Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ow... gak apa2 om.. kalo mangkel emang di sini tempatnya om.. kita curhat cerita.. mudah2an ada yang menanggapi dan ngasih solusi...
kalo menurut ane sih, mesin mobil sekarang pada umumnya lebih irit daripada jaman dulu. sebenernya banyak faktor yang menentukan FC om.. gak hanya urusan mesin. tapi juga masalah kaki kanan, gear ratio dan teknologi mesin itu sendiri.
seperti vios lama dan baru. emang yang lama lebih irit. karena gear ratio vios lama halus banget.
kebalikan dengan honda jazz, yang baru relatif lebih irit daripada yang lama (kecuali dibanding v-tech).
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
automaestro wrote:Cek saja New Vios 2010 msh pake mesin Vios 2004, cuman 'ganti baju'. Corolla New Altis 08 pake mesin ex Camry 04 (dikecilkan cc nya). Makanya mendingan beli mobil lama lantas di 'rekondisi' mesinnya n kaki2nya. Rasanya ngga kalah dgn baru2 yg dr showroom ATPM. Pihak2 ATPM, any comments?
Mesin memang rata2 dipake 2 generasi model mobil, bukan setiap ganti badan ganti mesin Ada yg ditengah-tengah model life cycle ganti mesin, ganti transmisi. Engine development tidak selalu sinkron dengan perubahan body.
gemelli wrote:IMO, Harga Jual Mobil New.Gen. +/- sama dengan Gen. Sebelumnya. (dalam USD).
Mobil Baru membawa teknologi dan fitur2 yang baru, cth: vtec --> i-vtec
Juga merupakan improvement/perbaikan dari model sebelumnya.... reliability yg lebih baik, lbh irit bbm, dst .
Dari kacamata konsumen: masak beli mobil baru modelnya sama? buat apa beli? ga laku donk produsen nya..
Lebih irit BBM? Yg ini sudah pasti ngga bakalan terbukti. Irit nggaknya tergantung SEKELnya (bhs jawa dr KAKI) suka tancap gas ngga, bukan dr mobilnya. Yg sy tahu, New Altis lbh boros dr old Altis, demikian jg dgn New Camry. Coba cek dulu faktanya dgn data2 internasional, jangan cuma data2 majalah2 Indo. Autobild Indonesia beberapa bulan yg lalu tes jalan mobil2 1,200-1,500cc cuman dapet 11+km/ltr. Ini fakta yg terdokumenter, bukan data lab pabrikan mana pun juga. Kalo data dr atpm2 sih ampun2, 20+km/ltr. Hanya mimpi marketing doank, BULL....SHI..TTT!!!!
Menurut ane irit atau enggak nya bbm bisa dihitung secara empiris dengan menggunakan mesin.. Contohnya dengan dyno test... Mungkin fakta tidak seindah klaim nya... Yang jelas efisiensi mesin terus meningkat.. Contoh di Benz ada CGI, di vw ada TSI, Honda di i-vtec, Toyota di dual VVT-i....
Honda contohnya, tiap tahun mempatenkan kurang lebih 2000 teknologi pengembangan vtec nya... Dan tidak satupun yang tidak reliable...
So, mungkin saja pengembangan tidak mengutamakan iritnya BBM pada mesin yang diberikan ke suatu produk, mungkin saja pengembangan efisiensi disitu adalah dengan meningkatkan reliabilitas, atau mengurangi parts tetapi keluaran tenaganya sama... Inilah engineering meets marketing... Mana ada perusahaan mau melempar teknologinya langsung kepasar dengan perubahan extreme...
Dan inilah efisiensi sebenarnya dalam teknologi mesin mobil... It is not all about saving petrol, but how to use every spill of it worthed.
Maksud saya diatas adalah, ketika suatu perusahaan mengatakan bahwa mesin sebuah produknya berbeda dengan mesin sebelum ya padahal memiliki kode sama itu nggak mungkin bohong...
Mesin freed dan jazz sama tapi memiliki power Dan torsi berbeda, efisiensi juga berbeda pada rpm yang sama....
Maap just my 2 cents... Nubie balik lagi ke atap memperhatikan sambil ngupi....
automaestro wrote:Cek saja New Vios 2010 msh pake mesin Vios 2004, cuman 'ganti baju'. Corolla New Altis 08 pake mesin ex Camry 04 (dikecilkan cc nya). Makanya mendingan beli mobil lama lantas di 'rekondisi' mesinnya n kaki2nya. Rasanya ngga kalah dgn baru2 yg dr showroom ATPM. Pihak2 ATPM, any comments?
ane setuju dengan pendapat om automastro kalo dengan rekondisi mesin, kaki2 dan body mungkin mobil lama gak kalah mantap...
tapi kalo mesinnya sama dengan pendahulunya, bisa iya bisa nggak. mungkin ada beberapa yang di-tuning ulang oleh ATPM. ane gak ngerti.
kalo baca speknya, mesin Pajero Sport itu sama dengan mesin L300 diesel tahun 80-an.. sama2 4D56.. tapi yang sama cuman blok silinder doang om.. jeroan, cyl head sudah beda banget. karena kompresi, turbo, intercooler dan lain2...
kalo toyota, ane gak ngerti om...
Om kopat, nubie mo tanya neh. Kode seri mesin bisa dikatakan sama dgn syarat memiliki spec sama dibagian mana? Kalo dr postingan om kopat berarti cyl head sama berarti mesin yg digunakan jg sama, pdhl parts2 yg berbeda total. Apakah berarti 4D56 ini adalah parts number dr blok mesin saja?
Tolong pencerahannya..
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
AD74YA wrote:Maksud saya diatas adalah, ketika suatu perusahaan mengatakan bahwa mesin sebuah produknya berbeda dengan mesin sebelum ya padahal memiliki kode sama itu nggak mungkin bohong...
Mesin freed dan jazz sama tapi memiliki power Dan torsi berbeda, efisiensi juga berbeda pada rpm yang sama....
Maap just my 2 cents... Nubie balik lagi ke atap memperhatikan sambil ngupil....
maskopat wrote:
ane setuju dengan pendapat om automastro kalo dengan rekondisi mesin, kaki2 dan body mungkin mobil lama gak kalah mantap...
tapi kalo mesinnya sama dengan pendahulunya, bisa iya bisa nggak. mungkin ada beberapa yang di-tuning ulang oleh ATPM. ane gak ngerti.
kalo baca speknya, mesin Pajero Sport itu sama dengan mesin L300 diesel tahun 80-an.. sama2 4D56.. tapi yang sama cuman blok silinder doang om.. jeroan, cyl head sudah beda banget. karena kompresi, turbo, intercooler dan lain2...
kalo toyota, ane gak ngerti om...
Om kopat, nubie mo tanya neh. Kode seri mesin bisa dikatakan sama dgn syarat memiliki spec sama dibagian mana? Kalo dr postingan om kopat berarti cyl head sama berarti mesin yg digunakan jg sama, pdhl parts2 yg berbeda total. Apakah berarti 4D56 ini adalah parts number dr blok mesin saja?
Tolong pencerahannya..
kode dari mesin yang sama itu blok silinder aja sih om dak... jadi walo sama2 4D56 di elsape dan di pajero sport, tapi itu sebenernya mesin yang beda. karena cyl head udah beda. di elsape masih pake injeksi konvensional. sementara di pajero sport sudah direct injection dan common rail... jadi teknologinya pun sudah berbeda.
dengan ada tambahan turbo, rasio kompresi pun berbeda. perbedaan ini cukup besar, gak mungkin cuman mempertebal packing engine. biasanya piston dan stangnya pun beda... cmiiw... ane gak paham mesin... cuman kutip2 dari para master di sini..
kecuali mivec di diesel ya om... ini sepertinya diterapkan di mesin diesel mitsu yang baru. maksudnya mesin yang totally new generation.
monggo dikoreksi kalo ane salah...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
gemelli wrote:IMO, Harga Jual Mobil New.Gen. +/- sama dengan Gen. Sebelumnya. (dalam USD).
Mobil Baru membawa teknologi dan fitur2 yang baru, cth: vtec --> i-vtec
Juga merupakan improvement/perbaikan dari model sebelumnya.... reliability yg lebih baik, lbh irit bbm, dst .
Dari kacamata konsumen: masak beli mobil baru modelnya sama? buat apa beli? ga laku donk produsen nya..
Lebih irit BBM? Yg ini sudah pasti ngga bakalan terbukti. Irit nggaknya tergantung SEKELnya (bhs jawa dr KAKI) suka tancap gas ngga, bukan dr mobilnya. Yg sy tahu, New Altis lbh boros dr old Altis, demikian jg dgn New Camry. Coba cek dulu faktanya dgn data2 internasional, jangan cuma data2 majalah2 Indo. Autobild Indonesia beberapa bulan yg lalu tes jalan mobil2 1,200-1,500cc cuman dapet 11+km/ltr. Ini fakta yg terdokumenter, bukan data lab pabrikan mana pun juga. Kalo data dr atpm2 sih ampun2, 20+km/ltr. Hanya mimpi marketing doank, BULL....SHI..TTT!!!!
Menurut ane irit atau enggak nya bbm bisa dihitung secara empiris dengan menggunakan mesin.. Contohnya dengan dyno test... Mungkin fakta tidak seindah klaim nya... Yang jelas efisiensi mesin terus meningkat.. Contoh di Benz ada CGI, di vw ada TSI, Honda di i-vtec, Toyota di dual VVT-i....
Honda contohnya, tiap tahun mempatenkan kurang lebih 2000 teknologi pengembangan vtec nya... Dan tidak satupun yang tidak reliable...
So, mungkin saja pengembangan tidak mengutamakan iritnya BBM pada mesin yang diberikan ke suatu produk, mungkin saja pengembangan efisiensi disitu adalah dengan meningkatkan reliabilitas, atau mengurangi parts tetapi keluaran tenaganya sama... Inilah engineering meets marketing... Mana ada perusahaan mau melempar teknologinya langsung kepasar dengan perubahan extreme...
Dan inilah efisiensi sebenarnya dalam teknologi mesin mobil... It is not all about saving petrol, but how to use every spill of it worthed.
Just my 2 cents anyway..
dyno test juga kadang ngaco... itu hanya sebagai patokan rata2 doang... kalo udah dapet angka ya buat apa? dipajang di dashboard? wkwkwkwkwk...
yg paling bener adalah nyari cara driving efesiensi sendiri...
Yg jelas rata2 sy kecewa akan perubahan2 dlm dunia otomotif indo dlm 10thn terakhir. Terutama Honda. Dan sy rasa banyak penggemar2 Honda lainnya yg jg complain. Sy pake civic mulai thn 1983 n setia dgn Honda sampe skarang. Tapi rasanya ganti merk deh!!!
Satu contoh ekstrim dari VW, ngeluarin VW Beetle (vintage) taun 2003 lalu, limited (entah brapa unit), 1.600 cc injection.
Tapi, yah, ini kasus khusus yang susah diterapkan pabrikan lain. Tau aja segimana banyak dan fanatiknya penggemar VW kususnya Bug di seantero dunia? So, ludes tandas ni Bug limited.
Satu contoh ekstrim dari VW, ngeluarin VW Beetle (vintage) taun 2003 lalu, limited (entah brapa unit), 1.600 cc injection.
Tapi, yah, ini kasus khusus yang susah diterapkan pabrikan lain. Tau aja segimana banyak dan fanatiknya penggemar VW kususnya Bug di seantero dunia? So, ludes tandas ni Bug limited.
gue akui nih mobil gak ada matinya semua suka , eropa amerika bahkan indonesia
VW yg keluar ini rasanya jauh beda sama jaman nya... terutama di peredaman harusnya sih udah ada AC. hehehe! engine 1600 injection sepertinya punya vw combie ya? modif pasti, injection berECU.
iya sih, ane aja cinta banget sama VW beetle vintage.
Mungkin pada beberapa kasus, kelakuan si VW ini bisa ditiru hehe.. Misal Toyota sekarang ngeluarin FJ40 ato Jeep dengan CJ-7 nya, bodi lama enjin masa kini, keluarin limited 5.000-10.000 unit sluruh dunia, ludes x yak?
Tapi ya itu, seberapa banyak sih konsumen yang mau mengkonsumsi mobil yang 'tampangnya gitu2 aja' hehehe....
Ngomong2......kok ngmg vintage saya terpikir korelasi ke arloji ya?emg nya vintage kodok harga nya sangat mahal?(Sangat mahal disini adalah mksdnya seperti arloji merk A yang notabene dial nya sudah jamur2an tapi menyentuh 5 digit usd).
ZombiEE wrote:Ngomong2......kok ngmg vintage saya terpikir korelasi ke arloji ya?emg nya vintage kodok harga nya sangat mahal?(Sangat mahal disini adalah mksdnya seperti arloji merk A yang notabene dial nya sudah jamur2an tapi menyentuh 5 digit usd).
Kodok vintage?
Tergantung tipe. Kalo difull resto dengan parts NOS, weleh, total harga tembus kepala 200 brow. Tuh kolektor VW gila dari Bandung, kalo ngebangun VW pake part NOS, merinding denger2 harga VW nya termasuk kodoknya.
Blom lagi Kodok yang langka2 macem varian LS, ragtop, sliding roof, ato yang split before '52, susah deh kalo uda barang hobi, plus gayung bersambut ada pasar nichenya yang cenderung udah mengkultuskan VW.