Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
doq wrote:keliatan nya ngelitik kaarena banyak deposit karbon oom, mobil lg jarang di pake khan? udah gitu pake (campuran) premium pula
saran ane sih coba italian tune up aja dulu buat bersihin karbon nya
Apakah mobil jarang pake dan baru 7000km selama 10 bulan, udah ngenumpukin kerak, om...? Kalau night driving, ngelitiknya engga separah kalo siang terik banget nih om doq..
Ane belum sempet nyobain italian tune, soale hari2 pakai motor, berangkat jam 7pagi, pulang diatas jam 7 malem..... (ketinggalan tarawih mlulu....)
Dilematis nih...
the-mantal wrote:Avanza 1.3 a/t penyakit nglitiknya ada di busi om. Cek ke bengkel utk bersihin businya deh dijamin maknyus lagi abis itu
Ah, yang boneng, om...? kok bisa gitu ya? Kok cuman "menimpa" AvG A/t?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
kemungkinan deposit selalu ada oom imho, terutama karena jarang dipake nya itu, dan lagi saat ada kesempatan pake pun pasti jarang main di rpm tinggi khan?
saat malem emang biasa nya ngelitik berkurang, ini disebabkan oleh suhu udara yg lbh rendah (tingkatan kadar oksigen lebih banyak) sehingga mengurangi ngelitik, trus boleh jg tuh saran diatas utk cek/bersihin busi
klo mau solusi instan, ya kembali pake pure RON92
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
ngomong2 kalo matic apanja itu biasa ganti gigi di rpm brapa yahh ?? soalnya kalo yg manual, cepet banget nyentuh 4000 rpm... padahal speed blom seberapa... makanya scara ga lgs kalo nyetir apanja manual kaya uda italian tune up mulu...
@om klep, masuk akal juga om, kalau mulai ada penimbunan kerak.. Kalau ane baca analisis dari om imsus yg membaca hasil tes emisinya, kesimpulan awalnya adalah campurannya lean.Berarti, suhu di ruang bakar mesin mobil mjd cepat panas, dan semakin panas saat siang terik.Kemungkinan jadi 'membakar' deposit kerak yg mulai muncul.Apakah penggantian busi mejadi busi dingin membantu memecahkan masalah..?Mudah2an pembersihan busi membantu banget yaa..!Oia, AvG At pindah persnelingnya tergantung dalem atw nggaknya kaki kita bejek gas.Kalo sangat sopan macam di komplek yg hanya towel gas doank, pindahnya di 2000rpm.Kalau di jalan raya, rata2 di rpm 2500.Kalau narik di tol, di 3500-4000 ..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
DOHC wrote:carbon clean ?? yg pakai alat dimasukan ke lobang busi trus didiemin 15 menit lalu disedot lagi cairan nya om ??
soalnya kalo yg dari foto2 om tsb... itu kayanya model macam carbjet yg semprot2 melalui lobang throttle...
btw kalo utk busi, scara dia pake busi biasa kayanya ganti per 10 rebu km aja kali yahh... scara premium sini rada2 gawat kualitas nya...
iya nih
klo liat poto, yg kaleng item itu seh semacem injector cleaner yg pake nya disemprot2 ke throttle body...........
sedangkan yg botol putih, liat dr tulisan nya, kaya nya itu buat dicampurin ke tangki bbm deh
cmiiw
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
Setuju ama 2 mods di atas. Bukan proses carbon clean yang 'sebenarnya'. Ini, si kaleng item, cuman bersihin saluran intake. Gak sebersih carbon clean 'beneran', IMO.
Si botol putih, yah, semacam fuel system cleaner/treatmentlah macem Redline S-1 gitu.
Oiah...kalo mengenai carbon clean, yg ane tau, mobil ane dinyalain oleh si mekanik, ada asap putih ngebul kayak penyemprot nyamuk gitu. Itu termasuk rangkaian di-carbon clean ya? Trus, ntu throttle body nampaknya dibersihin total juga, aromanya dari kap mesin tuh kayak aroma knalpot yg habis dipoles ama Brasso...
Trus, bagaimana sobat2 SM ttg hasil uji emisi mesin ane,.....?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
DOHC wrote:btw, mengenai carbon clean... ada yg tau dmana tempat spirit carbon clean dmana yg di daerah jakarta utara atau barat gt...
trus beda nya ama amb proclean carbon clean apa yahh... ada yg blg water based... aerosol based... dll... mohon penjelasan nya...
jakarta barat, bukannya di jl. panjang (REV) bisa carbon clean,
ane dulu 2x carbon clean di sigma MT haryono.
pake cairan dalam botol biru, ndak tau apa mereknya..
VanzMatic wrote:Oiah...kalo mengenai carbon clean, yg ane tau, mobil ane dinyalain oleh si mekanik, ada asap putih ngebul kayak penyemprot nyamuk gitu. Itu termasuk rangkaian di-carbon clean ya? Trus, ntu throttle body nampaknya dibersihin total juga, aromanya dari kap mesin tuh kayak aroma knalpot yg habis dipoles ama Brasso...
Trus, bagaimana sobat2 SM ttg hasil uji emisi mesin ane,.....?
kalo yg om sebut itu... kayanya itu proses kaya carburator cleaner atau intake cleaner gt om... atau istilah nya yg umum di carbjet (ini merek obat cuman sering dipake sbg istilah bengkel aja)... yg ini bisa ngikis kerak2 karbon di intake ama ruang bakar namun cuman sebagian... alias kerak2 tipis...
kalo carbon clean itu beda proses... ini mesin kaga di nyalain atau di geber2... cuman di buka busi trus dari masing2 lobang busi dimasukin cairan cleaner... didiemin 10 menit trus disedot lagi cairan nya....
VanzMatic wrote:Oiah...kalo mengenai carbon clean, yg ane tau, mobil ane dinyalain oleh si mekanik, ada asap putih ngebul kayak penyemprot nyamuk gitu. Itu termasuk rangkaian di-carbon clean ya? Trus, ntu throttle body nampaknya dibersihin total juga, aromanya dari kap mesin tuh kayak aroma knalpot yg habis dipoles ama Brasso...
Trus, bagaimana sobat2 SM ttg hasil uji emisi mesin ane,.....?
kalo yg om sebut itu... kayanya itu proses kaya carburator cleaner atau intake cleaner gt om... atau istilah nya yg umum di carbjet (ini merek obat cuman sering dipake sbg istilah bengkel aja)... yg ini bisa ngikis kerak2 karbon di intake ama ruang bakar namun cuman sebagian... alias kerak2 tipis...
kalo carbon clean itu beda proses... ini mesin kaga di nyalain atau di geber2... cuman di buka busi trus dari masing2 lobang busi dimasukin cairan cleaner... didiemin 10 menit trus disedot lagi cairan nya....
ooo... gtu..... Skrg sudah ilang tuh nglitik berat nya.... Entengng banget tarikannya, padahal BBM masih nyampur antara BioPerta ama BioPremium... *kebiasaan tanggung bulan...*
Oiaa... apakah karena selama 5 hari hanya manasin mobil selama 5 menit, malah bikin deposit karbon ? Supaya engga cepet numpukin deposit karbon, apa manasin mobilnya cukup 2 hari sekali? Aki aman ya kalau 2 hari sekali manasinnya?
kalau Sabtu minggu, pasti keluar kandang..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
VanzMatic wrote:Oiah...kalo mengenai carbon clean, yg ane tau, mobil ane dinyalain oleh si mekanik, ada asap putih ngebul kayak penyemprot nyamuk gitu. Itu termasuk rangkaian di-carbon clean ya? Trus, ntu throttle body nampaknya dibersihin total juga, aromanya dari kap mesin tuh kayak aroma knalpot yg habis dipoles ama Brasso...
Trus, bagaimana sobat2 SM ttg hasil uji emisi mesin ane,.....?
kalo yg om sebut itu... kayanya itu proses kaya carburator cleaner atau intake cleaner gt om... atau istilah nya yg umum di carbjet (ini merek obat cuman sering dipake sbg istilah bengkel aja)... yg ini bisa ngikis kerak2 karbon di intake ama ruang bakar namun cuman sebagian... alias kerak2 tipis...
kalo carbon clean itu beda proses... ini mesin kaga di nyalain atau di geber2... cuman di buka busi trus dari masing2 lobang busi dimasukin cairan cleaner... didiemin 10 menit trus disedot lagi cairan nya....
ooo... gtu..... Skrg sudah ilang tuh nglitik berat nya.... Entengng banget tarikannya, padahal BBM masih nyampur antara BioPerta ama BioPremium... *kebiasaan tanggung bulan...*
Oiaa... apakah karena selama 5 hari hanya manasin mobil selama 5 menit, malah bikin deposit karbon ? Supaya engga cepet numpukin deposit karbon, apa manasin mobilnya cukup 2 hari sekali? Aki aman ya kalau 2 hari sekali manasinnya?
kalau Sabtu minggu, pasti keluar kandang..
salah satu penyebab deposit karbon, karena belum tercapainya temperatur kerja dan hobby low rpm...cmiiw
ini ada bahasan menarik di topic efek driving rpm rendah: http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 63&start=0
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
imsus2c wrote:
salah satu penyebab deposit karbon, karena belum tercapainya temperatur kerja dan hobby low rpm...cmiiw
ini ada bahasan menarik di topic efek driving rpm rendah: http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 63&start=0
Sip om imsus...! Trit mnarik om..! Trima kasih yaa...! Oia, ntu hsl tes emisi mobil ane, bgm analisis om imsus...?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
untuk batasan ambang emisi dan di mobil dengan teknologi yang terpasang, nampaknya hasil emisi sudah bagus tuh
cmiiw ya...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking