bunuh diri ala Mesin Diesel
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 646
- Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
- Location: Surabaya
bunuh diri ala Mesin Diesel
rekan SM, aku baru dapet pengetahuan menarik, kebetulan Panther pikap dari Denpasar akhirnya kembali lagi ke Surabaya setelah disiksa habis habisan di sana, nah waktu itu aku iseng bersihin filter udara, ya ampun kaya bersihin ayakan semen aja itu debu kaya pasir bangunan ha7x,
terus supir aku bilang mesin diesel itu bisa kadang kadang nge-Gas sendiri, walapun kunci kontak udah dilepas, dan biasanya kalau ngengas kaya gitu, itu kaya full throttle dan suaranya ama asapnya udah ndak bisa dinilai pakai akal, dia akan terus gitu ampe smua oli di dalem habis dan mesin tersebut rusak parah alias pecah karena rev terus ampe melebihi batras maximalnya
trus karena penasaran dan lagi jatuh cinta ama diesel, aku cari di google dan nemu, nama penyakitnya runaway diesel engine, kaya istolahnya dia minggat untuk mati gitu,
ini bisa terjadi karena mesin diesel akan mati begitu maytikan kontak karena sumber bahan bakar diputus untuk memasuki ruang pembakaran( kalau salah mohon tolong dibetulin Sepuh SM), nah masalahnya begitu ada sumber bahan bakar lain yang dapat memicu dan dia masuk ruang pembakaran, dia langsung ogah mati alias langsung nyaut ke sumber bahan bakar itu, sumber bahan bakar yang lain bisa aja ceceran oli yang mampir ke intake atau uap oli dari ring piston yang udah afkir, atau bisa juga karena mesin disel revnya dengan mengatur suplai bahan bakar, maka suplai bahan bakar yang tidak beraturan juga dapat memicu hal seperti ini, yang punya diesel turbo, seal olinya juga bisa jadi biang keladi, serta kepenuhan mengisil oli sehingga menimbulkan uap oli yang menjadi sumber bahan bakar yang menylut kejadian ini
untuk jelasnya ini sumber link yang menjelskan kronologi dan apa yang harus dilakukan begitu hal ini terjadi
http://en.wikipedia.org/wiki/Diesel_engine_runaway
http://www.peachparts.com/Wikka/RunAwayDiesel
terus supir aku bilang mesin diesel itu bisa kadang kadang nge-Gas sendiri, walapun kunci kontak udah dilepas, dan biasanya kalau ngengas kaya gitu, itu kaya full throttle dan suaranya ama asapnya udah ndak bisa dinilai pakai akal, dia akan terus gitu ampe smua oli di dalem habis dan mesin tersebut rusak parah alias pecah karena rev terus ampe melebihi batras maximalnya
trus karena penasaran dan lagi jatuh cinta ama diesel, aku cari di google dan nemu, nama penyakitnya runaway diesel engine, kaya istolahnya dia minggat untuk mati gitu,
ini bisa terjadi karena mesin diesel akan mati begitu maytikan kontak karena sumber bahan bakar diputus untuk memasuki ruang pembakaran( kalau salah mohon tolong dibetulin Sepuh SM), nah masalahnya begitu ada sumber bahan bakar lain yang dapat memicu dan dia masuk ruang pembakaran, dia langsung ogah mati alias langsung nyaut ke sumber bahan bakar itu, sumber bahan bakar yang lain bisa aja ceceran oli yang mampir ke intake atau uap oli dari ring piston yang udah afkir, atau bisa juga karena mesin disel revnya dengan mengatur suplai bahan bakar, maka suplai bahan bakar yang tidak beraturan juga dapat memicu hal seperti ini, yang punya diesel turbo, seal olinya juga bisa jadi biang keladi, serta kepenuhan mengisil oli sehingga menimbulkan uap oli yang menjadi sumber bahan bakar yang menylut kejadian ini
untuk jelasnya ini sumber link yang menjelskan kronologi dan apa yang harus dilakukan begitu hal ini terjadi
http://en.wikipedia.org/wiki/Diesel_engine_runaway
http://www.peachparts.com/Wikka/RunAwayDiesel
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: bunuh diri ala Mesin Diesel
sungguh mengerikan... mesin diesel bisa bunuh diri yaa...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: bunuh diri ala Mesin Diesel
Ini maksudnya "kadang2 bisa nge-gas sendiri" tuh apa ya? Trz kunci dilepas itu dlm kondisi ignition on ato off? 

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: bunuh diri ala Mesin Diesel
tapi rasanya jarang denger kasus "disel bunuh diri" ini ya? apa hanya tertentu aja dimana pemiliknya bener2 menyiksa lahir batin ky oom yusaku ini

sampe2 lbh pilih mengakhiri hidup nya sendiri



sampe2 lbh pilih mengakhiri hidup nya sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: bunuh diri ala Mesin Diesel
Sudden acceleration case in Indonesia.......Yusaku wrote:rekan SM, aku baru dapet pengetahuan menarik, kebetulan Panther pikap dari Denpasar akhirnya kembali lagi ke Surabaya setelah disiksa habis habisan di sana, nah waktu itu aku iseng bersihin filter udara, ya ampun kaya bersihin ayakan semen aja itu debu kaya pasir bangunan ha7x,
terus supir aku bilang mesin diesel itu bisa kadang kadang nge-Gas sendiri, walapun kunci kontak udah dilepas, dan biasanya kalau ngengas kaya gitu, itu kaya full throttle dan suaranya ama asapnya udah ndak bisa dinilai pakai akal, dia akan terus gitu ampe smua oli di dalem habis dan mesin tersebut rusak parah alias pecah karena rev terus ampe melebihi batras maximalnya
Recall...recall....
Weits, itu unit yang ditahan recallnya ama Isuzu yak....?


" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: bunuh diri ala Mesin Diesel
Dari link wikipedia, ini kalo mesin posisi mati gak kan possible.....cmiiw?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: bunuh diri ala Mesin Diesel
heeh jem..kalo mesin lg mati rasanya gak mungkin, krn mesti dicrank dulu (start)
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: bunuh diri ala Mesin Diesel
secara desain teknis, memang iyaJESKONENG wrote:sungguh mengerikan... mesin diesel bisa bunuh diri yaa...

mesin diesel, prinsip kerja orisinilnya memang bisa jadi tipe mesin yang bisa self-destructed, karena overspeed atau tidak bisa dimatikan
mesin diesel, tidak punya throttle untuk atur/membatasi masuknya udara
dan prinsip pembakarannya, udara masuk, dikompresi, sesaat sebelum TMA, bbm (solar) dimasukkan (injected), akhirnya bbm akan terbakar karena adanya tekanan dan temperatur kompresi udara tadi
kalo untuk mesin bensin, yg dikompresikan adalah bbm+udara, baru kemudian disulut api busi
karena tidak ada throttle ini, secara teori, mesin diesel (dalam kondisi hidup/cranked) akan selalu menyedot udara dan melakukan siklus pembakaran selama ada bahan bakar yg masuk ke ruang bakar,
pada mesin diesel jadul, untuk mencegah mesin diesel ini bunuh diri, diberikan alat (mekanis atau elektronis) yang biasanya disebut "governor", tugasnya adalah mengatur rate (volume dan kecepatan injeksi) bahan bakar yang masuk ke ruang bakar, yang pada akhirnya juga mengatur putaran mesin tersebut
untuk mesin diesel ber-ECU, kerja governor ini mulai diambil alih oleh ECU (dikontrol secara elektronis)
tanpa governor, artinya bahan bakar yg masuk tidak terkontrol (baik jumlah maupun kecepatan injeksinya, putaran mesin diesel akan menyesuaikan sendiri kecepatannya berdasarkan volume dan kecepatan bbm yg masuk...efek yg timbul, idle-nya ga stabil atau malah overspeed yg mengarah ke self-destruction alias bunuh diri
untuk kasus diesel pak yusaku, bisa jadi memang ada bahan bakar yang masih nyantol di ruang bakar, sehingga mesin diesel ogah dimatikan meskipun kontak sudah off
mungkin juga mekanisme governor-nya tadi (yg mengatur masuknya bbm ke ruang bakar) mulai bermasalah...coba dicek
silakan dikoreksi

btw...thread ginian sih lahannya pak turboman:D
Last edited by imsus2c on Wed Apr 06, 2011 9:01, edited 1 time in total.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: bunuh diri ala Mesin Diesel
betul meneer...jalu wrote:heeh jem..kalo mesin lg mati rasanya gak mungkin, krn mesti dicrank dulu (start)

ini kasusnya adalah mesin hidup yang engga mau dimatiin...

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: bunuh diri ala Mesin Diesel
‎​​メίίî—メίίî—メίίî—‎​​メίίî—メίίî—メίίî— itu kayanya ada yg bermasalah dgn valve pembuangan uap oli?tp seperti yg disebutkan meneer, mgkn cuman diesel jadoel, skg pake ECU segala..aman lah mnrt nubie:)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: bunuh diri ala Mesin Diesel
oh..problem "dieseling" dong...imsus2c wrote:betul meneer...jalu wrote:heeh jem..kalo mesin lg mati rasanya gak mungkin, krn mesti dicrank dulu (start)
ini kasusnya adalah mesin hidup yang engga mau dimatiin...

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: bunuh diri ala Mesin Diesel
kalo baca lagi tulisannya pak TS, sepertinya memang ada gejala kesitujalu wrote:oh..problem "dieseling" dong...imsus2c wrote:betul meneer...jalu wrote:heeh jem..kalo mesin lg mati rasanya gak mungkin, krn mesti dicrank dulu (start)
ini kasusnya adalah mesin hidup yang engga mau dimatiin...

tapi, kalo kejadiannya sampe terasa mirip full-throttle gitu (berasap dan sampe oli atau bbm-nya habis), saya curiga ini karena regulator bbm (governor) nya bermasalah
kalo hanya uap atau residu bbm yg masuk ke ruang bakar, efeknya paling mesin hidup dengan kondisi idle naik turun gitu, tapi gak sampe mirip full-throttle....kalo sampe full throttle (apalagi berasap), tandanya bahan bakar yg masuk cukup banyak...bukan sekedar sisa-sisa

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: bunuh diri ala Mesin Diesel
Wah info yg menarik nehimsus2c wrote:kalo baca lagi tulisannya pak TS, sepertinya memang ada gejala kesitujalu wrote:oh..problem "dieseling" dong...imsus2c wrote: betul meneer...
ini kasusnya adalah mesin hidup yang engga mau dimatiin...
tapi, kalo kejadiannya sampe terasa mirip full-throttle gitu (berasap dan sampe oli atau bbm-nya habis), saya curiga ini karena regulator bbm (governor) nya bermasalah
kalo hanya uap atau residu bbm yg masuk ke ruang bakar, efeknya paling mesin hidup dengan kondisi idle naik turun gitu, tapi gak sampe mirip full-throttle....kalo sampe full throttle (apalagi berasap), tandanya bahan bakar yg masuk cukup banyak...bukan sekedar sisa-sisa

Tapi ada yg nubie belum mengerti neh om. Kalo sesuai teori om imsus katakan, kerusakan mungkin ada pada "governor" yg mengatur mengatur rate (volume dan kecepatan injeksi) bahan bakar yang masuk ke ruang bakar. Sedangkan disini TS mengatakan:
Nah, disini artinya sewaktu posisi kontak off, maka suplly bbm juga akan berhenti disemprotkan ijektor ke ruang kompresi. Dan yg menggantikan posisi solar adalah "oli" yg tidak seharusnya masuk ke ruang bahan bakar. Berarti hal ini tidak berhubungan dgn governor yg mengatur suplly solar, karena bahkan tanpa solar mesin masih bisa menyala berkat oli yg terkompresi. Nah, yg saya heran seberapakah titik kompresi oli sehingga bisa menyebabkan ledakan di ruang bahan bakar? Kalo mmg kejadiannya kyk begini bukankah sangat berbahaya, karena sewaktu ring piston bocor & oli masuk ke ruang bahan bakar bisa menyebabkan mesin tidak mau matiini bisa terjadi karena mesin diesel akan mati begitu maytikan kontak karena sumber bahan bakar diputus untuk memasuki ruang pembakaran( kalau salah mohon tolong dibetulin Sepuh SM), nah masalahnya begitu ada sumber bahan bakar lain yang dapat memicu dan dia masuk ruang pembakaran, dia langsung ogah mati alias langsung nyaut ke sumber bahan bakar itu, sumber bahan bakar yang lain bisa aja ceceran oli yang mampir ke intake atau uap oli dari ring piston yang udah afkir

Mohon pencerahannya

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: bunuh diri ala Mesin Diesel
kalo cuman residu, ini yg disebut om jalu, gejala dieseling,BADAK wrote: Wah info yg menarik neh
Tapi ada yg nubie belum mengerti neh om. Kalo sesuai teori om imsus katakan, kerusakan mungkin ada pada "governor" yg mengatur mengatur rate (volume dan kecepatan injeksi) bahan bakar yang masuk ke ruang bakar. Sedangkan disini TS mengatakan:
ini bisa terjadi karena mesin diesel akan mati begitu maytikan kontak karena sumber bahan bakar diputus untuk memasuki ruang pembakaran( kalau salah mohon tolong dibetulin Sepuh SM), nah masalahnya begitu ada sumber bahan bakar lain yang dapat memicu dan dia masuk ruang pembakaran, dia langsung ogah mati alias langsung nyaut ke sumber bahan bakar itu, sumber bahan bakar yang lain bisa aja ceceran oli yang mampir ke intake atau uap oli dari ring piston yang udah afkir
Nah, disini artinya sewaktu posisi kontak off, maka suplly bbm juga akan berhenti disemprotkan ijektor ke ruang kompresi. Dan yg menggantikan posisi solar adalah "oli" yg tidak seharusnya masuk ke ruang bahan bakar. Berarti hal ini tidak berhubungan dgn governor yg mengatur suplly solar, karena bahkan tanpa solar mesin masih bisa menyala berkat oli yg terkompresi. Nah, yg saya heran seberapakah titik kompresi oli sehingga bisa menyebabkan ledakan di ruang bahan bakar? Kalo mmg kejadiannya kyk begini bukankah sangat berbahaya, karena sewaktu ring piston bocor & oli masuk ke ruang bahan bakar bisa menyebabkan mesin tidak mau mati![]()
Mohon pencerahannya
kalo ini sih gejalanya idle, mesin ga mau mati secara mesin masih mendapat sisa-sisa residu bahan bakar yg masih bisa terbakar
tapi, om TS cerita, gejalanya sampe mirip full throttle gitu, bahkan sampe berasap, bahkan bisa2 kehabisa oli....menurut saya, ini kok ga mungkin kalo yg masuk cuman residu BBM, ini yg masuk pasti BBM beneran, dengan rate dan volume diatas "normal"
makanya saya curiganya, sewaktu kontak OFF, si regulator/governor ini tidak patuh...tetep aja masukkin bbm ke ruang bakar

untuk titik kompresi oli dan nilai energi-nya, wah maaf oom...saya belum tau


si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: bunuh diri ala Mesin Diesel
Saya juga menangkapnya begitu, karena kecil kemungkinan kompresi diesel standard bisa menciptakan ledakan di ruang bahan bakar dgn menggunakan oli. . Tapi kira2 bagaimana maksud dr kata2 di link tsb:imsus2c wrote:kalo cuman residu, ini yg disebut om jalu, gejala dieseling,BADAK wrote: Wah info yg menarik neh
Tapi ada yg nubie belum mengerti neh om. Kalo sesuai teori om imsus katakan, kerusakan mungkin ada pada "governor" yg mengatur mengatur rate (volume dan kecepatan injeksi) bahan bakar yang masuk ke ruang bakar. Sedangkan disini TS mengatakan:
ini bisa terjadi karena mesin diesel akan mati begitu maytikan kontak karena sumber bahan bakar diputus untuk memasuki ruang pembakaran( kalau salah mohon tolong dibetulin Sepuh SM), nah masalahnya begitu ada sumber bahan bakar lain yang dapat memicu dan dia masuk ruang pembakaran, dia langsung ogah mati alias langsung nyaut ke sumber bahan bakar itu, sumber bahan bakar yang lain bisa aja ceceran oli yang mampir ke intake atau uap oli dari ring piston yang udah afkir
Nah, disini artinya sewaktu posisi kontak off, maka suplly bbm juga akan berhenti disemprotkan ijektor ke ruang kompresi. Dan yg menggantikan posisi solar adalah "oli" yg tidak seharusnya masuk ke ruang bahan bakar. Berarti hal ini tidak berhubungan dgn governor yg mengatur suplly solar, karena bahkan tanpa solar mesin masih bisa menyala berkat oli yg terkompresi. Nah, yg saya heran seberapakah titik kompresi oli sehingga bisa menyebabkan ledakan di ruang bahan bakar? Kalo mmg kejadiannya kyk begini bukankah sangat berbahaya, karena sewaktu ring piston bocor & oli masuk ke ruang bahan bakar bisa menyebabkan mesin tidak mau mati![]()
Mohon pencerahannya
kalo ini sih gejalanya idle, mesin ga mau mati secara mesin masih mendapat sisa-sisa residu bahan bakar yg masih bisa terbakar
tapi, om TS cerita, gejalanya sampe mirip full throttle gitu, bahkan sampe berasap, bahkan bisa2 kehabisa oli....menurut saya, ini kok ga mungkin kalo yg masuk cuman residu BBM, ini yg masuk pasti BBM beneran, dengan rate dan volume diatas "normal"
makanya saya curiganya, sewaktu kontak OFF, si regulator/governor ini tidak patuh...tetep aja masukkin bbm ke ruang bakar
untuk titik kompresi oli dan nilai energi-nya, wah maaf oom...saya belum taumungkin master yg laen bisa bantu
A diesel engine will burn a very wide variety of fuel, especially when at operating temperature, fuel is fuel, if it burns the engine will run, crank case oil will burn as fuel.
Apakah berarti yg dimaksud disini adalah oli akan terbakar sebagai bahan bakar?

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 646
- Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
- Location: Surabaya
Re: bunuh diri ala Mesin Diesel
hehe amit amit jangan sampai kejadian bro ama saya,(saya berprikedieselan kok wkwkwk), itu supir saya yang ngalami waktu megang colt diesel yang kepala kuning, sering kejadian malah karena kebanyakan kepala kuning sering disiksaa ampai titik darah penghabisandoq wrote:tapi rasanya jarang denger kasus "disel bunuh diri" ini ya? apa hanya tertentu aja dimana pemiliknya bener2 menyiksa lahir batin ky oom yusaku ini![]()
![]()
sampe2 lbh pilih mengakhiri hidup nya sendiri
@ imsus2c: trima kasih bro penjelasan yang mantap, cuma untung aku nggak kejadian cuma di share aja ama supirku jadi kalauu ndadak itu mesin tiba tiba ngengas dan nggak mau dimattin sumpal aja lubang inteke hose ama kain lap gombal biar dia mati dan gak njerit njerit ampe minim oli dari dirinya sendiri he7x, iya bener bro katanya orang bule jangan sekali -kali macem macemin governor diesel kalau ndak mau kena penyakit satu ini.
@ Badak: bro kalau ndak salah solar itu hampir seperti pelumas juga untuk mesin diesel, eeemh bisa jadi oli ama solar hampir sama (maaf kalau njelasinnya gak ilmiah) pernah ada kejadian kan kalau solar tumpah di jalan pengendara motor pasti kepleset, nah lo dia kan juga berfungsi sebagai pelumas, serta oli juga pelumas, jadi mungkin lhooo mesin ini mikir lah sama sama pelumas daya bakarnya juga sama yo wes aku tak rev ampe mampus ama ada kutipan di wikipedia adalah Diesel fuel is a form of light fuel oil, nah lo sama oilnya kan jadi ya podo nasinya lah kalo kita bilang
ini ada beberapa video diesel yang runaway monggo diliat sebagai penjelas
http://www.youtube.com/watch?gl=CA&hl=en&v=M-pxsViKF88
http://www.youtube.com/watch?v=5zx3qKX_Pno
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 646
- Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
- Location: Surabaya
Re: bunuh diri ala Mesin Diesel
bro di video iti ada Biem X5 lho masih kenah jadi hati hati aja ama dieselZombiEE wrote:‎​​メίίî—メίίî—メίίî—‎​​メίίî—メίίî—メίίî— itu kayanya ada yg bermasalah dgn valve pembuangan uap oli?tp seperti yg disebutkan meneer, mgkn cuman diesel jadoel, skg pake ECU segala..aman lah mnrt nubie:)
mesin ini penurut disuruh kerja setengah mati pun iyo iyo aja tapi begitu udah kesel muntab nah itu kliatan jeleknya wkwkwk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 646
- Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
- Location: Surabaya
Re: bunuh diri ala Mesin Diesel
@ BAdak: klu diterjemahin secara ndeso, mesin diesel akan membakar segala jenis bahan bakar begitu mencapai teperatur operasional, kalau ndak salah dulu kan pernah ada mesin apa yang pakai bahan bakar alternatif apa gitu yang mesti dipancing pakai bahan bakar solar murni, truss baru dialiri bahan bakar alternatif lain nah baru mesin itu bisa jalan pakai bahan bakar alternatif itu, mungkin lho ya itu yang juga saya tangkapBADAK wrote:Saya juga menangkapnya begitu, karena kecil kemungkinan kompresi diesel standard bisa menciptakan ledakan di ruang bahan bakar dgn menggunakan oli. . Tapi kira2 bagaimana maksud dr kata2 di link tsb:imsus2c wrote:kalo cuman residu, ini yg disebut om jalu, gejala dieseling,BADAK wrote: Wah info yg menarik neh
Tapi ada yg nubie belum mengerti neh om. Kalo sesuai teori om imsus katakan, kerusakan mungkin ada pada "governor" yg mengatur mengatur rate (volume dan kecepatan injeksi) bahan bakar yang masuk ke ruang bakar. Sedangkan disini TS mengatakan:
ini bisa terjadi karena mesin diesel akan mati begitu maytikan kontak karena sumber bahan bakar diputus untuk memasuki ruang pembakaran( kalau salah mohon tolong dibetulin Sepuh SM), nah masalahnya begitu ada sumber bahan bakar lain yang dapat memicu dan dia masuk ruang pembakaran, dia langsung ogah mati alias langsung nyaut ke sumber bahan bakar itu, sumber bahan bakar yang lain bisa aja ceceran oli yang mampir ke intake atau uap oli dari ring piston yang udah afkir
Nah, disini artinya sewaktu posisi kontak off, maka suplly bbm juga akan berhenti disemprotkan ijektor ke ruang kompresi. Dan yg menggantikan posisi solar adalah "oli" yg tidak seharusnya masuk ke ruang bahan bakar. Berarti hal ini tidak berhubungan dgn governor yg mengatur suplly solar, karena bahkan tanpa solar mesin masih bisa menyala berkat oli yg terkompresi. Nah, yg saya heran seberapakah titik kompresi oli sehingga bisa menyebabkan ledakan di ruang bahan bakar? Kalo mmg kejadiannya kyk begini bukankah sangat berbahaya, karena sewaktu ring piston bocor & oli masuk ke ruang bahan bakar bisa menyebabkan mesin tidak mau mati![]()
Mohon pencerahannya
kalo ini sih gejalanya idle, mesin ga mau mati secara mesin masih mendapat sisa-sisa residu bahan bakar yg masih bisa terbakar
tapi, om TS cerita, gejalanya sampe mirip full throttle gitu, bahkan sampe berasap, bahkan bisa2 kehabisa oli....menurut saya, ini kok ga mungkin kalo yg masuk cuman residu BBM, ini yg masuk pasti BBM beneran, dengan rate dan volume diatas "normal"
makanya saya curiganya, sewaktu kontak OFF, si regulator/governor ini tidak patuh...tetep aja masukkin bbm ke ruang bakar
untuk titik kompresi oli dan nilai energi-nya, wah maaf oom...saya belum taumungkin master yg laen bisa bantu
A diesel engine will burn a very wide variety of fuel, especially when at operating temperature, fuel is fuel, if it burns the engine will run, crank case oil will burn as fuel.
Apakah berarti yg dimaksud disini adalah oli akan terbakar sebagai bahan bakar?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: bunuh diri ala Mesin Diesel
tunggu. governor itu setau ane berhubungan dengan tuas gas yang akan mengatur besarnya tekanan dan volume bahan bakar yang akan di Injeksikan tergantung dari besarnya bukaan gas dan kecepatan putaran mesin karena berhubungan dengan gerakan dari Fly Weight. dan kalau mesin tidak mau mati pada saat kunci kontak di posisi OFF itu menurut ane disebabkan oleh Fuel Cut Solenoid yang tidak menutup atau tidak menutup dengan sempurna pada saat kunci kontak di posisi OFF, karena dalam kondisi Normal alias Injection Pump tidak mengalami kerusakan sedikitpun,menurut ane cuman dengan melewati Fuel Cut Solenoid inilah bahan bakar dapat masuk menuju Delivery Valve dengan sebelumnya di tekan atau dikompresikan oleh Pump Plunger. karena lubang Plunger Spill Port akan tertutup oleh Spill Ring.imsus2c wrote:secara desain teknis, memang iyaJESKONENG wrote:sungguh mengerikan... mesin diesel bisa bunuh diri yaa...
mesin diesel, prinsip kerja orisinilnya memang bisa jadi tipe mesin yang bisa self-destructed, karena overspeed atau tidak bisa dimatikan
mesin diesel, tidak punya throttle untuk atur/membatasi masuknya udara
dan prinsip pembakarannya, udara masuk, dikompresi, sesaat sebelum TMA, bbm (solar) dimasukkan (injected), akhirnya bbm akan terbakar karena adanya tekanan dan temperatur kompresi udara tadi
kalo untuk mesin bensin, yg dikompresikan adalah bbm+udara, baru kemudian disulut api busi
karena tidak ada throttle ini, secara teori, mesin diesel (dalam kondisi hidup/cranked) akan selalu menyedot udara dan melakukan siklus pembakaran selama ada bahan bakar yg masuk ke ruang bakar,
pada mesin diesel jadul, untuk mencegah mesin diesel ini bunuh diri, diberikan alat (mekanis atau elektronis) yang biasanya disebut "governor", tugasnya adalah mengatur rate (volume dan kecepatan injeksi) bahan bakar yang masuk ke ruang bakar, yang pada akhirnya juga mengatur putaran mesin tersebut
untuk mesin diesel ber-ECU, kerja governor ini mulai diambil alih oleh ECU (dikontrol secara elektronis)
tanpa governor, artinya bahan bakar yg masuk tidak terkontrol (baik jumlah maupun kecepatan injeksinya, putaran mesin diesel akan menyesuaikan sendiri kecepatannya berdasarkan volume dan kecepatan bbm yg masuk...efek yg timbul, idle-nya ga stabil atau malah overspeed yg mengarah ke self-destruction alias bunuh diri
untuk kasus diesel pak yusaku, bisa jadi memang ada bahan bakar yang masih nyantol di ruang bakar, sehingga mesin diesel ogah dimatikan meskipun kontak sudah off
mungkin juga mekanisme governor-nya tadi (yg mengatur masuknya bbm ke ruang bakar) mulai bermasalah...coba dicek
silakan dikoreksi
btw...thread ginian sih lahannya pak turboman:D
atau bisa juga Fuel Cut Solenoid berfungsi dengan baik tapi injector mengalami masalah, karena setau ane dan seinget ane di injector itu ada pipa balik untuk membalikan sisa bahan bakar menuju tangki bahan bakar, nah mungkin ketika bermasalah sehingga pipa yang seharusnya membalikan bahan bakar menuju tangki bahan bakar malah memasukan bahan babar melalui pipa di injection pump yang disebut OverFlow sehingga bahan bakar dapat masuk ke Injector.
maap ya bro.. gk da maksud nantang ilmu dengan bro kok, ane hanya mau coba menjawab dengan ilmu yang ane dapat ketika kuliah aja.



kalao ada salah ya mohon dimaapin ya..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: bunuh diri ala Mesin Diesel
hehe debat mantap ala SM....
kalo saya inga2...mesin diesel yang proses shutdown nya bukan dng cara menutup saluran bahan bakar tapi dengan cara menutup aliran udara masuk yaitu detroit diesel 2tak
cmiiw
kalo saya inga2...mesin diesel yang proses shutdown nya bukan dng cara menutup saluran bahan bakar tapi dengan cara menutup aliran udara masuk yaitu detroit diesel 2tak
cmiiw
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: bunuh diri ala Mesin Diesel
wuah kalo mesin diesel 2 tak gk tau deh broo.. belom pernah liat tuh mesin masalahnya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: bunuh diri ala Mesin Diesel
tenang aja oomm4rio wrote:tunggu. governor itu setau ane berhubungan dengan tuas gas yang akan mengatur besarnya tekanan dan volume bahan bakar yang akan di Injeksikan tergantung dari besarnya bukaan gas dan kecepatan putaran mesin karena berhubungan dengan gerakan dari Fly Weight. dan kalau mesin tidak mau mati pada saat kunci kontak di posisi OFF itu menurut ane disebabkan oleh Fuel Cut Solenoid yang tidak menutup atau tidak menutup dengan sempurna pada saat kunci kontak di posisi OFF, karena dalam kondisi Normal alias Injection Pump tidak mengalami kerusakan sedikitpun,menurut ane cuman dengan melewati Fuel Cut Solenoid inilah bahan bakar dapat masuk menuju Delivery Valve dengan sebelumnya di tekan atau dikompresikan oleh Pump Plunger. karena lubang Plunger Spill Port akan tertutup oleh Spill Ring.imsus2c wrote:secara desain teknis, memang iyaJESKONENG wrote:sungguh mengerikan... mesin diesel bisa bunuh diri yaa...
mesin diesel, prinsip kerja orisinilnya memang bisa jadi tipe mesin yang bisa self-destructed, karena overspeed atau tidak bisa dimatikan
mesin diesel, tidak punya throttle untuk atur/membatasi masuknya udara
dan prinsip pembakarannya, udara masuk, dikompresi, sesaat sebelum TMA, bbm (solar) dimasukkan (injected), akhirnya bbm akan terbakar karena adanya tekanan dan temperatur kompresi udara tadi
kalo untuk mesin bensin, yg dikompresikan adalah bbm+udara, baru kemudian disulut api busi
karena tidak ada throttle ini, secara teori, mesin diesel (dalam kondisi hidup/cranked) akan selalu menyedot udara dan melakukan siklus pembakaran selama ada bahan bakar yg masuk ke ruang bakar,
pada mesin diesel jadul, untuk mencegah mesin diesel ini bunuh diri, diberikan alat (mekanis atau elektronis) yang biasanya disebut "governor", tugasnya adalah mengatur rate (volume dan kecepatan injeksi) bahan bakar yang masuk ke ruang bakar, yang pada akhirnya juga mengatur putaran mesin tersebut
untuk mesin diesel ber-ECU, kerja governor ini mulai diambil alih oleh ECU (dikontrol secara elektronis)
tanpa governor, artinya bahan bakar yg masuk tidak terkontrol (baik jumlah maupun kecepatan injeksinya, putaran mesin diesel akan menyesuaikan sendiri kecepatannya berdasarkan volume dan kecepatan bbm yg masuk...efek yg timbul, idle-nya ga stabil atau malah overspeed yg mengarah ke self-destruction alias bunuh diri
untuk kasus diesel pak yusaku, bisa jadi memang ada bahan bakar yang masih nyantol di ruang bakar, sehingga mesin diesel ogah dimatikan meskipun kontak sudah off
mungkin juga mekanisme governor-nya tadi (yg mengatur masuknya bbm ke ruang bakar) mulai bermasalah...coba dicek
silakan dikoreksi
btw...thread ginian sih lahannya pak turboman:D
atau bisa juga Fuel Cut Solenoid berfungsi dengan baik tapi injector mengalami masalah, karena setau ane dan seinget ane di injector itu ada pipa balik untuk membalikan sisa bahan bakar menuju tangki bahan bakar, nah mungkin ketika bermasalah sehingga pipa yang seharusnya membalikan bahan bakar menuju tangki bahan bakar malah memasukan bahan babar melalui pipa di injection pump yang disebut OverFlow sehingga bahan bakar dapat masuk ke Injector.
maap ya bro.. gk da maksud nantang ilmu dengan bro kok, ane hanya mau coba menjawab dengan ilmu yang ane dapat ketika kuliah aja.![]()
![]()
![]()
kalao ada salah ya mohon dimaapin ya..


maksud saya, governor disini adalah "fungsi" bukan "perangkat" dan cara kerja mesin diesel dari ide orisinilnya
jadi untuk mesin diesel modern, governor ini secara perangkat sudah diganti perangkat elektronis, misalnya ECU dengan berbagai perangkatnya
jadi mesin diesel akan tetap nyala dan mengisap udara selama ada bbm masuk, dari tulisan om TS, ada kemungkinan yg bermasalah di sistem bahan bakarnya yg selalu masuk ruang bakar meski mesin di matikan, bisa jadi ini dari fuel-cut solenoid atau dari injector tadi
namun, dengan tambahan keterangan om TS, mesin bukan hanya ga mau mati, tapi kadang menunjukkan gejala nge-gas sendiri (full throttle, berasap bahkan oli mungkin sampe kehabisan), ini sih bukan hanya sekedar bbm bocor/ga nutup...tapi bener-bener seperti lagi di-injeksi-kan dalam debit dan kecepatan yang tinggi (kayak lagi di gas poll),
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: bunuh diri ala Mesin Diesel
Memang kompresi mesin diesel akan membakar segala jenis bahan bakar, tp yg saya ingin tau apakah kompresi mesin diesel standard bisa meledakkan oli sehingga mampu menghasilkan tenaga yg mendorong piston. Dengan catatan kejadiannya bener2 murni oli, tanpa ada campuran dr residu solar, atau bahkan solar nya itu sendiri@ BAdak: klu diterjemahin secara ndeso, mesin diesel akan membakar segala jenis bahan bakar begitu mencapai teperatur operasional, kalau ndak salah dulu kan pernah ada mesin apa yang pakai bahan bakar alternatif apa gitu yang mesti dipancing pakai bahan bakar solar murni, truss baru dialiri bahan bakar alternatif lain nah baru mesin itu bisa jalan pakai bahan bakar alternatif itu, mungkin lho ya itu yang juga saya tangkap

Kalo memang ternyata bisa, tentunya bahaya donk saat oli masuk ke ruang bahan bakar, bisa2 semua mobil yg bocor ring piston mesin gak mau mati

Makanya saya pingin tau, kejadian kyk gini masalah nya ada dimana

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: bunuh diri ala Mesin Diesel
Bukankah itu gunanya forum bang? Buat sharing pengetahuan n saling mengoreksi kalo ada yg salah, jd dicapai suatu kesimpulan yg tepatjalu wrote:hehe debat mantap ala SM....
kalo saya inga2...mesin diesel yang proses shutdown nya bukan dng cara menutup saluran bahan bakar tapi dengan cara menutup aliran udara masuk yaitu detroit diesel 2tak
cmiiw

Untung Tom & Jerry gak masuk tret ini

Nubie mo tny neh jal, detroit diesel tuh apa ya? Kalo dlm istilah bengkel disebutnya apa?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: bunuh diri ala Mesin Diesel
Mantep mantep.....jd salah nya dimana dak?