Risol1 wrote:
Model yg manapun sih sebenernya terserah sesuai selera/kebutuhan aja.
Kalo ane yg demennya mobil bertenaga (apalagi kalo ambil yg matik) cenderung ambil 300E.
Kalo mao yg lebih irit tapi lebih sluggish, ambil yg 230E. Kalo bisa sih jangan ambil yg tipe 200 karena masih pake karburator.
Juga W124 yg beredar disini itu lebih dari 80% pake manual transmission, jadi nyari yg matik agak susah. Musti kompromi sama manual kalo mao cepet dapetnya (Sebenernya kalo tinggal di daerah gak macet enak juga pake manual).
Tips aja nih: Kalo mao beli W124 gak usah terlalu liat tahunnya lagi karena udah sama2 lawas (thn 92 vs 90 vs 91 apa bedanya lagi sih?

)
Misalnya kalo ada W124 thn 91 kondisi lebih bagus daripada W124 thn 92 dengan harga sama, ambil yg thn 91 karena:
1. kondisi lebih bagus biasanya berarti rawatnya lebih gak repot.
2. resale value mobil2 diatas 20 thn (kalo mas wong mao jual lagi) biasanya lebih didasari oleh kondisi, bukan tahun lagi.
3. Kalo takut mobil lebih tua = lebih rewel, apa sih bedanya mobil umur 20 thn dengan umur 19 thn?
Sebelum beli dan supaya gak gampang ketipu, mulai pantau aja om forum2 W124 atau datengin klub2 W124 (banyak nih pasti klubnya).
Cari tau:
1. apa penyakit2 umumnya?
2. benerinnya dimana? dan mahal ngga? (kalo parts sih ane bilang banyak). W124 kalo mao murah jangan selalu dibawa ke beres buat servis/betulinnya kalo rusak, bawa ke bengkel2 spesialis W124 (cari tau info ini dari forum/klub).
setelah kurang lebih familiar sama penyakit2 nya ni mobil, pikir lagi: masih pengen ngga?
Kalo engga cari mobil lain (tapi ganti kriteria pemilihan mobil), kalo yakin sama ni mobil, langsung hunting hehehe....
Uda om, ane uda tanya2 di kaskus("W124 only thread") di sana ada mas Handy, ahli sekaligus pedagang boxer sama part2nya. Tapi saya pernah nanyanya kepanjangan disuruh nelpon aja, tapi dasarnya kere ga punya pulsa yaudah, hehe
Jadi kalo nanya panjang2 di sini aja
Oh ya, saya sudah teracuni boxer stadium 4, jadi jangan coba kasih racun ecek2 ya..
BTT,
sebenernya saya pengen yang agak irit, tapi pengen juga matik, gimana nih mas?
dengan budget segitu(70-80) hanya ada 2 pilihan terbaik sepertinya
1. E220 th 93-94 manual, bensin agak iritan, mesin 4clyn 2300cc, agak boyo, uda pake ECU
2. E320 th 91 automatic, bensin lebih boros, mesin 6clyn 3000cc, ngaciirr, masih pake Jet tronic
dari mas Handy sendiri kasih saran buat ambil yang matic n 6clyn karena boxer baru kerasa boxernya(electric seat, krey, lamp wiper,dll) kalo yang matic and mesin 6clyn, power ro weight rationya lebih bagus. gitu.
Yang saya tanyakan lebih worth mana?? terutama buat pemakain yang jarang/bukan harian
E220 perawatan lebih rumit dan agak mahal karena uda peke ECU, tapi bensin lebih irit, tapi manual(kata mas handy manual itu cuma nyampe 5 tahunan masa pakenya dan relarif lebih rewel dari maric, kalo ganti harus 1set, dan harganya kurang lebih 4 jutaan )
300E masih pale jet tronic lebih less maintenace, tapi bensin agak boros, tapi matik(kata mas handy lebih low maintenance, masa pakai bisa sampai 20 tahun lebih, n gantinya bisa piece by piece(kalo ganti semua paling mahal 8juta) dan ga mahal)
