BADAK wrote:Lho gak ketemu ya, wah aku jg lupa pernah dibahas dimana. Tapi intinya ya seperti itulah ngetest'nya. Apa udah dicoba om?
Kl bushing transmisi, setauku susah untuk masuk gigi. Mungkin master jalu bisa memberikan koreksi kl salah

m4rio wrote:kalo bushing perseneling itu kalo bermasalah biasanya tingkat perseneling freeplaynya gede bgt, masuk gigi tapi tongkatnya gk diem, melainkan seperti balik ke NETRAL tapi posisi gigi tetep masuk 1. cuman tongkatnya aja yang gk mau diem di gigi yang kita masukin.
CMIIW duluan
pada sistem tongkat transmisi manual, tentu ada "engsel/sendi/artikulasi" dr tongkat sampe ke rumah transmisinya/girbok...tujuan sendi2 tsb adalah sebagai penerus dan pengkonversi gerakan tongkat sampe ke girbok. Di sendi2 tsb disisipkan bushing yg umum disebut boss..tujuannya supaya gerakannya lbh smooth, minim bunyi dan memperkecil freeplay (umum disebut speleng)
kalo bushing tsb mulai aus, efeknya sudah keliatan yaitu freeplay membesar (selanjutnya lama2 bs oblak) akibatnya gerakan dr tongkat tidak bs diteruskan secara sempurna oleh sendi2 tsb sampe ke girbok, akibatnya gigi susah masuk... efek yg lainnya adalah gerakan tongkat jd kurang smooth dan kadang bunyi2
keausan bushing biasanya bertahap, gak langsung drastis...kalo udah mulai mulai aus mulai deh rada susah masuk gigi. keausan bushing pada satu sisinya umumnya menyebabkan gigi susah masuk pada gerakan yang sama2 dalam satu row (misal 1,3,5...atau 2,4,R). Kalo memang sudah dicek dan bushing ternyata aus, sebaiknya diganti dan gak mahal kok, selain itu kalo dibiarkan terus lama2 bs mengganggu kinerja girbok itu sendiri, krn proses pindah/masuk gigi gak mulus muncul bunyi grrekkkk...greekk.......nah udah kebayang kan itu bunyi apa ??

dan udah kebayang dong apa akibatnya
CMIIW lagi