Dua jempol, om! Top markotop!!Nightster Guy wrote:Wah..
Vantrend y.. Bantuin TS dengan pnampakan VT cakep de, milik temen mantan petinggi klubnya yang sekarang uda pindah agama ke Atoyot hihihihi....
Velg kaleng 15 (entah dari boil apa) plus dop Pug 406.. Cakep minimalis y....
Pls advice mobil seken bujet 20-30jt
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Pls advice mobil seken bujet 20-30jt
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Thu Jun 30, 2011 14:09
- Location: Nice place to live
Re: Pls advice mobil seken bujet 20-30jt
Menurut ane beli katana aja bro, dari segi perawatan banyak bengkel2 non resmi yang bisa service bagus. Sodara ipar gw thn kemaren pake katana '93 dia beli katana harga 34jt. Sampe sekarang masih aman2 aja kok, paling kaki2 aja yang butuh understell.
Mungkin yang lain nambahin...
Mungkin yang lain nambahin...
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Mon Jul 11, 2011 15:22
Re: Pls advice mobil seken bujet 20-30jt
Murah praktis n tahan banjir????
katana ga ada lawan..
menurut pengalaman, mobil ini bandel n minim perawatan..tapi ongkos perawatan kesehatan kita yg rada mahal... kerasnya itu lho...
katana ga ada lawan..
menurut pengalaman, mobil ini bandel n minim perawatan..tapi ongkos perawatan kesehatan kita yg rada mahal... kerasnya itu lho...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Pls advice mobil seken bujet 20-30jt
udah dapet mobilnya pa belom nih...?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Tue Apr 12, 2011 11:35
Re: Pls advice mobil seken bujet 20-30jt
Hallo Bro n Sist..jumpa lg nie..
Akhirnya...dg bekal masukan dr bro-sist smua, n setelah timbang2 soal dana n perawatannya...pilhan jatuh ke KATANA..boilnya dah dapet..taon 93 kl gak salah GX (di area mesin ada plat kecil, ada tulisan type sj410 engine F10A) - 39jt kemahalan gak..? Mnurut sy kondisinya msh lumayan, walau tetep ada yang perlu diperbaiki/servis :
- body n cat ori ngaleng, striping jg msh aslinya
- mesin lmyn bersih n kering (yg diganti selang low pressure PS krn dah mulai sobek, kabel busi ganti pk seiwa, timing belt jg ganti)
- kaki2 n ban/pelek msh standar - 205/70R15
- ac std ND msh normal, radio/tape pioneer (msh yg kaset..hehe..jadul amat yak)
- ada pwr steering
- interior msh aslinya tmsk setir n pelapis jok, jok blkg hdp dpn
- lampu kabin di sebelah blkang atas sopir msh ada n fungsi normal(mati/hidup kl pintu dibuka/ttp)
- seat belt fungsi
Seminggu setelah dapet, saya bw k bengkel :
- cek kaki2 msh ok, laher ban jg msh ok gak oblak
- spuring balansing (krn wktu sy test berasa ban ada gejala ngebuang kanan kl stir dilepas)
- ganti. semua oli n filter2 -- oli mesin castrol gtx 15w50, oli transmisi/gardan pertamina rored epa, minyak rem seiken dot3, oli PS top1 -- filter oli/bensin/udara SGP
- tune up+ ganti busi - bosch platinum
- ganti aki, cek alternator n dynamo stater
Setelah dipakai yg sy rasakan :
- stater tiap pagi cukup lancar, sekali puter greng (setelah 2-4 detik), kalo udara dingin perlu dicuk setengah dulu baru puter kontak (normal gak?)
- Bnsin isi full coba diukur bs smp 5-6 hari kondisi jalan gak terlalu macet, pp rmh ktr 70km - jd kl gak salah msh dpt 1:11 yak? Boros gak?
- Soal temp mesin, pernah kena macet lmyan parah sktar 1/2jam siang2 terik indikator naek smp setengah kurang dikit, begitu lancar kena angin turun lg, normal gak?
- harian rmh-ktr lbh sering diisi max 2org(sy+istri), kalau nikung 50-60kpj dan kl lwt jln lurus tp gelombang 60-80kpj, trasa banget limbungnya, jg kl lwt jln bolong2 goyangannya mantap pak..kalo lewat poldur musti pelan2 n smooth, krn pernah agak kebablasan lp ngerem...glodakk!!... brg bawaan di jok blkang mental semua..hahaha..
Karena itu sy rencana mau coba modif sdkit seputar suspensinya, harapannya mobil bisa sedikit lebih nyaman dikendarai :
-per blkang mau sy cb ganti lembar no2/3 pk per kijang lawas (kijang doyok-sptnya lbih tipis) & dipress spy agak landai shg jarak bibir spakbor ke roda blkg turun sdkit (skrg depan 10cm blkg 15cm)
-sok blkg mau sy cb ganti, dr kyba std oli, jd pk kyba ultra gas, dpn tetap kyb std oli (atau sebaiknya dpn blkg sama?)
-ban/velg msh pk bawaan nya 205/70R15
Mohon saran/masukan Bro n sist semua, kalo bisa jd agak nyaman dikit mungkin bs jd boil bakal awet dipake terus...nanti sy share penampakannya..
Again, teng kyu untuk advisnya n smg si Katie gak rewel...
Salam, Andre
Akhirnya...dg bekal masukan dr bro-sist smua, n setelah timbang2 soal dana n perawatannya...pilhan jatuh ke KATANA..boilnya dah dapet..taon 93 kl gak salah GX (di area mesin ada plat kecil, ada tulisan type sj410 engine F10A) - 39jt kemahalan gak..? Mnurut sy kondisinya msh lumayan, walau tetep ada yang perlu diperbaiki/servis :
- body n cat ori ngaleng, striping jg msh aslinya
- mesin lmyn bersih n kering (yg diganti selang low pressure PS krn dah mulai sobek, kabel busi ganti pk seiwa, timing belt jg ganti)
- kaki2 n ban/pelek msh standar - 205/70R15
- ac std ND msh normal, radio/tape pioneer (msh yg kaset..hehe..jadul amat yak)
- ada pwr steering
- interior msh aslinya tmsk setir n pelapis jok, jok blkg hdp dpn
- lampu kabin di sebelah blkang atas sopir msh ada n fungsi normal(mati/hidup kl pintu dibuka/ttp)
- seat belt fungsi
Seminggu setelah dapet, saya bw k bengkel :
- cek kaki2 msh ok, laher ban jg msh ok gak oblak
- spuring balansing (krn wktu sy test berasa ban ada gejala ngebuang kanan kl stir dilepas)
- ganti. semua oli n filter2 -- oli mesin castrol gtx 15w50, oli transmisi/gardan pertamina rored epa, minyak rem seiken dot3, oli PS top1 -- filter oli/bensin/udara SGP
- tune up+ ganti busi - bosch platinum
- ganti aki, cek alternator n dynamo stater
Setelah dipakai yg sy rasakan :
- stater tiap pagi cukup lancar, sekali puter greng (setelah 2-4 detik), kalo udara dingin perlu dicuk setengah dulu baru puter kontak (normal gak?)
- Bnsin isi full coba diukur bs smp 5-6 hari kondisi jalan gak terlalu macet, pp rmh ktr 70km - jd kl gak salah msh dpt 1:11 yak? Boros gak?
- Soal temp mesin, pernah kena macet lmyan parah sktar 1/2jam siang2 terik indikator naek smp setengah kurang dikit, begitu lancar kena angin turun lg, normal gak?
- harian rmh-ktr lbh sering diisi max 2org(sy+istri), kalau nikung 50-60kpj dan kl lwt jln lurus tp gelombang 60-80kpj, trasa banget limbungnya, jg kl lwt jln bolong2 goyangannya mantap pak..kalo lewat poldur musti pelan2 n smooth, krn pernah agak kebablasan lp ngerem...glodakk!!... brg bawaan di jok blkang mental semua..hahaha..
Karena itu sy rencana mau coba modif sdkit seputar suspensinya, harapannya mobil bisa sedikit lebih nyaman dikendarai :
-per blkang mau sy cb ganti lembar no2/3 pk per kijang lawas (kijang doyok-sptnya lbih tipis) & dipress spy agak landai shg jarak bibir spakbor ke roda blkg turun sdkit (skrg depan 10cm blkg 15cm)
-sok blkg mau sy cb ganti, dr kyba std oli, jd pk kyba ultra gas, dpn tetap kyb std oli (atau sebaiknya dpn blkg sama?)
-ban/velg msh pk bawaan nya 205/70R15
Mohon saran/masukan Bro n sist semua, kalo bisa jd agak nyaman dikit mungkin bs jd boil bakal awet dipake terus...nanti sy share penampakannya..
Again, teng kyu untuk advisnya n smg si Katie gak rewel...
Salam, Andre
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Pls advice mobil seken bujet 20-30jt
selamat ya om dengan mobil barunya...
kalo harga ane kurang tahu om...
sekalian ganti air radiator dan service radiator aja om.
kalo harga ane kurang tahu om...
sekalian ganti air radiator dan service radiator aja om.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Pls advice mobil seken bujet 20-30jt
Lupa satu yang vital dan fatal brooooo....
Timing belt! Cek udah cracked ato masih layak. Kalo ragu babat ajalah, toh harganya gak sampe 200K, gak da artinya ketimbang dia putus di jalan. Skalian tensionernya biar skalian kerjanya. Odo udah jalan brapa puluh ribu KM?
Oya, kalo pasaran Surabaya, 39 kondisi cat orsi, '93, normal. Wajar.
Timing belt! Cek udah cracked ato masih layak. Kalo ragu babat ajalah, toh harganya gak sampe 200K, gak da artinya ketimbang dia putus di jalan. Skalian tensionernya biar skalian kerjanya. Odo udah jalan brapa puluh ribu KM?
Oya, kalo pasaran Surabaya, 39 kondisi cat orsi, '93, normal. Wajar.
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Pls advice mobil seken bujet 20-30jt
Ane coba share, tapi ane bkan pemilik..
andre73 wrote: -CUT-
- body n cat ori ngaleng, striping jg msh aslinya -> Good, bro!
- mesin lmyn bersih n kering (yg diganti selang low pressure PS krn dah mulai sobek, kabel busi ganti pk seiwa, timing belt jg ganti)
- kaki2 n ban/pelek msh standar - 205/70R15
- ac std ND msh normal, radio/tape pioneer (msh yg kaset..hehe..jadul amat yak)->Yang venting masih bunyi. Perkara mau upgrade jadi CD/MP3, gampang kok. Tapi berhubung ruang kabin cukup sempit, sebaiknya jangan pasang soundsystem yg heboh2.. Ini IMO lo ya..
- ada pwr steering ->ngga apal lagi, aselinya atau ngga nih kalo udah ada PS
- interior msh aslinya tmsk setir n pelapis jok, jok blkg hdp dpn ->Keren! Orisinil! Ane pernah tuh naek janda Katana kakak ipar, kursi belakang dibikin hadap depan. Haduh...naeknya ruepooot..! Trus cuman bisa disi 2 orang di blakang... dan malah tambah sempit
- lampu kabin di sebelah blkang atas sopir msh ada n fungsi normal(mati/hidup kl pintu dibuka/ttp)
- seat belt fungsi
-cut-
Setelah dipakai yg sy rasakan :
- stater tiap pagi cukup lancar, sekali puter greng (setelah 2-4 detik), kalo udara dingin perlu dicuk setengah dulu baru puter kontak (normal gak?)->normal kok. Emang bener fungsi choke emang untuk seperti itu.
- Bnsin isi full coba diukur bs smp 5-6 hari kondisi jalan gak terlalu macet, pp rmh ktr 70km - jd kl gak salah msh dpt 1:11 yak? Boros gak?->Pada saat isi lagi bbm nya ampe full (isi kedua), keisi brapa liter om?
- Soal temp mesin, pernah kena macet lmyan parah sktar 1/2jam siang2 terik indikator naek smp setengah kurang dikit, begitu lancar kena angin turun lg, normal gak?->Normal om, kan mesin 1000cc. Pasang aja extra fan di depan kondensor, disambung ama ac. Atau kalau udah ada, kurang tuh kaliii... kali aja minta extra fannya jadi dua...
- harian rmh-ktr lbh sering diisi max 2org(sy+istri), kalau nikung 50-60kpj dan kl lwt jln lurus tp gelombang 60-80kpj, trasa banget limbungnya, jg kl lwt jln bolong2 goyangannya mantap pak..kalo lewat poldur musti pelan2 n smooth, krn pernah agak kebablasan lp ngerem...glodakk!!... brg bawaan di jok blkang mental semua..hahaha..
Karena itu sy rencana mau coba modif sdkit seputar suspensinya, harapannya mobil bisa sedikit lebih nyaman dikendarai :
-per blkang mau sy cb ganti lembar no2/3 pk per kijang lawas (kijang doyok-sptnya lbih tipis) & dipress spy agak landai shg jarak bibir spakbor ke roda blkg turun sdkit (skrg depan 10cm blkg 15cm)
-sok blkg mau sy cb ganti, dr kyba std oli, jd pk kyba ultra gas, dpn tetap kyb std oli (atau sebaiknya dpn blkg sama?)
-ban/velg msh pk bawaan nya 205/70R15
Mohon saran/masukan Bro n sist semua, kalo bisa jd agak nyaman dikit mungkin bs jd boil bakal awet dipake terus...nanti sy share penampakannya..
Again, teng kyu untuk advisnya n smg si Katie gak rewel...
Salam, Andre
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Pls advice mobil seken bujet 20-30jt
congrats oom andre
betul kata oom nightster, sekalian cek belt2 aja.
mengenai suspensi, setau saya emang kodrat nya katana/jimny keras, mengenai shockbraker klo ingin bantingan nya lbh lembut bisa pake yg type oli, klo mengenai per daun nya sih kurang paham...........
betul kata oom nightster, sekalian cek belt2 aja.
mengenai suspensi, setau saya emang kodrat nya katana/jimny keras, mengenai shockbraker klo ingin bantingan nya lbh lembut bisa pake yg type oli, klo mengenai per daun nya sih kurang paham...........
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Tue Apr 12, 2011 11:35
Re: Pls advice mobil seken bujet 20-30jt
@maskopat :
Dari awal ngecek d rmh yg jual boil, kondisi radiator dah pake coolant ijo, trus smp skrang stiap 2mggu sekali sy cek air radiator gak berkurang, msh pas di lubang tutup radiator - artinya radiatornya gak ada bocor ya?...kalo diservis, brarti dicopot trus dibersihin, stlah dipasang tinggal isi lg coolant smp full termasuk di reservoirnya ya?
@nightster/doq :
oiya bro..kmrn kelupaan...timing belt jg udah ganti kok, belt ac yg blm, krn sy lihat kondisinya msh bagus, gak spt timing belt yg emang di sisi dlm dah mulai kliatan garis2 melintang tanda dah mulai getas ya?
@vansmatic :
- yap..betul bro,.walopun cuman radio/tape jadul yg penting ada / cukup utk nemenin pas macet
- ada mekanik yg bilang kalo PS nya gak asli, tp masangnya rapih jd gak kliatan kalo tambahan (nti cb sy share fotonya...)
- yang saya inget waktu itu bayar 143rb ngisi full..brarti 32lt yah..jd di tengki sblm ngisi msh ada 8lt , Katie full nya 40lt kan?
- kalo ganti kipas yg ukurannya sama tp bilahnya lebih banyak, ada gak ya?
Thanks, Andre
Dari awal ngecek d rmh yg jual boil, kondisi radiator dah pake coolant ijo, trus smp skrang stiap 2mggu sekali sy cek air radiator gak berkurang, msh pas di lubang tutup radiator - artinya radiatornya gak ada bocor ya?...kalo diservis, brarti dicopot trus dibersihin, stlah dipasang tinggal isi lg coolant smp full termasuk di reservoirnya ya?
@nightster/doq :
oiya bro..kmrn kelupaan...timing belt jg udah ganti kok, belt ac yg blm, krn sy lihat kondisinya msh bagus, gak spt timing belt yg emang di sisi dlm dah mulai kliatan garis2 melintang tanda dah mulai getas ya?
@vansmatic :
- yap..betul bro,.walopun cuman radio/tape jadul yg penting ada / cukup utk nemenin pas macet
- ada mekanik yg bilang kalo PS nya gak asli, tp masangnya rapih jd gak kliatan kalo tambahan (nti cb sy share fotonya...)
- yang saya inget waktu itu bayar 143rb ngisi full..brarti 32lt yah..jd di tengki sblm ngisi msh ada 8lt , Katie full nya 40lt kan?
- kalo ganti kipas yg ukurannya sama tp bilahnya lebih banyak, ada gak ya?
Thanks, Andre
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Pls advice mobil seken bujet 20-30jt
Halah, wong radio tape Habanja ane aja, ane ogah ganti-ganti kok...!andre73 wrote: @vansmatic :
- yap..betul bro,.walopun cuman radio/tape jadul yg penting ada / cukup utk nemenin pas macet
- ada mekanik yg bilang kalo PS nya gak asli, tp masangnya rapih jd gak kliatan kalo tambahan (nti cb sy share fotonya...)
- yang saya inget waktu itu bayar 143rb ngisi full..brarti 32lt yah..jd di tengki sblm ngisi msh ada 8lt , Katie full nya 40lt kan?
- kalo ganti kipas yg ukurannya sama tp bilahnya lebih banyak, ada gak ya?
Thanks, Andre
Pas ngisi 32 liter itu, setelah jalan brapa km tadi yah...? Lupak... he.. Kilometernya dibagi aja dengan 32..
Nampaknya sih extra fan aftermarket bilahna gtu aja, cmiiw ya... dipasang dobel juga nggapapa kok, pake relay bos..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3051
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Pls advice mobil seken bujet 20-30jt
yup emang baikin mobil gak murah bromaskopat wrote:DX dan SL sepertinya terlalu tua om... kalo dapet yang bagus, pasti harganya sudah di atas 30jt...
body DX dan SL rentan karat om. kemungkinan mesin juga sudah gak sehat..
kalo mau benerin, mungkin bisa habis 5-20jt sendiri....
tadi barusan service Timor , ganti paking cylinder head ,ganti oli mesin dan transmisi,ganti lever change transmisis ,ganti kampas set sama engine mounting total abis 3,5 juta rupiah padahal keluaran 1997
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Pls advice mobil seken bujet 20-30jt
Wah....maskopat wrote:DX dan SL sepertinya terlalu tua om... kalo dapet yang bagus, pasti harganya sudah di atas 30jt...
body DX dan SL rentan karat om. kemungkinan mesin juga sudah gak sehat..
kalo mau benerin, mungkin bisa habis 5-20jt sendiri....
Ada yang nyebut2 mobil jadul nih.
Permisi ooooooommmm.... Numpang lewat 2 mobil jadul kebut2an bentar dimari..............
Datsun PGC-10 versus Toyota TA22..
Ak4ng udah meleduk mesinnya di belakang tadi....
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Tue Apr 12, 2011 11:35
Re: Pls advice mobil seken bujet 20-30jt
Halah, wong radio tape Habanja ane aja, ane ogah ganti-ganti kok...!
Pas ngisi 32 liter itu, setelah jalan brapa km tadi yah...? Lupak... he.. Kilometernya dibagi aja dengan 32..
Nampaknya sih extra fan aftermarket bilahna gtu aja, cmiiw ya... dipasang dobel juga nggapapa kok, pake relay bos.. [/quote]
----------------
Hhmm...cb sy ingat2 lagi...kmrn itu kondisi full sy pake dr senin smp sabtu siang baru isi lg 32lt...kalo 1hr 70kilo 6hr 420kilo..brarti dapet 13km / 1lt yak?...cukup iritkah? Kondisi jalan seminggu itu campur lancar n macet
Thanks, Andre
Pas ngisi 32 liter itu, setelah jalan brapa km tadi yah...? Lupak... he.. Kilometernya dibagi aja dengan 32..
Nampaknya sih extra fan aftermarket bilahna gtu aja, cmiiw ya... dipasang dobel juga nggapapa kok, pake relay bos.. [/quote]
----------------
Hhmm...cb sy ingat2 lagi...kmrn itu kondisi full sy pake dr senin smp sabtu siang baru isi lg 32lt...kalo 1hr 70kilo 6hr 420kilo..brarti dapet 13km / 1lt yak?...cukup iritkah? Kondisi jalan seminggu itu campur lancar n macet
Thanks, Andre
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Pls advice mobil seken bujet 20-30jt
1:13 AC on? Gud! Untuk 1.000 CC. Uda segitulah.Espass ane dulu, station, 1.3 tanpa AC kena di 1:13an, AC 1:11an. Kombinasi dalam kota stop 'n go, tapi itu di Manado yang gak kenal macet.
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Tue Apr 12, 2011 11:35
Re: Pls advice mobil seken bujet 20-30jt
Halo Brader semua...
Ini penampakan si Katie...masih lmyan lah ya...
Piss, Andre
Ini penampakan si Katie...masih lmyan lah ya...
Piss, Andre
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by andre73 on Sun Aug 07, 2011 12:26, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3051
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Pls advice mobil seken bujet 20-30jt
andre73 wrote:Halo Brader semua...
Ini penampakan si Katie...masih lmyan lah ya...
Piss, Andre
wah Selamat bro yg punya dulu kayaknya telaten ngerawatnya kelihatan dari body dan mesinnya sip dah
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Pls advice mobil seken bujet 20-30jt
WOW..! Selamat yaa!! Rapih juga yaa tuh interior, exterior ama ruang mesinnya!
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Tue Apr 12, 2011 11:35
Re: Pls advice mobil seken bujet 20-30jt
Halo brader-brader,
Minta advis/masukan tentang seputar radiator katie sy yak :
- menurut sy kondisi bag atas msh baik, tdk ada karat/kerak-kerak putih di sekitar tutup radiator (mudah2 bag bawahnya jg msh ok)
- sejak liat pertama di tmpt yg jual smp skrang (+/- 3bln) radiator dah pake coolant ijo, dan belum pernah berkurang level cairannya...(Seminggu sekali sy cek)...yg di radiator, kalau tutupnya dibuka level cairan slalu pas di mulut tutup radiator, kalo yg di reservoir pas di garis penanda Full, warnanya jg normal/gak butek, selang atas yg ke mesin/termostat jg blm ada tanda2 bocor -- berarti kondisi radiator nya masih OK n fungsi normal ya , tdk bocor/rembes?
- krn lp nanya, gak tau itu coolant br dganti apa sdh lama....jd kepikiran mau dikuras, ganti coolant baru --- pilihannya kuras/ganti coolant sdri ato ke bengkel/tkg radiator
- dr info milis yg ada, ganti sdri coolant radiator katana gak susah, tinggal buka tutup pembuangan, tunggu smp benar2 hbs, tutup lg, isi coolant baru ampe full n tutup lg radiator...dg catatan kondisi radiatornya tdk bermasalah/bocor/rembes/karat...bener gak ya?
- naah...kalo emang bs ganti sdri, tutup pembuangannya ada di sebelah mana? Apa harus ngolong utk ngebukanya? N bentuknya drat ya?
- kalo sy beli coolant yg 5 liter ckp utk radiator+reservoir gak?
- pake coolant yg water added ato yg konsentrat (jd harus ditambah air biasa)?
Tolong sarannya ya, spy bs nambah ilmu maintenace sy...jd utk yg simpel2 bisa ngerjain sdri, gak dikit2 ke bengkel...duitnya bro!..hehehe...
Makasih ya brader-brader, Andre
Minta advis/masukan tentang seputar radiator katie sy yak :
- menurut sy kondisi bag atas msh baik, tdk ada karat/kerak-kerak putih di sekitar tutup radiator (mudah2 bag bawahnya jg msh ok)
- sejak liat pertama di tmpt yg jual smp skrang (+/- 3bln) radiator dah pake coolant ijo, dan belum pernah berkurang level cairannya...(Seminggu sekali sy cek)...yg di radiator, kalau tutupnya dibuka level cairan slalu pas di mulut tutup radiator, kalo yg di reservoir pas di garis penanda Full, warnanya jg normal/gak butek, selang atas yg ke mesin/termostat jg blm ada tanda2 bocor -- berarti kondisi radiator nya masih OK n fungsi normal ya , tdk bocor/rembes?
- krn lp nanya, gak tau itu coolant br dganti apa sdh lama....jd kepikiran mau dikuras, ganti coolant baru --- pilihannya kuras/ganti coolant sdri ato ke bengkel/tkg radiator
- dr info milis yg ada, ganti sdri coolant radiator katana gak susah, tinggal buka tutup pembuangan, tunggu smp benar2 hbs, tutup lg, isi coolant baru ampe full n tutup lg radiator...dg catatan kondisi radiatornya tdk bermasalah/bocor/rembes/karat...bener gak ya?
- naah...kalo emang bs ganti sdri, tutup pembuangannya ada di sebelah mana? Apa harus ngolong utk ngebukanya? N bentuknya drat ya?
- kalo sy beli coolant yg 5 liter ckp utk radiator+reservoir gak?
- pake coolant yg water added ato yg konsentrat (jd harus ditambah air biasa)?
Tolong sarannya ya, spy bs nambah ilmu maintenace sy...jd utk yg simpel2 bisa ngerjain sdri, gak dikit2 ke bengkel...duitnya bro!..hehehe...
Makasih ya brader-brader, Andre
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Pls advice mobil seken bujet 20-30jt
Coba nubie jawap ya...
My pleasure..andre73 wrote:-cut-
- menurut sy kondisi bag atas msh baik, tdk ada karat/kerak-kerak putih di sekitar tutup radiator (mudah2 bag bawahnya jg msh ok)
- sejak liat pertama di tmpt yg jual smp skrang (+/- 3bln) radiator dah pake coolant ijo, dan belum pernah berkurang level cairannya...(Seminggu sekali sy cek)...yg di radiator, kalau tutupnya dibuka level cairan slalu pas di mulut tutup radiator, kalo yg di reservoir pas di garis penanda Full, warnanya jg normal/gak butek, selang atas yg ke mesin/termostat jg blm ada tanda2 bocor -- berarti kondisi radiator nya masih OK n fungsi normal ya , tdk bocor/rembes? -> Kemungkinan besar sih ngga masalah
- krn lp nanya, gak tau itu coolant br dganti apa sdh lama....jd kepikiran mau dikuras, ganti coolant baru --- pilihannya kuras/ganti coolant sdri ato ke bengkel/tkg radiator
- dr info milis yg ada, ganti sdri coolant radiator katana gak susah, tinggal buka tutup pembuangan, tunggu smp benar2 hbs, tutup lg, isi coolant baru ampe full n tutup lg radiator...dg catatan kondisi radiatornya tdk bermasalah/bocor/rembes/karat...bener gak ya?
-> Kalau ane, saat udah bener2 berhenti aliran air yg keluar, ane isi pakai air selang, sambil nyalain mesin, supaya air ber-coolant yang ada di dalem mesin bisa keluar semua. Nanti kan keliatan, ada karat atw ga. Kalo ada karat, nanti airnya akan warna coklat. Kalo nggada karat, saat pengisian, pakai radiator coolant yang sudah pre-mix, tuang ke tangki plastik / reservoir dulu sampe full. Trus, radiator coolant premix tadi, tuang ke dalm radiator sambil nyalakan mesin, supaya air selang yang di dalam mesin, ikut kedorong keluar. Kalo yg keluar udah radiator coolant, buru2 tutup lubang pembuangan air radiator, isi sampe radiator venuh. Itu metode konvensional bin kuno kolot ala saya..
- naah...kalo emang bs ganti sdri, tutup pembuangannya ada di sebelah mana? Apa harus ngolong utk ngebukanya? N bentuknya drat ya?-> bentuknya sekrup berkupu-kupu, biasanya dari plastik, berwarna putih, di sudut bawah radiator.
- kalo sy beli coolant yg 5 liter ckp utk radiator+reservoir gak?=-> kalo pakai metode saya tadi, nampaknya > 5 liter deh.
- pake coolant yg water added ato yg konsentrat (jd harus ditambah air biasa)? -> pakai yang udah di-mix, lebih praktis, IMO...
Tolong sarannya ya, spy bs nambah ilmu maintenace sy...jd utk yg simpel2 bisa ngerjain sdri, gak dikit2 ke bengkel...duitnya bro!..hehehe...
Makasih ya brader-brader, Andre
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Pls advice mobil seken bujet 20-30jt
Udah bener langkah2 om VM. Tutup kupu2nya cari aja di bodi bawah radiator bro, biasanya menghadap ke arah belakang (ke arah mesin).
- Setuju, beli yang uda ready aja, saya pake Prestone botol kuning. Uda nyaris 20 taun pake merk ini tanpa keluhan apapun.
- Kalo mo lebih sreg dan sekalian satu kali repot, diflush juga bro (dikuras) pake radiator flush. Make sure aja, biar bener2 sehat radiatornya. Prosedurnya gampang kok.
- Kalo liat dari gelagatnya, radiatornya sehat tuh, coolant gak berkurang, temperatur kerja normal, gak da tanda2 bocor di leher2 selang, gud lah, anda dapet barang bagus! .
- Setuju, beli yang uda ready aja, saya pake Prestone botol kuning. Uda nyaris 20 taun pake merk ini tanpa keluhan apapun.
- Kalo mo lebih sreg dan sekalian satu kali repot, diflush juga bro (dikuras) pake radiator flush. Make sure aja, biar bener2 sehat radiatornya. Prosedurnya gampang kok.
- Kalo liat dari gelagatnya, radiatornya sehat tuh, coolant gak berkurang, temperatur kerja normal, gak da tanda2 bocor di leher2 selang, gud lah, anda dapet barang bagus! .
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 771
- Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
- Location: tangerang <-> jakarta
Re: Pls advice mobil seken bujet 20-30jt
ikutan nanya ya, radiator flush itu yg seperti apa ya?
n bagaimana cara pakenya?
soalnya rencana ane jg mo coba kuras radiator, soalnya kemaren2 kuras di bengkel malah sembarangan gitu kurasnya, cuma dibuka ampe abis, trus tutup n isi ampe full
n bagaimana cara pakenya?
soalnya rencana ane jg mo coba kuras radiator, soalnya kemaren2 kuras di bengkel malah sembarangan gitu kurasnya, cuma dibuka ampe abis, trus tutup n isi ampe full
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Pls advice mobil seken bujet 20-30jt
Ini hanya CONTOH:scorpio wrote:ikutan nanya ya, radiator flush itu yg seperti apa ya?
n bagaimana cara pakenya?
soalnya rencana ane jg mo coba kuras radiator, soalnya kemaren2 kuras di bengkel malah sembarangan gitu kurasnya, cuma dibuka ampe abis, trus tutup n isi ampe full
CONTOH sekrup kupu2 nya radiator drain plug:
Ini CONTOH view dari sisi bawah / kolong kendaraan:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Tue Apr 12, 2011 11:35
Re: Pls advice mobil seken bujet 20-30jt
Haloo Brader semua, met Taon Baru yak..sukses u qta smua..
@ nightster guy n vanzmatic :
Tks for info/advise ttg radiator, skrang sdh bs kuras radiator sdri..pake Master coolant premix
Mau tanya lagi seputar Katana saya :
- Akhir2 ini kalau mulai manasin mesin bunyi citcitcitcit , sptnya dr fanbelt/belt ac , tp lama2 bunyi ilang kl msn sdh mlai panas..apa itu tandanya sdh minta ganti?pdhal blm ada stgh thn gantinya n sy cek blm kliatan retak2 di bag dlmnya..ada mknik yg bilang disemprot pk cairan khusus utk belt, emang ada ya bro?
- Kabarnya nti mbl pribadi bakal harus pk pertamax..nah si Ketie bs pk pertamax gak ya? Krn kompresinya cm 8,8:1?
- Saya habis modif knalpot, dr tabung yg besar(resonator) ke blkg smp muffler nya ganti semi racing , waktu dicoba napas mesin sptnya jd lmyan panjang..menurut tkg knalpotnya, kl mau performanya jg lbh ok lg, bs ganti headernya pk yg setting 4-1(bawaan ketie 4-2-1)..apakah akselerasi/tarikan bs jd lebih responsif? Utk tabung yg kecil (catalytic converter ya?) setelah header hrs tetap dipakai atau dicopot kl ganti ke 4-1? RPM idle sy naikin sdkit jd 900 dr 800
Thanks for advise, salam Andre
@ nightster guy n vanzmatic :
Tks for info/advise ttg radiator, skrang sdh bs kuras radiator sdri..pake Master coolant premix
Mau tanya lagi seputar Katana saya :
- Akhir2 ini kalau mulai manasin mesin bunyi citcitcitcit , sptnya dr fanbelt/belt ac , tp lama2 bunyi ilang kl msn sdh mlai panas..apa itu tandanya sdh minta ganti?pdhal blm ada stgh thn gantinya n sy cek blm kliatan retak2 di bag dlmnya..ada mknik yg bilang disemprot pk cairan khusus utk belt, emang ada ya bro?
- Kabarnya nti mbl pribadi bakal harus pk pertamax..nah si Ketie bs pk pertamax gak ya? Krn kompresinya cm 8,8:1?
- Saya habis modif knalpot, dr tabung yg besar(resonator) ke blkg smp muffler nya ganti semi racing , waktu dicoba napas mesin sptnya jd lmyan panjang..menurut tkg knalpotnya, kl mau performanya jg lbh ok lg, bs ganti headernya pk yg setting 4-1(bawaan ketie 4-2-1)..apakah akselerasi/tarikan bs jd lebih responsif? Utk tabung yg kecil (catalytic converter ya?) setelah header hrs tetap dipakai atau dicopot kl ganti ke 4-1? RPM idle sy naikin sdkit jd 900 dr 800
Thanks for advise, salam Andre
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Pls advice mobil seken bujet 20-30jt
waktu ganti dulu pake yang ori bukan oom?andre73 wrote: Mau tanya lagi seputar Katana saya :
- Akhir2 ini kalau mulai manasin mesin bunyi citcitcitcit , sptnya dr fanbelt/belt ac , tp lama2 bunyi ilang kl msn sdh mlai panas..apa itu tandanya sdh minta ganti?pdhal blm ada stgh thn gantinya n sy cek blm kliatan retak2 di bag dlmnya..ada mknik yg bilang disemprot pk cairan khusus utk belt, emang ada ya bro?
kalau bunyi mendecit gitu ada beberapa kemungkinan, salah satu nya bisa karena saat pemakaian sebelum nya basah terkena cipratan air (apalagi musim hujan begini), dan saat dinyalakan keesokan hari nya bisa mendecit.
atau kemungkinan lain nya setelan belt yg kendur.
cairan utk disemprotin ke belt ada kok oom, nama nya "belt dreaser", merk nya variatif, banyak dijual di sentra2 onderdil atawa di ace juga ada sih