Pajero sport vs fortuner

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by esh »

@ak4ng: tuh ada yang mau nungguin buat test lapangan supaya nggak hanya di atas kertas doang. Ntar kalau jadi tolong saya dikabari ya supaya bisa ikutan ngetest. :thanks:
golfpunk wrote::big_smoking: apanja nya sering lewat mana? and plat nomornya apa?? nanti tak tungguin disana kita test :big_smoking:
Kalau bisa sekalian kopdar :big_peace:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by ak4ng »

sukabumi-bandung 3 bulan sekali,, mau test lapangan mangga di jalan raya cianjur bandung,,,
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
M-90
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by M-90 »

utk 0 s/d 100 kpj, Ane pegang apanja-nye ak4ang.

Apanje memang kuenceng. Di arena dragrace 0 - 200m, tabjub dgn Apanje yg bisa melibas mobil-mobil favorit dragrace spt honda Estilo atopun ANJ. :frm_tumbright:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by ak4ng »

M-90 wrote:utk 0 s/d 100 kpj, Ane pegang apanja-nye ak4ang.

Apanje memang kuenceng. Di arena dragrace 0 - 200m, tabjub dgn Apanje yg bisa melibas mobil-mobil favorit dragrace spt honda Estilo atopun ANJ. :frm_tumbright:
memang tidak diragukan
:big_smoking: :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by evolution21 »

coba diundang jg :
Bp Didoetz dengan captiva dieselnya
Bp Turboman dengan D4D nya
Bp Fortunerman dengan fortunernya (masi ada / dah dijual?)

Utk perwakilan dari PS agak banyak
ada Bp. Hansen, Golfpunk, Poeticmind, Willy, ..... sapa lagi ya?

di drag race rame2 sama apanjanya Bro Akang, jamin seru dah tu
FortunerMan

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by FortunerMan »

Saya udah tua...gak suka balap2an...nyetir saya kaya nenek2 jompo. Kalo pun mobil saya Ferrari...driving skill gak mumpuni :mrgreen:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by ak4ng »

gmx bawa eternanya,,, vanzmatic bawa apanja a/t nya, maskopat dgn SLnya,, badak dgn kucing garongnya,, siapa lagi ya???
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by maskopat »

ak4ng wrote:gmx bawa eternanya,,, vanzmatic bawa apanja a/t nya, maskopat dgn SLnya,, badak dgn kucing garongnya,, siapa lagi ya???
wah, kalo ane turun dengan SL, dijamin semua bakal kalah......





............. kalah lambat maksudna... :big_weee:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
distorsi-
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Fri Jan 14, 2011 9:46

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by distorsi- »

viqi- wrote:
FortunerMan wrote:
esh wrote:Saya setuju dengan statementnya, saya merasa PS adalah triton yang dimodif menjadi station.
Ya memang iya...bukan dirasa lagi bro. Sama Fortuner dr Hilux, Everest dari Ranger. Makanya ada istilah traditional SUV sama crossover SUV. SUV tradisional ya yg kaya PS ini...

Makanya saya sangsi PS dibilang gak kuat...soalnya mbahnya (Triton) truk yg cukup kuat.
Untuk pemakaian secara normal or umum saya yakin PS or triton mobil yg cukup kuat bahkan saya berani guarantee PS jauh lebih tangguh dari inova, apalagi klo pemiliknya pribadi pasti lebih dari 95 % dfungsikan di aspalt yg mulus or tol. tapi jika digunakan di tempat yg agak extreme yg bisa di bilang lebih 70 % yg dilaluinya off road, PS or triton jadi kehilangan pamor kejantanannya di banding kompetitornya. Penyakitnya yg mengganggu kenyamanan yaitu di kaki2 yg mungkin bisa di bilang lemah bunyi2 dan cepet mati, dan bunyi2an yg sangat mengganggu dari kabin seperti bunyi reng baut or tikus dll.....di PS n triton sering di temuin. Mungkin ini di karenakan guncangan yg berlebihan yg terus menurus dalam pemakaiannya. supensinya pun lebih keras di banding everest.
ada satu contoh yg mungkin masuk logika : ketika mengendarai triton khususnya ketika masuk lubang dalam yg mungkin seukuran ban , triton biasanya langsung nyangkut n lebih menggasing bannya klo di gas, sedangkan ranger jika mengalami hal yg sama setiap hentakan ban terasa suspensinya mengayun sambil truss menggas bisa keluar dengan cukup mudah dari lubang yang sama di lalui triton.( klo saya bawa ranger klo ketemu jalan jelek n banyak lubang besar2 n dalam, saya biasanya tetep nge gas agak tinggi di 4H agar klo masuk lubang suspensinya tetep truss main/ngayun agar tidak terperosok dengan catatan setir di goyangin dikit2 kiri n kanan, dan hal ini lebih mudah di lakukan di ranger di bandingkan di triton. tp dilarang bawa wanita hamil karena dalam kondisi tersebut dijamin bakal keguguran :ungg: )
tapi jujur klo saya punya duit bnyk buat beli mobil untuk pribadi saya bakal milih PS dari pada everest, lebih sesuai umur saya yg baru masuk beberapa hari kepala 3 di tambah lagi selain modelnya ga bakalan berubah dalam waktu 4-5 thn ini n bawaannya mitsubishi dari dulu klo face lift irit alias dikit2 n g se extreme everest yg tiap 2 tahun ganti model hidungnya. tp klo buat kerja jalan jelek or perjalanan jauh saya prefer ke everest. alasannya nyaman, lebih nendang di banding PS. tp mending ngg keluar forti baru.....paling tinggal beberapa bulan lagi, paling telat 2010.
ngomongin SUV diesel,saya sebenernya pengen punya yg diesel..sekarang pake fortie 2.7 sudah sangat cukup buat saya pribadi.. tapi ada keinginan ganti pake diesel.. awalnya naksir fortie diesel dan ps..tapi baca tulisan om viqi- nambah lagi nih pilihan nya...evie keliatan nya tangguh ya....harga seken yg generasi awal juga gak terlalu mahal tuh.tapi mesin nya gak terlalu powerful ya..sekarang saya lagi nimbang2 beli evie seken generasi awal atau trade in fortie saya trus ganti PS... mending mana ya kira2??maaf oot.. :big_peace:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by maskopat »

om distorsi, kenapa pengen diesel? fortie 2.7 udah oke kayaknya...

tentang evie yang lama, yang belum tdci, ane dulu sih pernah bawa ranger dcab... menurut ane sih akselerasinya cukup kuat kalo turbo sudah bekerja... di gigi 5 aja bejeg gas masih cukup dahsyat tarikannya... imho..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
distorsi-
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Fri Jan 14, 2011 9:46

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by distorsi- »

pengen ngalamin torsi gede di putaran mesin gk tinggi,,hehe.. ditambah katanya diesel sedikit lebih hemat..fortie saya lumayan haus tuh,hehe.. ditambah mau keluarnya aturan pemerintah ttg pembatasan premium. belum lagi baca2 tulisan nya om turboman,wah jadi kesengsem pengen make diesel.. ! :mrgreen:
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by esh »

distorsi- wrote:pengen ngalamin torsi gede di putaran mesin gk tinggi,,hehe.. ditambah katanya diesel sedikit lebih hemat..fortie saya lumayan haus tuh,hehe.. ditambah mau keluarnya aturan pemerintah ttg pembatasan premium. belum lagi baca2 tulisan nya om turboman,wah jadi kesengsem pengen make diesel.. ! :mrgreen:
berarti harus tahan dengan bau asepnya :big_peace:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by Turboman »

distorsi- wrote: ngomongin SUV diesel,saya sebenernya pengen punya yg diesel..sekarang pake fortie 2.7 sudah sangat cukup buat saya pribadi.. tapi ada keinginan ganti pake diesel.
Fort 2.7 nya udah diapain aja um

Sebetulnya mesin 2TR-FE kalo :
- Pake Ground Cable
- Pake Piggyback macam Dastek Q
- Pake Oli low viscosity 5W30 Full Synth
- Pake Interchiller (AIC)

Pasti tarikan awalnya akan improve cukup signifikan.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by BADAK »

IMHO, kl sebelumnya terbiasa pake mbl bensin ganti ke mbl diesel pst rasanya kurang enak. Yg dulunya sekali bejeg lgsg lari, skrg pake diesel dibejek terasa ada delay. Selain itu suara&getaran mesin diesel yg lebih terasa drpd mbl bensin.
Diesel lebih unggul dlm keiritan & torsi besar diputaran bawah. Selain itu mbl diesel memiliki ketahanan fisik diatas mbl bensin & lebih minim perawatan. CMIIW
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by ak4ng »

mnurut ente boil desel yg paling bagus ap????
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
distorsi-
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Fri Jan 14, 2011 9:46

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by distorsi- »

BADAK wrote:IMHO, kl sebelumnya terbiasa pake mbl bensin ganti ke mbl diesel pst rasanya kurang enak. Yg dulunya sekali bejeg lgsg lari, skrg pake diesel dibejek terasa ada delay. Selain itu suara&getaran mesin diesel yg lebih terasa drpd mbl bensin.
Diesel lebih unggul dlm keiritan & torsi besar diputaran bawah. Selain itu mbl diesel memiliki ketahanan fisik diatas mbl bensin & lebih minim perawatan. CMIIW
saya baca2 di tret PS katanya yg udah ganti downpipe,pake piggy back,sensasi mobilnya berubah mendekati bensin..hehehe..makanya jadi mupeng pengen nyoba diesel.pangen hemat juga...PS ganteng bgt ya... tapi kalo mau PS mesti jual fortie nya dulu...kalo beli evie first generation bisa punya mobil 2.hehehe..trus bisa menekuni hobi baru nih kalo punya evie... selama ini nebeng kakak sepupu mulu kalo lumpur2an...hehehe... bingung sih... maklum duitnya gak banyak,jadi susah kalo mau ganti mobil.mesti banyak pertimbangan.
distorsi-
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Fri Jan 14, 2011 9:46

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by distorsi- »

ak4ng wrote:mnurut ente boil desel yg paling bagus ap????
menurut akang apa?
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by ak4ng »

ga tau,,, makanya sy nanya,, sy juga bingung,,,
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by esh »

ak4ng wrote:mnurut ente boil desel yg paling bagus ap????
Kalau bicara soal yang paling bagus itu relatif, tergantung kriterianya dulu.

Misalnya ada yang mementingkan kemampuan dan ketahanan untuk off-road, ada lagi yang mementingkan merek, harga purna jual, dan lain sebagainya.

:big_peace:
distorsi-
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Fri Jan 14, 2011 9:46

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by distorsi- »

esh wrote:
ak4ng wrote:mnurut ente boil desel yg paling bagus ap????
Kalau bicara soal yang paling bagus itu relatif, tergantung kriterianya dulu.

Misalnya ada yang mementingkan kemampuan dan ketahanan untuk off-road, ada lagi yang mementingkan merek, harga purna jual, dan lain sebagainya.

:big_peace:
betul bgt boss!
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by ak4ng »

ya yg tipikalnya mirip2 apanja,, irit, kenceng, nyaman, stabil di kecepatan tinggi, oprut lumayan,, nanjak ga boyot, ga lemot, harga terjangkau, jaminan aftersales, parts kw banyak,dll
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by roadtrain99 »

Turboman wrote:
Risol1 wrote:PS mayan koq enak juga. Kalo Fortie ane belon pernah coba.
sayangnya gak ada yg bensin (ane kurang suka sama mesin diesel soalnya kalo udah kenceng agak ngeden) apalagi ane berasanya FCnya juga gak irit2 banget.
Sebenarnya soal Performa pada kecepatan tinggi ini tergantung spec Output mesin + rasio gigi2-nya, ketimbang soal jenis BBM-nya.

Kombinasi karakter output mesin dgn Transmisi yg sesuai.

SUV / MPV Diesel yg byk beredar di sini nggak sedikit yg menggunakan rasio Final Gear ala Pick Up, lari 100 km/jam RPM-nya udah tinggi, jelas sulit utk mencapai Top speed yg tinggi krn bandwidth RPM-nya 4300 - 4500 udah Redline.

Kalo mobil2 kayak Frontier Navara / Captiva VCDi / BMW X1 2.0d itu sih larinya gak main main, selain Power-nya besar juga didukung dgn Transmisi / Rasio gigi yg sesuai........... :mrgreen:

*Soalnya pernah test drive ke 3 nya*
mr risol1 pernah coba bawa diesel apa aja?
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by roadtrain99 »

Turboman wrote:
Grande_Jefe wrote:Pajero sport / Toyota Fortuner apakah bisa konsumsi Solar Pertamina biasa?
atau harus diesel fuel yang mahal?

thanks
Bisa, gak masalah, soalnya sama2 menganut sistem Low Pressure CRD

kalo mau enak ya campur additive solar aja
mau tanya pak turbo

kalo low pressure, apakah ngaruh thd asap yg dihasilkan?
dua2nya sudah commonrail, pas sy perhatiin, sewaktu ps akselerasi asap nya tidak setebal asap dari d4d di fortuner/ipah, ada perbedaan dimana? tytnya bilang dieselnya disetel utk ramah lingkungan.
pernah jg baca, semakin panas solar nya berarti pembakaran nya makin ok, sehingga asap pun agak berkurang..menurut pak turbo gimana?
ada juga pendapat kalo asap makin tebal, berarti mixture udara dan bbm nya kurang sebanding, solar nya lebih banyak, gimana tuh pak turbo?
baru crd saja atau sudah i jg pak?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by Turboman »

roadtrain99 wrote: 1. kalo low pressure, apakah ngaruh thd asap yg dihasilkan?

2. dua2nya sudah commonrail, pas sy perhatiin, sewaktu ps akselerasi asap nya tidak setebal asap dari d4d di fortuner/ipah, ada perbedaan dimana? tytnya bilang dieselnya disetel utk ramah lingkungan.

3. pernah jg baca, semakin panas solar nya berarti pembakaran nya makin ok, sehingga asap pun agak berkurang..menurut pak turbo gimana?

4. ada juga pendapat kalo asap makin tebal, berarti mixture udara dan bbm nya kurang sebanding, solar nya lebih banyak, gimana tuh pak turbo?

5. baru crd saja atau sudah i jg pak?
1. Ya, kalo FRP makin tinggi sih korelasinya kpd pengabutan yg lebih baik, tetapi tergantung kpd type Nozzle-nya juga.

2. Terus terang aja 42ner D4 D 2.5 dgn kondisi standard boleh dibilang "Underpowered" thd body sebesar itu, sedangkan si PS Torsi-nya lebih besar. 42ner D4 D 2.5 kalo udah di tune en ganti DP saat di gas juga asapnya akan lebih tipis krn mesin bekerja lebih effortless.

3. Ya. Kalo sistem CRD krn Pressure-nya udah sgt tinggi, otomatis solar yg dimampatkan scr extrim di Fuel Rail suhu-nya juga akan menjadi lebih panas dgn sendirinya.

4. Ya, selain AFR yg rich bisa juga diakibatkan oleh Timing Injeksi yg kelewat retard.

5. Istilah CRDi / I-CTDi / Di-D / VCDi en lain2 yg ada kata "i" nya itu hanyalah trademark si pabrikan aja. (IMHO)
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by maskopat »

agak berbeda arti "i" ini...kadang injection kadang intercooler...
kalo di Di-D maksudnya adalah Direct injection Diesel...
kalo di captiva, VCDi maksudnya Variable geometry turbo Common rail Diesel intercooler... cmiiw...
kalo everest TDCi mungkin Turbo Diesel Common rail intercooler...

benerin kalo salah... :thanks:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green