
Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice
Tapi kalau mesin bensin secara general lain loh critanya...
:Dhέhέhέ;);)hέhέhέ:D;)™ cmiiw

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice
Iye mod siong....kamsud ane itu kode mesin nya..Ђεђεђε
Ђεђεђε™

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice
Mungkin kalo badak2an memang relatif. Buktinya, mesin skarang didesain untuk ganti oli di 10K, mobil dulu di 5K. Tapi, mesin jadul menang di gampang ngerawatnya karena sederhana, OHV or SOHC karbu, gampang kalo knapa2, dan sebenernya untuk saat ini mesin kayak ginilah yang masih diperlukan untuk segmen pikap, IMO.ZombiEE wrote:Tapi kalau mesin bensin secara general lain loh critanya...:Dhέhέhέ;);)hέhέhέ:D;)™ cmiiw
Bongkar karbunya gampang, bongkar kepala silinder gampang mo skir klep dll.
Gak bayangin besok2 pikap2 bensin injexi ini mulai menua dan mulai bermasalah di kelistrikannya dan ECU nya, apa iya harga nyerpisnya masih kejangkau ama user pikap yang slama ini terbiasa di bengkel2 biasa pinggiran? 'Coz slama ini mreka terbiasa miara mesin karbu.
Tapi sbaliknya, sampe kapan juga mo pake karbu trus y? Lebih polutan pula..
Das Beste oder nichts.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice
@NG: harusnya sih service injeksi dan lain2 akan lebih terjangkau nantinya... 

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice
Masalahnya, ente sama ane sama2 taulah, gimana tipikal user/owner pikap. Bengkel seadanya, ganti oli mepet2, parts KWan, dan sejenisnya. Kalo mesin trobel di jalan, sopir udah tau trobelsyutingnya via pengalaman dia. Nha kalo injexi kayak Hilux or GM skarang? Melongolah dia bro hehehehe....maskopat wrote:@NG: harusnya sih service injeksi dan lain2 akan lebih terjangkau nantinya...
Ini masa transisi buat user pikap kerja, sebagaimana awal 90an kita transisi dari sedan karbu ke injexi secara umum.
Das Beste oder nichts.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice
betul sih om NG... tapi nanti kan besok2, supir pickup sudah jadi orang gaul om... sekarang mungkin masih ber-hp ria aja... bisa jadi beberapa tahun ke depan sudah pake BB or android... tinggal donlot gimana cara repasi lite ace... 

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice
Ada juga kemungkinan montir2 skrg makin jago juga - montir2 Indonesia sangat kreatip kalo menurut ane, gak kaya montir2 kebanyakan Amerika, main replace replace aja.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 86
- Joined: Fri Jul 01, 2011 6:24
Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice
kalo di diesel, kalibrasi injeksi selama ini mesti di bengkel injektor... Injeksi bensin pake elektronik malahan. Mungkin masih lama kepegang ama sopir. Kalo barangnya keliatan mata telanjang, nah, baru berani otak-atik sopirnya..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Mon Aug 10, 2009 9:02
Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice
hihihi...om fortunerman bisa ajaFortunerMan wrote:Good info...ntar yg bos2 niaga tinggal ukur celah2nya dah lapor kesini hehe...ini kualitas lokal atau kualitas ekspor...

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 86
- Joined: Fri Jul 01, 2011 6:24
Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice
Mengenai badak2an mesin, di mobil angkut tuh kebanyakan dipengaruhi settingan torsi. Tisos n Futura settingan torsi di RPM atas, daihatsu dah keluar torsinya di putaran menengah. Yang bawa daihatsu bisa rada santai bawanya tanpa geber gas, padahal bebannya segede gaban. Kebayang dong, beban kerja di ruang bakar, ring ama pistonnya, dengan RPM yang lebih rendah. Efeknya ya lebih awet yang RPM tinggi lah (kalo banyak beban overload).
Terawangan ane, GM n Bro bakal bisa melayani kehandalan Tisos n Futura di fleet perusahaan besar, tapi keok untuk pasar retail (nyang overload slalu ituu tuh..)
Terawangan ane, GM n Bro bakal bisa melayani kehandalan Tisos n Futura di fleet perusahaan besar, tapi keok untuk pasar retail (nyang overload slalu ituu tuh..)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice
Ahh seru juga, kalo ane pokoknya pegang si L300 ma Carry deh, lancar jaya, part gampang. @casciscus. GM sy g suka ma posisi tuas trans yg tdk ergonomi, trus ruang kakinya jg, kasian penumpang kudu berbagi ma spakbor, trus kpn hari ada member SM crita klo GM pake mekanisme kabel utk kopling ato transnya, sy lupa baca d tret mana. cmiiw.
Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice
Mantap ini info dr ahli2 mobil pekerja 

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 86
- Joined: Fri Jul 01, 2011 6:24
Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice
Tambahan GM : Cape bawanya. Suaranya kaya 100 kpj, lari cuma 75 kpj. terutama yang 1300 cc. wewwwww...Xous wrote:Ahh seru juga, kalo ane pokoknya pegang si L300 ma Carry deh, lancar jaya, part gampang. @casciscus. GM sy g suka ma posisi tuas trans yg tdk ergonomi, trus ruang kakinya jg, kasian penumpang kudu berbagi ma spakbor, trus kpn hari ada member SM crita klo GM pake mekanisme kabel utk kopling ato transnya, sy lupa baca d tret mana. cmiiw.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice
bukannya mobil pekerja gini lebih enak torsi keluar di putaran rendah ya?Casciscus wrote:Mengenai badak2an mesin, di mobil angkut tuh kebanyakan dipengaruhi settingan torsi. Tisos n Futura settingan torsi di RPM atas, daihatsu dah keluar torsinya di putaran menengah. Yang bawa daihatsu bisa rada santai bawanya tanpa geber gas, padahal bebannya segede gaban. Kebayang dong, beban kerja di ruang bakar, ring ama pistonnya, dengan RPM yang lebih rendah. Efeknya ya lebih awet yang RPM tinggi lah (kalo banyak beban overload).
Terawangan ane, GM n Bro bakal bisa melayani kehandalan Tisos n Futura di fleet perusahaan besar, tapi keok untuk pasar retail (nyang overload slalu ituu tuh..)

trus gimana dengan keawetan om? selama ini yang ane pahami, jika kerja mesin di putaran rendah, mesin cendrung lebih awet dibanding di putaran atas...
mohon pencerahan...

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice
Simpelnya gini:
Sopir2 yang biasa ane sewa, tadinya dia pake Futura, ganti ke GM. Dia bilang gini: GM lebih kuat dimuatin berat, lebih kuat tarikan, lebih kuat nanjak. Yup, mungkin ada faktor karena mobil baru, tapi yang jelas, dari casis uda kliatan GM lebih gede.
Ini testi dari pelaku, bukan teori kayak kita2 hehehe....
Ilustrasi: GM dia ane muatin drum isi cairan, @220 KG x 8, baknya masih muat, per belakang blom mentok. Futura dia? Max 6 drum, itu uda yang bak 3 way.
Untuk kopling ma transmisi, uda habit Daihatsu dari dulu slalu pake kawat. Espass ane pernah jebol kawat kopling saat ngedrag hehehe.. DNF, go home.
Pnasaran, OOT bentar:
Kopling ma trans Habanja pake sistem apa y?
Sopir2 yang biasa ane sewa, tadinya dia pake Futura, ganti ke GM. Dia bilang gini: GM lebih kuat dimuatin berat, lebih kuat tarikan, lebih kuat nanjak. Yup, mungkin ada faktor karena mobil baru, tapi yang jelas, dari casis uda kliatan GM lebih gede.
Ini testi dari pelaku, bukan teori kayak kita2 hehehe....
Ilustrasi: GM dia ane muatin drum isi cairan, @220 KG x 8, baknya masih muat, per belakang blom mentok. Futura dia? Max 6 drum, itu uda yang bak 3 way.
Untuk kopling ma transmisi, uda habit Daihatsu dari dulu slalu pake kawat. Espass ane pernah jebol kawat kopling saat ngedrag hehehe.. DNF, go home.
Pnasaran, OOT bentar:
Kopling ma trans Habanja pake sistem apa y?
Last edited by Nightster Guy on Wed Jul 27, 2011 7:37, edited 1 time in total.
Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice
OOT dikit.... Untuk generasi seblomnya, Espass 1.3 vs T120SS 1.3 vs Futura 1.3, jelas paling bandel si Futura, diikutin T120SS, buncit Espass.
Tapi, soal tarikan dan max speed, jangan brani ngelawan Espass.
Tapi, soal tarikan dan max speed, jangan brani ngelawan Espass.
Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 86
- Joined: Fri Jul 01, 2011 6:24
Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice
iya om, lebih enak. Tapi kalo overload, dan itu yang sering kejadian, beban di piston n ring jadi berat om... itu yang bikin ga awet.maskopat wrote:bukannya mobil pekerja gini lebih enak torsi keluar di putaran rendah ya?Casciscus wrote:Mengenai badak2an mesin, di mobil angkut tuh kebanyakan dipengaruhi settingan torsi. Tisos n Futura settingan torsi di RPM atas, daihatsu dah keluar torsinya di putaran menengah. Yang bawa daihatsu bisa rada santai bawanya tanpa geber gas, padahal bebannya segede gaban. Kebayang dong, beban kerja di ruang bakar, ring ama pistonnya, dengan RPM yang lebih rendah. Efeknya ya lebih awet yang RPM tinggi lah (kalo banyak beban overload).
Terawangan ane, GM n Bro bakal bisa melayani kehandalan Tisos n Futura di fleet perusahaan besar, tapi keok untuk pasar retail (nyang overload slalu ituu tuh..)![]()
trus gimana dengan keawetan om? selama ini yang ane pahami, jika kerja mesin di putaran rendah, mesin cendrung lebih awet dibanding di putaran atas...
mohon pencerahan...
ibaratnya ngisi bak pake gayung ama ember lebih enak pake ember, tapi kalo ember kegedean, turun bero kaannn??
mengenai keawetan, ngerusakin metal tu lebih cepet menggunakan tenaga diatas tenaga yang sanggup dipikul, atau setidaknya mendekati kapasitasnya, daripada dengan tenaga yang sanggup dipikul metal tapi berulang-ulang. mmmm, om kopat orang teknik?
kalo ga overload sih, ga ada cerita-cerita di atas...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice
Dr postingan bang casciscus, saya kok jadi menarik kesimpulan bakal lebih tahan mesin yg diatur komputer?kan komputer ada mekanisme mengatur biar mesin ga overload, kalo overload mcm ada kill switch atau preventif nya...?cmiiw
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 86
- Joined: Fri Jul 01, 2011 6:24
Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice
Iya om, wong GM rasio gigi akhirnya 5.125 , yang Tisos Futura 4.875. Pastinya menang kuat nanjak dan tarikan dong..Nightster Guy wrote:Simpelnya gini:
Sopir2 yang biasa ane sewa, tadinya dia pake Futura, ganti ke GM. Dia bilang gini: GM lebih kuat dimuatin berat, lebih kuat tarikan, lebih kuat nanjak. Yup, mungkin ada faktor karena mobil baru, tapi yang jelas, dari casis uda kliatan GM lebih gede.
Ini testi dari pelaku, bukan teori kayak kita2 hehehe....
Ilustrasi: GM dia ane muatin drum isi cairan, @220 KG x 8, baknya masih muat, per belakang blom mentok. Futura dia? Max 6 drum, itu uda yang bak 3 way.
Untuk kopling ma transmisi, uda habit Daihatsu dari dulu slalu pake kawat. Espass ane pernah jebol kawat kopling saat ngedrag hehehe.. DNF, go home.
Pnasaran, OOT bentar:
Kopling ma trans Habanja pake sistem apa y?
Kompensasinya , top speed ama cruisingnya di RPM tinggi. Cape bawanya, ngebut tapi kaga nyampe-nyampe....
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 86
- Joined: Fri Jul 01, 2011 6:24
Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice
iye kali om... tapi omprengannya bakal kaga laku kalo mati mulu...ZombiEE wrote:Dr postingan bang casciscus, saya kok jadi menarik kesimpulan bakal lebih tahan mesin yg diatur komputer?kan komputer ada mekanisme mengatur biar mesin ga overload, kalo overload mcm ada kill switch atau preventif nya...?cmiiw



-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice
Maksud e omprengan tuh opo mas?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 86
- Joined: Fri Jul 01, 2011 6:24
Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice
Kalo putaran tinggi, keausan emang lebih banyak om... tapi lebih kecil efek kerusakannya dibanding overload. Pompa oli pastinya bisa ngikutin sejauh mana mesin bisa berputar. Orangnya yang ga bisa ngikutin sebatas mana mesin bisa dibebani...maskopat wrote:bukannya mobil pekerja gini lebih enak torsi keluar di putaran rendah ya?Casciscus wrote:Mengenai badak2an mesin, di mobil angkut tuh kebanyakan dipengaruhi settingan torsi. Tisos n Futura settingan torsi di RPM atas, daihatsu dah keluar torsinya di putaran menengah. Yang bawa daihatsu bisa rada santai bawanya tanpa geber gas, padahal bebannya segede gaban. Kebayang dong, beban kerja di ruang bakar, ring ama pistonnya, dengan RPM yang lebih rendah. Efeknya ya lebih awet yang RPM tinggi lah (kalo banyak beban overload).
Terawangan ane, GM n Bro bakal bisa melayani kehandalan Tisos n Futura di fleet perusahaan besar, tapi keok untuk pasar retail (nyang overload slalu ituu tuh..)![]()
trus gimana dengan keawetan om? selama ini yang ane pahami, jika kerja mesin di putaran rendah, mesin cendrung lebih awet dibanding di putaran atas...
mohon pencerahan...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 86
- Joined: Fri Jul 01, 2011 6:24
Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice
ZombiEE wrote:Maksud e omprengan tuh opo mas?
upsss...
ni tentang lite ace yang bak terbuka kan? itu maksud ane om.. bak terbuka kan biasanya plat kuning.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice
Omprengan itu mksdnya plat kuning?Ђεђεђε
Ђεђεђε™

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Toyota Indonesia Mau Pasarkan Pikap Lite Ice
Nah, saya setuju banget dgn komen om FM. Kalo alasannya krn mitsu udah trll dominan, kyk nya kurang tepat. Misalkan aja saya pemegang ATPM sekuat Astr*, mungkin saya justru akan menyerang segmen yg trll didominasi merk tertentu. Karena sebenernya mlh lbh enak berbagi kue di segment mbl niaga (diesel khususnya) drpd segmen passenger car, yg mana walopun kue nya besar tp yg makan rame2. Mending gw ikut makan disegment mbl niaga, walopun kue nya gak trll besar tp yg mkn cmm dikit. hehehehe.FortunerMan wrote:Ya itu kali maunya...kan masih ada sisa +/- 50%, paling gak penetrasi pasar, tidak harus mengalahkan. Kan gak harus pangsa pasar 50% baru untung...kalo pangsa pasar 5% mungkin rugimaskopat wrote:lagian, TAM mau nyaingin elsape, keuntungan bisnisnya gimana? wong elsape menguasi pasar lebih dari 50% selama hampir 30 tahun... berat lah...
Kalo hilux diesel 4x2 masuk indo dgn harga selisih dikit drpd L300, mungkin bisa jd pesaing berat. Hanya tinggal dilihat spec mesinnya, bkl sekuat L300 apa gak meminum solar busuk. Kalo semua persyaratan itu dipenuhi hilux diesel + kenyamanan di atas kompetitor, bukan tidak mungkin posisi mitsu disinggasana bkl terancam

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today