Salam Kenal & Tanya Biaya Bulanan Ninja KRR

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Densur
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: Tue Dec 27, 2005 4:27
Location: Depan Layar Monitor

Salam Kenal & Tanya Biaya Bulanan Ninja KRR

Post by Densur »

Dear Bikers,

Salam kenal semuanya, name ane Densur ane tinggal di Bekasi, kerja di Kuningan, udah punya niatan mau beli Kawasaki Ninja KRR, tapi masih ragu nich, maklum ane pan masih jadi buruh komputer jadi biayanya musti pas antara pemasukan dan pengeluaran, :P nah kira2 biaya perbulannya berapaan yah?...maksud nye dari biaya Service/Tune Up, Bensin, Oli Samping, Accecoris, Perawatan Body,..dll..dll...kalo boleh minta tolong di kasih perinciannya yah Bro... :wink:

Selama ini ane bawa Macan Besi Honda...tiap hari lewatin macet (Jakarta gitu loh!!)...kalo selap/selip kayanya masih kurang sip, tapi kalo maen keluar Kota mah hayo dach...

Jadi tertarik ama Kawasaki Ninja KRR nich, selain model dan tenaganya yang sekiranya cuco' buat melahap kemacetan Jakarta.

Thank's ya Bro..
TINDAKAN TANPA KEYAKINAN ADALAH PELURU KOSONG
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Re: Salam Kenal & Tanya Biaya Bulanan Ninja KRR

Post by yoyoyo »

Densur wrote: Selama ini ane bawa Macan Besi Honda...tiap hari lewatin macet (Jakarta gitu loh!!)...kalo selap/selip kayanya masih kurang sip, tapi kalo maen keluar Kota mah hayo dach...

Jadi tertarik ama Kawasaki Ninja KRR nich, selain model dan tenaganya yang sekiranya cuco' buat melahap kemacetan Jakarta.

Thank's ya Bro..
Tiger aja selap selip dirasa kurang sip, padahal naked , apalagi KRR yang lebih gambot?
Selap selip macet ya ideal bebek yg ramping, macem shogun SP , just my 2 cents.
Anyway, coba lihat thread ini
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 56&start=0
bincang2 about ninja.
User avatar
Densur
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: Tue Dec 27, 2005 4:27
Location: Depan Layar Monitor

Post by Densur »

Mungkin karena fairingnya yang aga2 lebar kali yah, Bro?...
tapi justru itu pointnya Bro kalo dicopot fairingnya jadi kurang gahar dech tampilannya, tapi gimana dengan performanya yah(kalo fairingnya dilepas)?......

Tapi Bro untuk biaya maintenence ya gimana yah??... :cry:

Thank's for your info Bro...

*Densur
TINDAKAN TANPA KEYAKINAN ADALAH PELURU KOSONG
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

kalo boleh sumbang saran..
kalo soal motor yg lincah dijalan macet lebih baik motor bebek aja kali yah? emang sih biasa bawa sport trus ke bebek jd agak kagok. Sy jg pernah ngalamin gitu koq :)

kalo msh mau motor sport yg lincah, irit dan gesit kenapa gak RX-King atau GL-MAX gak jelek koq. saya tiap hari bawa GL-MAX oke2 aja tuh.

Ini cuma sekedar saran aja..terserah sampean deh.
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

Densur wrote:Mungkin karena fairingnya yang aga2 lebar kali yah, Bro?...
tapi justru itu pointnya Bro kalo dicopot fairingnya jadi kurang gahar dech tampilannya, tapi gimana dengan performanya yah(kalo fairingnya dilepas)?......

Tapi Bro untuk biaya maintenence ya gimana yah??... :cry:

Thank's for your info Bro...

*Densur
Gw jadi bingung, sebenernya maunya gimana :D
Utk mudah selap selip di kemacetan , dng mengganti Tiger menjadi Ninja
adalah bukan solusi yg tepat.
Coba dibayangin Tiger dipasang fairing, tambah lincah gak selapselip di macet?hehe Ntar lebar2nya dng RR terasa spt itu juga.
Lain cerita kalau misal Ninja-R, tipe naked-bike juga spt Tiger.

Mengenai biaya maintenance, lha bro Densur lihat ngga link yg gw kasih
diatas tadi? Klik aja, atau klik kanan open-in-new-window.
Ini gw copy-paste postnya bro nichol:
bensin: "r/s bisa 25 km/liter, ninja rr/krr bisa 20 km/liter"
oli samping: "ninja r/s juga sekitar 2500-3000 km"
karakter: "kelemahan ninja rr/krr yg cukup mengganggu di kemacetan adlh, akselerasi/putaran bawah yg menurut gw lemah....tapi kalo dah rpm diatas 6000 mah..ya...rasain aja sendiri..belajar ngerem ya.. :p "

Nah, yg gw gak ngerti biaya(yg bro sebut):
- asesoris
- perawatan body

perawatan body mah, bedain aja chamois buat bagian bawah motor(mesin, fork,
swingarm,dll) dan bagian body. Gunakan chamois, soalnya jenis ini ngga
menyimpan tanah/pasir kasar, ngga spt busa/spons/lap kain.
Pakai sabun cuci motor/mobil (gw pake Kit Wash&Wax) utk body dan semua yg dicat, utk daerah mesin yg ada oli2nya pakai sabun colek.
Yg terutama, gunakan air yg mengalir. Air dlm ember yg bolak balik dipake
sama dengan pelan2 tp pasti meng-amplas karena kotoran/tanah nya balik lagi kita
usap ke body.
Bawah dulu baru body, dan segera dikeringkan, kalau ngga nanti bisa2 ada bercak air (kerak air?) di body, katanya sih ini kapur.
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

gw setuju apa yg diutarakan bro yoyoyo diatas. Perlu bro Densur ketahui, bahwa fairing itu diaplikasikan sebenarnya untuk mendukung aerodinamika dikala ngebut. Dirancang sebenarnya untuk kecepatan tinggi, seperti sirkuit2 ato even balap gitu. Motor turing macem honda mega pro, tiger itu kan dirancang buat jalan2 perkotaan. Makanya simple gak pake fairing. Kalaupun ada ninja rr keliaran di jalan, itu kan hanya lantaran kawasaki mengeluarkan motor berkarakter 'lari'...Makanya putaran rendah memang berat, krn memang lebih fokus untuk top speed, makanya jg dia punya fairing. Jgn salah bro, pake rr itu agak ribet lho buat nyalip. Paling kalo bro memang suka speed tapi enak diajak meliuk di kemacetan, ninja r/s atau rgr, satria n scorpio (4 tak) bisa jadi pilihan.

untuk konsumsi, bro yoyoyo udah cantumin diatas tadi. Ya, istilah nya "no pain, no gain"....untuk tambahan aja, gw denger dr para pemakai ninja rr, katanya konsumsi oli samping nya jauh lebih hemat, bisa ada yg 6000 km..tau deh boong apa nggak.

Untuk oli samping, gak seboros umumnya 2 tak. Pemakaian oli samping kira2 sebanding dgn rx king. sekitar 2500-3000. (pengalaman pribadi gw dulu pake king). Lain halnya dibanding satria ato rgr, lebih boros lagi motor2 tsb.

untuk perawatan body, cukup pake plas chamois kanebo, motor dicuci terus usep2 aja sampe mengkilap, seperti motor lainnya pd umumnya. Gak ada yg khusus.

biaya maintenance...
1. Oli samping cukup yg murah aja, macam shell advance (Rp. 18500). Kenapa yg murah? krn ninja punya blok 'terlalu' kuat, don't worry kasih oli samping yg murah juga, lagian blok cs punya pori2 yg 'menjebak' oli n bikin awet.
Kalo punya duit lebih, pake repsol competition +- rp 50.000.
biasanya sebulan lebih sampe 2 bulan baru isi lagi (tergantung jarak tempuh)
2. oli mesin, pake aja repsol moto sintetico, murah koq, gw beli 29000. 6 bulan sekali gw kuras (2 tak gitu lho)
3. bensin seperti yg disebut yoyoyo diatas.
4. Biaya servis kecil adlh bersihin karbu doang (kira2 sebulan sekali) sekitar 15 sampe 20 rebu, tergantung bengkel. Kalo gak salah di bengkel resmi 20 rebu deh.
5. Biaya servis besar adlh bersihin karbu, blok pembakaran cs dll. Krn ninja karbonnya jarang menggumpal, gw servis besar tiap 6 bulan sekali, itupun keraknya tipis banget. biaya paking sekitar 50 rebu, ongkos kerja sekitar 35000. Ya gak sampe 100 rebu lha.

sudah ya, kalo ada pertanyaan silahkan tanya lagi.
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
Densur
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: Tue Dec 27, 2005 4:27
Location: Depan Layar Monitor

Post by Densur »

:e-clap: Thank's ya Broer for your info....ane jadi tambah pengetahuan tentang nih motor (Ninja KRR)

Ternyata biaya maintenence nya tiap bulan kaga jauh beda ama Tiger ya?? kalo ane sebulan kira2:
*Bensin Pertamax 70000/minggu (jarak perhari +- 50km)..itupun kalo kaga ngider kemana2 dulu....hehe :lol:
*Oli mesin Enduro 4T Rp.24000/2minggu (ganti oli tiap 1000-1500km).
*Service/Tune up Rp.50000 (include tips mekanik).
*Biaya cuci gratis (cuci sendiri gitu loh...!).
*Accecoris motor Rp.50000-100000 (nyang satu ini tergantung bawaan, maksudnya kalo lagi diperlukan belanja ya dipake, kalo ngga ya dialokasikan buat siEmpunye... :P xixixix)

Dulu sebelum bawa Macan besi, ane pernah punya Satria 120R, emang boros di oli samping Bro..kira2 10hari bisa ngabisin 1botol. :( ...tapi yah bagus di tarikan bawah, ama enak buat selap-selip diantara mobil2 mentereng karena bawaan body yang cukup enteng...tapi ya itu Bro...masa ane bawa bebek lagih?? :roll: hehehehe ...( :e-naughty: maaph ya para bebeker ane bukannya menjelek2an motor cub/bebek yang ada, cuma ane lebih berselera sama motor sport..sekali lagi maaph ya??).

kayanya kalo bawa motor sport (full fairing) kurang begitu cuco' ye buat selap-selip dikemacetan kota.... :? ..tapi tongkrongannya itu loh Bro..ckckck..kesemsem nih ane ama KRR...ato mungkin ane modif aja kali ya Macan ane pake body KRR...hmm..kira2 abis berape ye?.... :shock:
TINDAKAN TANPA KEYAKINAN ADALAH PELURU KOSONG
Wahyu_D
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 355
Joined: Wed Nov 16, 2005 6:14

Post by Wahyu_D »

:D Mantap emang KRR... Bung Densur, kenapa ngga coba CBR150 sama2 mantap tuh..tongkrongannya.., kalau gue sih kalau dijakarta masih enakkan naik Bebek soalnya kalau macet-cet...gampang meliuk-liuknya...coba dulu aja Shogun SP...tarikan lumayan kalau buat macet-macet...., tongkrongannya juga :e-clap: tapi kembali ke selera...
orang_sangit
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
Location: most eastern jakarta

Post by orang_sangit »

ooo iya nih temen ane yg bawa ninja KRR info buat ente bung

1.karena ga pernah dipake ke skull so biayanya seminggu 50rb(buat track2an only)
2.oli samping yg dia pake ganti 2 minggu sekali(maklum anak pejabat)
3.bensin yg dia pake tuh katanya avtur(boong kali ya??)

kalo ane saranin BELI AJA NIH MOTOR... karena ane ga kesampean beli nih motor
kalo emang situ kerja di bekasi yg full of trafic jam saya saranin sih bebek aja deh... tp kalo pengen bebek gaya pilihlah my ride. satria F150, ya... kencengnya ga beda jauhlah...harga juga kayaknya ga semahal KRR lah...

bagi anda hanya 2 pilhan
1.beli ninin KRR
2.bebek kwek kwek kwek
:D KAMI SEBAGAI KAUM LAKI-LAKI MENOLAK KERAS RUU ANTI [cencored] DAN [cencored] :D
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

bujubuneng, bro densur...tiger bro boros amat??? dah diubah apa aja tuh....gile, gw itung2 1 liternya 27 km ya? gak beda jauh sama ninja r/s

Kalo boleh gw saranin sih, menurut gw yg paling ok baik dr segi performance maupun model, masing2 untuk motor tipe:
1. Sport 2 tak : ninja krr
2. Sport 4 tak : cbr 150
3. Sport touring 4 tak :scorpio
4. Bebek 4 tak :f150
5. Bebek 2 tak :satria

kalo memang ada duit lebih, beli aja 2 motor, pusing2 amat? hehe..beli krr n f150. Kalo siang2 ato pas jalan lagi macet2nya, pake bebek, kalo malem terutama malem minggu, pake krr...hehehe..
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
Densur
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: Tue Dec 27, 2005 4:27
Location: Depan Layar Monitor

Post by Densur »

nichol wrote:bujubuneng, bro densur...tiger bro boros amat??? dah diubah apa aja tuh....gile, gw itung2 1 liternya 27 km ya? gak beda jauh sama ninja r/s

Kalo boleh gw saranin sih, menurut gw yg paling ok baik dr segi performance maupun model, masing2 untuk motor tipe:
1. Sport 2 tak : ninja krr
2. Sport 4 tak : cbr 150
3. Sport touring 4 tak :scorpio
4. Bebek 4 tak :f150
5. Bebek 2 tak :satria

kalo memang ada duit lebih, beli aja 2 motor, pusing2 amat? hehe..beli krr n f150. Kalo siang2 ato pas jalan lagi macet2nya, pake bebek, kalo malem terutama malem minggu, pake krr...hehehe..
*oops...maaph Bos, maksudnya ane biasa kasih minum tuh Macan Pertamax plus, and semuanya masih standard kok... :lol: ..and sengaja minta disetting aga2 boros, biar lebih gampang hidup kalo pagi2 dan supaya larinya enteng-teng...padahal kalo settingan standard, per liter +- 35km s/d 40km..tergantung riding style juga sih...

*Wahh...selera ente ama ane sama nih :wink: ....cuma untuk no.3 ane kepalang beli nih Macan, so mau ngga mau yah dipake dah.. coz"I TAKE WHAT I LIKE AND I LIKE WHAT I TAKE"... :e-dance:

*Nah ntu dia masalahnya...ane kaga banyak duit Bos.... :lol: xixixix
TINDAKAN TANPA KEYAKINAN ADALAH PELURU KOSONG
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

hehe..yaudah, tunggu aja yg terbaru, katanya ada ninja 250 cc...kalo memang ada, gak perlu mikir2 lagi. Sikat aja bleh...Kalo gak keluar2 juga, yaudah sikat krr...
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

<<Wahh...selera ente ama ane sama nih >>

memang betul kita sama bro, cuma beda nasib...hehe...
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
Black&White
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 191
Joined: Sat Apr 02, 2005 12:19
Location: Bandung

Post by Black&White »

Hidup ninja....
jauh lebih enak dibanding tiger...hehehehehe.......
...(-_-)..zzZZZ
User avatar
budzaemon
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
Location: Indonesia

KRR buat selap-selip?

Post by budzaemon »

Yg bener aja Bro? ga sayang ?trus gw agak bingung aja motor berfairing gede kyk KRR mo dipake selap-selip , mo nyelip lewat apaan (yg ada abis selap-selip bodynya baret2)...
? klo mo blajar selap-selip mendingan taklukin aja dulu jalur kalimalang diwaktu pagi he3x..Bro pinjem KRR siapa kek klo ternyata enak lewat Kalimalang diwaktu pagi brarti pas he3x.. dijamin tobat loe Bro :-P . tapi emang paling asoy buat selap-selip sih bebek bro... atw bener kata NiCHOL kenapa ga CBR aja.. masih lebih ramping ketimbang KRR


klo gw sih sekali CBR tetep CBR tp sayang ga ke beli2