Truus, ane kan masih awam neh injeksi, ada yang mau ane tanya:
1. Apa beda Open Loop & Closed Loop?
2. Bisa gag yaa, AVG ku yg VVT-i disetting emisinya jadi Euro 3 secara Normally aspirated..?


Mohon pencerahan... trims..!

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
VanzMatic wrote:Agan2, jadi penasaran nih, sebenernya parameter emisi untuk Euro 2, Euro 3, Euro 4, Euro 5 itu apa aja...? Misalnya batasan CO, CO2, bla bla bla tu seberapa sih batasnyaa..? ADa yang mau share, gan?
Truus, ane kan masih awam neh injeksi, ada yang mau ane tanya:
1. Apa beda Open Loop & Closed Loop?
2. Bisa gag yaa, AVG ku yg VVT-i disetting emisinya jadi Euro 3 secara Normally aspirated..?Kalau bisa, gimana caranya, gan?
![]()
Mohon pencerahan... trims..!
Thank you gan... cukup jelas, hehehe, hatur nuhun yaa...Turboman wrote:http://en.wikipedia.org/wiki/European_e ... _standards
Oh gitu yah..? Pa lagi gan..?m4rio wrote:VanzMatic wrote:Agan2, jadi penasaran nih, sebenernya parameter emisi untuk Euro 2, Euro 3, Euro 4, Euro 5 itu apa aja...? Misalnya batasan CO, CO2, bla bla bla tu seberapa sih batasnyaa..? ADa yang mau share, gan?
Truus, ane kan masih awam neh injeksi, ada yang mau ane tanya:
1. Apa beda Open Loop & Closed Loop?
2. Bisa gag yaa, AVG ku yg VVT-i disetting emisinya jadi Euro 3 secara Normally aspirated..?Kalau bisa, gimana caranya, gan?
![]()
Mohon pencerahan... trims..!
open loop & closed loop itu kalo gk salah di injectornya deh...
setau saya (yang belum tentu bener), sistem open atau closed loop itu sistem manajemen di ECU-nya, yang berimbas adanya beberapa perubahan di perangkat (terutama) sensor-sensor, jadi bukan cuman injektornyam4rio wrote:VanzMatic wrote:Agan2, jadi penasaran nih, sebenernya parameter emisi untuk Euro 2, Euro 3, Euro 4, Euro 5 itu apa aja...? Misalnya batasan CO, CO2, bla bla bla tu seberapa sih batasnyaa..? ADa yang mau share, gan?
Truus, ane kan masih awam neh injeksi, ada yang mau ane tanya:
1. Apa beda Open Loop & Closed Loop?
2. Bisa gag yaa, AVG ku yg VVT-i disetting emisinya jadi Euro 3 secara Normally aspirated..?Kalau bisa, gimana caranya, gan?
![]()
Mohon pencerahan... trims..!
open loop & closed loop itu kalo gk salah di injectornya deh...
masalahnya, selain dari ECU-nya, apakah konstruksi rancang bangun mesin dan sensor2-nya mendukung untuk diupgrade ke misalnya EURO3? menurut saya, mengganti/upgrade ECU justru lebih mungkin dan lebih gampang...VanzMatic wrote:Oom, ane angkat lagi trit ini, cuman pengen nanya lagi, kalok mobil2 kita yang udah spek Euro2, bisa gag ya kalo seting ECU nya mengacu ke Euro3?
Apa ngefek ke tarikan yg agak boyo?
atau bikin nglitik?
Kalo cuman boyo sih, ga terlalu ngaruh lah ke seharian ane bw mobil...
Trims before...
IMO, maksudnya begini, ECU memberi perintah....masalahnya, yang diperintah (mesin dan sensor2) mampu atau engga...gitu lho...VanzMatic wrote:ouuuwww.... jadiii ugag bisa disetting parameternya misalnya jadi parameter Euro3 melalui engine scanner kah...(Seperti ana pernah liat di bengkel, mekanik bisa memasukkan settingan supaya keluaran HC, CO, Lambda dkk sesuai parameter yang dikehendaki)?![]()
![]()
*agak bingung.com*
Sambil miksusugizi...??doq wrote:ciri2 thread bergizi nih........
numpang nyimak ya oom
kurang lebih seperti itulahVanzMatic wrote:ouuu.... pencerahan yang cerdas, oom....![]()
![]()
Kayaknya memang dari kelengkapan mesin itu sendiri juga menunjang kemampuan mesin itu menyesuaikan dengan regulasi emisi kan? Contoh di motor, Untuk H. Kharisma, engga euro2, karena engga ada selang khusus untuk menyemprotkan udara segar ke arah katup buang, supaya emisi rendah. Nah, mau diotak atik pun, malah bikin mesin kecekik, ujung2nya malah bikin pengendara muter grip gas lebi dalem lagi ---> boros jugak akhirnya.
Tapi waktu T120ss saya dulu, kapasitas 1300cc karbu. Bisa tuh disetting euro2 karbunya. Memang tarikan agak ngeden, tapi ternyata bisa emisinya ditekan sampai 5-7% lebih kecil dari parameter standar Euro2. Mulai dari setel klep, busi, karbu.
Cuman, karena ana masih baru di teknologi closed loop, ana angkat tret ini disini, gitu gan...
Kalo tes emisi, memang dilakukan dalam kondisi idle. AC pun engga boleh nyala. Berarti, parameter emisi itu sudah ditetapkan segitu, ---> memang sudah ditetapkan sangat jauh dibawah standar emisi bila kendaraan bergerak, kan? Artinya lagi, sudah diperkirakan, kalau kendaraan bergerak, dengan 1 supir atau kondisi penuh, emisinya akan membengkak jadi sekian % lebih besar. Berarti lagi, sebenarnya, emisi yang riil euro 2,3,4 atau 5 adlah emisi kendaraan tsb sudah berada di jalan donk?
CMIIW
doq wrote:ngga oom, miksusugizi nya khan udh ditangkep pulisi
jadi gimana nih? sudah dicoba untuk set untuk masuk EURO3?VanzMatic wrote:ouuu.... pencerahan yang cerdas, oom....![]()
![]()
Kayaknya memang dari kelengkapan mesin itu sendiri juga menunjang kemampuan mesin itu menyesuaikan dengan regulasi emisi kan? Contoh di motor, Untuk H. Kharisma, engga euro2, karena engga ada selang khusus untuk menyemprotkan udara segar ke arah katup buang, supaya emisi rendah. Nah, mau diotak atik pun, malah bikin mesin kecekik, ujung2nya malah bikin pengendara muter grip gas lebi dalem lagi ---> boros jugak akhirnya.
Tapi waktu T120ss saya dulu, kapasitas 1300cc karbu. Bisa tuh disetting euro2 karbunya. Memang tarikan agak ngeden, tapi ternyata bisa emisinya ditekan sampai 5-7% lebih kecil dari parameter standar Euro2. Mulai dari setel klep, busi, karbu.
Cuman, karena ana masih baru di teknologi closed loop, ana angkat tret ini disini, gitu gan...
Kalo tes emisi, memang dilakukan dalam kondisi idle. AC pun engga boleh nyala. Berarti, parameter emisi itu sudah ditetapkan segitu, ---> memang sudah ditetapkan sangat jauh dibawah standar emisi bila kendaraan bergerak, kan? Artinya lagi, sudah diperkirakan, kalau kendaraan bergerak, dengan 1 supir atau kondisi penuh, emisinya akan membengkak jadi sekian % lebih besar. Berarti lagi, sebenarnya, emisi yang riil euro 2,3,4 atau 5 adlah emisi kendaraan tsb sudah berada di jalan donk?
CMIIW
Ada bengkel kenalan, oom? Kenalin donk.... Mau ngetes juga agak gimanaaa gitu... mobil udh 5 bulan, tapi odometer baru 3400 km nih oom.....imsus2c wrote: jadi gimana nih? sudah dicoba untuk set untuk masuk EURO3?
kalo cuman set ECU, harusnya bengkel yg punya scanner-nya bisa kok, tinggak masalah skill tuner-nya kalo memang mau diotak-atikVanzMatic wrote:Ada bengkel kenalan, oom? Kenalin donk.... Mau ngetes juga agak gimanaaa gitu... mobil udh 5 bulan, tapi odometer baru 3400 km nih oom.....imsus2c wrote: jadi gimana nih? sudah dicoba untuk set untuk masuk EURO3?
yg sudah pasti punya alatnya dan bisa, jelas BeResDOHC wrote:wahhh tret nikmat bergizi tinggi nehh.... sundul lagi ahhh up up up...
btw, ada yg punya referensi kahh bengkel yg bisa ngeset CO atau sensor2 gt di daerah jakarta ?? ipah ane yg masi sistem open loop boros banget soalnya... dalkot cuman dapet 1:6 koma sekian mulu.... entah ini gara2 premium nya keparat atau emang ada yg brubah distelan nya...
busyeet bro kuat2in deh kantongnyaDOHC wrote:wahhh tret nikmat bergizi tinggi nehh.... sundul lagi ahhh up up up...
btw, ada yg punya referensi kahh bengkel yg bisa ngeset CO atau sensor2 gt di daerah jakarta ?? ipah ane yg masi sistem open loop boros banget soalnya... dalkot cuman dapet 1:6 koma sekian mulu.... entah ini gara2 premium nya keparat atau emang ada yg brubah distelan nya...
Sik... adohe caak anggonanmu....imsus2c wrote: kalo cuman set ECU, harusnya bengkel yg punya scanner-nya bisa kok, tinggak masalah skill tuner-nya kalo memang mau diotak-atik
kalo kenalan...susah deh, secara saya orangnya kuper...ga terlalu banyak kenalan![]()
kalo masalah setting & tuning, saya cuma ke 1 tempat (di surabaya), di tempatnya OMS
kalo yang dimaksud penyetelan elektronis-nya, secara teori, settingan harusnya tidak bisa berubah, kecuali ada pergantian atau perubahan perilaku perangkatnya (misalnya ganti sensor, kerusakan sensor, dll), apalagi relevansinya dgn co cmiiwdoq wrote:betul, beres pasti bisa utk setel co karena ada aat pembaca hasilnya.
sekalian mau nanya nih, sebenernya tiap interval berapa lama/km kah efektifnya kita melakukan penyetelan co? apa tiap ganti oli misalnya, atau setelah tune up, ganti busi, ganti filter udara dengan type open, penyetelan timing pengapian kah dll..............?