Grand Livina Users..! - PART 04

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by imsus2c »

poeticmind wrote: modifikasi ventilated dan alur melintang memang bagus, oom... tapi harap diingat, pengerjaan modifikasi selalu ada trial error.. ini sangat berbahaya, bisa membuat piringan disc pecah/belah.
kalo mau tetep dimodif, usahakan utk mencari tempat bubut yg rekomended... karena pengeboran dan pembuatan alur bukan sembarang membuat lubang dan pengikisan sepanjang disc, tetapi ada balancing setelahnya...
setelah dibalanced, nanti akan ketauan bagian mana yg tidak seimbang dan terakhir adalah pengecekan lubang2 ventilatednya... tidak boleh sampai ada yg cacat sekitar lubangnya... karena itu rentan belah jika pengereman (panas).
pengeboran dilakukan dengan sistem bor duduk atau komputerisasi dan disemprot dengan air (menjaga agar tidak terlalu panas saat pengeboran, yg dapat merusak struktur kekuatan besi disc)... kecepatan pengeboran pun sangat pelan rpm nya. Jika ini sempurna, oom bisa dapet discbrake keren... hehehehe!

overall, intinya pada pengerjaan di tukang bubut... ditanya aman? ya tetep ada resiko... selama oom percaya pada pengerjaan nya, silahkan. :)
wah...risky juga yah :e-think:

mendingan langsung ganti disc yg memang aslinya sudah ventilated :e-whistle:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by aldy »

imsus2c wrote:
poeticmind wrote: modifikasi ventilated dan alur melintang memang bagus, oom... tapi harap diingat, pengerjaan modifikasi selalu ada trial error.. ini sangat berbahaya, bisa membuat piringan disc pecah/belah.
kalo mau tetep dimodif, usahakan utk mencari tempat bubut yg rekomended... karena pengeboran dan pembuatan alur bukan sembarang membuat lubang dan pengikisan sepanjang disc, tetapi ada balancing setelahnya...
setelah dibalanced, nanti akan ketauan bagian mana yg tidak seimbang dan terakhir adalah pengecekan lubang2 ventilatednya... tidak boleh sampai ada yg cacat sekitar lubangnya... karena itu rentan belah jika pengereman (panas).
pengeboran dilakukan dengan sistem bor duduk atau komputerisasi dan disemprot dengan air (menjaga agar tidak terlalu panas saat pengeboran, yg dapat merusak struktur kekuatan besi disc)... kecepatan pengeboran pun sangat pelan rpm nya. Jika ini sempurna, oom bisa dapet discbrake keren... hehehehe!

overall, intinya pada pengerjaan di tukang bubut... ditanya aman? ya tetep ada resiko... selama oom percaya pada pengerjaan nya, silahkan. :)
wah...risky juga yah :e-think:

mendingan langsung ganti disc yg memang aslinya sudah ventilated :e-whistle:
Bukan risky lagi om sama sekali ga recomended tuh soalnya emang piringannya di desain ga ventilated/alur kalo dipaksain dibuat ventilated/alur disc brake pasti materialnya (disc brake) akan jauh berkurang kekuatannya dan jadi "bom waktu" aja (tanya anak teknik material :mrgreen: )..seperfect2nya pengerjaan ga sebanding ama resikonya :frm_bang_head: :frm_bang_head:..yang bener ganti aja disc brake after market om.. :mrgreen:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
tukang sapu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Tue Apr 24, 2007 0:57

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by tukang sapu »

Setuju sama aldy, mendingan beli yg aslinya udah begitu dan jangan di modif2, resiko tinggi soalnya itu rem bukan aksesoris.
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by poeticmind »

imsus2c wrote:
poeticmind wrote: modifikasi ventilated dan alur melintang memang bagus, oom... tapi harap diingat, pengerjaan modifikasi selalu ada trial error.. ini sangat berbahaya, bisa membuat piringan disc pecah/belah.
kalo mau tetep dimodif, usahakan utk mencari tempat bubut yg rekomended... karena pengeboran dan pembuatan alur bukan sembarang membuat lubang dan pengikisan sepanjang disc, tetapi ada balancing setelahnya...
setelah dibalanced, nanti akan ketauan bagian mana yg tidak seimbang dan terakhir adalah pengecekan lubang2 ventilatednya... tidak boleh sampai ada yg cacat sekitar lubangnya... karena itu rentan belah jika pengereman (panas).
pengeboran dilakukan dengan sistem bor duduk atau komputerisasi dan disemprot dengan air (menjaga agar tidak terlalu panas saat pengeboran, yg dapat merusak struktur kekuatan besi disc)... kecepatan pengeboran pun sangat pelan rpm nya. Jika ini sempurna, oom bisa dapet discbrake keren... hehehehe!

overall, intinya pada pengerjaan di tukang bubut... ditanya aman? ya tetep ada resiko... selama oom percaya pada pengerjaan nya, silahkan. :)
wah...risky juga yah :e-think:

mendingan langsung ganti disc yg memang aslinya sudah ventilated :e-whistle:
iya, ada kok merek tertentu aftermarket yg tidak terlalu mahal... sudah ventilated dan kualitasnya cukup oke utk pemakaian street racing.
utk santi? hehehe... pake aja punya mitsu. :)
Image
tukang sapu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Tue Apr 24, 2007 0:57

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by tukang sapu »

ada kabar baru nih toyotaman sudah merambah kaskus euy, sama ngototnya dia.
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 615
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by 3mul »

Semalam baru sempat baca buku manual lebih detail. Ternyata jeng Vina seharusnya minum bensin oktan diatas 91 alias pertamax/shell super. Rupanya kompresi mesinnya tinggi. Pantas aja ada user yang ngeluh mesinnya ngelitik setelah 2 tahun pakai premium. Pastinya ud banyak arang numpuk di ruang bakar.
Tapi setelah ane baca postingan user lain yang konsumsi bbmnya lebih boros setelah pakai shell, ane jadi ragu nih. Tolong dong share pengalaman om2 & tante2 lain tentang bbm jeng Vina :ungg:

PS: sori kalau ud ada yg bahas :big_peace:
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by poeticmind »

3mul wrote:... Ternyata jeng Vina seharusnya minum bensin oktan diatas 91 alias pertamax/shell super....
minum? aduh... kasian bener vina... :upss:


... :ngacir:
Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by poeticmind »

3mul wrote:Semalam baru sempat baca buku manual lebih detail. Ternyata jeng Vina seharusnya minum bensin oktan diatas 91 alias pertamax/shell super. Rupanya kompresi mesinnya tinggi. Pantas aja ada user yang ngeluh mesinnya ngelitik setelah 2 tahun pakai premium. Pastinya ud banyak arang numpuk di ruang bakar.
Tapi setelah ane baca postingan user lain yang konsumsi bbmnya lebih boros setelah pakai shell, ane jadi ragu nih. Tolong dong share pengalaman om2 & tante2 lain tentang bbm jeng Vina :ungg:

PS: sori kalau ud ada yg bahas :big_peace:
hehehe gini... pabrikan menyetel pembakaran utk premium... jadi sewaktu rubah ke pertamax seharusnya minta bengkel langganan atau Bengkel resmi utk menyesuaikan dengan bbm yg digunakan. kalo langsung ganti ya... memang kerasa agak boros. :)
Image
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by aldy »

tukang sapu wrote:ada kabar baru nih toyotaman sudah merambah kaskus euy, sama ngototnya dia.
gpp om tar kalo udah "kelewatan" paling dilaporin hansip ama dikasih bata merah.. :big_peace: :big_peace:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
tukang sapu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Tue Apr 24, 2007 0:57

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by tukang sapu »

3mul wrote:Semalam baru sempat baca buku manual lebih detail. Ternyata jeng Vina seharusnya minum bensin oktan diatas 91 alias pertamax/shell super. Rupanya kompresi mesinnya tinggi. Pantas aja ada user yang ngeluh mesinnya ngelitik setelah 2 tahun pakai premium. Pastinya ud banyak arang numpuk di ruang bakar.
Tapi setelah ane baca postingan user lain yang konsumsi bbmnya lebih boros setelah pakai shell, ane jadi ragu nih. Tolong dong share pengalaman om2 & tante2 lain tentang bbm jeng Vina :ungg:

PS: sori kalau ud ada yg bahas :big_peace:
sudah setahun ini memakai premium, tidak ada gejala menggelitik sama sekali, kalau lihat fuel meter-trip meter sih konsumsi sekitar 1:13-15an utk dalam kota. Nanti pengisian berikut baru ane bisa kasih penghitungan yg lebih akurat.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by DOHC »

aldy wrote:
tukang sapu wrote:ada kabar baru nih toyotaman sudah merambah kaskus euy, sama ngototnya dia.
gpp om tar kalo udah "kelewatan" paling dilaporin hansip ama dikasih bata merah.. :big_peace: :big_peace:
biar kata ud di forum sebelah... tp tetep aja banci.. brani nya bacot2 mostly cuman di tret nya merek kesayangan dia doank...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
gluserpwt
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Tue Feb 22, 2011 5:17

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by gluserpwt »

Oms, mau nanya lagi dong..
Setelah masalah aki beres dg diganti akinya, sekarang ac-nya yg ngambek, cuma keluar angin tapi gak dingin..gw liat sikring ac yg di deket setir masih bagus..kata temen suruh cek relay acnya..cuma gw gak tau posisi relaynya dimana..ada yg bisa kasih petunjuk posisi relaynya?
Thanks b4
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by poeticmind »

cek tombol AC di panel on tidak? jangan2 off... ya ga dingin..itu hanya blower saja yg jalan.
jika sudah on, cek kompresor diruang mesin bekerja atau tidak, jika bekerja artinya ada kebocoran... biasanya di kondensor depan terkena batu kecil pas jalan di tol.
relay AC ada di ruang mesin, cari kotak hitam dekat aki (biasanya), di bagian kotaknya ada bacaan kedudukan relay... nah coba lihat mungkin longgar. jarang relaynya rusak..
Image
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10470
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by ak4ng »

:big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 615
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by 3mul »

poeticmind wrote:hehehe gini... pabrikan menyetel pembakaran utk premium... jadi sewaktu rubah ke pertamax seharusnya minta bengkel langganan atau Bengkel resmi utk menyesuaikan dengan bbm yg digunakan. kalo langsung ganti ya... memang kerasa agak boros. :)
Ooooh gitu.... Lucu juga ya, setelan pabrik ga sesuai dgn buku manual.
Tapi biarpun pake premium, mesin GL tetep :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by aldy »

gluserpwt wrote:Oms, mau nanya lagi dong..
Setelah masalah aki beres dg diganti akinya, sekarang ac-nya yg ngambek, cuma keluar angin tapi gak dingin..gw liat sikring ac yg di deket setir masih bagus..kata temen suruh cek relay acnya..cuma gw gak tau posisi relaynya dimana..ada yg bisa kasih petunjuk posisi relaynya?
Thanks b4
Om kalo mobil masih garansi bawa aja ke BERES lgsg dicheck biasanya kalo ga freon habis evap bocor..kalo garansi diganti gratis-ris..Kalo garansi sudah habis tapi belom lama coba agak ngotot dikit ngadep ke kabeng biasanya lgsg diiyakan buat ganti.. :mrgreen: :frm_tumbright:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by poeticmind »

freon teorinya ga boleh habis... kalo habis artinya bocor. jadi kalo hanya nambah freon, tetep pasti ada yg ga benar... ntah itu sambungan ada yg bocor atau ada bocor halus di evap atau kondensor.
kebocoran juga bisa terjadi karena tekanan freon, disebabkan oleh bbrapa komponen yg fault (gagal produksi), dan ini wajar... dari sejuta produksi, kadang ada saja yg fault.
Image
gluserpwt
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Tue Feb 22, 2011 5:17

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by gluserpwt »

poeticmind wrote:cek tombol AC di panel on tidak? jangan2 off... ya ga dingin..itu hanya blower saja yg jalan.
jika sudah on, cek kompresor diruang mesin bekerja atau tidak, jika bekerja artinya ada kebocoran... biasanya di kondensor depan terkena batu kecil pas jalan di tol.
relay AC ada di ruang mesin, cari kotak hitam dekat aki (biasanya), di bagian kotaknya ada bacaan kedudukan relay... nah coba lihat mungkin longgar. jarang relaynya rusak..
Om, tombol ac yg dipanel yg dimaksud yg mana ya? Gw biasanya main di puteran yg atur kekencengan blow (yg ada angka 1 - 4) & coolingnya (yg biru - merah)..
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by Hansen »

gluserpwt wrote:
poeticmind wrote:cek tombol AC di panel on tidak? jangan2 off... ya ga dingin..itu hanya blower saja yg jalan.
jika sudah on, cek kompresor diruang mesin bekerja atau tidak, jika bekerja artinya ada kebocoran... biasanya di kondensor depan terkena batu kecil pas jalan di tol.
relay AC ada di ruang mesin, cari kotak hitam dekat aki (biasanya), di bagian kotaknya ada bacaan kedudukan relay... nah coba lihat mungkin longgar. jarang relaynya rusak..
Om, tombol ac yg dipanel yg dimaksud yg mana ya? Gw biasanya main di puteran yg atur kekencengan blow (yg ada angka 1 - 4) & coolingnya (yg biru - merah)..
GL ga pake tombol on/off bro, tapi on/off nya adalah yg kenop putar (bar biru) kalo diputer mentok ke kiri yg ada tulisan OFF maka kompressor AC ga bekerja

CMIIW :e-pray:
Image
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by aldy »

poeticmind wrote:freon teorinya ga boleh habis... kalo habis artinya bocor. jadi kalo hanya nambah freon, tetep pasti ada yg ga benar... ntah itu sambungan ada yg bocor atau ada bocor halus di evap atau kondensor.
kebocoran juga bisa terjadi karena tekanan freon, disebabkan oleh bbrapa komponen yg fault (gagal produksi), dan ini wajar... dari sejuta produksi, kadang ada saja yg fault.
Bukan freon bisa berkurang ya om seiring pemakaian mobil..Kalo habis total sih enggak (kecuali ada yg bocor) berkurang sih bisa..Kayak GL ane tuh ditambah freon udang setengah tahun ini masih dingin sampe skrg..
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
Lucky11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 592
Joined: Wed Jan 12, 2011 6:09
Location: Jalan Rusak ? ? ?

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by Lucky11 »

Ga ada yg tanya tapi mau kasih tau, bagiku AC ga terlalu penting soale aku pakai AC kalau pas hujan saja, kalau ga hujan ya ga di pakai soale ane kalau nyetir sambil merokok.
Dilarang Merokok Kecuali Perlu!
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by doq »

wahhh oom lucky pasti ga tinggal di jkt nihh :e-think:
di sini pake mobil tanpa ac pasti kacau oom, bisa2 batal meeting/ketemu orang gara2 kucel+bau :mrgreen: :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
Lucky11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 592
Joined: Wed Jan 12, 2011 6:09
Location: Jalan Rusak ? ? ?

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by Lucky11 »

Ane orang brebes om doq, jalan sih ga macet cuma lobang jalannya bisa buat piara lele.
Dilarang Merokok Kecuali Perlu!
gluserpwt
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Tue Feb 22, 2011 5:17

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by gluserpwt »

oo ok om, berarti emang ada masalah dg ac gw, soalnya dah coba diputer2 bbrapa posisi tetep angin yg keluar gak dingin..mungkin ada yg mampet di ac-nya, atau ekspansinya dah rusak kali ya..
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by poeticmind »

Hansen wrote:
gluserpwt wrote:
poeticmind wrote:cek tombol AC di panel on tidak? jangan2 off... ya ga dingin..itu hanya blower saja yg jalan.
jika sudah on, cek kompresor diruang mesin bekerja atau tidak, jika bekerja artinya ada kebocoran... biasanya di kondensor depan terkena batu kecil pas jalan di tol.
relay AC ada di ruang mesin, cari kotak hitam dekat aki (biasanya), di bagian kotaknya ada bacaan kedudukan relay... nah coba lihat mungkin longgar. jarang relaynya rusak..
Om, tombol ac yg dipanel yg dimaksud yg mana ya? Gw biasanya main di puteran yg atur kekencengan blow (yg ada angka 1 - 4) & coolingnya (yg biru - merah)..
GL ga pake tombol on/off bro, tapi on/off nya adalah yg kenop putar (bar biru) kalo diputer mentok ke kiri yg ada tulisan OFF maka kompressor AC ga bekerja

CMIIW :e-pray:
oh ya ga ada ya... maklum ingetnya xtrail. hehe! :ungg:
Image