Ya, kalo saya sih 100% sependapat dengan bro Doq bahwa maintenance lebih menentukan sludge/tidaknya sebuah mesin mobil dibanding desain internal mesin sendiri.doq wrote:@risol: hoooo ic ic
yah, jd mau design nya sejelek gimana, selama maintenance benar tentunya sludge ga bakal ada donk yah cmiiw...........
makanya sy lbh ngeliat nya sbg mis-maintenance aja
Karena kalo kita pake mobilnya "jorok" (bertahun2 gak pernah ganti oli, oli pake spek campur2, oli kurang didiemin aja, dll), IMO bukan cuma mesin toyota aja yg bakalan sludge tapi semua mobil juga bakal kena masalah yg sama, cuma masalah cepetan mesin yg mana kena sludgenya.

Tapi memang ada bbrp kasus mesin 1MZ yg defect alias udah maintenance dgn bener tetep kena juga penyakit sludge ini. Kalo ini murni defect dan persentasenya keciiiil sekali dibanding jumlah mobil 1MZ yg terjual. Sebagian besar 1MZ yg sludge dikarenakan poor maintenance, bukan defect mesin. (1Mz yg kena sludge baik karena defect atau poor maintenance juga persentasenya sangat kecil kalo dibanding mobil 1MZ yg terjual)
Sebenernya waktu ane bilang "Mesin toyota 1Mz gampang sludge" itu bukan berarti telat ganti oli 1000km aja langsung sludge, gak gitu hehehe..... kalo begitu sih hampir semua mesin 1MZ di US bakalan sludge semua dong.
Ibaratnya mungkin kalo misal mesin corolla 1.8 perlu tingkat kejorokan 90% baru mesinnya sludge, maka mungkin mesin 1MZ cuma perlu 70% tingkat kejorokan u/ bisa sludge. Tapi untuk sampe ke level 70% itu dibutuhkan tingkat "kejorokan" yg tinggi.
Juga masalah mesin gampang sludge bukan cuma ada di toyota 1MZ aja, mesin audi A4 yg 1.8T juga udah terkenal gampang sludge, begitu juga mesin dodge intrepid yg V6 2.7 terkenal juga gampang sludge
