Hallo Bro n Sist..jumpa lg nie..
Akhirnya...dg bekal masukan dr bro-sist smua, n setelah timbang2 soal dana n perawatannya...pilhan jatuh ke KATANA..boilnya dah dapet..taon 93 kl gak salah GX (di area mesin ada plat kecil, ada tulisan type sj410 engine F10A) - 39jt kemahalan gak..? Mnurut sy kondisinya msh lumayan, walau tetep ada yang perlu diperbaiki/servis :
- body n cat ori ngaleng, striping jg msh aslinya
- mesin lmyn bersih n kering (yg diganti selang low pressure PS krn dah mulai sobek, kabel busi ganti pk seiwa, timing belt jg ganti)
- kaki2 n ban/pelek msh standar - 205/70R15
- ac std ND msh normal, radio/tape pioneer (msh yg kaset..hehe..jadul amat yak)
- ada pwr steering
- interior msh aslinya tmsk setir n pelapis jok, jok blkg hdp dpn
- lampu kabin di sebelah blkang atas sopir msh ada n fungsi normal(mati/hidup kl pintu dibuka/ttp)
- seat belt fungsi
Seminggu setelah dapet, saya bw k bengkel :
- cek kaki2 msh ok, laher ban jg msh ok gak oblak
- spuring balansing (krn wktu sy test berasa ban ada gejala ngebuang kanan kl stir dilepas)
- ganti. semua oli n filter2 -- oli mesin castrol gtx 15w50, oli transmisi/gardan pertamina rored epa, minyak rem seiken dot3, oli PS top1 -- filter oli/bensin/udara SGP
- tune up+ ganti busi - bosch platinum
- ganti aki, cek alternator n dynamo stater
Setelah dipakai yg sy rasakan :
- stater tiap pagi cukup lancar, sekali puter greng (setelah 2-4 detik), kalo udara dingin perlu dicuk setengah dulu baru puter kontak (normal gak?)
- Bnsin isi full coba diukur bs smp 5-6 hari kondisi jalan gak terlalu macet, pp rmh ktr 70km - jd kl gak salah msh dpt 1:11 yak? Boros gak?
- Soal temp mesin, pernah kena macet lmyan parah sktar 1/2jam siang2 terik indikator naek smp setengah kurang dikit, begitu lancar kena angin turun lg, normal gak?
- harian rmh-ktr lbh sering diisi max 2org(sy+istri), kalau nikung 50-60kpj dan kl lwt jln lurus tp gelombang 60-80kpj, trasa banget limbungnya, jg kl lwt jln bolong2 goyangannya mantap pak..kalo lewat poldur musti pelan2 n smooth, krn pernah agak kebablasan lp ngerem...glodakk!!... brg bawaan di jok blkang mental semua..hahaha..
Karena itu sy rencana mau coba modif sdkit seputar suspensinya, harapannya mobil bisa sedikit lebih nyaman dikendarai :
-per blkang mau sy cb ganti lembar no2/3 pk per kijang lawas (kijang doyok-sptnya lbih tipis) & dipress spy agak landai shg jarak bibir spakbor ke roda blkg turun sdkit (skrg depan 10cm blkg 15cm)
-sok blkg mau sy cb ganti, dr kyba std oli, jd pk kyba ultra gas, dpn tetap kyb std oli (atau sebaiknya dpn blkg sama?)
-ban/velg msh pk bawaan nya 205/70R15
Mohon saran/masukan Bro n sist semua, kalo bisa jd agak nyaman dikit mungkin bs jd boil bakal awet dipake terus...nanti sy share penampakannya..
Again, teng kyu untuk advisnya n smg si Katie gak rewel...
Salam, Andre
