Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
poeticmind wrote:
modifikasi ventilated dan alur melintang memang bagus, oom... tapi harap diingat, pengerjaan modifikasi selalu ada trial error.. ini sangat berbahaya, bisa membuat piringan disc pecah/belah.
kalo mau tetep dimodif, usahakan utk mencari tempat bubut yg rekomended... karena pengeboran dan pembuatan alur bukan sembarang membuat lubang dan pengikisan sepanjang disc, tetapi ada balancing setelahnya...
setelah dibalanced, nanti akan ketauan bagian mana yg tidak seimbang dan terakhir adalah pengecekan lubang2 ventilatednya... tidak boleh sampai ada yg cacat sekitar lubangnya... karena itu rentan belah jika pengereman (panas).
pengeboran dilakukan dengan sistem bor duduk atau komputerisasi dan disemprot dengan air (menjaga agar tidak terlalu panas saat pengeboran, yg dapat merusak struktur kekuatan besi disc)... kecepatan pengeboran pun sangat pelan rpm nya. Jika ini sempurna, oom bisa dapet discbrake keren... hehehehe!
overall, intinya pada pengerjaan di tukang bubut... ditanya aman? ya tetep ada resiko... selama oom percaya pada pengerjaan nya, silahkan.
wah...risky juga yah
mendingan langsung ganti disc yg memang aslinya sudah ventilated
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
poeticmind wrote:
modifikasi ventilated dan alur melintang memang bagus, oom... tapi harap diingat, pengerjaan modifikasi selalu ada trial error.. ini sangat berbahaya, bisa membuat piringan disc pecah/belah.
kalo mau tetep dimodif, usahakan utk mencari tempat bubut yg rekomended... karena pengeboran dan pembuatan alur bukan sembarang membuat lubang dan pengikisan sepanjang disc, tetapi ada balancing setelahnya...
setelah dibalanced, nanti akan ketauan bagian mana yg tidak seimbang dan terakhir adalah pengecekan lubang2 ventilatednya... tidak boleh sampai ada yg cacat sekitar lubangnya... karena itu rentan belah jika pengereman (panas).
pengeboran dilakukan dengan sistem bor duduk atau komputerisasi dan disemprot dengan air (menjaga agar tidak terlalu panas saat pengeboran, yg dapat merusak struktur kekuatan besi disc)... kecepatan pengeboran pun sangat pelan rpm nya. Jika ini sempurna, oom bisa dapet discbrake keren... hehehehe!
overall, intinya pada pengerjaan di tukang bubut... ditanya aman? ya tetep ada resiko... selama oom percaya pada pengerjaan nya, silahkan.
wah...risky juga yah
mendingan langsung ganti disc yg memang aslinya sudah ventilated
Bukan risky lagi om sama sekali ga recomended tuh soalnya emang piringannya di desain ga ventilated/alur kalo dipaksain dibuat ventilated/alur disc brake pasti materialnya (disc brake) akan jauh berkurang kekuatannya dan jadi "bom waktu" aja (tanya anak teknik material )..seperfect2nya pengerjaan ga sebanding ama resikonya ..yang bener ganti aja disc brake after market om..
poeticmind wrote:
modifikasi ventilated dan alur melintang memang bagus, oom... tapi harap diingat, pengerjaan modifikasi selalu ada trial error.. ini sangat berbahaya, bisa membuat piringan disc pecah/belah.
kalo mau tetep dimodif, usahakan utk mencari tempat bubut yg rekomended... karena pengeboran dan pembuatan alur bukan sembarang membuat lubang dan pengikisan sepanjang disc, tetapi ada balancing setelahnya...
setelah dibalanced, nanti akan ketauan bagian mana yg tidak seimbang dan terakhir adalah pengecekan lubang2 ventilatednya... tidak boleh sampai ada yg cacat sekitar lubangnya... karena itu rentan belah jika pengereman (panas).
pengeboran dilakukan dengan sistem bor duduk atau komputerisasi dan disemprot dengan air (menjaga agar tidak terlalu panas saat pengeboran, yg dapat merusak struktur kekuatan besi disc)... kecepatan pengeboran pun sangat pelan rpm nya. Jika ini sempurna, oom bisa dapet discbrake keren... hehehehe!
overall, intinya pada pengerjaan di tukang bubut... ditanya aman? ya tetep ada resiko... selama oom percaya pada pengerjaan nya, silahkan.
wah...risky juga yah
mendingan langsung ganti disc yg memang aslinya sudah ventilated
iya, ada kok merek tertentu aftermarket yg tidak terlalu mahal... sudah ventilated dan kualitasnya cukup oke utk pemakaian street racing.
utk santi? hehehe... pake aja punya mitsu.
Semalam baru sempat baca buku manual lebih detail. Ternyata jeng Vina seharusnya minum bensin oktan diatas 91 alias pertamax/shell super. Rupanya kompresi mesinnya tinggi. Pantas aja ada user yang ngeluh mesinnya ngelitik setelah 2 tahun pakai premium. Pastinya ud banyak arang numpuk di ruang bakar.
Tapi setelah ane baca postingan user lain yang konsumsi bbmnya lebih boros setelah pakai shell, ane jadi ragu nih. Tolong dong share pengalaman om2 & tante2 lain tentang bbm jeng Vina
3mul wrote:Semalam baru sempat baca buku manual lebih detail. Ternyata jeng Vina seharusnya minum bensin oktan diatas 91 alias pertamax/shell super. Rupanya kompresi mesinnya tinggi. Pantas aja ada user yang ngeluh mesinnya ngelitik setelah 2 tahun pakai premium. Pastinya ud banyak arang numpuk di ruang bakar.
Tapi setelah ane baca postingan user lain yang konsumsi bbmnya lebih boros setelah pakai shell, ane jadi ragu nih. Tolong dong share pengalaman om2 & tante2 lain tentang bbm jeng Vina
PS: sori kalau ud ada yg bahas
hehehe gini... pabrikan menyetel pembakaran utk premium... jadi sewaktu rubah ke pertamax seharusnya minta bengkel langganan atau Bengkel resmi utk menyesuaikan dengan bbm yg digunakan. kalo langsung ganti ya... memang kerasa agak boros.
3mul wrote:Semalam baru sempat baca buku manual lebih detail. Ternyata jeng Vina seharusnya minum bensin oktan diatas 91 alias pertamax/shell super. Rupanya kompresi mesinnya tinggi. Pantas aja ada user yang ngeluh mesinnya ngelitik setelah 2 tahun pakai premium. Pastinya ud banyak arang numpuk di ruang bakar.
Tapi setelah ane baca postingan user lain yang konsumsi bbmnya lebih boros setelah pakai shell, ane jadi ragu nih. Tolong dong share pengalaman om2 & tante2 lain tentang bbm jeng Vina
PS: sori kalau ud ada yg bahas
sudah setahun ini memakai premium, tidak ada gejala menggelitik sama sekali, kalau lihat fuel meter-trip meter sih konsumsi sekitar 1:13-15an utk dalam kota. Nanti pengisian berikut baru ane bisa kasih penghitungan yg lebih akurat.
Oms, mau nanya lagi dong..
Setelah masalah aki beres dg diganti akinya, sekarang ac-nya yg ngambek, cuma keluar angin tapi gak dingin..gw liat sikring ac yg di deket setir masih bagus..kata temen suruh cek relay acnya..cuma gw gak tau posisi relaynya dimana..ada yg bisa kasih petunjuk posisi relaynya?
Thanks b4
cek tombol AC di panel on tidak? jangan2 off... ya ga dingin..itu hanya blower saja yg jalan.
jika sudah on, cek kompresor diruang mesin bekerja atau tidak, jika bekerja artinya ada kebocoran... biasanya di kondensor depan terkena batu kecil pas jalan di tol.
relay AC ada di ruang mesin, cari kotak hitam dekat aki (biasanya), di bagian kotaknya ada bacaan kedudukan relay... nah coba lihat mungkin longgar. jarang relaynya rusak..
poeticmind wrote:hehehe gini... pabrikan menyetel pembakaran utk premium... jadi sewaktu rubah ke pertamax seharusnya minta bengkel langganan atau Bengkel resmi utk menyesuaikan dengan bbm yg digunakan. kalo langsung ganti ya... memang kerasa agak boros.
Ooooh gitu.... Lucu juga ya, setelan pabrik ga sesuai dgn buku manual.
Tapi biarpun pake premium, mesin GL tetep
gluserpwt wrote:Oms, mau nanya lagi dong..
Setelah masalah aki beres dg diganti akinya, sekarang ac-nya yg ngambek, cuma keluar angin tapi gak dingin..gw liat sikring ac yg di deket setir masih bagus..kata temen suruh cek relay acnya..cuma gw gak tau posisi relaynya dimana..ada yg bisa kasih petunjuk posisi relaynya?
Thanks b4
Om kalo mobil masih garansi bawa aja ke BERES lgsg dicheck biasanya kalo ga freon habis evap bocor..kalo garansi diganti gratis-ris..Kalo garansi sudah habis tapi belom lama coba agak ngotot dikit ngadep ke kabeng biasanya lgsg diiyakan buat ganti..
freon teorinya ga boleh habis... kalo habis artinya bocor. jadi kalo hanya nambah freon, tetep pasti ada yg ga benar... ntah itu sambungan ada yg bocor atau ada bocor halus di evap atau kondensor.
kebocoran juga bisa terjadi karena tekanan freon, disebabkan oleh bbrapa komponen yg fault (gagal produksi), dan ini wajar... dari sejuta produksi, kadang ada saja yg fault.
poeticmind wrote:cek tombol AC di panel on tidak? jangan2 off... ya ga dingin..itu hanya blower saja yg jalan.
jika sudah on, cek kompresor diruang mesin bekerja atau tidak, jika bekerja artinya ada kebocoran... biasanya di kondensor depan terkena batu kecil pas jalan di tol.
relay AC ada di ruang mesin, cari kotak hitam dekat aki (biasanya), di bagian kotaknya ada bacaan kedudukan relay... nah coba lihat mungkin longgar. jarang relaynya rusak..
Om, tombol ac yg dipanel yg dimaksud yg mana ya? Gw biasanya main di puteran yg atur kekencengan blow (yg ada angka 1 - 4) & coolingnya (yg biru - merah)..
poeticmind wrote:cek tombol AC di panel on tidak? jangan2 off... ya ga dingin..itu hanya blower saja yg jalan.
jika sudah on, cek kompresor diruang mesin bekerja atau tidak, jika bekerja artinya ada kebocoran... biasanya di kondensor depan terkena batu kecil pas jalan di tol.
relay AC ada di ruang mesin, cari kotak hitam dekat aki (biasanya), di bagian kotaknya ada bacaan kedudukan relay... nah coba lihat mungkin longgar. jarang relaynya rusak..
Om, tombol ac yg dipanel yg dimaksud yg mana ya? Gw biasanya main di puteran yg atur kekencengan blow (yg ada angka 1 - 4) & coolingnya (yg biru - merah)..
GL ga pake tombol on/off bro, tapi on/off nya adalah yg kenop putar (bar biru) kalo diputer mentok ke kiri yg ada tulisan OFF maka kompressor AC ga bekerja
poeticmind wrote:freon teorinya ga boleh habis... kalo habis artinya bocor. jadi kalo hanya nambah freon, tetep pasti ada yg ga benar... ntah itu sambungan ada yg bocor atau ada bocor halus di evap atau kondensor.
kebocoran juga bisa terjadi karena tekanan freon, disebabkan oleh bbrapa komponen yg fault (gagal produksi), dan ini wajar... dari sejuta produksi, kadang ada saja yg fault.
Bukan freon bisa berkurang ya om seiring pemakaian mobil..Kalo habis total sih enggak (kecuali ada yg bocor) berkurang sih bisa..Kayak GL ane tuh ditambah freon udang setengah tahun ini masih dingin sampe skrg..
Ga ada yg tanya tapi mau kasih tau, bagiku AC ga terlalu penting soale aku pakai AC kalau pas hujan saja, kalau ga hujan ya ga di pakai soale ane kalau nyetir sambil merokok.
oo ok om, berarti emang ada masalah dg ac gw, soalnya dah coba diputer2 bbrapa posisi tetep angin yg keluar gak dingin..mungkin ada yg mampet di ac-nya, atau ekspansinya dah rusak kali ya..
poeticmind wrote:cek tombol AC di panel on tidak? jangan2 off... ya ga dingin..itu hanya blower saja yg jalan.
jika sudah on, cek kompresor diruang mesin bekerja atau tidak, jika bekerja artinya ada kebocoran... biasanya di kondensor depan terkena batu kecil pas jalan di tol.
relay AC ada di ruang mesin, cari kotak hitam dekat aki (biasanya), di bagian kotaknya ada bacaan kedudukan relay... nah coba lihat mungkin longgar. jarang relaynya rusak..
Om, tombol ac yg dipanel yg dimaksud yg mana ya? Gw biasanya main di puteran yg atur kekencengan blow (yg ada angka 1 - 4) & coolingnya (yg biru - merah)..
GL ga pake tombol on/off bro, tapi on/off nya adalah yg kenop putar (bar biru) kalo diputer mentok ke kiri yg ada tulisan OFF maka kompressor AC ga bekerja