wongcilik wrote:Mumpung agak senggang, kemarin siang check air radiator, ternyata waktu di-tap/kuras... air buangan-nya keruh banget, coklat warna karat.
Setelah dikuras, lubang pengisian radiator saya gelontor air selama 15 menit ... dengan posisi kran penguras tetap terbuka dan mesin mobil tidak dihidupkan ("berharap" bisa membersihkan sisa2 endapan di radiator, walaupun tahu bahwa cara ini jelas2 tidaklah efektif

).
Begitu selesai, kran penguras dipasang kembali, radiator diisi penuh (belum dengan radiator coolant), mesin dihidupkan dengan posisi tutup radiator tetap terbuka (tutup yg ada di-atas), langsung saja permukaan air radiator-nya jadi keruh/coklat kembali... (dan mesin tetap dihidupkan... selama 5 menit)
Sebetulnya ingin mengulang proses "pengurasan" beberapa kali, tapi berhubung kedatangan tamu, terpaksa proses "bersih2" terhenti.
rencananya siich... :
1. setelah beberapa kali dikuras dengan air biasa,
2. diberi "radiator flush" Wynn's, mobilnya di-pake muter2 sekitar 20 menit dengan air radiator yg masih tercampur "radiator flush",
3. dibilas/dikuras lagi beberapa kali, kalau tidak - dikhawatirkan akan banyak logam yg terkikis oleh sisa2 "flush" tsb
4. setelah dirasa betul2 "bersih", baru kemudian di-isi dengan radiator coolant
Dalam hal ini, yg ingin saya tanyakan adalah :
Apakah dibenarkan (berbahaya atau tidak), membersihkan "endapan2" di radiator dengan cara
menghidupkan mesin sambil terus menerus mengisi air radiator-nya? (dalam hal ini -
posisi "kran penguras" yg di-bawah tetap terbuka..... dan air langsung terbuang keluar lewat lubang kran penguras. Air yg ada di radiator berganti baru terus) ----
apakah ada kemungkinan terjadi "water hammer"?
catatan :
tadi di toko penjual flush (merangkap bengkel), aku mengajukan pertanyaan yg sama, dan dijawab "tidak apa2", katanya mereka juga sering melakukan hal yg sama, .......... tetapi..... karena sekarang aku punya banyak temen pinter di SM, aku tidak mau langsung percaya begitu saja ucapan si pemilik toko tsb heheheh
Mohon pencerahan dari para pakar forum SM

Menggelontor air dengan mesin tetap menyala sebenarnya tdk berbahaya..tetapi yg perlu diperhatikan adalah, hrs dipastikan bahwa kapasitas air dlm radiator cukup , dan posisi kita menyalakan mobil adalah saat cold start.
Yang ditakutkan adalah air kran hanya mengalir dari lobang radiator langsung menuju pembuangan, sehingga waterjackenya kekurangan air, karena air langsung mengalir kebawah. Makanya semprotan air kran hrs lebih deras daripada debit pembuangan airnya..
Mengenai waterhammer tidak ada hubungannya dengan air radiator.
karena , packing silinder udah didesain kuat utk tekanan tinggi.
Tekanan radiator saat tertutup dan kondisi panas,jauh besar daripada tekanan air dari kran pada saat radiator terbuka.
Waterhammer terjadi kalau air masuk melalui lobang isap, terhisap ke ruanng bakar, sehingga piston bertabrakan dgn air. Air yg secara sifat lebih solid daripada udara, membuat piston bisa jebol atau stang piston jadi bengkok.
Kalo radiator udah berwarna coklat, tanda udah berkarat menurut ane:
1. cukup bersihkan pakek air aja/gelontor dengan menggunakan selang air yg mengalir. Tunggu sampek bersih airnya.
2. jangan memakai radiator flush, karena sifatnya yg abrasif , justru akan membuat radiator yg udah berkarat berlobang kecil2. (Pengalaman banyak teman)
3.Untuk radiator yg udah berkarat parah , dengan memakai coolant berkonsentrasi pekat,sebenarnya justru membuat radiator rentan untuk bocor. Karenanya pake consentrat yang rendah saja.
4. untuk radiator yg udah berkarat , sebenarnya kondisinya tidak akan kembali seperti semula, karena logam/dinding radiator udah tipis tergerus karat. Cara terbaik adalah ganti radiator baru,,, tapi harganya mahal banget. Kalo masih layak pakai, nggak ada salahnya tetep dipake ama berdoa agar nggak bocor hehehehe....
5. Untuk radiator yg berkarat dan dibiarin cukup lama, biasanya water jacket(ruang air di mesin dari aluminium) juga berkarat.. Packing silinder head juga berkarat, lama2 air akan bocor ke ruang bakar..
Demikian juga dengan pipa2 saluran air dari aluminium..lama2 akan berkarat putih seperti kapur dan patah..