bunuh diri ala Mesin Diesel

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by Yusaku »

rekan SM, aku baru dapet pengetahuan menarik, kebetulan Panther pikap dari Denpasar akhirnya kembali lagi ke Surabaya setelah disiksa habis habisan di sana, nah waktu itu aku iseng bersihin filter udara, ya ampun kaya bersihin ayakan semen aja itu debu kaya pasir bangunan ha7x,

terus supir aku bilang mesin diesel itu bisa kadang kadang nge-Gas sendiri, walapun kunci kontak udah dilepas, dan biasanya kalau ngengas kaya gitu, itu kaya full throttle dan suaranya ama asapnya udah ndak bisa dinilai pakai akal, dia akan terus gitu ampe smua oli di dalem habis dan mesin tersebut rusak parah alias pecah karena rev terus ampe melebihi batras maximalnya

trus karena penasaran dan lagi jatuh cinta ama diesel, aku cari di google dan nemu, nama penyakitnya runaway diesel engine, kaya istolahnya dia minggat untuk mati gitu,
ini bisa terjadi karena mesin diesel akan mati begitu maytikan kontak karena sumber bahan bakar diputus untuk memasuki ruang pembakaran( kalau salah mohon tolong dibetulin Sepuh SM), nah masalahnya begitu ada sumber bahan bakar lain yang dapat memicu dan dia masuk ruang pembakaran, dia langsung ogah mati alias langsung nyaut ke sumber bahan bakar itu, sumber bahan bakar yang lain bisa aja ceceran oli yang mampir ke intake atau uap oli dari ring piston yang udah afkir, atau bisa juga karena mesin disel revnya dengan mengatur suplai bahan bakar, maka suplai bahan bakar yang tidak beraturan juga dapat memicu hal seperti ini, yang punya diesel turbo, seal olinya juga bisa jadi biang keladi, serta kepenuhan mengisil oli sehingga menimbulkan uap oli yang menjadi sumber bahan bakar yang menylut kejadian ini


untuk jelasnya ini sumber link yang menjelskan kronologi dan apa yang harus dilakukan begitu hal ini terjadi

http://en.wikipedia.org/wiki/Diesel_engine_runaway
http://www.peachparts.com/Wikka/RunAwayDiesel
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by JESKONENG »

sungguh mengerikan... mesin diesel bisa bunuh diri yaa...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by BADAK »

Ini maksudnya "kadang2 bisa nge-gas sendiri" tuh apa ya? Trz kunci dilepas itu dlm kondisi ignition on ato off? :e-think:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by doq »

tapi rasanya jarang denger kasus "disel bunuh diri" ini ya? apa hanya tertentu aja dimana pemiliknya bener2 menyiksa lahir batin ky oom yusaku ini :mrgreen: :mrgreen: :upss:
sampe2 lbh pilih mengakhiri hidup nya sendiri
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by VanzMatic »

Yusaku wrote:rekan SM, aku baru dapet pengetahuan menarik, kebetulan Panther pikap dari Denpasar akhirnya kembali lagi ke Surabaya setelah disiksa habis habisan di sana, nah waktu itu aku iseng bersihin filter udara, ya ampun kaya bersihin ayakan semen aja itu debu kaya pasir bangunan ha7x,

terus supir aku bilang mesin diesel itu bisa kadang kadang nge-Gas sendiri, walapun kunci kontak udah dilepas, dan biasanya kalau ngengas kaya gitu, itu kaya full throttle dan suaranya ama asapnya udah ndak bisa dinilai pakai akal, dia akan terus gitu ampe smua oli di dalem habis dan mesin tersebut rusak parah alias pecah karena rev terus ampe melebihi batras maximalnya
Sudden acceleration case in Indonesia.......

Recall...recall....
Weits, itu unit yang ditahan recallnya ama Isuzu yak....?

:upss:
:big_slap:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by ZombiEE »

Dari link wikipedia, ini kalo mesin posisi mati gak kan possible.....cmiiw?
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by jalu »

heeh jem..kalo mesin lg mati rasanya gak mungkin, krn mesti dicrank dulu (start)
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by imsus2c »

JESKONENG wrote:sungguh mengerikan... mesin diesel bisa bunuh diri yaa...
secara desain teknis, memang iya :D

mesin diesel, prinsip kerja orisinilnya memang bisa jadi tipe mesin yang bisa self-destructed, karena overspeed atau tidak bisa dimatikan

mesin diesel, tidak punya throttle untuk atur/membatasi masuknya udara

dan prinsip pembakarannya, udara masuk, dikompresi, sesaat sebelum TMA, bbm (solar) dimasukkan (injected), akhirnya bbm akan terbakar karena adanya tekanan dan temperatur kompresi udara tadi
kalo untuk mesin bensin, yg dikompresikan adalah bbm+udara, baru kemudian disulut api busi

karena tidak ada throttle ini, secara teori, mesin diesel (dalam kondisi hidup/cranked) akan selalu menyedot udara dan melakukan siklus pembakaran selama ada bahan bakar yg masuk ke ruang bakar,

pada mesin diesel jadul, untuk mencegah mesin diesel ini bunuh diri, diberikan alat (mekanis atau elektronis) yang biasanya disebut "governor", tugasnya adalah mengatur rate (volume dan kecepatan injeksi) bahan bakar yang masuk ke ruang bakar, yang pada akhirnya juga mengatur putaran mesin tersebut
untuk mesin diesel ber-ECU, kerja governor ini mulai diambil alih oleh ECU (dikontrol secara elektronis)

tanpa governor, artinya bahan bakar yg masuk tidak terkontrol (baik jumlah maupun kecepatan injeksinya, putaran mesin diesel akan menyesuaikan sendiri kecepatannya berdasarkan volume dan kecepatan bbm yg masuk...efek yg timbul, idle-nya ga stabil atau malah overspeed yg mengarah ke self-destruction alias bunuh diri

untuk kasus diesel pak yusaku, bisa jadi memang ada bahan bakar yang masih nyantol di ruang bakar, sehingga mesin diesel ogah dimatikan meskipun kontak sudah off
mungkin juga mekanisme governor-nya tadi (yg mengatur masuknya bbm ke ruang bakar) mulai bermasalah...coba dicek

silakan dikoreksi :D

btw...thread ginian sih lahannya pak turboman:D
Last edited by imsus2c on Wed Apr 06, 2011 9:01, edited 1 time in total.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by imsus2c »

jalu wrote:heeh jem..kalo mesin lg mati rasanya gak mungkin, krn mesti dicrank dulu (start)
betul meneer... :D

ini kasusnya adalah mesin hidup yang engga mau dimatiin... :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by ZombiEE »

‎​​メίίメίίメίί‎​​メίίメίίメίί itu kayanya ada yg bermasalah dgn valve pembuangan uap oli?tp seperti yg disebutkan meneer, mgkn cuman diesel jadoel, skg pake ECU segala..aman lah mnrt nubie:)
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by jalu »

imsus2c wrote:
jalu wrote:heeh jem..kalo mesin lg mati rasanya gak mungkin, krn mesti dicrank dulu (start)
betul meneer... :D

ini kasusnya adalah mesin hidup yang engga mau dimatiin... :D
oh..problem "dieseling" dong... :D
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by imsus2c »

jalu wrote:
imsus2c wrote:
jalu wrote:heeh jem..kalo mesin lg mati rasanya gak mungkin, krn mesti dicrank dulu (start)
betul meneer... :D

ini kasusnya adalah mesin hidup yang engga mau dimatiin... :D
oh..problem "dieseling" dong... :D
kalo baca lagi tulisannya pak TS, sepertinya memang ada gejala kesitu :D

tapi, kalo kejadiannya sampe terasa mirip full-throttle gitu (berasap dan sampe oli atau bbm-nya habis), saya curiga ini karena regulator bbm (governor) nya bermasalah

kalo hanya uap atau residu bbm yg masuk ke ruang bakar, efeknya paling mesin hidup dengan kondisi idle naik turun gitu, tapi gak sampe mirip full-throttle....kalo sampe full throttle (apalagi berasap), tandanya bahan bakar yg masuk cukup banyak...bukan sekedar sisa-sisa :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by BADAK »

imsus2c wrote:
jalu wrote:
imsus2c wrote: betul meneer... :D

ini kasusnya adalah mesin hidup yang engga mau dimatiin... :D
oh..problem "dieseling" dong... :D
kalo baca lagi tulisannya pak TS, sepertinya memang ada gejala kesitu :D

tapi, kalo kejadiannya sampe terasa mirip full-throttle gitu (berasap dan sampe oli atau bbm-nya habis), saya curiga ini karena regulator bbm (governor) nya bermasalah

kalo hanya uap atau residu bbm yg masuk ke ruang bakar, efeknya paling mesin hidup dengan kondisi idle naik turun gitu, tapi gak sampe mirip full-throttle....kalo sampe full throttle (apalagi berasap), tandanya bahan bakar yg masuk cukup banyak...bukan sekedar sisa-sisa :D
Wah info yg menarik neh :D
Tapi ada yg nubie belum mengerti neh om. Kalo sesuai teori om imsus katakan, kerusakan mungkin ada pada "governor" yg mengatur mengatur rate (volume dan kecepatan injeksi) bahan bakar yang masuk ke ruang bakar. Sedangkan disini TS mengatakan:
ini bisa terjadi karena mesin diesel akan mati begitu maytikan kontak karena sumber bahan bakar diputus untuk memasuki ruang pembakaran( kalau salah mohon tolong dibetulin Sepuh SM), nah masalahnya begitu ada sumber bahan bakar lain yang dapat memicu dan dia masuk ruang pembakaran, dia langsung ogah mati alias langsung nyaut ke sumber bahan bakar itu, sumber bahan bakar yang lain bisa aja ceceran oli yang mampir ke intake atau uap oli dari ring piston yang udah afkir
Nah, disini artinya sewaktu posisi kontak off, maka suplly bbm juga akan berhenti disemprotkan ijektor ke ruang kompresi. Dan yg menggantikan posisi solar adalah "oli" yg tidak seharusnya masuk ke ruang bahan bakar. Berarti hal ini tidak berhubungan dgn governor yg mengatur suplly solar, karena bahkan tanpa solar mesin masih bisa menyala berkat oli yg terkompresi. Nah, yg saya heran seberapakah titik kompresi oli sehingga bisa menyebabkan ledakan di ruang bahan bakar? Kalo mmg kejadiannya kyk begini bukankah sangat berbahaya, karena sewaktu ring piston bocor & oli masuk ke ruang bahan bakar bisa menyebabkan mesin tidak mau mati :e-think:
Mohon pencerahannya :thanks:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by imsus2c »

BADAK wrote: Wah info yg menarik neh :D
Tapi ada yg nubie belum mengerti neh om. Kalo sesuai teori om imsus katakan, kerusakan mungkin ada pada "governor" yg mengatur mengatur rate (volume dan kecepatan injeksi) bahan bakar yang masuk ke ruang bakar. Sedangkan disini TS mengatakan:
ini bisa terjadi karena mesin diesel akan mati begitu maytikan kontak karena sumber bahan bakar diputus untuk memasuki ruang pembakaran( kalau salah mohon tolong dibetulin Sepuh SM), nah masalahnya begitu ada sumber bahan bakar lain yang dapat memicu dan dia masuk ruang pembakaran, dia langsung ogah mati alias langsung nyaut ke sumber bahan bakar itu, sumber bahan bakar yang lain bisa aja ceceran oli yang mampir ke intake atau uap oli dari ring piston yang udah afkir
Nah, disini artinya sewaktu posisi kontak off, maka suplly bbm juga akan berhenti disemprotkan ijektor ke ruang kompresi. Dan yg menggantikan posisi solar adalah "oli" yg tidak seharusnya masuk ke ruang bahan bakar. Berarti hal ini tidak berhubungan dgn governor yg mengatur suplly solar, karena bahkan tanpa solar mesin masih bisa menyala berkat oli yg terkompresi. Nah, yg saya heran seberapakah titik kompresi oli sehingga bisa menyebabkan ledakan di ruang bahan bakar? Kalo mmg kejadiannya kyk begini bukankah sangat berbahaya, karena sewaktu ring piston bocor & oli masuk ke ruang bahan bakar bisa menyebabkan mesin tidak mau mati :e-think:
Mohon pencerahannya :thanks:
kalo cuman residu, ini yg disebut om jalu, gejala dieseling,
kalo ini sih gejalanya idle, mesin ga mau mati secara mesin masih mendapat sisa-sisa residu bahan bakar yg masih bisa terbakar

tapi, om TS cerita, gejalanya sampe mirip full throttle gitu, bahkan sampe berasap, bahkan bisa2 kehabisa oli....menurut saya, ini kok ga mungkin kalo yg masuk cuman residu BBM, ini yg masuk pasti BBM beneran, dengan rate dan volume diatas "normal"

makanya saya curiganya, sewaktu kontak OFF, si regulator/governor ini tidak patuh...tetep aja masukkin bbm ke ruang bakar :D

untuk titik kompresi oli dan nilai energi-nya, wah maaf oom...saya belum tau :oops: mungkin master yg laen bisa bantu :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by BADAK »

imsus2c wrote:
BADAK wrote: Wah info yg menarik neh :D
Tapi ada yg nubie belum mengerti neh om. Kalo sesuai teori om imsus katakan, kerusakan mungkin ada pada "governor" yg mengatur mengatur rate (volume dan kecepatan injeksi) bahan bakar yang masuk ke ruang bakar. Sedangkan disini TS mengatakan:
ini bisa terjadi karena mesin diesel akan mati begitu maytikan kontak karena sumber bahan bakar diputus untuk memasuki ruang pembakaran( kalau salah mohon tolong dibetulin Sepuh SM), nah masalahnya begitu ada sumber bahan bakar lain yang dapat memicu dan dia masuk ruang pembakaran, dia langsung ogah mati alias langsung nyaut ke sumber bahan bakar itu, sumber bahan bakar yang lain bisa aja ceceran oli yang mampir ke intake atau uap oli dari ring piston yang udah afkir
Nah, disini artinya sewaktu posisi kontak off, maka suplly bbm juga akan berhenti disemprotkan ijektor ke ruang kompresi. Dan yg menggantikan posisi solar adalah "oli" yg tidak seharusnya masuk ke ruang bahan bakar. Berarti hal ini tidak berhubungan dgn governor yg mengatur suplly solar, karena bahkan tanpa solar mesin masih bisa menyala berkat oli yg terkompresi. Nah, yg saya heran seberapakah titik kompresi oli sehingga bisa menyebabkan ledakan di ruang bahan bakar? Kalo mmg kejadiannya kyk begini bukankah sangat berbahaya, karena sewaktu ring piston bocor & oli masuk ke ruang bahan bakar bisa menyebabkan mesin tidak mau mati :e-think:
Mohon pencerahannya :thanks:
kalo cuman residu, ini yg disebut om jalu, gejala dieseling,
kalo ini sih gejalanya idle, mesin ga mau mati secara mesin masih mendapat sisa-sisa residu bahan bakar yg masih bisa terbakar

tapi, om TS cerita, gejalanya sampe mirip full throttle gitu, bahkan sampe berasap, bahkan bisa2 kehabisa oli....menurut saya, ini kok ga mungkin kalo yg masuk cuman residu BBM, ini yg masuk pasti BBM beneran, dengan rate dan volume diatas "normal"

makanya saya curiganya, sewaktu kontak OFF, si regulator/governor ini tidak patuh...tetep aja masukkin bbm ke ruang bakar :D

untuk titik kompresi oli dan nilai energi-nya, wah maaf oom...saya belum tau :oops: mungkin master yg laen bisa bantu :D
Saya juga menangkapnya begitu, karena kecil kemungkinan kompresi diesel standard bisa menciptakan ledakan di ruang bahan bakar dgn menggunakan oli. . Tapi kira2 bagaimana maksud dr kata2 di link tsb:
A diesel engine will burn a very wide variety of fuel, especially when at operating temperature, fuel is fuel, if it burns the engine will run, crank case oil will burn as fuel.
Apakah berarti yg dimaksud disini adalah oli akan terbakar sebagai bahan bakar? :e-think:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by Yusaku »

doq wrote:tapi rasanya jarang denger kasus "disel bunuh diri" ini ya? apa hanya tertentu aja dimana pemiliknya bener2 menyiksa lahir batin ky oom yusaku ini :mrgreen: :mrgreen: :upss:
sampe2 lbh pilih mengakhiri hidup nya sendiri
hehe amit amit jangan sampai kejadian bro ama saya,(saya berprikedieselan kok wkwkwk), itu supir saya yang ngalami waktu megang colt diesel yang kepala kuning, sering kejadian malah karena kebanyakan kepala kuning sering disiksaa ampai titik darah penghabisan

@ imsus2c: trima kasih bro penjelasan yang mantap, cuma untung aku nggak kejadian cuma di share aja ama supirku jadi kalauu ndadak itu mesin tiba tiba ngengas dan nggak mau dimattin sumpal aja lubang inteke hose ama kain lap gombal biar dia mati dan gak njerit njerit ampe minim oli dari dirinya sendiri he7x, iya bener bro katanya orang bule jangan sekali -kali macem macemin governor diesel kalau ndak mau kena penyakit satu ini.

@ Badak: bro kalau ndak salah solar itu hampir seperti pelumas juga untuk mesin diesel, eeemh bisa jadi oli ama solar hampir sama (maaf kalau njelasinnya gak ilmiah) pernah ada kejadian kan kalau solar tumpah di jalan pengendara motor pasti kepleset, nah lo dia kan juga berfungsi sebagai pelumas, serta oli juga pelumas, jadi mungkin lhooo mesin ini mikir lah sama sama pelumas daya bakarnya juga sama yo wes aku tak rev ampe mampus ama ada kutipan di wikipedia adalah Diesel fuel is a form of light fuel oil, nah lo sama oilnya kan jadi ya podo nasinya lah kalo kita bilang

ini ada beberapa video diesel yang runaway monggo diliat sebagai penjelas

http://www.youtube.com/watch?gl=CA&hl=en&v=M-pxsViKF88
http://www.youtube.com/watch?v=5zx3qKX_Pno
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by Yusaku »

ZombiEE wrote:‎​​メίίメίίメίί‎​​メίίメίίメίί itu kayanya ada yg bermasalah dgn valve pembuangan uap oli?tp seperti yg disebutkan meneer, mgkn cuman diesel jadoel, skg pake ECU segala..aman lah mnrt nubie:)
bro di video iti ada Biem X5 lho masih kenah jadi hati hati aja ama diesel

mesin ini penurut disuruh kerja setengah mati pun iyo iyo aja tapi begitu udah kesel muntab nah itu kliatan jeleknya wkwkwk
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by Yusaku »

BADAK wrote:
imsus2c wrote:
BADAK wrote: Wah info yg menarik neh :D
Tapi ada yg nubie belum mengerti neh om. Kalo sesuai teori om imsus katakan, kerusakan mungkin ada pada "governor" yg mengatur mengatur rate (volume dan kecepatan injeksi) bahan bakar yang masuk ke ruang bakar. Sedangkan disini TS mengatakan:
ini bisa terjadi karena mesin diesel akan mati begitu maytikan kontak karena sumber bahan bakar diputus untuk memasuki ruang pembakaran( kalau salah mohon tolong dibetulin Sepuh SM), nah masalahnya begitu ada sumber bahan bakar lain yang dapat memicu dan dia masuk ruang pembakaran, dia langsung ogah mati alias langsung nyaut ke sumber bahan bakar itu, sumber bahan bakar yang lain bisa aja ceceran oli yang mampir ke intake atau uap oli dari ring piston yang udah afkir
Nah, disini artinya sewaktu posisi kontak off, maka suplly bbm juga akan berhenti disemprotkan ijektor ke ruang kompresi. Dan yg menggantikan posisi solar adalah "oli" yg tidak seharusnya masuk ke ruang bahan bakar. Berarti hal ini tidak berhubungan dgn governor yg mengatur suplly solar, karena bahkan tanpa solar mesin masih bisa menyala berkat oli yg terkompresi. Nah, yg saya heran seberapakah titik kompresi oli sehingga bisa menyebabkan ledakan di ruang bahan bakar? Kalo mmg kejadiannya kyk begini bukankah sangat berbahaya, karena sewaktu ring piston bocor & oli masuk ke ruang bahan bakar bisa menyebabkan mesin tidak mau mati :e-think:
Mohon pencerahannya :thanks:
kalo cuman residu, ini yg disebut om jalu, gejala dieseling,
kalo ini sih gejalanya idle, mesin ga mau mati secara mesin masih mendapat sisa-sisa residu bahan bakar yg masih bisa terbakar

tapi, om TS cerita, gejalanya sampe mirip full throttle gitu, bahkan sampe berasap, bahkan bisa2 kehabisa oli....menurut saya, ini kok ga mungkin kalo yg masuk cuman residu BBM, ini yg masuk pasti BBM beneran, dengan rate dan volume diatas "normal"

makanya saya curiganya, sewaktu kontak OFF, si regulator/governor ini tidak patuh...tetep aja masukkin bbm ke ruang bakar :D

untuk titik kompresi oli dan nilai energi-nya, wah maaf oom...saya belum tau :oops: mungkin master yg laen bisa bantu :D
Saya juga menangkapnya begitu, karena kecil kemungkinan kompresi diesel standard bisa menciptakan ledakan di ruang bahan bakar dgn menggunakan oli. . Tapi kira2 bagaimana maksud dr kata2 di link tsb:
A diesel engine will burn a very wide variety of fuel, especially when at operating temperature, fuel is fuel, if it burns the engine will run, crank case oil will burn as fuel.
Apakah berarti yg dimaksud disini adalah oli akan terbakar sebagai bahan bakar? :e-think:
@ BAdak: klu diterjemahin secara ndeso, mesin diesel akan membakar segala jenis bahan bakar begitu mencapai teperatur operasional, kalau ndak salah dulu kan pernah ada mesin apa yang pakai bahan bakar alternatif apa gitu yang mesti dipancing pakai bahan bakar solar murni, truss baru dialiri bahan bakar alternatif lain nah baru mesin itu bisa jalan pakai bahan bakar alternatif itu, mungkin lho ya itu yang juga saya tangkap
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by m4rio »

imsus2c wrote:
JESKONENG wrote:sungguh mengerikan... mesin diesel bisa bunuh diri yaa...
secara desain teknis, memang iya :D

mesin diesel, prinsip kerja orisinilnya memang bisa jadi tipe mesin yang bisa self-destructed, karena overspeed atau tidak bisa dimatikan

mesin diesel, tidak punya throttle untuk atur/membatasi masuknya udara

dan prinsip pembakarannya, udara masuk, dikompresi, sesaat sebelum TMA, bbm (solar) dimasukkan (injected), akhirnya bbm akan terbakar karena adanya tekanan dan temperatur kompresi udara tadi
kalo untuk mesin bensin, yg dikompresikan adalah bbm+udara, baru kemudian disulut api busi

karena tidak ada throttle ini, secara teori, mesin diesel (dalam kondisi hidup/cranked) akan selalu menyedot udara dan melakukan siklus pembakaran selama ada bahan bakar yg masuk ke ruang bakar,

pada mesin diesel jadul, untuk mencegah mesin diesel ini bunuh diri, diberikan alat (mekanis atau elektronis) yang biasanya disebut "governor", tugasnya adalah mengatur rate (volume dan kecepatan injeksi) bahan bakar yang masuk ke ruang bakar, yang pada akhirnya juga mengatur putaran mesin tersebut
untuk mesin diesel ber-ECU, kerja governor ini mulai diambil alih oleh ECU (dikontrol secara elektronis)

tanpa governor, artinya bahan bakar yg masuk tidak terkontrol (baik jumlah maupun kecepatan injeksinya, putaran mesin diesel akan menyesuaikan sendiri kecepatannya berdasarkan volume dan kecepatan bbm yg masuk...efek yg timbul, idle-nya ga stabil atau malah overspeed yg mengarah ke self-destruction alias bunuh diri

untuk kasus diesel pak yusaku, bisa jadi memang ada bahan bakar yang masih nyantol di ruang bakar, sehingga mesin diesel ogah dimatikan meskipun kontak sudah off
mungkin juga mekanisme governor-nya tadi (yg mengatur masuknya bbm ke ruang bakar) mulai bermasalah...coba dicek

silakan dikoreksi :D

btw...thread ginian sih lahannya pak turboman:D
tunggu. governor itu setau ane berhubungan dengan tuas gas yang akan mengatur besarnya tekanan dan volume bahan bakar yang akan di Injeksikan tergantung dari besarnya bukaan gas dan kecepatan putaran mesin karena berhubungan dengan gerakan dari Fly Weight. dan kalau mesin tidak mau mati pada saat kunci kontak di posisi OFF itu menurut ane disebabkan oleh Fuel Cut Solenoid yang tidak menutup atau tidak menutup dengan sempurna pada saat kunci kontak di posisi OFF, karena dalam kondisi Normal alias Injection Pump tidak mengalami kerusakan sedikitpun,menurut ane cuman dengan melewati Fuel Cut Solenoid inilah bahan bakar dapat masuk menuju Delivery Valve dengan sebelumnya di tekan atau dikompresikan oleh Pump Plunger. karena lubang Plunger Spill Port akan tertutup oleh Spill Ring.

atau bisa juga Fuel Cut Solenoid berfungsi dengan baik tapi injector mengalami masalah, karena setau ane dan seinget ane di injector itu ada pipa balik untuk membalikan sisa bahan bakar menuju tangki bahan bakar, nah mungkin ketika bermasalah sehingga pipa yang seharusnya membalikan bahan bakar menuju tangki bahan bakar malah memasukan bahan babar melalui pipa di injection pump yang disebut OverFlow sehingga bahan bakar dapat masuk ke Injector.

maap ya bro.. gk da maksud nantang ilmu dengan bro kok, ane hanya mau coba menjawab dengan ilmu yang ane dapat ketika kuliah aja. :big_peace: :big_peace: :big_peace:

kalao ada salah ya mohon dimaapin ya..
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by jalu »

hehe debat mantap ala SM....

kalo saya inga2...mesin diesel yang proses shutdown nya bukan dng cara menutup saluran bahan bakar tapi dengan cara menutup aliran udara masuk yaitu detroit diesel 2tak

cmiiw
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by m4rio »

wuah kalo mesin diesel 2 tak gk tau deh broo.. belom pernah liat tuh mesin masalahnya.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by imsus2c »

m4rio wrote:
imsus2c wrote:
JESKONENG wrote:sungguh mengerikan... mesin diesel bisa bunuh diri yaa...
secara desain teknis, memang iya :D

mesin diesel, prinsip kerja orisinilnya memang bisa jadi tipe mesin yang bisa self-destructed, karena overspeed atau tidak bisa dimatikan

mesin diesel, tidak punya throttle untuk atur/membatasi masuknya udara

dan prinsip pembakarannya, udara masuk, dikompresi, sesaat sebelum TMA, bbm (solar) dimasukkan (injected), akhirnya bbm akan terbakar karena adanya tekanan dan temperatur kompresi udara tadi
kalo untuk mesin bensin, yg dikompresikan adalah bbm+udara, baru kemudian disulut api busi

karena tidak ada throttle ini, secara teori, mesin diesel (dalam kondisi hidup/cranked) akan selalu menyedot udara dan melakukan siklus pembakaran selama ada bahan bakar yg masuk ke ruang bakar,

pada mesin diesel jadul, untuk mencegah mesin diesel ini bunuh diri, diberikan alat (mekanis atau elektronis) yang biasanya disebut "governor", tugasnya adalah mengatur rate (volume dan kecepatan injeksi) bahan bakar yang masuk ke ruang bakar, yang pada akhirnya juga mengatur putaran mesin tersebut
untuk mesin diesel ber-ECU, kerja governor ini mulai diambil alih oleh ECU (dikontrol secara elektronis)

tanpa governor, artinya bahan bakar yg masuk tidak terkontrol (baik jumlah maupun kecepatan injeksinya, putaran mesin diesel akan menyesuaikan sendiri kecepatannya berdasarkan volume dan kecepatan bbm yg masuk...efek yg timbul, idle-nya ga stabil atau malah overspeed yg mengarah ke self-destruction alias bunuh diri

untuk kasus diesel pak yusaku, bisa jadi memang ada bahan bakar yang masih nyantol di ruang bakar, sehingga mesin diesel ogah dimatikan meskipun kontak sudah off
mungkin juga mekanisme governor-nya tadi (yg mengatur masuknya bbm ke ruang bakar) mulai bermasalah...coba dicek

silakan dikoreksi :D

btw...thread ginian sih lahannya pak turboman:D
tunggu. governor itu setau ane berhubungan dengan tuas gas yang akan mengatur besarnya tekanan dan volume bahan bakar yang akan di Injeksikan tergantung dari besarnya bukaan gas dan kecepatan putaran mesin karena berhubungan dengan gerakan dari Fly Weight. dan kalau mesin tidak mau mati pada saat kunci kontak di posisi OFF itu menurut ane disebabkan oleh Fuel Cut Solenoid yang tidak menutup atau tidak menutup dengan sempurna pada saat kunci kontak di posisi OFF, karena dalam kondisi Normal alias Injection Pump tidak mengalami kerusakan sedikitpun,menurut ane cuman dengan melewati Fuel Cut Solenoid inilah bahan bakar dapat masuk menuju Delivery Valve dengan sebelumnya di tekan atau dikompresikan oleh Pump Plunger. karena lubang Plunger Spill Port akan tertutup oleh Spill Ring.

atau bisa juga Fuel Cut Solenoid berfungsi dengan baik tapi injector mengalami masalah, karena setau ane dan seinget ane di injector itu ada pipa balik untuk membalikan sisa bahan bakar menuju tangki bahan bakar, nah mungkin ketika bermasalah sehingga pipa yang seharusnya membalikan bahan bakar menuju tangki bahan bakar malah memasukan bahan babar melalui pipa di injection pump yang disebut OverFlow sehingga bahan bakar dapat masuk ke Injector.

maap ya bro.. gk da maksud nantang ilmu dengan bro kok, ane hanya mau coba menjawab dengan ilmu yang ane dapat ketika kuliah aja. :big_peace: :big_peace: :big_peace:

kalao ada salah ya mohon dimaapin ya..
tenang aja oom :D kita kan sharing, makanya diatas ada tulisan "silakan dikoreksi" :D

maksud saya, governor disini adalah "fungsi" bukan "perangkat" dan cara kerja mesin diesel dari ide orisinilnya
jadi untuk mesin diesel modern, governor ini secara perangkat sudah diganti perangkat elektronis, misalnya ECU dengan berbagai perangkatnya

jadi mesin diesel akan tetap nyala dan mengisap udara selama ada bbm masuk, dari tulisan om TS, ada kemungkinan yg bermasalah di sistem bahan bakarnya yg selalu masuk ruang bakar meski mesin di matikan, bisa jadi ini dari fuel-cut solenoid atau dari injector tadi

namun, dengan tambahan keterangan om TS, mesin bukan hanya ga mau mati, tapi kadang menunjukkan gejala nge-gas sendiri (full throttle, berasap bahkan oli mungkin sampe kehabisan), ini sih bukan hanya sekedar bbm bocor/ga nutup...tapi bener-bener seperti lagi di-injeksi-kan dalam debit dan kecepatan yang tinggi (kayak lagi di gas poll),
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by BADAK »

@ BAdak: klu diterjemahin secara ndeso, mesin diesel akan membakar segala jenis bahan bakar begitu mencapai teperatur operasional, kalau ndak salah dulu kan pernah ada mesin apa yang pakai bahan bakar alternatif apa gitu yang mesti dipancing pakai bahan bakar solar murni, truss baru dialiri bahan bakar alternatif lain nah baru mesin itu bisa jalan pakai bahan bakar alternatif itu, mungkin lho ya itu yang juga saya tangkap
Memang kompresi mesin diesel akan membakar segala jenis bahan bakar, tp yg saya ingin tau apakah kompresi mesin diesel standard bisa meledakkan oli sehingga mampu menghasilkan tenaga yg mendorong piston. Dengan catatan kejadiannya bener2 murni oli, tanpa ada campuran dr residu solar, atau bahkan solar nya itu sendiri :e-think:
Kalo memang ternyata bisa, tentunya bahaya donk saat oli masuk ke ruang bahan bakar, bisa2 semua mobil yg bocor ring piston mesin gak mau mati :mrgreen:
Makanya saya pingin tau, kejadian kyk gini masalah nya ada dimana :e-think:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by BADAK »

jalu wrote:hehe debat mantap ala SM....

kalo saya inga2...mesin diesel yang proses shutdown nya bukan dng cara menutup saluran bahan bakar tapi dengan cara menutup aliran udara masuk yaitu detroit diesel 2tak

cmiiw
Bukankah itu gunanya forum bang? Buat sharing pengetahuan n saling mengoreksi kalo ada yg salah, jd dicapai suatu kesimpulan yg tepat :D
Untung Tom & Jerry gak masuk tret ini :upss:
Nubie mo tny neh jal, detroit diesel tuh apa ya? Kalo dlm istilah bengkel disebutnya apa?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by ZombiEE »

Mantep mantep.....jd salah nya dimana dak?