Knapa atpm gak jual old model produksi baru

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Knapa atpm gak jual old model produksi baru

Post by maskopat »

ow... gak apa2 om.. kalo mangkel emang di sini tempatnya om.. kita curhat cerita.. mudah2an ada yang menanggapi dan ngasih solusi... :big_peace:

kalo menurut ane sih, mesin mobil sekarang pada umumnya lebih irit daripada jaman dulu. sebenernya banyak faktor yang menentukan FC om.. gak hanya urusan mesin. tapi juga masalah kaki kanan, gear ratio dan teknologi mesin itu sendiri.
seperti vios lama dan baru. emang yang lama lebih irit. karena gear ratio vios lama halus banget.
kebalikan dengan honda jazz, yang baru relatif lebih irit daripada yang lama (kecuali dibanding v-tech).
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
FortunerMan

Re: Knapa atpm gak jual old model produksi baru

Post by FortunerMan »

poeticmind wrote:hehe mimpi itu oom... kalo sy pikir sih pasti ada kolektor yg masih punya eterna km rendah.. mungkin 250jt pun ga dilepas.
Itu cuman contoh om...kalo mobil lama produksi baru harganya bisa murah. Contohnya MR-90/Vantrend, VW Jetta jadul di China, dan banyak lagi contoh.
FortunerMan

Re: Knapa atpm gak jual old model produksi baru

Post by FortunerMan »

automaestro wrote:Cek saja New Vios 2010 msh pake mesin Vios 2004, cuman 'ganti baju'. Corolla New Altis 08 pake mesin ex Camry 04 (dikecilkan cc nya). Makanya mendingan beli mobil lama lantas di 'rekondisi' mesinnya n kaki2nya. Rasanya ngga kalah dgn baru2 yg dr showroom ATPM. Pihak2 ATPM, any comments?
Mesin memang rata2 dipake 2 generasi model mobil, bukan setiap ganti badan ganti mesin :mrgreen: Ada yg ditengah-tengah model life cycle ganti mesin, ganti transmisi. Engine development tidak selalu sinkron dengan perubahan body.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Knapa atpm gak jual old model produksi baru

Post by AD74YA »

automaestro wrote:
gemelli wrote:IMO, Harga Jual Mobil New.Gen. +/- sama dengan Gen. Sebelumnya. (dalam USD).
Mobil Baru membawa teknologi dan fitur2 yang baru, cth: vtec --> i-vtec
Juga merupakan improvement/perbaikan dari model sebelumnya.... reliability yg lebih baik, lbh irit bbm, dst .

Dari kacamata konsumen: masak beli mobil baru modelnya sama? buat apa beli? ga laku donk produsen nya.. :off_bored:
Lebih irit BBM? Yg ini sudah pasti ngga bakalan terbukti. Irit nggaknya tergantung SEKELnya (bhs jawa dr KAKI) suka tancap gas ngga, bukan dr mobilnya. Yg sy tahu, New Altis lbh boros dr old Altis, demikian jg dgn New Camry. Coba cek dulu faktanya dgn data2 internasional, jangan cuma data2 majalah2 Indo. Autobild Indonesia beberapa bulan yg lalu tes jalan mobil2 1,200-1,500cc cuman dapet 11+km/ltr. Ini fakta yg terdokumenter, bukan data lab pabrikan mana pun juga. Kalo data dr atpm2 sih ampun2, 20+km/ltr. Hanya mimpi marketing doank, BULL....SHI..TTT!!!!
Menurut ane irit atau enggak nya bbm bisa dihitung secara empiris dengan menggunakan mesin.. Contohnya dengan dyno test... Mungkin fakta tidak seindah klaim nya... Yang jelas efisiensi mesin terus meningkat.. Contoh di Benz ada CGI, di vw ada TSI, Honda di i-vtec, Toyota di dual VVT-i....

Honda contohnya, tiap tahun mempatenkan kurang lebih 2000 teknologi pengembangan vtec nya... Dan tidak satupun yang tidak reliable...

So, mungkin saja pengembangan tidak mengutamakan iritnya BBM pada mesin yang diberikan ke suatu produk, mungkin saja pengembangan efisiensi disitu adalah dengan meningkatkan reliabilitas, atau mengurangi parts tetapi keluaran tenaganya sama... Inilah engineering meets marketing... Mana ada perusahaan mau melempar teknologinya langsung kepasar dengan perubahan extreme...

Dan inilah efisiensi sebenarnya dalam teknologi mesin mobil... It is not all about saving petrol, but how to use every spill of it worthed.

Just my 2 cents anyway.. :big_peace:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Knapa atpm gak jual old model produksi baru

Post by AD74YA »

Maksud saya diatas adalah, ketika suatu perusahaan mengatakan bahwa mesin sebuah produknya berbeda dengan mesin sebelum ya padahal memiliki kode sama itu nggak mungkin bohong...

Mesin freed dan jazz sama tapi memiliki power Dan torsi berbeda, efisiensi juga berbeda pada rpm yang sama....

Maap just my 2 cents... Nubie balik lagi ke atap memperhatikan sambil ngupi....

Silahkan dilanjut...... :big_peace:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Knapa atpm gak jual old model produksi baru

Post by BADAK »

maskopat wrote:
automaestro wrote:Cek saja New Vios 2010 msh pake mesin Vios 2004, cuman 'ganti baju'. Corolla New Altis 08 pake mesin ex Camry 04 (dikecilkan cc nya). Makanya mendingan beli mobil lama lantas di 'rekondisi' mesinnya n kaki2nya. Rasanya ngga kalah dgn baru2 yg dr showroom ATPM. Pihak2 ATPM, any comments?
ane setuju dengan pendapat om automastro kalo dengan rekondisi mesin, kaki2 dan body mungkin mobil lama gak kalah mantap...

tapi kalo mesinnya sama dengan pendahulunya, bisa iya bisa nggak. mungkin ada beberapa yang di-tuning ulang oleh ATPM. ane gak ngerti.

kalo baca speknya, mesin Pajero Sport itu sama dengan mesin L300 diesel tahun 80-an.. sama2 4D56.. tapi yang sama cuman blok silinder doang om.. jeroan, cyl head sudah beda banget. karena kompresi, turbo, intercooler dan lain2...

kalo toyota, ane gak ngerti om... :big_peace:
Om kopat, nubie mo tanya neh. Kode seri mesin bisa dikatakan sama dgn syarat memiliki spec sama dibagian mana? Kalo dr postingan om kopat berarti cyl head sama berarti mesin yg digunakan jg sama, pdhl parts2 yg berbeda total. Apakah berarti 4D56 ini adalah parts number dr blok mesin saja?
Tolong pencerahannya..
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Knapa atpm gak jual old model produksi baru

Post by doq »

FortunerMan wrote:Kalo di Cina sih banyak. Liat aja contohnya VW Jetta jadul tetap dijual laku keras. Namanya mobkas...tetap lain sama mobil baru.

Saya juga mau beli Eterna baru...harganya misalnya 250 juta. Atau Mazda 323 Interplay harga 190?
klo baenol generasi ane keluar baru nya dg full feature kaya di luar (abs,airbag dll) ane jg mau beli............... :ngacir:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Knapa atpm gak jual old model produksi baru

Post by VanzMatic »

AD74YA wrote:Maksud saya diatas adalah, ketika suatu perusahaan mengatakan bahwa mesin sebuah produknya berbeda dengan mesin sebelum ya padahal memiliki kode sama itu nggak mungkin bohong...

Mesin freed dan jazz sama tapi memiliki power Dan torsi berbeda, efisiensi juga berbeda pada rpm yang sama....

Maap just my 2 cents... Nubie balik lagi ke atap memperhatikan sambil ngupil....

Silahkan dilanjut...... :big_peace:
Demen banget om, ngupil di atap...?



............................................................................................................................................ :ngacir: :glodak:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Knapa atpm gak jual old model produksi baru

Post by AD74YA »

Pinter ye ente VM mengutip-ngutip...... :big_slap:
:ngacir:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Knapa atpm gak jual old model produksi baru

Post by ZombiEE »

Menyimak dgn tekun dan seksama.....
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Knapa atpm gak jual old model produksi baru

Post by maskopat »

BADAK wrote:
maskopat wrote: ane setuju dengan pendapat om automastro kalo dengan rekondisi mesin, kaki2 dan body mungkin mobil lama gak kalah mantap...

tapi kalo mesinnya sama dengan pendahulunya, bisa iya bisa nggak. mungkin ada beberapa yang di-tuning ulang oleh ATPM. ane gak ngerti.

kalo baca speknya, mesin Pajero Sport itu sama dengan mesin L300 diesel tahun 80-an.. sama2 4D56.. tapi yang sama cuman blok silinder doang om.. jeroan, cyl head sudah beda banget. karena kompresi, turbo, intercooler dan lain2...

kalo toyota, ane gak ngerti om... :big_peace:
Om kopat, nubie mo tanya neh. Kode seri mesin bisa dikatakan sama dgn syarat memiliki spec sama dibagian mana? Kalo dr postingan om kopat berarti cyl head sama berarti mesin yg digunakan jg sama, pdhl parts2 yg berbeda total. Apakah berarti 4D56 ini adalah parts number dr blok mesin saja?
Tolong pencerahannya..
kode dari mesin yang sama itu blok silinder aja sih om dak... jadi walo sama2 4D56 di elsape dan di pajero sport, tapi itu sebenernya mesin yang beda. karena cyl head udah beda. di elsape masih pake injeksi konvensional. sementara di pajero sport sudah direct injection dan common rail... jadi teknologinya pun sudah berbeda.
dengan ada tambahan turbo, rasio kompresi pun berbeda. perbedaan ini cukup besar, gak mungkin cuman mempertebal packing engine. biasanya piston dan stangnya pun beda... cmiiw... ane gak paham mesin... cuman kutip2 dari para master di sini..

kecuali mivec di diesel ya om... ini sepertinya diterapkan di mesin diesel mitsu yang baru. maksudnya mesin yang totally new generation.
monggo dikoreksi kalo ane salah... :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Knapa atpm gak jual old model produksi baru

Post by ak4ng »

oooo biar ngirit(murah) tu PS pake mesin elsapek gitu????
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Knapa atpm gak jual old model produksi baru

Post by y_anjasrana »

Nubie balik lagi ke atap memperhatikan sambil ngupil....
asal jgn dibuang ke bawah ya... :big_weee:

nyimak lagi ahh..... :big_smoking:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Knapa atpm gak jual old model produksi baru

Post by poeticmind »

AD74YA wrote:
automaestro wrote:
gemelli wrote:IMO, Harga Jual Mobil New.Gen. +/- sama dengan Gen. Sebelumnya. (dalam USD).
Mobil Baru membawa teknologi dan fitur2 yang baru, cth: vtec --> i-vtec
Juga merupakan improvement/perbaikan dari model sebelumnya.... reliability yg lebih baik, lbh irit bbm, dst .

Dari kacamata konsumen: masak beli mobil baru modelnya sama? buat apa beli? ga laku donk produsen nya.. :off_bored:
Lebih irit BBM? Yg ini sudah pasti ngga bakalan terbukti. Irit nggaknya tergantung SEKELnya (bhs jawa dr KAKI) suka tancap gas ngga, bukan dr mobilnya. Yg sy tahu, New Altis lbh boros dr old Altis, demikian jg dgn New Camry. Coba cek dulu faktanya dgn data2 internasional, jangan cuma data2 majalah2 Indo. Autobild Indonesia beberapa bulan yg lalu tes jalan mobil2 1,200-1,500cc cuman dapet 11+km/ltr. Ini fakta yg terdokumenter, bukan data lab pabrikan mana pun juga. Kalo data dr atpm2 sih ampun2, 20+km/ltr. Hanya mimpi marketing doank, BULL....SHI..TTT!!!!
Menurut ane irit atau enggak nya bbm bisa dihitung secara empiris dengan menggunakan mesin.. Contohnya dengan dyno test... Mungkin fakta tidak seindah klaim nya... Yang jelas efisiensi mesin terus meningkat.. Contoh di Benz ada CGI, di vw ada TSI, Honda di i-vtec, Toyota di dual VVT-i....

Honda contohnya, tiap tahun mempatenkan kurang lebih 2000 teknologi pengembangan vtec nya... Dan tidak satupun yang tidak reliable...

So, mungkin saja pengembangan tidak mengutamakan iritnya BBM pada mesin yang diberikan ke suatu produk, mungkin saja pengembangan efisiensi disitu adalah dengan meningkatkan reliabilitas, atau mengurangi parts tetapi keluaran tenaganya sama... Inilah engineering meets marketing... Mana ada perusahaan mau melempar teknologinya langsung kepasar dengan perubahan extreme...

Dan inilah efisiensi sebenarnya dalam teknologi mesin mobil... It is not all about saving petrol, but how to use every spill of it worthed.

Just my 2 cents anyway.. :big_peace:
dyno test juga kadang ngaco... itu hanya sebagai patokan rata2 doang... kalo udah dapet angka ya buat apa? dipajang di dashboard? wkwkwkwkwk...
yg paling bener adalah nyari cara driving efesiensi sendiri...
Image
automaestro
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Thu Jul 17, 2008 14:31

Re: Knapa atpm gak jual old model produksi baru

Post by automaestro »

Yg jelas rata2 sy kecewa akan perubahan2 dlm dunia otomotif indo dlm 10thn terakhir. Terutama Honda. Dan sy rasa banyak penggemar2 Honda lainnya yg jg complain. Sy pake civic mulai thn 1983 n setia dgn Honda sampe skarang. Tapi rasanya ganti merk deh!!!
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Knapa atpm gak jual old model produksi baru

Post by Nightster Guy »

Hehehe.. Trit asik nih....

Satu contoh ekstrim dari VW, ngeluarin VW Beetle (vintage) taun 2003 lalu, limited (entah brapa unit), 1.600 cc injection.

Tapi, yah, ini kasus khusus yang susah diterapkan pabrikan lain. Tau aja segimana banyak dan fanatiknya penggemar VW kususnya Bug di seantero dunia? So, ludes tandas ni Bug limited.

Image
Das Beste oder nichts.
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Knapa atpm gak jual old model produksi baru

Post by solar_kerosen »

Nightster Guy wrote:Hehehe.. Trit asik nih....

Satu contoh ekstrim dari VW, ngeluarin VW Beetle (vintage) taun 2003 lalu, limited (entah brapa unit), 1.600 cc injection.

Tapi, yah, ini kasus khusus yang susah diterapkan pabrikan lain. Tau aja segimana banyak dan fanatiknya penggemar VW kususnya Bug di seantero dunia? So, ludes tandas ni Bug limited.

Image

gue akui nih mobil gak ada matinya semua suka , eropa amerika bahkan indonesia :e-think:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Knapa atpm gak jual old model produksi baru

Post by poeticmind »

VW yg keluar ini rasanya jauh beda sama jaman nya... terutama di peredaman harusnya sih udah ada AC. hehehe! engine 1600 injection sepertinya punya vw combie ya? modif pasti, injection berECU.
iya sih, ane aja cinta banget sama VW beetle vintage.
Image
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Knapa atpm gak jual old model produksi baru

Post by Nightster Guy »

Mmmmm....

Mungkin pada beberapa kasus, kelakuan si VW ini bisa ditiru hehe.. Misal Toyota sekarang ngeluarin FJ40 ato Jeep dengan CJ-7 nya, bodi lama enjin masa kini, keluarin limited 5.000-10.000 unit sluruh dunia, ludes x yak?

Tapi ya itu, seberapa banyak sih konsumen yang mau mengkonsumsi mobil yang 'tampangnya gitu2 aja' hehehe....
Das Beste oder nichts.
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Knapa atpm gak jual old model produksi baru

Post by poeticmind »

mungkin suzuki masih lebih laku jualan jimny katana ketimbang swift... hahaha! bisa jadi kan...
Image
FortunerMan

Re: Knapa atpm gak jual old model produksi baru

Post by FortunerMan »

Satu lagi contoh model lama produksi baru..

http://www.autoblog.com/2011/02/25/daih ... ota-yaris/

Daihatsu Charade
Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Knapa atpm gak jual old model produksi baru

Post by poeticmind »

hahahaha this is a joke, andai charade kejual disini... apa nasibnya yaris...
Image
FortunerMan

Re: Knapa atpm gak jual old model produksi baru

Post by FortunerMan »

Itu buat pasar Eropa - model Yaris lama, produksi baru jadi Charade. Yaris bergerak ke model baru.
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Knapa atpm gak jual old model produksi baru

Post by ZombiEE »

Ngomong2......kok ngmg vintage saya terpikir korelasi ke arloji ya?emg nya vintage kodok harga nya sangat mahal?(Sangat mahal disini adalah mksdnya seperti arloji merk A yang notabene dial nya sudah jamur2an tapi menyentuh 5 digit usd).
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Knapa atpm gak jual old model produksi baru

Post by Nightster Guy »

ZombiEE wrote:Ngomong2......kok ngmg vintage saya terpikir korelasi ke arloji ya?emg nya vintage kodok harga nya sangat mahal?(Sangat mahal disini adalah mksdnya seperti arloji merk A yang notabene dial nya sudah jamur2an tapi menyentuh 5 digit usd).
Kodok vintage?

Tergantung tipe. Kalo difull resto dengan parts NOS, weleh, total harga tembus kepala 200 brow. Tuh kolektor VW gila dari Bandung, kalo ngebangun VW pake part NOS, merinding denger2 harga VW nya termasuk kodoknya.

Blom lagi Kodok yang langka2 macem varian LS, ragtop, sliding roof, ato yang split before '52, susah deh kalo uda barang hobi, plus gayung bersambut ada pasar nichenya yang cenderung udah mengkultuskan VW. :)
Das Beste oder nichts.