okelah kalo asumsi temp intake yg lbh rendah itu lbh sulit dibuktikan...tapi dr berkurangnya beban listrik krn fan radiator & AC yg lbh ringan kerjanya itu berpotensi membuat tarikan lbh enteng kan...??

CMIIW
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
sebentar... kalo baenol itu ada 2 fan, satu untuk radiator, satu untuk kondensor (AC). kalo mesin dingin, berarti fan radiator akan lebih jarang muter. tapi kan justru fan AC akan bekerja lebih keras, karena AC belum tentu ikut dingin ketika mesin lebih dingin (karena termostat dicabut). jadi kalo beban listrik berkurang, sepertinya tidak terlalu signifikan.jalu wrote:tarikan enteng yg dirasa dr baleno ente itu masih masuk akal kok,
okelah kalo asumsi temp intake yg lbh rendah itu lbh sulit dibuktikan...tapi dr berkurangnya beban listrik krn fan radiator & AC yg lbh ringan kerjanya itu berpotensi membuat tarikan lbh enteng kan...??
CMIIW
AFAIK panas yg terjadi di kondensor itu karena 2 hal, yaitu proses pendinginan freon dan radiasi panas dr radiator.maskopat wrote:sebentar... kalo baenol itu ada 2 fan, satu untuk radiator, satu untuk kondensor (AC). kalo mesin dingin, berarti fan radiator akan lebih jarang muter. tapi kan justru fan AC akan bekerja lebih keras, karena AC belum tentu ikut dingin ketika mesin lebih dingin (karena termostat dicabut). jadi kalo beban listrik berkurang, sepertinya tidak terlalu signifikan.
mungkin perlu di test objektif. bejeg gas dari lamer rawasari ke perempatan cempaka mas nih... di adu sama SL. si baenol dalam 2 kondisi, pertama pake termostat, ke dua tanpa termostat..
aha!!!!!!!jalu wrote:AFAIK panas yg terjadi di kondensor itu karena 2 hal, yaitu proses pendinginan freon dan radiasi panas dr radiator.maskopat wrote:sebentar... kalo baenol itu ada 2 fan, satu untuk radiator, satu untuk kondensor (AC). kalo mesin dingin, berarti fan radiator akan lebih jarang muter. tapi kan justru fan AC akan bekerja lebih keras, karena AC belum tentu ikut dingin ketika mesin lebih dingin (karena termostat dicabut). jadi kalo beban listrik berkurang, sepertinya tidak terlalu signifikan.
mungkin perlu di test objektif. bejeg gas dari lamer rawasari ke perempatan cempaka mas nih... di adu sama SL. si baenol dalam 2 kondisi, pertama pake termostat, ke dua tanpa termostat..
jika temp mesin lbh dingin, maka temp radiator ikut turun, sehingga radiasi panas yg diterima dr kondensor AC lbh rendah.
dengan asumsi proses pendinginan freon adalah tetap, putaran fan kondensor tetap tetapi radiasi yg diterima dr radiator berkurang....maka kondensor AC akan lbh dingin....
jika kondensor lbh dingin tentu beban AC berkurang krn temp. dikabin mudah tercapai.
Berkurangnya beban AC berarti kompresor AC tidak harus terus menerus bekerja....dan inilah yg bs mengurangi beban mesin.
IMHO yang perlu di CMIIW
m4rio wrote:gileee.. mantaphh.. ane perhatiin penjelasan jaldut udah kyk pakar ahli... mantapphhhh..![]()
beeuuhhh.........ente pada ga liat tu avatar nya??maskopat wrote:bukan kayaknya lagi om... tapi emang ahli....
siappp bosssmaskopat wrote: mungkin perlu di test objektif. bejeg gas dari lamer rawasari ke perempatan cempaka mas nih... di adu sama SL. si baenol dalam 2 kondisi, pertama pake termostat, ke dua tanpa termostat..
naseeb jadi kelapa tua....diparut2....doq wrote:beeuuhhh.........ente pada ga liat tu avatar nya??
dua kelapa kolot!!!!
bayangin santen nya sebanyak apaan tuuuh![]()
![]()
..............................![]()
thx oom, baru sempet baca link nya, berguna bgt nihaldy wrote:http://www.saft7.com/suhu-tepat-bbm-hemat/doq wrote:so..........nyambung obrolan sama kk kelapa tua d tret sebelah, mengenai efek dr pencabutan thermostat terhadap kinerja mesin.
point yg sdh disepakati yaitu efek terhadap konsumsi bbm yg boros nya amit2.
tp ternyata ada fakta yg berbeda antara pengalaman di baenol ane dan kijang nya kk kelapa tua.
di baenol, responsifitas mesin cenderung lbh baik. sedangkan di kijang, yg terjadi justru sebaliknya.
klo analisa ngaco sy sih, mungkin gara2 baenol sdh dilengkapi ECU, sehingga otomatis memerintahkan injektor utk menyemprotkan bbm lbh banyak agar mesin selalu dalam suhu optimal....................efek nya konsumsi bbm melorot jauh jadi 1:7,5 tapi tenaga menjadi lbh baik
sedangkan di kijang, karena belum d lengkapi ECU, pasokan bbm ga bsa "disesuaikan" secara otomatis, jadinya suhu mesin g bsa mencapai suhu optimal......................ujung2nya kerja mesin tidak sempurna, lalu pedal gas harus selalu d tekan lbh dalem utk mendapatkan tenaga yg d perlukan
tentu aja ini CMIIW yah![]()
Menjawab statementnya om..
Kalo ane sih waktu macet2an kalo bisa bensin se"kurus" mungkin waktu ngebut bensin se"kaya" mungkin tapi ga sampe menimbulkan detonasi (knocking)..Dan sistem ini setau ane sudah diterapkan ama mobil2 keluaran terbaru (Injeksi) ECU bekerja sama ama Thermostat untuk mencapai Lambda yg optimal (baik saat jalan santai atau ngebut) tanpa menimbulkan knocking (kerjasama dengan knocking sensor)..
setau ane, klo penyakit spt ini, ada baiknya radiator diganti dg yg baru..... sebab ada kemungkinan saluran air di radiatornya ada yg mampet, shg sirkulasi air di radiator ga berjalan dg baik..... selain itu ada baiknya juga diganti water pump & thermostart nya ......mbuhyoben wrote:Bulan September 2010, ane beli mobil second Xenia Xi tahun 2004, kilometernya sdh banyak sih 170 ribuan. 1 bulan kemudian, ganti air aradiator dengan coolant radiator (sblmnya isinya air kran biasa), sekalian mesinnya dituneup ke bengkel. Eh..sorenya overheat. Dibawa ke bengkel lagi yang tune up kemarin.
2 hari kemudian mobil sudah bisa diambil, dipakai muter2 overheat lagi sampe selang atas di radiator lepas (mungkin tekanan panas yg berlebih). Dibawa ke bengkel lagi...![]()
Setelah dicek katanya bengkel pertama yang ganti coolant radiator, gak buang angin radiatornya.....> dan harus turun mesin : ganti piston,ring piston, mbubut cilinder head, service radiator, total 6,7 juta...![]()
3 minggu baru selesai, semuanya normal kembali..(radiator msh pakai air kran) , trus seminggu kemudian disuruh ganti lagi dengan coolant... setelah diganti coolant (saat msh dibengkel), di test eh..overheat lagi----> ganti cap radiator sebelumnya 1,0 bar menjadi ukuran 0,9. Sembuh..gak overheat, mobil dibawa pulang.
Sesaat abis dibuat muter2 kota ampe di rumah kok ada suara "blekutuk2"(saat mesin msh panas), suaranya bersumber dari reservoir...kaget bukan main..air di reservoir hampir habis,selang reservoir berwarna coklat lengket sedikt berminyak & airnya warna merah kecokaltan. trus cek di radiator..syukurlah masih lumayan penuh hanya nambah 1/2 gelas. Cek kipas radiator berputar normal, temperatur 1/2 (normal).
Begitu seterusnya sampe hari ke 4 tiap abis jalan muter2 sekitar 20 s/d 25 km, air reservoir habis, tapi indikator temperatur masih normal. Sekarang mobil ane tinggal di bengkel lagi....![]()
![]()
Mohon bantuan saran dan solusinya sebab kepala bengkelnya keliatan pusing juga..
nah ini nih gara2 gk buang angin setelah kuras radiator buat mobil yang ada tempat pembuangan anginnya. hmm.. apakah gantinya tidak di bengkel resmi??mbuhyoben wrote:Bulan September 2010, ane beli mobil second Xenia Xi tahun 2004, kilometernya sdh banyak sih 170 ribuan. 1 bulan kemudian, ganti air aradiator dengan coolant radiator (sblmnya isinya air kran biasa), sekalian mesinnya dituneup ke bengkel. Eh..sorenya overheat. Dibawa ke bengkel lagi yang tune up kemarin.
2 hari kemudian mobil sudah bisa diambil, dipakai muter2 overheat lagi sampe selang atas di radiator lepas (mungkin tekanan panas yg berlebih). Dibawa ke bengkel lagi...![]()
Setelah dicek katanya bengkel pertama yang ganti coolant radiator, gak buang angin radiatornya.....> dan harus turun mesin : ganti piston,ring piston, mbubut cilinder head, service radiator, total 6,7 juta...![]()
3 minggu baru selesai, semuanya normal kembali..(radiator msh pakai air kran) , trus seminggu kemudian disuruh ganti lagi dengan coolant... setelah diganti coolant (saat msh dibengkel), di test eh..overheat lagi----> ganti cap radiator sebelumnya 1,0 bar menjadi ukuran 0,9. Sembuh..gak overheat, mobil dibawa pulang.
Sesaat abis dibuat muter2 kota ampe di rumah kok ada suara "blekutuk2"(saat mesin msh panas), suaranya bersumber dari reservoir...kaget bukan main..air di reservoir hampir habis,selang reservoir berwarna coklat lengket sedikt berminyak & airnya warna merah kecokaltan. trus cek di radiator..syukurlah masih lumayan penuh hanya nambah 1/2 gelas. Cek kipas radiator berputar normal, temperatur 1/2 (normal).
Begitu seterusnya sampe hari ke 4 tiap abis jalan muter2 sekitar 20 s/d 25 km, air reservoir habis, tapi indikator temperatur masih normal. Sekarang mobil ane tinggal di bengkel lagi....![]()
![]()
Mohon bantuan saran dan solusinya sebab kepala bengkelnya keliatan pusing juga..
reservoir kosong tapi kalau selama di dalam radiator masi ada air dan termostat dan sensor penunjuk suhu masi terendam air sehh pasti suhu nya menunjukan normal bro... lain crita kalo radiator ampe kosong atau kurang banget... nah itu baru dehh bakal panas..mbuhyoben wrote:Kenapa indikator temperature kok msh tetap 1/2 (normal), walaupun reservoir kosong & ada bunyi "blekutuk2" seperti ada udara panas di selang reservoir?
kipas berputar itu belom tentu normal loh bro, kadang kalo motor fan dalam tahap gejala rusak kipas tetep muter tapi gk sekencang normal, nah efeknya ke temperature naik sih biasanya.mbuhyoben wrote:@mario : bukan di beres.
kipas berputer taunya dari saat kita panasin pagi hari dibiarin sekitar 7 menit berputar sendiri.
kemarin datengin bengkel, dan diskusi tentang kemungkinan ganti radiator, water pump, kipas radiator dll. Tapi menurut bengkel :
1. oli belum bercampur air, radiator, water pump dll msh normal.
langkah yg dilakukan hanya mendobel packing, krn menurut dia cyilinder head pernah melenting (walaupun sdh pernah dibubut?)
Minta tanggapan temen2, apakah dimungkinkan hal tersebut sbg solusi ?
Apakah mbubut-nya terlalu banyak? atau sebelumnya pernah dibubut?
skrg udah ditambah paking belom broo??? hasilnya gmna?mbuhyoben wrote:@mario : bukan di beres.
kipas berputer taunya dari saat kita panasin pagi hari dibiarin sekitar 7 menit berputar sendiri.
kemarin datengin bengkel, dan diskusi tentang kemungkinan ganti radiator, water pump, kipas radiator dll. Tapi menurut bengkel :
1. oli belum bercampur air, radiator, water pump dll msh normal.
langkah yg dilakukan hanya mendobel packing, krn menurut dia cyilinder head pernah melenting (walaupun sdh pernah dibubut?)
Minta tanggapan temen2, apakah dimungkinkan hal tersebut sbg solusi ?
Apakah mbubut-nya terlalu banyak? atau sebelumnya pernah dibubut?