzMatic wrote:
imsus2c wrote:
VanzMatic wrote:
Kalo itu, desainnya menurut saya siih..... :wkkk: :wkkk: :wkkk: Aduh..maaf, no offense ya om... :big_peace:

Kia city car sih kalo saya, walaupun semua gen city car KIA desainnya bagi saya nggada yang sreg / pas di hati, tapi kalau saya dipaksa vote, saya masih vote yang ini:
Image

:big_peace:
memang sih, desain selera orang dan susah diperdebatkan...:D
kepala desainer kia soul namanya Mike Torpey dibawah pimpinan Peter Schreyer

coba lihat web ini, keren kok : http://www.kia-soul.com/

tapi desain kia soul ini sendiri memenangkan REDDOT award di eropa thn 2009
http://www.carpages.co.uk/kia/kia-soul-19-03-09.asp

reddot itu sendiri: http://en.red-dot.org/
Tetep aja bagi saya pribadi, IMHO lho, sangat-sangat ngga masuk gitu om... Jujur, kalo ada disini, saya disuruh nyetir soul itu, yakin saya malu om bawa mobl antik gitu... :mky_01:
ga masalah meneer...selera saya juga aneh kok... :ungg:
santi gen1 yg dibilang orang GeJe itu, buat komunitas santi malah dicintai setengah mati :mrgreen:

seperti di signature ajah... de gustibus et coloribus non est disputandum
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by doq »

VanzMatic wrote:
imsus2c wrote:
VanzMatic wrote:
Kalo itu, desainnya menurut saya siih..... :wkkk: :wkkk: :wkkk: Aduh..maaf, no offense ya om... :big_peace:

Kia city car sih kalo saya, walaupun semua gen city car KIA desainnya bagi saya nggada yang sreg / pas di hati, tapi kalau saya dipaksa vote, saya masih vote yang ini:
Image

:big_peace:
memang sih, desain selera orang dan susah diperdebatkan...:D
kepala desainer kia soul namanya Mike Torpey dibawah pimpinan Peter Schreyer

coba lihat web ini, keren kok : http://www.kia-soul.com/

tapi desain kia soul ini sendiri memenangkan REDDOT award di eropa thn 2009
http://www.carpages.co.uk/kia/kia-soul-19-03-09.asp

reddot itu sendiri: http://en.red-dot.org/
Tetep aja bagi saya pribadi, IMHO lho, sangat-sangat ngga masuk gitu om... Jujur, kalo ada disini, saya disuruh nyetir soul itu, yakin saya malu om bawa mobl antik gitu... :mky_01:
laen kali sebelom nyetir pake celana dulu oom.........biar ga malu
:ngacir:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by imsus2c »

doq wrote:meneer, share dunk mengenai ketersediaan part maupun aftersales service hyundai di sana..........
klo liat data dr oom TM khan jaringan beres nya lumayan tuh, nah pengen tau jg soal lain nya :ungg:
sampai detik ini, santi saya ga pernah yg namanya kesulitan ganti suku cadang, fast moving ataupun slow moving
sampai odo 175.000km lebih, santi belum pernah harus parkir berlama-lama karena nunggu perbaikan/spare parts

bahkan saat ganti kompressor ac kemaren, ga di bengkel resmi, tapi di bengkel umum spesialis ac, dari kompresor, dryer, ekspansi, kondensator, fan...semuanya ada dan ready stock (barang ori buat hyundai/santa fe), ga sampe sehari di bengkel, kompresor, dryer, ekspansi sudah terganti plus service total dalamannya (filter2 dsb..)
apalagi di BeRes, tapi entah kenapa kok saya agak kurang sreg dgn BeRes :ungg:

bahkan sekarang di dunia maya banyak referensi Bengkel dan, bahkan banyak jualan spare parts secara online (lokal)

kalau untuk hyundai generasi awal/lama, masuk bengkel umum apapun saya kira ga masalah...
saya malah bilang ga sepadan (not worth it) kalau masukkin mobil tua begituan ke BeRes :mrgreen:

tapi kalo generasi new santi, new tucson, H1, I10, I20, Grand Avega, dst...kayaknya mendingan ke BeRes dulu deh :ungg:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
nasywa azalia
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: Fri Feb 19, 2010 8:58

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by nasywa azalia »

soal desain emang selera masing masing orang berbeda, tp kalo saya amati kadang desain yg dianggap sedikit aneh, akan terasah pasnya ketika waktu yg berbicara, maksudnya bisa jadi saat ini desainnya dianggap aneh, tp 3-4 thn ke depan, mungkin malah tren, hyundai matrik awalnya saya lihat sangat aneh bentuknya, tp belakangan ini mata saya sudah bisa menerimanya, dan jadi menarik, kecuali interiornya yg saya ga suka
buka mata buka hati buka telinga..
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by jalu »

saya pertama kali liat KIA Soul di foto keliatan janggal, krn kesannya city car tapi ala suv...tapi setelah saya liat langsung, ternyata dimensinya lebih besar dr city car..IMO kira2 lebarnya sepantar rush/ter. sehabis muter2 dan masuk kedalem (tanpa test drive) lama2 akhirnya saya menyatakan ternyata KIA Soul ini bentuknya menarik juga,hehehe.....

garis2 body aneh, tapi semua tetap terliat bold dan tegas....mungkin itu yg membuatnya dapet gelar REDDOT design award. IMHO
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by jalu »

nasywa azalia wrote:satu hal yg saya masih tanda tanya adalah KIA, kenapa KIA ga jadi memasuk kan KIA Soul ya ?
sekilas pernah baca di website (*lupa nama situsnya), itu karena KIA Soul ini 1600cc, pajaknya lbh besar dibanding 1500cc sehingga jika tetep dijual dng spek asli harganya jd terkerek ada direntang 200jt...solusi supaya harganya bs kompetitif yaitu dng downgrade pake mesin 1500cc, masalahnya hyun/kia blm memiliki mesin dng teknologi dan kehandalan yang cocok untuk kondisi indonesia...akhirnya ditunda

pls koreksi kalo info ini gak akurat
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by VanzMatic »

jalu wrote:saya pertama kali liat KIA Soul di foto keliatan janggal, krn kesannya city car tapi ala suv...tapi setelah saya liat langsung, ternyata dimensinya lebih besar dr city car..IMO kira2 lebarnya sepantar rush/ter. sehabis muter2 dan masuk kedalem (tanpa test drive) lama2 akhirnya saya menyatakan ternyata KIA Soul ini bentuknya menarik juga,hehehe.....

garis2 body aneh, tapi semua tetap terliat bold dan tegas....mungkin itu yg membuatnya dapet gelar REDDOT design award. IMHO
Hmmm kalo pemikiran bocah tua yang sok sotoynya emang lebay ini, baiknya coba gayungkan pada bbrp anggota masyarkat UMUM saja, kita lihat, bagaimana reaksi mereka meliat desain mobil ini.

Memang dalam forum komunitas yg umum seperti ini, ada banyak ragam orang dengan standar penilaian yg sangat berbeda. Ada yg memuja desain jadul, ada yang memuja mesin jadul, ada penggemar audio ringan sedang dan berat, ada pemuja berat teknologi, ada yang cukup dengan teknologi secukupnya, yang venting kebutuhan dasarnya terpenuhi, ada yang berat ke isu lingkungan, dan lain lain sebagainya.

Saya mungkin termasuk yang kolot di soal teknologi (cukup power steering, a/c, power window, electric mirror, paling banter juga sistem pengabutan injeksi. Abs, ebd, ba, apalagi airbag, bener2 ngga kenal dan kuatir kalo ada apa2 dengan peranti yang antik antik itu, karena pasti muahahahahallll kalo rusak ngga sengaja)

Kolot dalam hal pembaruan model (jujur saja, dari desain Habanjaku, yang PALING tidak aku suka desainnya adalah lampu depan! Sya masih suka dengan desain lampu model lawas, paling mentok ya desain lampu Kijang kapsul 2.0 injeksi. Juga saya kurang suka dengan desain Kijang Innova, yang kalau kita lihat dari posisi samping sampai 45 derajat ke depan, kesannya kayak glembung aneh. Masih lebih masuk ke my mind desain Kijang Kapsul, Panther kapsul dan Kuda. Tarikan garisnya serasa menyatu antara kelandaian kap mesin sampai pilar A, semua serasa harmonis.)

Desain mobil baru yang masih masuk bagi saya, ya seperti kembar Rushter, Fortuner (ini sih benernya desainnya bener2 raksasa ya), Ford Ranger, Mitsubishi Grandis, Strada L200 sebelum Triton yang juga gelembung2 geje gitu, sama seperti adiknya si Parejo Semprot. GrandLivina, desainnya menarik, tapi yang bikin 'rusak' di mata saya, desain lampu depannya GL itu. Macam maksa dan ngga nyatu dengan desain grille radiator dan tarikan desain di pilar A sampai D. Desain lampu belakang GL, menarik kok! Honda City yang macam Jazz berpantat itu, buat saya masih lumayan, walaupun ada kesan agak lucu. Dari Honda, desain sekarang, yang paling ngga srek hanya Freed. Lainnya, Honda sangat elegan, seperti halnya Camry dan Altis, sampai pendahulunya: Corolla. Itu sih contoh kecil saja, bbrp desain jaman sekarang yang memang menarik dan berkenan buat saya pribadi lo.. IMHO jadinya... :big_peace:

:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by imsus2c »

jalu wrote:
nasywa azalia wrote:satu hal yg saya masih tanda tanya adalah KIA, kenapa KIA ga jadi memasuk kan KIA Soul ya ?
sekilas pernah baca di website (*lupa nama situsnya), itu karena KIA Soul ini 1600cc, pajaknya lbh besar dibanding 1500cc sehingga jika tetep dijual dng spek asli harganya jd terkerek ada direntang 200jt...solusi supaya harganya bs kompetitif yaitu dng downgrade pake mesin 1500cc, masalahnya hyun/kia blm memiliki mesin dng teknologi dan kehandalan yang cocok untuk kondisi indonesia...akhirnya ditunda

pls koreksi kalo info ini gak akurat
mesin 1500cc?
yg sudah teruji di indonesia ya mesin jadul keluarga alpha :upss: masih sohc dan gitu2 aja...dipakai dikeluarga accent/verna, atau pakai mesin kia yg generasi rio/sephia
tapi tar jadi ga lucu dan jadi bahan cemooh secara mobil baru tapi pakai mesin jaman batu :mrgreen:

kalau mau, ya downgrade kapasitas, 1400cc pakai mesin keluarga gamma, sama dengan yg dipasang di pride/i20/grand avega
padahal setau saya saat ini, mesin keluarga gamma ini hanya tersedia 1400 dan 1600 cc
tapi tar ujung2nya dibandingin sama sejenisnya macam livina, jazz, swift, sx4, rushter yg sudah pakai 1500 cc

kalau mau tampil beda, mungkin bisa pasang mesin diesel crdi yg sama dgn dipakai i20 diesel, tapi kalo dah pakai mesin diesel, kembalinya harganya juga lebih mahal meskipun masih masuk akal, secara i20 diesel kalo ga salah juga di rentang 200jutaan

dikasih yg advance, tar dikomentari: "halah...wong kia aja kok mahal banget, mendingan ambil yg sudah populer aja, harga sama atau ga beda jauh"... :upss:

memang serba nanggung :ungg:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by jalu »

imsus2c wrote:
jalu wrote:
nasywa azalia wrote:satu hal yg saya masih tanda tanya adalah KIA, kenapa KIA ga jadi memasuk kan KIA Soul ya ?
sekilas pernah baca di website (*lupa nama situsnya), itu karena KIA Soul ini 1600cc, pajaknya lbh besar dibanding 1500cc sehingga jika tetep dijual dng spek asli harganya jd terkerek ada direntang 200jt...solusi supaya harganya bs kompetitif yaitu dng downgrade pake mesin 1500cc, masalahnya hyun/kia blm memiliki mesin dng teknologi dan kehandalan yang cocok untuk kondisi indonesia...akhirnya ditunda

pls koreksi kalo info ini gak akurat
mesin 1500cc?
yg sudah teruji di indonesia ya mesin jadul keluarga alpha :upss: masih sohc dan gitu2 aja...dipakai dikeluarga accent/verna, atau pakai mesin kia yg generasi rio/sephia
tapi tar jadi ga lucu dan jadi bahan cemooh secara mobil baru tapi pakai mesin jaman batu :mrgreen:

kalau mau, ya downgrade kapasitas, 1400cc pakai mesin keluarga gamma, sama dengan yg dipasang di pride/i20/grand avega
padahal setau saya saat ini, mesin keluarga gamma ini hanya tersedia 1400 dan 1600 cc
tapi tar ujung2nya dibandingin sama sejenisnya macam livina, jazz, swift, sx4, rushter yg sudah pakai 1500 cc

kalau mau tampil beda, mungkin bisa pasang mesin diesel crdi yg sama dgn dipakai i20 diesel, tapi kalo dah pakai mesin diesel, kembalinya harganya juga lebih mahal meskipun masih masuk akal, secara i20 diesel kalo ga salah juga di rentang 200jutaan

dikasih yg advance, tar dikomentari: "halah...wong kia aja kok mahal banget, mendingan ambil yg sudah populer aja, harga sama atau ga beda jauh"... :upss:

memang serba nanggung :ungg:

kalo berpikir simpel, kenapa mereka gak dibikin saja mesin gamma 1500cc dng ukuran bore x stroke antara diantara versi 1400cc dng 1600cc untuk penyesuaian kondisi market negara yg akan dituju. IMO mereka tidak melakukan itu mungkin/sepertinya (*ini cuma menebak), produsen korea lbh strict masalah spec mesin. CMIIW.

jika saya compare, produsen jepang sepertinya masih memberikan keleluasan penyesuaian spec mesin untuk produk mereka yg akan dijual disini, seperti penyesuaian rasio kompresi, anti knock sensor, kapasitas mesin atau bahkan menggunakan tipe mesin yg berbeda dr negara asalnya.

saya mengambil contoh dr mesin bensin mbl korea yg beredar disini lbh sensitif thd bbm premium, rawan nglitik parah (info dr bbrp forum/milis korean user). padahal banyak mbl jepang lainnya yg di spec brosur ber-rasio kompresi sama/bahkan lbh tinggi tapi masih lbh kebal dng bbm premium. Ini bs terjadi tentu krn produsen jepang sudah menyesuaikan spec mesin yg akan dijual dng kondisi di negara ini.

just IMHO...pls koreksi saja kalo opini saya keliru :D
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by campoeran »

VanzMatic wrote:
nasywa azalia wrote:satu hal yg saya masih tanda tanya adalah KIA, kenapa KIA ga jadi memasuk kan KIA Soul ya ?
Ini..??? Kayak gini...??

Image
Mnurut gue ini desain yg masih masuk, dan lbh waras dibanding Juke bos.
Nah disini KIA kurang berani masukin line2up bagus gak kayak Nissan yg berani ambil resiko tapi terbukti org banyak yg suka Juke.

Mneurut gue ttp Soul ini ada pangsa pasarnya yaitu anak muda, cakep kok modelnya . Kl om om kek VM mah ya pasti gak doyan krn kl saya liat om VM orangnya konservatif
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by Nightster Guy »

VanzMatic wrote:Hmmm kalo pemikiran bocah tua yang sok sotoynya emang lebay ini, baiknya coba gayungkan pada bbrp anggota masyarkat UMUM saja, kita lihat, bagaimana reaksi mereka meliat desain mobil ini.


Sotoy? Ane demen sotoy ayam juga, mas bro.... :mky_05:
VanzMatic wrote:- CUT -

Saya mungkin termasuk yang kolot di soal teknologi (cukup power steering, a/c, power window, electric mirror, paling banter juga sistem pengabutan injeksi. Abs, ebd, ba, apalagi airbag, bener2 ngga kenal dan kuatir kalo ada apa2 dengan peranti yang antik antik itu, karena pasti muahahahahallll kalo rusak ngga sengaja)
Sama. Tapi soal ABS EBD BA airbag, saya okay2 aja, karena menyangkut unsur safety. Yang saya kurang demen yang fitur2 pemanja semisal back sonar, electric retractable mirror, rear view camera, dll sejenisnya yang bikin feeling kita berkurang dan bikin kita 'tergantung' ama tombol2. :mrgreen: Persepsi dan opini pribadi OB loh y....
VanzMatic wrote:Kolot dalam hal pembaruan model (jujur saja, dari desain Habanjaku, yang PALING tidak aku suka desainnya adalah lampu depan! Sya masih suka dengan desain lampu model lawas, paling mentok ya desain lampu Kijang kapsul 2.0 injeksi. Juga saya kurang suka dengan desain Kijang Innova, yang kalau kita lihat dari posisi samping sampai 45 derajat ke depan, kesannya kayak glembung aneh. Masih lebih masuk ke my mind desain Kijang Kapsul, Panther kapsul dan Kuda. Tarikan garisnya serasa menyatu antara kelandaian kap mesin sampai pilar A, semua serasa harmonis.)


Lebih 'parah' ane berarti. Demennya lampu bulet ala CJ FJ JK Defy, ato lampu kotak colok ala XJ G klasse ato Super Kijang gitu. Gak demen lampu yang 'rata ama bodi'. Pengecualian buat beberapa tipe mobil baru.
VanzMatic wrote:Desain mobil baru yang masih masuk bagi saya, ya seperti kembar Rushter, Fortuner (ini sih benernya desainnya bener2 raksasa ya), Ford Ranger, Mitsubishi Grandis, Strada L200 sebelum Triton yang juga gelembung2 geje gitu, sama seperti adiknya si Parejo Semprot. GrandLivina, desainnya menarik, tapi yang bikin 'rusak' di mata saya, desain lampu depannya GL itu. Macam maksa dan ngga nyatu dengan desain grille radiator dan tarikan desain di pilar A sampai D. Desain lampu belakang GL, menarik kok! Honda City yang macam Jazz berpantat itu, buat saya masih lumayan, walaupun ada kesan agak lucu. Dari Honda, desain sekarang, yang paling ngga srek hanya Freed. Lainnya, Honda sangat elegan, seperti halnya Camry dan Altis, sampai pendahulunya: Corolla. Itu sih contoh kecil saja, bbrp desain jaman sekarang yang memang menarik dan berkenan buat saya pribadi lo.. IMHO jadinya... - CUT -
Tetep ane demen (beberapa) mobil baru. Semisal Ranger yang generasi sebelum yang ini, calon Camry terbaru postingan om FM, Fortie Pasport overall cakep juga. Juga Navara, mantep!

BTT....

Back to Koreans, si KIA Soul ini, seperti layaknya Juke, desainnya memang 'either u luv it or hate it', desain2 yang bersifat dikotomi bagi para konsumennya. Di luar soal CC nya yang bikin harganya kurang bersahabat bagi pangsa yang dituju (sesuai penjelasan mantap beberapa mastah di atas), IMHO, KIA SADAR DIRI namanya blom terlalu kuat di Indo, gak sekuat Nissan yang pede2 aja ngeluarin mobil planet semacam Juke gitu. KIA Indo cari aman aja dulu, IMHO, Soul gak berani dia jual dimari. Brand 'aneh' (diartikan blom terlalu kuat penetrasinya), tipe aneh, apa laku? Gitu....

Eh, bukannya Soul uda dijual?! Di diler Yamaha tapinya, Mio Soul.... :big_slap:
Das Beste oder nichts.
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by mpvlover »

http://us.oto.detik.com/read/2011/09/16 ... pa?hlutama

Frankfurt - Di benak CEO dan manajemen pabrikan mobil Eropa ada si kembar yang paling ditakuti kiprahnya saat ini. Siapakah mereka? China? Bukan, yang ditakuti mereka tidak lain adalah duo Korea yakni Hyundai dan KIA.

Seperti dilansir Reuters ada beberapa fakta yang membuat keberadaan mereka di tanah Eropa ditakuti.

Pertama, penjualan Hyundai-KIA di Eropa lebih mentereng dibanding produsen mobil Asia lainnya.

Kedua, Hyundai lebih populer di Jerman bahkan dibanding banyak merek Eropa.

Ketiga, KIA-Hyundai berkompetisi dengan Volkswagen dalam persaingan menjadi pemimpin industri otomotif.

Di Frankurt Motor Show, Hyundai dan afiliasinya itu mendapat banyak pujian dari rivalnya.

"Mereka adalah perusahaan yang kuat dan pesaing yang kuat. Dan mereka cukup agresif dalam tiga atau empat tahun terakhir ini," ujar Presiden General Motors Eropa Nick Reilly, yang mengenal kedua pabrikan ini dengan baik.

"Kami melihat Hyundai-KIA sebagai pesaing yang sangat serius. Mereka membangun mobil yang bagus, desain yang menarik, dan kualitasnya membaik," ujar Eksekutif Volkswagen Christian Klingler.

Analis pun memperingatkan para pimpinan pemasaran VW untuk memperhatikan kiprah Duo Korea itu.

"Hyundai akan bersaing dengan VW untuk memperebutkan produsen mobil terbesar dunia, memang bukan tahun ini atau tahun depan, tapi yang pasti dalam jangka menengah," ujar analis dari NordLB Frank Schwope.

"KIA adalah pabrikan Jepang ketika 15 atau 20 tahun yang lalu," tambahnya.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by VanzMatic »

Nightster Guy wrote:-cut-

BTT....

Back to Koreans, si KIA Soul ini, seperti layaknya Juke, desainnya memang 'either u luv it or hate it', desain2 yang bersifat dikotomi bagi para konsumennya. Di luar soal CC nya yang bikin harganya kurang bersahabat bagi pangsa yang dituju (sesuai penjelasan mantap beberapa mastah di atas), IMHO, KIA SADAR DIRI namanya blom terlalu kuat di Indo, gak sekuat Nissan yang pede2 aja ngeluarin mobil planet semacam Juke gitu. KIA Indo cari aman aja dulu, IMHO, Soul gak berani dia jual dimari. Brand 'aneh' (diartikan blom terlalu kuat penetrasinya), tipe aneh, apa laku? Gitu....

Eh, bukannya Soul uda dijual?! Di diler Yamaha tapinya, Mio Soul.... :big_slap:
Yang ane bold....:
Eh, bukannya ente ndiri manggil si Julia Kerez itu sebagai LELE PENYET...???
:mky_04:

Nightster Guy wrote:
-cut-
VanzMatic wrote:- CUT -

Saya mungkin termasuk yang kolot di soal teknologi (cukup power steering, a/c, power window, electric mirror, paling banter juga sistem pengabutan injeksi. Abs, ebd, ba, apalagi airbag, bener2 ngga kenal dan kuatir kalo ada apa2 dengan peranti yang antik antik itu, karena pasti muahahahahallll kalo rusak ngga sengaja)
Sama. Tapi soal ABS EBD BA airbag, saya okay2 aja, karena menyangkut unsur safety. Yang saya kurang demen yang fitur2 pemanja semisal back sonar, electric retractable mirror, rear view camera, dll sejenisnya yang bikin feeling kita berkurang dan bikin kita 'tergantung' ama tombol2. :mrgreen: Persepsi dan opini pribadi OB loh y....

-cut-
Yakin nih, ente ngga suka ama "tombol2"???
Tombol2nya maho kandang atw calon penindas nih yang ga ente suka?











:mky_03:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by Nightster Guy »

Mobil planet, lele penyet, dekonstruksi desain, pendobrak kultur, avantgarde, apalah namanya.... :big_peace: Yang pasti aneh. Menggelitik secara visual. Ngagetin.

Walau, makin sering liat langsung unitnya, ane yang kolot ini makin click ama desain Juke hehehehehe..................

Ak4ng mah gak da 'tombol'nya. Rata semua. Huekssss.... Ane uda balikin ke owner sebelomnya, om BADAK. Kalo 'tombol' si calon penindas, weleh, ini SM biru, bung. Jangan dibahas dimari.... :big_weee:
Das Beste oder nichts.
toyotaman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1027
Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by toyotaman »

Jika dukungan HMI kepada klub secara semangat masih kurang, ya memang di sayangkan.


Tapi jika yang kurang adalah dana sponsor untuk kegiatan, saya rasa ngak heran juga, karena saat ini sales mereka belum besar, jadi arus kas mereka ngak sebanyak ATPM lain (meskipun induknya di Korea mah kebanjiran uang saat ini).


Jadi HMI kalau agak pelit masalah uang sih bisa di pahami. Tapi itu bukan hal yang kritis kok Pak, karena yang penting mobilnya OK, enak, service OK, ya urusan lain ngak penting amat kok.


Pula jika seperti anda sudah pakai Santy yang udah ada umur, udah ngak perlu kwatir nilainya merosot tajam lagi. Karena mobil yang udah ada umur, termasuk Korea, berikut penurunan nilainya udah kecil banget. Boleh di bilang sama ama avanza. Nanti saya bahas lebih dalam hal ini.


Ngak semua orang hanggap penting, tapi ngak rugi kalau tau. Siapa tau nanti ada orang yang bosan pakai avanza, mau cari Hyundai bekas seperti Santy bekas ?


Dan jika enak, ya ngapain di jual ? Pakai terus aja.

imsus2c wrote:
toyotaman wrote: Ah Pak, anda kalau kenal anggota Santy Club Indonesia, coba minta mereka komporin HMI untuk CKD Santy Baru, versi 3 baris. Lupakan yang 2 baris. Kalau harga bisa 300-320 jt, saya yakin salesnya akan meningkat !
kebetulan kalau di dunia maya, saya ikut club-nya pak...tapi kalo kopdar belum pernah, secara mayoritas penggunanya di jabodetabek
memang saat ini dukungan atpm (hyundai) untuk klub2 gini agak kurang sih...
kami sudah sering lobby dan minta disupport kalo ada acara2, sejauh ini sih memang ada perkembangan tapi belum sebaik dukungan atpm lain terhadap klub pemakainya...
ya itulah salah satu alasan kenapa kemajuan hyundai/kia masih agak seret
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by VanzMatic »

toyotaman wrote:
-cut-


Ngak semua orang hanggap penting, tapi ngak rugi kalau tau. Siapa tau nanti ada orang yang bosan pakai avanza, mau cari Hyundai bekas seperti Santy bekas ?


Dan jika enak, ya ngapain di jual ? Pakai terus aja.

Buutuull.... butuuulll...!!!!

Kalau Habanja memang enak, ngapain melirik ke lain merk?? Ngapain juga dijuaaalll....?? Pakai terus ajaaa!!

Sip sip!!
:frm_tumbright: :frm_tumbleft:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
toyotaman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1027
Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by toyotaman »

Yang punya, atau yang beli Santa Fe tua saat ini sebenernya bisa nikmati nilai jual kembali " berikutnya " yang sebenernya nyaris sama ama avanza bekas juga. Kita bicara dari segi kerugian, bukan likuiditas.


Meskipun memang jual avanza bekas lebih cepat. Tapi kan fasilitasnya beda jauh banget ! Untuk orang yang rencana beli, terus pakai, menikmati lama, dan bukan untuk dagang, cepat di jual, cocok.


Ngak percaya ? Mari kita lihat nilai Santa Fe tua untuk berapa tahun :


Santa Fe 2.4 MT tahun 2004.
108 jt
http://mobil.kapanlagi.com/hyundai_sant ... 28_ow.html

Berikutnya apakah akan turun banyak lagi karena Korea ? Salah. Coba kita lihat tahun berikutnya 2003 :

94 jt
http://mobil.kapanlagi.com/hyundai_sant ... 05155.html

Dari tahun 2004 ke 2003 cuman turun +-14 jt

Dan berikutnya turunnya makin pelan (semua mobil makin tua begitu)

Untuk Santa Fe tahun 2002 :

84.5 jt
http://mobil.kapanlagi.com/hyundai_sant ... 78_ij.html

Dari tahun 2003 ke 2002 turun cuman +-10 jt

Tahun 2001 gimana ?

79.5 jt
http://mobil.kapanlagi.com/hyundai_sant ... 25_ry.html

Dari 2002 ke 2001 decelerate lagi. Turun cuman +-5 jt doang. Dan berikutnya akan turun ngak lebih dari 5 jt, karena ngak ada mobil makin tua nilainya dropnya accelerate. Semua decelerate. Mau Jepang, mau Korea, bahkan mau China pun sama.


Jadi dari tahun 2004 ke 2001, kurva decelerasinya Santa Fe tua ini jelas : +-14 jt, 10 jt, 5 jt.....Coba lihat avanza bekas, kurva depresiasinya juga ngak beda jauh ama Santa Fe tua ini. Liat aja avanza tahun misalnya '10, 09, 08, 07


Mau bilang ni mobil populasi dikit, jadi pasti setengah mati jualnya nanti, belum tentu ! Liat aja iklan di kapanlagi, di antara iklan Santy tua malah udah ada berapa yang terjual.


Pengalaman saya sendiri saat jual Santy juga, ngak sampai seminggu udah ke jual. Sekitar 3-4 hari udah terjual. Lumayan ! Coba kalau beli sedan Jepang, malah mungkin lebih susah jual iya. Kalau ini kan SUV, harga udah terjangkau, yang minat PASTI ada !


And maybe more than you think. Apalagi udah terjangkau banget harganya.


Kalau di bilang ngak bakal ada pembeli, itu jelas keliru. Karena Hyundai gimanapun juga masih exist di Indonesia, jumlah beresnya malah kita udah tau, masih ada 28 tersebar di seluruh Indonesia. Jadi bukan seperti merek Daiwoo, Sangyong gitu yang benar udah mati sampai beresnya nyaris ngak ada.


Ingat, nilai bekas mobil di tentukan ngak cuman faktor demand / supply, tapi juga tergantung PERSEPSI pasar mengenai mobil itu, tahun tertentu layak di nilaikan berapa ? Jika mobilnya sudah ngak rusak terus, ngak bakal ada panic selling, dan pembeli mau harga super miring pun ngak bakal dapat, karena pemiliknya ngak bakal mau jual dengan harga crazy.


Itulah kenapa untuk Santy tua, ngak ada pemiliknya yang mau lepas dengan harga crazy, misalnya 30-40 jt. Jika begitu, otomatis harga Santy tua akan tertahan. Ngak bakal turun bebas lagi.


Saran saya, untuk orang yang bosan beli kaleng, mau cari SUV relatif besar, enak, feature banyak, dan ngak mau keluar terlalu banyak duit, dan sadar bahwa beli Hyundai bekaspun sekarang itu sudah aman, enak, seperti kesaksian Pak Imsus2c, beli mobil bekas seperti Santy ini adalah GREAT BARGAIN !


Asal bisa analisa dan dapat unit yang kondisinya relatif bagus ! Di jamin dengan uang lebih murah dari avanza baru pun bisa dapat banyak fasilitas, comfort yang sangat tinggi, setara ama SUV baru 300 jt lebih, dan saat mau servis, toh beresnya ada di banyak kota besar dan ngak perlu antri lama.


Boleh di bilang Hyundai bekas saat ini adalah undervalued. Siapa yang bisa pahami dan ngerti cara dapat unit bekas yang layak, akan sangat menikmati barang enak dengan harga lebih murah dari avanza iya.


Malah Pak Imsus2c aja bilang, pakai sampai 200,000 km aja masih OK.
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by VanzMatic »

Ehm, bungkusin aja deh bang 2 porsi yah, yang satu porsi lomboknya 3, yang seporsi ngga pake lombok.. :off_good:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
toyotaman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1027
Joined: Thu Feb 25, 2010 4:40

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by toyotaman »

Dan sesudah analisa nilai pasar H1 bekas yang masih muda, saya ada kabar baik ! Seperti dugaan saya, Hyundai model baru mesinnya bagus, enak, harga masuk akal. Dan ngak ada lagi berita Hyundai model baru seperti Carnival dulu rewel. Coba ada ngak ?


Dan ini terbukti mampu ciptakan nilai bekas Hyundai H1 yang, untuk ukuran harga barunya yang cukup tinggi, 360-400 jt, sebenernya cukup mengejutkan kuatnya ! Coba kita lihat berapa iklan H1 bekas :


H1 XG 2010. 304.5 jt
http://mobil.kapanlagi.com/hyundai_h-1_ ... 8_ram.html


H1 Elegance AT 2008. 260 jt
http://mobil.kapanlagi.com/hyundai_h-1_ ... 13110.html


H1 XG 2009. 289 jt
http://mobil.kapanlagi.com/hyundai_h-1_ ... 37870.html


Dari 2010 ke 2009 cuman beda +-15 jt. Ini artinya deceleratenya cukup bagus. Jadi kalau beli H1 yang tahun 2009 ini, cukup aman, karena ngak bakal terjun bebas sama sekali. Worse case tahun berikutnya paling turun 10-15 jt ? Memang tahun pertama turun banyak banding barunya, tapi mobil Jepang yang barunya hampir 400 jt juga tajam penurunan tahun pertamanya.


Di banding ama model Hyundai yang tua yang nilai pasarnya memang relatif rendah (karena memang peminat model Hyundai tua kurang banyak), jelas peminat H1 bekas cukup banyak, dan stoknya ngak terlalu banyak.


Coba tanya orang, lebih naksir Trajet atau H1 ? Andai kata Trajet masih terjual pun udah pasti H1 lebih laku. Karena Trajet head to head ama banyak lawan Jepang dengan harga yang mirip.


Juga karena H1 monopoly di segment MPV jumbo yang harga masuk akal. Ngak ada saingan langsung dari Jepang. Itulah kenapa nilai bekas H1 bisa cukup bagus.


Para skeptis bisa aja bilang, di iklan 289 jt, paling nanti jadinya 200 jt. Ngak bakal terjadi ! Coba aja telpon showroom atau pemiliknya. Bisa diskon 10 jt aja bagus. Kalau memang hancur, seperti dulu saya bilang, harga iklannya aja udah di set rendah dari awal sebelum orang nawar.


Seperti camry 3.0 2005 yang dari awal cuman di iklanin pedagang +-170 jt. Kenapa ? Karena memang pasar sedan, apalagi sedan gede, cukup hancur nilai bekasnya. Meskipun Jepang pun.


H1 bekas kuat karena : Peminatnya lebih banyak banding Hyundai tua seperti Trajet, dan juga sudah ngak ada kabar Hyundai model baru sering rusak. Jika pemiliknya ngak ada yang panic selling, ngak mungkin harga bekasnya turun bebas.


Jadi faktor mutu memang main peran penting untuk nilai bekasnya. Jika ada panic selling, habis deh, tapi jika semua pemiliknya, dan juga calon pembelinya suka, dan tau bahwa mobilnya ngak sering rusak, nilai bekasnya akan tertahan.


Mau tau sebenernya H1 kuatnya beda jauh ngak ama mobil Jepang yang harga barunya mirip ? Kalau saya sih coba bandingkan ama misalnya CRV, yang pricelistnya mirip ama H1 XG. sekitar hampir 400 jt.


H1 XG 2010 dan 2009 kan sekitar 304 - 289 jt. CRV 2.4 tahun 2010 dan 2009 sekitar berapa ?


CRV 2.4 2010. 325 jt
http://mobil.kapanlagi.com/honda_crv_al ... 1_pjb.html

330 jt
http://mobil.kapanlagi.com/honda_crv_al ... 372_y.html

Jadi meskipun H1 masih kalah, tapi ngak beda jauh.


CRV 2.4 2009. 315 jt
http://mobil.kapanlagi.com/honda_crv_al ... 4_bby.html

Lagi, meskipun H1 kalah, tapi dari segi persentasi, ngak beda terlalu jauh.


Meskipun ini banding jumbo MPV ama SUV, tapi saya tujuannya cuman mau banding Hyundai ama Honda yang HARGAnya mirip ! Mau tau beli Hyundai mahal ruginya beda jauh ngak ama mobil Jepang yang mahalnya mirip gitu.


Dan apakah H1 bekas susah jual ? Tidak. Karena saya kadang monitor iklan H1 bekas, dan saya terkejut, di kapanlagi aja, coba, iklan H1 bekas, tunggu berapa hari aja udah terjual.


Karena yang ingin punya mobil keluarga gede, tapi ngak mampu beli model macam Elgrand itu banyak ! Jelas di antara mereka pasti ada yang naksir H1 bekas ini.


So its good news untuk HMI, asal main di segment yang benar, seperti MPV / SUV. Asal pricingnya miliki advantage. Dan modelnya juga menarik !


Kalau sedan Hyundai yang mahal, feeling saya nilai bekasnya akan tetap turun lumayan banyak, karena ketemu sedan Jepang yang serupa dan jauh lebih popular. Terlalu head to head gitu. Misalnya kalau H1 harga barunya mirip Elgrand, udah pasti jatuh juga awalnya.


H1 bisa kuat karena main sendiri di segment dia. Jadi ini artinya HMI harus coba main di segment yang dia miliki special advantage, entah beda harga barunya jauh, atau mobilnya beda ama saingannya saat ini.
TOYOTA : The One You Ought To Avoid
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by VanzMatic »

toyotaman wrote:Dan sesudah analisa nilai pasar H1 bekas yang masih muda, saya ada kabar baik ! Seperti dugaan saya, Hyundai model baru mesinnya bagus, enak, harga masuk akal. Dan ngak ada lagi berita Hyundai model baru seperti Carnival dulu rewel. Coba ada ngak ?


Dan ini terbukti mampu ciptakan nilai bekas Hyundai H1 yang, untuk ukuran harga barunya yang cukup tinggi, 360-400 jt, sebenernya cukup mengejutkan kuatnya ! Coba kita lihat berapa iklan H1 bekas :


H1 XG 2010. 304.5 jt
http://mobil.kapanlagi.com/hyundai_h-1_ ... 8_ram.html

-cut-
No need further explanation,

Yang ane bold. Asumsi aja deh itu bener, nanti mudahan om helm putih yang menaksir bener atw ga nya
Itu harga pajangan, udah ditaroh di 'etalase', udah direhab, rekondisi, dirapihkan, bla bla bla

Kalau saya memiliki H1 XG tahun 2010, trus niat saya jual, kondisi apa adanya
Question is:
Kira-kira, Berapa pedagang membeli dari saya..??

Point berikutnya:
Ini trit bahas desain mobil korea ya, silakan kembali kepada pembahasan desain mobil korea. OK?

:thanks:
Last edited by VanzMatic on Fri Sep 16, 2011 10:23, edited 1 time in total.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by Nightster Guy »

Image

Sabar, om TM, sabar. Sehari2 idup ane udah sangat dipusingin ama angka2 utang piutang usaha yang susul-menyusul (baca: gali lubang tutup lubang) hehehehe.... Makin puyeng baca deretan angka di atas. Sabar, ane cerna pelan2 dolo baru nanggepin.... Maklum jelang wikend wes gak iso konsen awakku....
Das Beste oder nichts.
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by BADAK »

Nongkrong dulu ah, mumpung udah anget :upss:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by Nightster Guy »

Om BADAK butuh 'kehangatan' kah? Cini2 chayank.... Image

Ini jaman2 dulu saat Hyundai masih 'belajar bikin mobil bagus'. Mayoritas pasti setuju, tampang si Coupe/Tiburon ini UGLY ABIS. Rada2, maap, stupid. Oon. Yup, tiap pabrikan pasti pernah khilaf kok saat masih belom matang, hehehehe....

Image
Das Beste oder nichts.