Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice

Post by ZombiEE »

Tapi kalau mesin bensin secara general lain loh critanya...;):Dhέhέhέ;);)hέhέhέ:D;)™ cmiiw
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice

Post by ZombiEE »

Iye mod siong....kamsud ane itu kode mesin nya..‎​‎​Ђεђεђε :D Ђεђεђε™
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice

Post by Nightster Guy »

ZombiEE wrote:Tapi kalau mesin bensin secara general lain loh critanya...;):Dhέhέhέ;);)hέhέhέ:D;)™ cmiiw
Mungkin kalo badak2an memang relatif. Buktinya, mesin skarang didesain untuk ganti oli di 10K, mobil dulu di 5K. Tapi, mesin jadul menang di gampang ngerawatnya karena sederhana, OHV or SOHC karbu, gampang kalo knapa2, dan sebenernya untuk saat ini mesin kayak ginilah yang masih diperlukan untuk segmen pikap, IMO.

Bongkar karbunya gampang, bongkar kepala silinder gampang mo skir klep dll.

Gak bayangin besok2 pikap2 bensin injexi ini mulai menua dan mulai bermasalah di kelistrikannya dan ECU nya, apa iya harga nyerpisnya masih kejangkau ama user pikap yang slama ini terbiasa di bengkel2 biasa pinggiran? 'Coz slama ini mreka terbiasa miara mesin karbu.

Tapi sbaliknya, sampe kapan juga mo pake karbu trus y? Lebih polutan pula..
Das Beste oder nichts.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice

Post by maskopat »

@NG: harusnya sih service injeksi dan lain2 akan lebih terjangkau nantinya... :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice

Post by Nightster Guy »

maskopat wrote:@NG: harusnya sih service injeksi dan lain2 akan lebih terjangkau nantinya... :big_peace:
Masalahnya, ente sama ane sama2 taulah, gimana tipikal user/owner pikap. Bengkel seadanya, ganti oli mepet2, parts KWan, dan sejenisnya. Kalo mesin trobel di jalan, sopir udah tau trobelsyutingnya via pengalaman dia. Nha kalo injexi kayak Hilux or GM skarang? Melongolah dia bro hehehehe....

Ini masa transisi buat user pikap kerja, sebagaimana awal 90an kita transisi dari sedan karbu ke injexi secara umum.
Das Beste oder nichts.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice

Post by maskopat »

betul sih om NG... tapi nanti kan besok2, supir pickup sudah jadi orang gaul om... sekarang mungkin masih ber-hp ria aja... bisa jadi beberapa tahun ke depan sudah pake BB or android... tinggal donlot gimana cara repasi lite ace... :ngacir:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
FortunerMan

Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice

Post by FortunerMan »

Ada juga kemungkinan montir2 skrg makin jago juga - montir2 Indonesia sangat kreatip kalo menurut ane, gak kaya montir2 kebanyakan Amerika, main replace replace aja.
Casciscus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Fri Jul 01, 2011 6:24

Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice

Post by Casciscus »

kalo di diesel, kalibrasi injeksi selama ini mesti di bengkel injektor... Injeksi bensin pake elektronik malahan. Mungkin masih lama kepegang ama sopir. Kalo barangnya keliatan mata telanjang, nah, baru berani otak-atik sopirnya..
silverlining
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Mon Aug 10, 2009 9:02

Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice

Post by silverlining »

FortunerMan wrote:Good info...ntar yg bos2 niaga tinggal ukur celah2nya dah lapor kesini hehe...ini kualitas lokal atau kualitas ekspor...
hihihi...om fortunerman bisa aja :mrgreen:
Casciscus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Fri Jul 01, 2011 6:24

Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice

Post by Casciscus »

Mengenai badak2an mesin, di mobil angkut tuh kebanyakan dipengaruhi settingan torsi. Tisos n Futura settingan torsi di RPM atas, daihatsu dah keluar torsinya di putaran menengah. Yang bawa daihatsu bisa rada santai bawanya tanpa geber gas, padahal bebannya segede gaban. Kebayang dong, beban kerja di ruang bakar, ring ama pistonnya, dengan RPM yang lebih rendah. Efeknya ya lebih awet yang RPM tinggi lah (kalo banyak beban overload).
Terawangan ane, GM n Bro bakal bisa melayani kehandalan Tisos n Futura di fleet perusahaan besar, tapi keok untuk pasar retail (nyang overload slalu ituu tuh..)
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
Location: Surabaya

Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice

Post by Xous »

Ahh seru juga, kalo ane pokoknya pegang si L300 ma Carry deh, lancar jaya, part gampang. @casciscus. GM sy g suka ma posisi tuas trans yg tdk ergonomi, trus ruang kakinya jg, kasian penumpang kudu berbagi ma spakbor, trus kpn hari ada member SM crita klo GM pake mekanisme kabel utk kopling ato transnya, sy lupa baca d tret mana. cmiiw.
FortunerMan

Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice

Post by FortunerMan »

Mantap ini info dr ahli2 mobil pekerja :off_good_job:
Casciscus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Fri Jul 01, 2011 6:24

Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice

Post by Casciscus »

Xous wrote:Ahh seru juga, kalo ane pokoknya pegang si L300 ma Carry deh, lancar jaya, part gampang. @casciscus. GM sy g suka ma posisi tuas trans yg tdk ergonomi, trus ruang kakinya jg, kasian penumpang kudu berbagi ma spakbor, trus kpn hari ada member SM crita klo GM pake mekanisme kabel utk kopling ato transnya, sy lupa baca d tret mana. cmiiw.
Tambahan GM : Cape bawanya. Suaranya kaya 100 kpj, lari cuma 75 kpj. terutama yang 1300 cc. wewwwww...
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice

Post by maskopat »

Casciscus wrote:Mengenai badak2an mesin, di mobil angkut tuh kebanyakan dipengaruhi settingan torsi. Tisos n Futura settingan torsi di RPM atas, daihatsu dah keluar torsinya di putaran menengah. Yang bawa daihatsu bisa rada santai bawanya tanpa geber gas, padahal bebannya segede gaban. Kebayang dong, beban kerja di ruang bakar, ring ama pistonnya, dengan RPM yang lebih rendah. Efeknya ya lebih awet yang RPM tinggi lah (kalo banyak beban overload).
Terawangan ane, GM n Bro bakal bisa melayani kehandalan Tisos n Futura di fleet perusahaan besar, tapi keok untuk pasar retail (nyang overload slalu ituu tuh..)
bukannya mobil pekerja gini lebih enak torsi keluar di putaran rendah ya? :e-think:
trus gimana dengan keawetan om? selama ini yang ane pahami, jika kerja mesin di putaran rendah, mesin cendrung lebih awet dibanding di putaran atas...
mohon pencerahan... :thanks:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice

Post by Nightster Guy »

Simpelnya gini:

Sopir2 yang biasa ane sewa, tadinya dia pake Futura, ganti ke GM. Dia bilang gini: GM lebih kuat dimuatin berat, lebih kuat tarikan, lebih kuat nanjak. Yup, mungkin ada faktor karena mobil baru, tapi yang jelas, dari casis uda kliatan GM lebih gede.

Ini testi dari pelaku, bukan teori kayak kita2 hehehe....

Ilustrasi: GM dia ane muatin drum isi cairan, @220 KG x 8, baknya masih muat, per belakang blom mentok. Futura dia? Max 6 drum, itu uda yang bak 3 way.

Untuk kopling ma transmisi, uda habit Daihatsu dari dulu slalu pake kawat. Espass ane pernah jebol kawat kopling saat ngedrag hehehe.. DNF, go home.

Pnasaran, OOT bentar:
Kopling ma trans Habanja pake sistem apa y?
Last edited by Nightster Guy on Wed Jul 27, 2011 7:37, edited 1 time in total.
Das Beste oder nichts.
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice

Post by Nightster Guy »

OOT dikit.... Untuk generasi seblomnya, Espass 1.3 vs T120SS 1.3 vs Futura 1.3, jelas paling bandel si Futura, diikutin T120SS, buncit Espass.

Tapi, soal tarikan dan max speed, jangan brani ngelawan Espass.
Das Beste oder nichts.
Casciscus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Fri Jul 01, 2011 6:24

Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice

Post by Casciscus »

maskopat wrote:
Casciscus wrote:Mengenai badak2an mesin, di mobil angkut tuh kebanyakan dipengaruhi settingan torsi. Tisos n Futura settingan torsi di RPM atas, daihatsu dah keluar torsinya di putaran menengah. Yang bawa daihatsu bisa rada santai bawanya tanpa geber gas, padahal bebannya segede gaban. Kebayang dong, beban kerja di ruang bakar, ring ama pistonnya, dengan RPM yang lebih rendah. Efeknya ya lebih awet yang RPM tinggi lah (kalo banyak beban overload).
Terawangan ane, GM n Bro bakal bisa melayani kehandalan Tisos n Futura di fleet perusahaan besar, tapi keok untuk pasar retail (nyang overload slalu ituu tuh..)
bukannya mobil pekerja gini lebih enak torsi keluar di putaran rendah ya? :e-think:
trus gimana dengan keawetan om? selama ini yang ane pahami, jika kerja mesin di putaran rendah, mesin cendrung lebih awet dibanding di putaran atas...
mohon pencerahan... :thanks:
iya om, lebih enak. Tapi kalo overload, dan itu yang sering kejadian, beban di piston n ring jadi berat om... itu yang bikin ga awet.
ibaratnya ngisi bak pake gayung ama ember lebih enak pake ember, tapi kalo ember kegedean, turun bero kaannn??

mengenai keawetan, ngerusakin metal tu lebih cepet menggunakan tenaga diatas tenaga yang sanggup dipikul, atau setidaknya mendekati kapasitasnya, daripada dengan tenaga yang sanggup dipikul metal tapi berulang-ulang. mmmm, om kopat orang teknik?

kalo ga overload sih, ga ada cerita-cerita di atas...
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice

Post by ZombiEE »

Dr postingan bang casciscus, saya kok jadi menarik kesimpulan bakal lebih tahan mesin yg diatur komputer?kan komputer ada mekanisme mengatur biar mesin ga overload, kalo overload mcm ada kill switch atau preventif nya...?cmiiw
Casciscus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Fri Jul 01, 2011 6:24

Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice

Post by Casciscus »

Nightster Guy wrote:Simpelnya gini:

Sopir2 yang biasa ane sewa, tadinya dia pake Futura, ganti ke GM. Dia bilang gini: GM lebih kuat dimuatin berat, lebih kuat tarikan, lebih kuat nanjak. Yup, mungkin ada faktor karena mobil baru, tapi yang jelas, dari casis uda kliatan GM lebih gede.

Ini testi dari pelaku, bukan teori kayak kita2 hehehe....

Ilustrasi: GM dia ane muatin drum isi cairan, @220 KG x 8, baknya masih muat, per belakang blom mentok. Futura dia? Max 6 drum, itu uda yang bak 3 way.

Untuk kopling ma transmisi, uda habit Daihatsu dari dulu slalu pake kawat. Espass ane pernah jebol kawat kopling saat ngedrag hehehe.. DNF, go home.

Pnasaran, OOT bentar:
Kopling ma trans Habanja pake sistem apa y?
Iya om, wong GM rasio gigi akhirnya 5.125 , yang Tisos Futura 4.875. Pastinya menang kuat nanjak dan tarikan dong..
Kompensasinya , top speed ama cruisingnya di RPM tinggi. Cape bawanya, ngebut tapi kaga nyampe-nyampe....
Casciscus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Fri Jul 01, 2011 6:24

Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice

Post by Casciscus »

ZombiEE wrote:Dr postingan bang casciscus, saya kok jadi menarik kesimpulan bakal lebih tahan mesin yg diatur komputer?kan komputer ada mekanisme mengatur biar mesin ga overload, kalo overload mcm ada kill switch atau preventif nya...?cmiiw
iye kali om... tapi omprengannya bakal kaga laku kalo mati mulu... :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice

Post by ZombiEE »

Maksud e omprengan tuh opo mas?
Casciscus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Fri Jul 01, 2011 6:24

Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice

Post by Casciscus »

maskopat wrote:
Casciscus wrote:Mengenai badak2an mesin, di mobil angkut tuh kebanyakan dipengaruhi settingan torsi. Tisos n Futura settingan torsi di RPM atas, daihatsu dah keluar torsinya di putaran menengah. Yang bawa daihatsu bisa rada santai bawanya tanpa geber gas, padahal bebannya segede gaban. Kebayang dong, beban kerja di ruang bakar, ring ama pistonnya, dengan RPM yang lebih rendah. Efeknya ya lebih awet yang RPM tinggi lah (kalo banyak beban overload).
Terawangan ane, GM n Bro bakal bisa melayani kehandalan Tisos n Futura di fleet perusahaan besar, tapi keok untuk pasar retail (nyang overload slalu ituu tuh..)
bukannya mobil pekerja gini lebih enak torsi keluar di putaran rendah ya? :e-think:
trus gimana dengan keawetan om? selama ini yang ane pahami, jika kerja mesin di putaran rendah, mesin cendrung lebih awet dibanding di putaran atas...
mohon pencerahan... :thanks:
Kalo putaran tinggi, keausan emang lebih banyak om... tapi lebih kecil efek kerusakannya dibanding overload. Pompa oli pastinya bisa ngikutin sejauh mana mesin bisa berputar. Orangnya yang ga bisa ngikutin sebatas mana mesin bisa dibebani...
Casciscus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Fri Jul 01, 2011 6:24

Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice

Post by Casciscus »

ZombiEE wrote:Maksud e omprengan tuh opo mas?

upsss...
ni tentang lite ace yang bak terbuka kan? itu maksud ane om.. bak terbuka kan biasanya plat kuning.
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice

Post by ZombiEE »

Omprengan itu mksdnya plat kuning?‎​‎​Ђεђεђε :D Ђεђεђε™
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice

Post by BADAK »

FortunerMan wrote:
maskopat wrote:lagian, TAM mau nyaingin elsape, keuntungan bisnisnya gimana? wong elsape menguasi pasar lebih dari 50% selama hampir 30 tahun... berat lah... :big_peace:
Ya itu kali maunya...kan masih ada sisa +/- 50%, paling gak penetrasi pasar, tidak harus mengalahkan. Kan gak harus pangsa pasar 50% baru untung...kalo pangsa pasar 5% mungkin rugi :mrgreen:
Nah, saya setuju banget dgn komen om FM. Kalo alasannya krn mitsu udah trll dominan, kyk nya kurang tepat. Misalkan aja saya pemegang ATPM sekuat Astr*, mungkin saya justru akan menyerang segmen yg trll didominasi merk tertentu. Karena sebenernya mlh lbh enak berbagi kue di segment mbl niaga (diesel khususnya) drpd segmen passenger car, yg mana walopun kue nya besar tp yg makan rame2. Mending gw ikut makan disegment mbl niaga, walopun kue nya gak trll besar tp yg mkn cmm dikit. hehehehe.
Kalo hilux diesel 4x2 masuk indo dgn harga selisih dikit drpd L300, mungkin bisa jd pesaing berat. Hanya tinggal dilihat spec mesinnya, bkl sekuat L300 apa gak meminum solar busuk. Kalo semua persyaratan itu dipenuhi hilux diesel + kenyamanan di atas kompetitor, bukan tidak mungkin posisi mitsu disinggasana bkl terancam :D
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today