Panther Users...! (kotak, kapsul, touring, grand touring)

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Panther Users...! (kotak, kapsul, touring, grand touring

Post by jalu »

VBTS wrote:iya om jalu cuma di row bawah yang bunyi. tapi kalo untuk R gak bunyi. bunyinya itu muncul ketika diangkat kopling sampai lepas kopling. kalo tekan kopling lagi bunyi berkurang. tapi jika bunyi sudah timbul, pada posisi netral pun jika kopling diangkat tetap ada bunyi gesekan, tapi tidak sekuat jika masuk gigi 2 atau 4. untuk gigi 1,3,5 tidak ada bunyi.

salam kenal ni om jalu.
salam kenal juga...
saya bukan pakar panther tapi sepengalaman sy dng mbl manual seperti itu, problem susah pindah di gigi tertentu bs cuma dr bushing tongkat saja dan biasanya berada dalam 1 row gerakan, well bisa saja analisa saya yg keliru tp kan gak ada salahnya untuk cek komponen yg ringan terlebih dulu sebelum memutuskan untuk melakukan perbaikan berat :D

tapi kalo mbl yg mengalami problem ini km odometernya sudah tinggi, bs saja ada kemungkinan komponen girboknya yg mulai aus.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Panther Users...! (kotak, kapsul, touring, grand touring

Post by m4rio »

VBTS wrote:bro, saya baru pake panther royal 96. ada masalah kalo masuk gigi 2 dan 4 ada bunyi seperti gesekan. itu masalahnya apa ya? tapi untuk gigi 1, 3, dan 5 tidak ada bunyi. mohon bantuan nya. thx.
salam kenal... dan sekalian tanya untuk bengkel di bandung yg recomended dimana?
gesekannya gimana nih ane gk ngerti ya.

apakah dalam posisi diem perseneling masuk 2,4 kopling di injek ada timbul gesekan gitu? atau pas jalan??

coba aja ganti kopling set dulu. kalo di masih timbul bunyi bisa langsung lakukan OH transmisi.
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Panther Users...! (kotak, kapsul, touring, grand touring

Post by poeticmind »

mesti dicek dulu itu... kadang cuma boss plastiknya spt kata jalu. kemaren ada yg dateng ke garasi ane masalah susah masuk gigi 1, taunya keganjel coin receh.. halaaah... :upss:
Image
User avatar
sadeli98
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Thu Apr 07, 2011 3:45

Re: Panther Users...! (kotak, kapsul, touring, grand touring

Post by sadeli98 »

mumpung lg bahas perseneleng dan sekitarnya, jadi mau nimbrung...

Kalau tongkatnya letoy alias kepleh itu penyebabnya apa ya?
apa hanya karena boss-nya yg seperti cincin itu yg udah aus?
soalnya kadang mau masuk gigi 3 ga taunya gigi 5. Tp hebatnya nih kucing g mbrebet apalagi mati mesin. :frm_tumbright:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Panther Users...! (kotak, kapsul, touring, grand touring

Post by jalu »

sadeli98 wrote:mumpung lg bahas perseneleng dan sekitarnya, jadi mau nimbrung...

Kalau tongkatnya letoy alias kepleh itu penyebabnya apa ya?
apa hanya karena boss-nya yg seperti cincin itu yg udah aus?
soalnya kadang mau masuk gigi 3 ga taunya gigi 5. Tp hebatnya nih kucing g mbrebet apalagi mati mesin. :frm_tumbright:
kemungkinan memang itu problemnya
coba dicek dulu, dan biasanya bush kit itu harganya tidak mahal, apalg sp part panther banyak pilihan kelas2 kualitasnya

mesin disel krn punya torsi kuat sehingga meski misgear tapi mesinnya masih mampu untuk menghela beban yg ada :D
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
VBTS
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Mon Apr 11, 2011 15:52

Re: Panther Users...! (kotak, kapsul, touring, grand touring

Post by VBTS »

@ om badak: tes kopling itu yang bagaimana? setau saya dicoba masuk gigi n lepas kopling perlahan sambil injek rem. apa yang seperti itu? saya cari tulisan om DOHC gak ketemu euy.
@ om jalu: kalo masalah bushing tongkat itu apa gejalanya seperti itu?
@ om mario: waktu jalan ada bunyi seperti gesekan.
@ om poetic: om bengkel panther yg rekomen di bdg dimana?
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Panther Users...! (kotak, kapsul, touring, grand touring

Post by BADAK »

Lho gak ketemu ya, wah aku jg lupa pernah dibahas dimana. Tapi intinya ya seperti itulah ngetest'nya. Apa udah dicoba om?
Kl bushing transmisi, setauku susah untuk masuk gigi. Mungkin master jalu bisa memberikan koreksi kl salah :ungg:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Panther Users...! (kotak, kapsul, touring, grand touring

Post by m4rio »

kalo bushing perseneling itu kalo bermasalah biasanya tingkat perseneling freeplaynya gede bgt, masuk gigi tapi tongkatnya gk diem, melainkan seperti balik ke NETRAL tapi posisi gigi tetep masuk 1. cuman tongkatnya aja yang gk mau diem di gigi yang kita masukin.
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Panther Users...! (kotak, kapsul, touring, grand touring

Post by poeticmind »

VBTS wrote: @ om poetic: om bengkel panther yg rekomen di bdg dimana?
bengkel diesel saya ga begitu hapal dimana yg bagus, tapi bisa ke bandung diesel jl. bypass, maju jaya diesel kircon.. atau bisa ke garasi saya... hehe!
Image
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Panther Users...! (kotak, kapsul, touring, grand touring

Post by BADAK »

@PM: om, sekali2 difotoin donk garasi nya biar kita2 yg jauh jg tau :ungg:
Koq kyk nya serba bisa geto yah :frm_salut:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Panther Users...! (kotak, kapsul, touring, grand touring

Post by poeticmind »

ada kok di foto gathering bandung, dak... garasinya kecil... cuma muat 4mobil doang. hahaha! :upss:
Image
VBTS
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Mon Apr 11, 2011 15:52

Re: Panther Users...! (kotak, kapsul, touring, grand touring

Post by VBTS »

@ om badak: udah dites om hasilnya mesin mobil mati n agak kejut maju dikit. kl sepengetahuan saya normal kalo kondisi gitu. CMIIW.
Sekarang kalo saya perhatiin waktu posisi netral jg ada bunyi gesekan, tapi kalo pedal kopling ditekan bunyi hilang. ada temen bilang kemungkinan masalah kopling mungkin dari druk laher. tapi y sekalian kerja mungkin lebih baik ganti kopling set y om.
@ om poetic: dimana garasinya om biar bisa mampir?
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Panther Users...! (kotak, kapsul, touring, grand touring

Post by doq »

BADAK wrote:@PM: om, sekali2 difotoin donk garasi nya biar kita2 yg jauh jg tau :ungg:
Koq kyk nya serba bisa geto yah :frm_salut:
garasi oom poetic bisa semua oom, mulai dari pasang LED sampe ganti BPKB dilayani semua :upss:
:ngacir:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Panther Users...! (kotak, kapsul, touring, grand touring

Post by poeticmind »

coba liat di profile oom.. ada di location. jl.cimandiri 28 B, gampang kok... itu ada di belakang gedung sate persis...
kalo mau saya cek dulu, free kok... ntar pengerjaan silahkan itu terserah oom mau dimana, bisa ke BeRes, atau bengkel2 yg saya bilang diatas.. atau di saya juga bisa, ga masalah. :)
Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Panther Users...! (kotak, kapsul, touring, grand touring

Post by poeticmind »

doq wrote:
BADAK wrote:@PM: om, sekali2 difotoin donk garasi nya biar kita2 yg jauh jg tau :ungg:
Koq kyk nya serba bisa geto yah :frm_salut:
garasi oom poetic bisa semua oom, mulai dari pasang LED sampe ganti BPKB dilayani semua :upss:
:ngacir:
sini sini... :big_slap:
Image
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Panther Users...! (kotak, kapsul, touring, grand touring

Post by doq »

:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
sadeli98
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Thu Apr 07, 2011 3:45

Re: Panther Users...! (kotak, kapsul, touring, grand touring

Post by sadeli98 »

VBTS wrote:@ om badak: udah dites om hasilnya mesin mobil mati n agak kejut maju dikit. kl sepengetahuan saya normal kalo kondisi gitu. CMIIW.
Sekarang kalo saya perhatiin waktu posisi netral jg ada bunyi gesekan, tapi kalo pedal kopling ditekan bunyi hilang. ada temen bilang kemungkinan masalah kopling mungkin dari druk laher. tapi y sekalian kerja mungkin lebih baik ganti kopling set y om.
@ om poetic: dimana garasinya om biar bisa mampir?
Saya juga coba tuh injek rem kopling dilepas. langsung ada bunyi kenceng. Ga taunya nabrak tembok depan :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Panther Users...! (kotak, kapsul, touring, grand touring

Post by BADAK »

sadeli98 wrote:
VBTS wrote:@ om badak: udah dites om hasilnya mesin mobil mati n agak kejut maju dikit. kl sepengetahuan saya normal kalo kondisi gitu. CMIIW.
Sekarang kalo saya perhatiin waktu posisi netral jg ada bunyi gesekan, tapi kalo pedal kopling ditekan bunyi hilang. ada temen bilang kemungkinan masalah kopling mungkin dari druk laher. tapi y sekalian kerja mungkin lebih baik ganti kopling set y om.
@ om poetic: dimana garasinya om biar bisa mampir?
Saya juga coba tuh injek rem kopling dilepas. langsung ada bunyi kenceng. Ga taunya nabrak tembok depan :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:
Huahahaha...kalo ini aku gak ikut2 deh :upss:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
VBTS
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Mon Apr 11, 2011 15:52

Re: Panther Users...! (kotak, kapsul, touring, grand touring

Post by VBTS »

akhirnya hari ini si kucing di opname 2 hari di bengkel deket kantor. jadi oh transmisi n ganti laher2 nya. dilihat dari kopling dan bushing masih bagus semua.
@ om poetic: sorry om gak sempet mampir ke garasinya karena tempat kerja jauh di tki.
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Panther Users...! (kotak, kapsul, touring, grand touring

Post by BADAK »

@VBTS: Ini yg dimaksud bearing di bagian mana? kalo di transmisi berarti needle bearing ya maksudnya? Sebenernya needle bearing ini jarang rusak kl gigi2 transmisi msh bagus.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Panther Users...! (kotak, kapsul, touring, grand touring

Post by jalu »

BADAK wrote:Lho gak ketemu ya, wah aku jg lupa pernah dibahas dimana. Tapi intinya ya seperti itulah ngetest'nya. Apa udah dicoba om?
Kl bushing transmisi, setauku susah untuk masuk gigi. Mungkin master jalu bisa memberikan koreksi kl salah :ungg:
m4rio wrote:kalo bushing perseneling itu kalo bermasalah biasanya tingkat perseneling freeplaynya gede bgt, masuk gigi tapi tongkatnya gk diem, melainkan seperti balik ke NETRAL tapi posisi gigi tetep masuk 1. cuman tongkatnya aja yang gk mau diem di gigi yang kita masukin.
CMIIW duluan

pada sistem tongkat transmisi manual, tentu ada "engsel/sendi/artikulasi" dr tongkat sampe ke rumah transmisinya/girbok...tujuan sendi2 tsb adalah sebagai penerus dan pengkonversi gerakan tongkat sampe ke girbok. Di sendi2 tsb disisipkan bushing yg umum disebut boss..tujuannya supaya gerakannya lbh smooth, minim bunyi dan memperkecil freeplay (umum disebut speleng)

kalo bushing tsb mulai aus, efeknya sudah keliatan yaitu freeplay membesar (selanjutnya lama2 bs oblak) akibatnya gerakan dr tongkat tidak bs diteruskan secara sempurna oleh sendi2 tsb sampe ke girbok, akibatnya gigi susah masuk... efek yg lainnya adalah gerakan tongkat jd kurang smooth dan kadang bunyi2

keausan bushing biasanya bertahap, gak langsung drastis...kalo udah mulai mulai aus mulai deh rada susah masuk gigi. keausan bushing pada satu sisinya umumnya menyebabkan gigi susah masuk pada gerakan yang sama2 dalam satu row (misal 1,3,5...atau 2,4,R). Kalo memang sudah dicek dan bushing ternyata aus, sebaiknya diganti dan gak mahal kok, selain itu kalo dibiarkan terus lama2 bs mengganggu kinerja girbok itu sendiri, krn proses pindah/masuk gigi gak mulus muncul bunyi grrekkkk...greekk.......nah udah kebayang kan itu bunyi apa ?? :D :D dan udah kebayang dong apa akibatnya :D :D

CMIIW lagi
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Panther Users...! (kotak, kapsul, touring, grand touring

Post by DOHC »

di panther mahhh bushing transmisi nya cuman satu... murah setau ane... gampang jg diganti nya.... kalo kopling bagus sehh musti nya ga masalah... kalo masalah di bushing nya sehh panther ane dulu jg perna ngalamin.. tapi ga kaya TS sehh... ga ampe ada bunyi gesekan sgala... cuman susah masuk gigi doank... pernah jg syncromesh nya diganti, ciri nya waktu itu kalo ane lagi netralin gigi ada bunyi kaya metal bergetar kenceng gt... ilang bunyi nya kalo ane masuk gigi... oh iya, masukin gigi nya jg susah tuh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
VBTS
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Mon Apr 11, 2011 15:52

Re: Panther Users...! (kotak, kapsul, touring, grand touring

Post by VBTS »

jalu wrote:
BADAK wrote:Lho gak ketemu ya, wah aku jg lupa pernah dibahas dimana. Tapi intinya ya seperti itulah ngetest'nya. Apa udah dicoba om?
Kl bushing transmisi, setauku susah untuk masuk gigi. Mungkin master jalu bisa memberikan koreksi kl salah :ungg:
m4rio wrote:kalo bushing perseneling itu kalo bermasalah biasanya tingkat perseneling freeplaynya gede bgt, masuk gigi tapi tongkatnya gk diem, melainkan seperti balik ke NETRAL tapi posisi gigi tetep masuk 1. cuman tongkatnya aja yang gk mau diem di gigi yang kita masukin.
CMIIW duluan

pada sistem tongkat transmisi manual, tentu ada "engsel/sendi/artikulasi" dr tongkat sampe ke rumah transmisinya/girbok...tujuan sendi2 tsb adalah sebagai penerus dan pengkonversi gerakan tongkat sampe ke girbok. Di sendi2 tsb disisipkan bushing yg umum disebut boss..tujuannya supaya gerakannya lbh smooth, minim bunyi dan memperkecil freeplay (umum disebut speleng)

kalo bushing tsb mulai aus, efeknya sudah keliatan yaitu freeplay membesar (selanjutnya lama2 bs oblak) akibatnya gerakan dr tongkat tidak bs diteruskan secara sempurna oleh sendi2 tsb sampe ke girbok, akibatnya gigi susah masuk... efek yg lainnya adalah gerakan tongkat jd kurang smooth dan kadang bunyi2

keausan bushing biasanya bertahap, gak langsung drastis...kalo udah mulai mulai aus mulai deh rada susah masuk gigi. keausan bushing pada satu sisinya umumnya menyebabkan gigi susah masuk pada gerakan yang sama2 dalam satu row (misal 1,3,5...atau 2,4,R). Kalo memang sudah dicek dan bushing ternyata aus, sebaiknya diganti dan gak mahal kok, selain itu kalo dibiarkan terus lama2 bs mengganggu kinerja girbok itu sendiri, krn proses pindah/masuk gigi gak mulus muncul bunyi grrekkkk...greekk.......nah udah kebayang kan itu bunyi apa ?? :D :D dan udah kebayang dong apa akibatnya :D :D

CMIIW lagi

om kalo untuk ganti bushing itu memang harus bongkar transmisi semua, kalo istilahnya tadi dibilangin belah gear box? om badak, mungkin tadi maksudnya kayak yg dibilang ma master jalu. maklum saya gak begitu ngerti :upss: :upss:
VBTS
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Mon Apr 11, 2011 15:52

Re: Panther Users...! (kotak, kapsul, touring, grand touring

Post by VBTS »

DOHC wrote:di panther mahhh bushing transmisi nya cuman satu... murah setau ane... gampang jg diganti nya.... kalo kopling bagus sehh musti nya ga masalah... kalo masalah di bushing nya sehh panther ane dulu jg perna ngalamin.. tapi ga kaya TS sehh... ga ampe ada bunyi gesekan sgala... cuman susah masuk gigi doank... pernah jg syncromesh nya diganti, ciri nya waktu itu kalo ane lagi netralin gigi ada bunyi kaya metal bergetar kenceng gt... ilang bunyi nya kalo ane masuk gigi... oh iya, masukin gigi nya jg susah tuh
nah kalo ini kalo netral ada bunyi seperti gesekan, sek....sek...sek gitu om. tapi kalo diinjak kopling hilang tapi kalo masuk gigi 2 dan 4 bunyi makin kenceng tapi kl gigi R dan bagian atas nggak.
yah ntar kalo udah ada yg digantiin, saya foto n upload disini.
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Panther Users...! (kotak, kapsul, touring, grand touring

Post by jalu »

VBTS : ganti bushing cukup di bongkar tongkat transmisi dan part2 pendukunya pak....ndak usah turun girboks koq :D
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby