Berbagi pengalaman dung seputar radiator
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Berbagi pengalaman dung seputar radiator
Dulu di tahun 1999 pas acara kampanye masih ingat banget ,bawa pick up penuh muatan ada ibu ibu,bapak bapak,anak kecil,sedeng ,sampai ABG,pokonya penuh muatan.Muter muter kampanye,lah tiba tiba mobil kerasa berat banget di gasnya,dan kabin terasa panas syekali.
trus mobil aku minggirin spontan buka kap mesin .wadoh langsung terasa panasnya aku buka tutup radiator ,dengan kain basah padahal udah hati hati eh tetep aja muncrat,awalnya aku kira airnya udah kering.mampir ke muka ku,yah perihnya nggak ampun,nasib nasib
Lah bagi teman teman yang punya pengalaman tentang radiator bisa berbagi,lupa nggak nempatin tutup radiator ke posisi semula,tros jatoh tutupnya,atau air radiator berwarna warni,berbau oli,atau mungkin bocor.
trus mobil aku minggirin spontan buka kap mesin .wadoh langsung terasa panasnya aku buka tutup radiator ,dengan kain basah padahal udah hati hati eh tetep aja muncrat,awalnya aku kira airnya udah kering.mampir ke muka ku,yah perihnya nggak ampun,nasib nasib
Lah bagi teman teman yang punya pengalaman tentang radiator bisa berbagi,lupa nggak nempatin tutup radiator ke posisi semula,tros jatoh tutupnya,atau air radiator berwarna warni,berbau oli,atau mungkin bocor.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator
pengalaman ane yg berhubungan dg radiator di mbl kijang diesel.
Air radiator diganti setahun sekali, tiap perpanjang stnk (rasanya pernah tulis, tapi dimana yah).
Jangan lupa klo buat mbl diesel spt panther ato kijang diesel, air di bagian mesin juga dibuang spy didapatkan hasil yg lbh bagus, krn sisa air di bagian mesin juga tergantikan dg air yg baru. Trus ane pakein deh prestone radiator coolant kemasan 1 literan sebanyak 4 liter, sisanya baru pake air biasa.
hasil: radiator di mbl ane kaga ada karatnye.
Air radiator diganti setahun sekali, tiap perpanjang stnk (rasanya pernah tulis, tapi dimana yah).
Jangan lupa klo buat mbl diesel spt panther ato kijang diesel, air di bagian mesin juga dibuang spy didapatkan hasil yg lbh bagus, krn sisa air di bagian mesin juga tergantikan dg air yg baru. Trus ane pakein deh prestone radiator coolant kemasan 1 literan sebanyak 4 liter, sisanya baru pake air biasa.
hasil: radiator di mbl ane kaga ada karatnye.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 119
- Joined: Thu Jul 17, 2008 4:18
- Location: Bekasi
Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator
Buka tutup radiator nya ga usah pake matiin mesin bos..avansa wrote:Dulu di tahun 1999 pas acara kampanye masih ingat banget ,bawa pick up penuh muatan ada ibu ibu,bapak bapak,anak kecil,sedeng ,sampai ABG,pokonya penuh muatan.Muter muter kampanye,lah tiba tiba mobil kerasa berat banget di gasnya,dan kabin terasa panas syekali.
trus mobil aku minggirin spontan buka kap mesin .wadoh langsung terasa panasnya aku buka tutup radiator ,dengan kain basah padahal udah hati hati eh tetep aja muncrat,awalnya aku kira airnya udah kering.mampir ke muka ku,yah perihnya nggak ampun,nasib nasib
Lah bagi teman teman yang punya pengalaman tentang radiator bisa berbagi,lupa nggak nempatin tutup radiator ke posisi semula,tros jatoh tutupnya,atau air radiator berwarna warni,berbau oli,atau mungkin bocor.
Biar sirkulasinya tetep jln.. Jd gak muncrraattzhh deh..
Kalo pengalaman soal radiator..
Tmn ada yg pernah rembes radiatornya.. Trus ama BeRes dibilang hrs ganti karena model radiator kyk punya dia ga bs ditambal.
Pas ditanya harganya.. 2,8jeti.. wuoottt??!!
Akhirnya dipaksain jln.. ke tukang radiator..
Cuman pake lem epoxy.. plus dibersih2in.. kita kasih 50rb.. selesai masalah..
Bravo tukang radiator..!!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator
Emang mahal yah radiator baru pa lagi yang kuningan,lah pas buka tutup radiator posisi mesin mati,reflek aja keluar mobil kuci kontak dalam posisi op.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Thu Oct 25, 2007 3:12
Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator
sy juga pernah tuh bermasalah ama panas mesin
ke tukang radiator, korok biar bersih...
taunya tutupnya udah memble karetnya...
35rb, beres d
ke tukang radiator, korok biar bersih...
taunya tutupnya udah memble karetnya...
35rb, beres d
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator
pernah waktu pk baleno mesinnya overheat.....pas d check ternyata aer radiator abs gara2 tutup radiator yg retak.... brengsek.....akhirnya ngaso d pinggir jalan sambil nunggu mesin adem, setelah menuhin aer radiator baru deh jalan lagi....
besoknya ke tukang radiator bwat liat kerusakan n ternyata kepala radiator harus d fganti gara2 retak...........tadinya mo ganti sm yg almunium, tapi berhubung duidnya g cukup yaaaaa terpaksa ganti yg ori lg hehehehehe
besoknya ke tukang radiator bwat liat kerusakan n ternyata kepala radiator harus d fganti gara2 retak...........tadinya mo ganti sm yg almunium, tapi berhubung duidnya g cukup yaaaaa terpaksa ganti yg ori lg hehehehehe
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Thu Oct 25, 2007 3:12
Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator
iya... kadang yg simple2 suka terlewatkan...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01
Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator
Mumpung agak senggang, kemarin siang check air radiator, ternyata waktu di-tap/kuras... air buangan-nya keruh banget, coklat warna karat.
Setelah dikuras, lubang pengisian radiator saya gelontor air selama 15 menit ... dengan posisi kran penguras tetap terbuka dan mesin mobil tidak dihidupkan ("berharap" bisa membersihkan sisa2 endapan di radiator, walaupun tahu bahwa cara ini jelas2 tidaklah efektif ).
Begitu selesai, kran penguras dipasang kembali, radiator diisi penuh (belum dengan radiator coolant), mesin dihidupkan dengan posisi tutup radiator tetap terbuka (tutup yg ada di-atas), langsung saja permukaan air radiator-nya jadi keruh/coklat kembali... (dan mesin tetap dihidupkan... selama 5 menit)
Sebetulnya ingin mengulang proses "pengurasan" beberapa kali, tapi berhubung kedatangan tamu, terpaksa proses "bersih2" terhenti.
rencananya siich... :
1. setelah beberapa kali dikuras dengan air biasa,
2. diberi "radiator flush" Wynn's, mobilnya di-pake muter2 sekitar 20 menit dengan air radiator yg masih tercampur "radiator flush",
3. dibilas/dikuras lagi beberapa kali, kalau tidak - dikhawatirkan akan banyak logam yg terkikis oleh sisa2 "flush" tsb
4. setelah dirasa betul2 "bersih", baru kemudian di-isi dengan radiator coolant
Dalam hal ini, yg ingin saya tanyakan adalah :
Apakah dibenarkan (berbahaya atau tidak), membersihkan "endapan2" di radiator dengan cara menghidupkan mesin sambil terus menerus mengisi air radiator-nya? (dalam hal ini - posisi "kran penguras" yg di-bawah tetap terbuka..... dan air langsung terbuang keluar lewat lubang kran penguras. Air yg ada di radiator berganti baru terus) ---- apakah ada kemungkinan terjadi "water hammer"?
catatan :
tadi di toko penjual flush (merangkap bengkel), aku mengajukan pertanyaan yg sama, dan dijawab "tidak apa2", katanya mereka juga sering melakukan hal yg sama, .......... tetapi..... karena sekarang aku punya banyak temen pinter di SM, aku tidak mau langsung percaya begitu saja ucapan si pemilik toko tsb heheheh
Mohon pencerahan dari para pakar forum SM
Setelah dikuras, lubang pengisian radiator saya gelontor air selama 15 menit ... dengan posisi kran penguras tetap terbuka dan mesin mobil tidak dihidupkan ("berharap" bisa membersihkan sisa2 endapan di radiator, walaupun tahu bahwa cara ini jelas2 tidaklah efektif ).
Begitu selesai, kran penguras dipasang kembali, radiator diisi penuh (belum dengan radiator coolant), mesin dihidupkan dengan posisi tutup radiator tetap terbuka (tutup yg ada di-atas), langsung saja permukaan air radiator-nya jadi keruh/coklat kembali... (dan mesin tetap dihidupkan... selama 5 menit)
Sebetulnya ingin mengulang proses "pengurasan" beberapa kali, tapi berhubung kedatangan tamu, terpaksa proses "bersih2" terhenti.
rencananya siich... :
1. setelah beberapa kali dikuras dengan air biasa,
2. diberi "radiator flush" Wynn's, mobilnya di-pake muter2 sekitar 20 menit dengan air radiator yg masih tercampur "radiator flush",
3. dibilas/dikuras lagi beberapa kali, kalau tidak - dikhawatirkan akan banyak logam yg terkikis oleh sisa2 "flush" tsb
4. setelah dirasa betul2 "bersih", baru kemudian di-isi dengan radiator coolant
Dalam hal ini, yg ingin saya tanyakan adalah :
Apakah dibenarkan (berbahaya atau tidak), membersihkan "endapan2" di radiator dengan cara menghidupkan mesin sambil terus menerus mengisi air radiator-nya? (dalam hal ini - posisi "kran penguras" yg di-bawah tetap terbuka..... dan air langsung terbuang keluar lewat lubang kran penguras. Air yg ada di radiator berganti baru terus) ---- apakah ada kemungkinan terjadi "water hammer"?
catatan :
tadi di toko penjual flush (merangkap bengkel), aku mengajukan pertanyaan yg sama, dan dijawab "tidak apa2", katanya mereka juga sering melakukan hal yg sama, .......... tetapi..... karena sekarang aku punya banyak temen pinter di SM, aku tidak mau langsung percaya begitu saja ucapan si pemilik toko tsb heheheh
Mohon pencerahan dari para pakar forum SM
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator
Langkah2 yg dilakukan oleh mas brow udah bener koq,, saya pun melakukan cara yg sama apbila melakukan ritual penggantian air radiator......wongcilik wrote: Dalam hal ini, yg ingin saya tanyakan adalah :
Apakah dibenarkan (berbahaya atau tidak), membersihkan "endapan2" di radiator dengan cara menghidupkan mesin sambil terus menerus mengisi air radiator-nya? (dalam hal ini - posisi "kran penguras" yg di-bawah tetap terbuka..... dan air langsung terbuang keluar lewat lubang kran penguras. Air yg ada di radiator berganti baru terus) ---- apakah ada kemungkinan terjadi "water hammer"?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2541
- Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11
Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator
kalo mobil xenia lubang pembuangan air radiator ny sebelah mana yah...ada yang tau tidak... kalo mobil visto radiator ny tidak ada lubang pembuangan ny ap jangan" sama yah......om meong tau tidak??
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26936
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator
bah, kalo soal radiator, uda kenyang ane... apalagi ama panther ane... uda ampe bosen dulu bolak balik bengkel mulu... jadi skrg ane ambil ksimpulan dari kasus ane... mendingan radiator itu dari baru dipakein radiator coolant, mo yg mahal kaya prestone atau yg murah meriah merek megacool pun jg ga masalah, tergantung kondisi dompet aja... dan tiap taon di kuras aja.... karena kalo berdasar pengalaman ane dulu, kalo pake aer biasa doank itu, pasti nanti stelah 4 atau 5 taon pemakaian tuh radiator mobil pasti mulai deh rembes sana sini, blom lagi karat di deket sambungan antara pipa yg besi dan selangnya yg bikin rembes sana sini jg... yg ada malah tekor mulu tiap ari aer radiatornya.... dan tiap 5 taon sekali mendingan tutup radiator diganti aja deh, karena seal karetnya biasa uda kaga bagus dan jg kadang jadi biang nya aer radiator cepet berkurang....
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator
@wongcilik:
mobilnya apa mas bro............ ...
cara2 spt itu memang ga ada salahnya klo dilakukan, cuma agak buang2 waktu ama air aja..........klo mo lbh teliti lagi harus pake cara yg lain.........
misalkan melepas selang radiator bagian bawahnya (mbl bensin).......... trus sekalian dibuka dulu thermostartnya, spy air bisa langsung mengalir.............tinggal dikucurkan aja.......... maksudnya spy sisa air yg di mesin juga ikut terbuang n diharapkan radiator bisa cepat bersih..........
klo di mbl diesel lain lagi caranya..........
klo mobil imprott ane ga tau, sebaiknya tanyakan ama bengkel perwakilannya...........
smoga membantu..........
mobilnya apa mas bro............ ...
cara2 spt itu memang ga ada salahnya klo dilakukan, cuma agak buang2 waktu ama air aja..........klo mo lbh teliti lagi harus pake cara yg lain.........
misalkan melepas selang radiator bagian bawahnya (mbl bensin).......... trus sekalian dibuka dulu thermostartnya, spy air bisa langsung mengalir.............tinggal dikucurkan aja.......... maksudnya spy sisa air yg di mesin juga ikut terbuang n diharapkan radiator bisa cepat bersih..........
klo di mbl diesel lain lagi caranya..........
klo mobil imprott ane ga tau, sebaiknya tanyakan ama bengkel perwakilannya...........
smoga membantu..........
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26936
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator
emang kalo mobil diesel caranya gmana bro sjam ??
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator
caranya adalah pembuangan air di mesin dibuka juga, shg bisa kuras dg lbh baik n ga buang2 air ama waktu........spt yg dilakukan ama seseorang di sm.......... yaitu mblnya dibawa muter2 keliling komplek.............DOHC wrote:emang kalo mobil diesel caranya gmana bro sjam ??
tp ane lupa neh siapa orangnya yahhhh................. ...
(pura2 ga tau)........... wakakakaka..........
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26936
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator
ohh gt... tapi ane kadang kalo lagi males yah cuman buka tutup radiator ama baut pembuangan radiator yg dibawah itu doank sigh... dan kadang malah kaga pake flush lagi... jadi tinggal buka baut drain, tunggu kluar smua lalu lgs isi lagi ampe penuh... selsai dehh... ga ampe 10 menit....
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator
tp cara yg nt lakukan ga tuntas bro......... kecuali sering2 dilakukan............DOHC wrote:ohh gt... tapi ane kadang kalo lagi males yah cuman buka tutup radiator ama baut pembuangan radiator yg dibawah itu doank sigh... dan kadang malah kaga pake flush lagi... jadi tinggal buka baut drain, tunggu kluar smua lalu lgs isi lagi ampe penuh... selsai dehh... ga ampe 10 menit....
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26936
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator
lumayan sering sigh bro sjam... ga ampe setaon jg ane biasanya uda ganti... abis murah jg sehh ntuh cairan coolantnya...ane biasa make megacool, cuman 20 rebu per galon 5 liter...
tapi kalo di mobil ane yg laen sigh... biasa ane pake prestone.... dan agak lama ane baru ganti coolantnya
tapi kalo di mobil ane yg laen sigh... biasa ane pake prestone.... dan agak lama ane baru ganti coolantnya
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator
waks .... murah juga yah......... ..DOHC wrote:lumayan sering sigh bro sjam... ga ampe setaon jg ane biasanya uda ganti... abis murah jg sehh ntuh cairan coolantnya...ane biasa make megacool, cuman 20 rebu per galon 5 liter...
tapi kalo di mobil ane yg laen sigh... biasa ane pake prestone.... dan agak lama ane baru ganti coolantnya
klo bisa gantinya teratur bro...... misalkan setahun sekali atau 6 bulan sekali, tergantung seberapa besar konsentrasi coolantnya........ spy radiator bisa awet n bisa bekerja dg maksimal.........
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01
Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator
hayooooo.....!!! ketahuaaaaann.... ketangkap basah enteee.... hohoho ......... ...sjamsul wrote:caranya adalah pembuangan air di mesin dibuka juga, shg bisa kuras dg lbh baik n ga buang2 air ama waktu........spt yg dilakukan ama seseorang di sm.......... yaitu mblnya dibawa muter2 keliling komplek.............
tp ane lupa neh siapa orangnya yahhhh................. ...
(pura2 ga tau)........... wakakakaka..........
agak susahnya, kap mesinnya - cara bukanya terbalik..... buka-nya dari arah windshield dibuka/di-jeplak-kan ke arah moncong mobil...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator
waks............ ane kirain nt lagi zzzzzzzzz ...... gituuuu............ wakakakaka..........wongcilik wrote:hayooooo.....!!! ketahuaaaaann.... ketangkap basah enteee.... hohoho ......... ...sjamsul wrote:caranya adalah pembuangan air di mesin dibuka juga, shg bisa kuras dg lbh baik n ga buang2 air ama waktu........spt yg dilakukan ama seseorang di sm.......... yaitu mblnya dibawa muter2 keliling komplek.............
tp ane lupa neh siapa orangnya yahhhh................. ...
(pura2 ga tau)........... wakakakaka..........
agak susahnya, kap mesinnya - cara bukanya terbalik..... buka-nya dari arah windshield dibuka/di-jeplak-kan ke arah moncong mobil...
hmmm.... klo gitu mendingan nt tanyakan langsung ke beresnya bro........ drpd resiko........ krn ada sejenis mbl yg pake vacum buat radiatornya............jadi mesti tau caranya baru bisa bagus, klo kaga ntar bisa kekurangan air loh saat isinya, wlp dah keliatan cukup.........
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed May 06, 2009 2:56
Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator
Menggelontor air dengan mesin tetap menyala sebenarnya tdk berbahaya..tetapi yg perlu diperhatikan adalah, hrs dipastikan bahwa kapasitas air dlm radiator cukup , dan posisi kita menyalakan mobil adalah saat cold start.wongcilik wrote:Mumpung agak senggang, kemarin siang check air radiator, ternyata waktu di-tap/kuras... air buangan-nya keruh banget, coklat warna karat.
Setelah dikuras, lubang pengisian radiator saya gelontor air selama 15 menit ... dengan posisi kran penguras tetap terbuka dan mesin mobil tidak dihidupkan ("berharap" bisa membersihkan sisa2 endapan di radiator, walaupun tahu bahwa cara ini jelas2 tidaklah efektif ).
Begitu selesai, kran penguras dipasang kembali, radiator diisi penuh (belum dengan radiator coolant), mesin dihidupkan dengan posisi tutup radiator tetap terbuka (tutup yg ada di-atas), langsung saja permukaan air radiator-nya jadi keruh/coklat kembali... (dan mesin tetap dihidupkan... selama 5 menit)
Sebetulnya ingin mengulang proses "pengurasan" beberapa kali, tapi berhubung kedatangan tamu, terpaksa proses "bersih2" terhenti.
rencananya siich... :
1. setelah beberapa kali dikuras dengan air biasa,
2. diberi "radiator flush" Wynn's, mobilnya di-pake muter2 sekitar 20 menit dengan air radiator yg masih tercampur "radiator flush",
3. dibilas/dikuras lagi beberapa kali, kalau tidak - dikhawatirkan akan banyak logam yg terkikis oleh sisa2 "flush" tsb
4. setelah dirasa betul2 "bersih", baru kemudian di-isi dengan radiator coolant
Dalam hal ini, yg ingin saya tanyakan adalah :
Apakah dibenarkan (berbahaya atau tidak), membersihkan "endapan2" di radiator dengan cara menghidupkan mesin sambil terus menerus mengisi air radiator-nya? (dalam hal ini - posisi "kran penguras" yg di-bawah tetap terbuka..... dan air langsung terbuang keluar lewat lubang kran penguras. Air yg ada di radiator berganti baru terus) ---- apakah ada kemungkinan terjadi "water hammer"?
catatan :
tadi di toko penjual flush (merangkap bengkel), aku mengajukan pertanyaan yg sama, dan dijawab "tidak apa2", katanya mereka juga sering melakukan hal yg sama, .......... tetapi..... karena sekarang aku punya banyak temen pinter di SM, aku tidak mau langsung percaya begitu saja ucapan si pemilik toko tsb heheheh
Mohon pencerahan dari para pakar forum SM
Yang ditakutkan adalah air kran hanya mengalir dari lobang radiator langsung menuju pembuangan, sehingga waterjackenya kekurangan air, karena air langsung mengalir kebawah. Makanya semprotan air kran hrs lebih deras daripada debit pembuangan airnya..
Mengenai waterhammer tidak ada hubungannya dengan air radiator.
karena , packing silinder udah didesain kuat utk tekanan tinggi.
Tekanan radiator saat tertutup dan kondisi panas,jauh besar daripada tekanan air dari kran pada saat radiator terbuka.
Waterhammer terjadi kalau air masuk melalui lobang isap, terhisap ke ruanng bakar, sehingga piston bertabrakan dgn air. Air yg secara sifat lebih solid daripada udara, membuat piston bisa jebol atau stang piston jadi bengkok.
Kalo radiator udah berwarna coklat, tanda udah berkarat menurut ane:
1. cukup bersihkan pakek air aja/gelontor dengan menggunakan selang air yg mengalir. Tunggu sampek bersih airnya.
2. jangan memakai radiator flush, karena sifatnya yg abrasif , justru akan membuat radiator yg udah berkarat berlobang kecil2. (Pengalaman banyak teman)
3.Untuk radiator yg udah berkarat parah , dengan memakai coolant berkonsentrasi pekat,sebenarnya justru membuat radiator rentan untuk bocor. Karenanya pake consentrat yang rendah saja.
4. untuk radiator yg udah berkarat , sebenarnya kondisinya tidak akan kembali seperti semula, karena logam/dinding radiator udah tipis tergerus karat. Cara terbaik adalah ganti radiator baru,,, tapi harganya mahal banget. Kalo masih layak pakai, nggak ada salahnya tetep dipake ama berdoa agar nggak bocor hehehehe....
5. Untuk radiator yg berkarat dan dibiarin cukup lama, biasanya water jacket(ruang air di mesin dari aluminium) juga berkarat.. Packing silinder head juga berkarat, lama2 air akan bocor ke ruang bakar..
Demikian juga dengan pipa2 saluran air dari aluminium..lama2 akan berkarat putih seperti kapur dan patah..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator
Suhu2 dunia persilatan SM terutama suhu2 aliran radiator, ane mao nanya nih:
Bener ngga kata orang kalo radiator gak pernah diganti selama kurang lebih 7 tahun (cuma ditambah aja kalo kurang), mending jangan dikuras2....karena kalo dikuras, malahan bisa cepet bocor. Karena mungkin kotoran (atau karat) udah mengendap, jadi kalo di flush malah bocor jadinya......ini mitos apa beneran???
Sbg catatan kayaknya sih radiatornya belom berkarat karena dari baru udah dipakein radiator coolant dan kalo nambah juga selalu pake coolant.
Bener ngga kata orang kalo radiator gak pernah diganti selama kurang lebih 7 tahun (cuma ditambah aja kalo kurang), mending jangan dikuras2....karena kalo dikuras, malahan bisa cepet bocor. Karena mungkin kotoran (atau karat) udah mengendap, jadi kalo di flush malah bocor jadinya......ini mitos apa beneran???
Sbg catatan kayaknya sih radiatornya belom berkarat karena dari baru udah dipakein radiator coolant dan kalo nambah juga selalu pake coolant.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator
wlp ane belon menjadi suhu aliran radiator...... ane berusaha menjawab bro...........Risol1 wrote:Suhu2 dunia persilatan SM terutama suhu2 aliran radiator, ane mao nanya nih:
Bener ngga kata orang kalo radiator gak pernah diganti selama kurang lebih 7 tahun (cuma ditambah aja kalo kurang), mending jangan dikuras2....karena kalo dikuras, malahan bisa cepet bocor. Karena mungkin kotoran (atau karat) udah mengendap, jadi kalo di flush malah bocor jadinya......ini mitos apa beneran???
Sbg catatan kayaknya sih radiatornya belom berkarat karena dari baru udah dipakein radiator coolant dan kalo nambah juga selalu pake coolant.
ane misalkan obat aja deh.............. khan ada masa kadaluarsanya....... klo dah lewat bukannya jadi baik, tp kebalikannya.............. nah di radiator (menurut ane) juga sama........ setelah sekian lama itu coolant akan menjadi kadaluarsa, so sebaiknya diganti secara teratur.......... mengingat klo lagi berkendara ke luar kota trus radiatornya bocor (amit2 deh... sambil ketok meja 10 kali) bisa2 biaya yg dikeluarkan akan menjadi lbh besar ketimbang harga coolant itu sendiri............
trus menurut ane... ini bukan mitos....... tp logika ajah........... (cieeeee.......... ane spt propesor ajah)........... wakakaka........
smoga bisa diterima pemikiran ane ini............
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26936
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator
(ngikutin postingan diatas) wlp ane masi ijo dan awam di masalah mobil... tapi pengalaman ane dulu perna ada mobil box punya kantor bokap yg mungkin uda 3 atau 4 taon kaga perna dikuras coolantnya, jadi coolant yg dipake itu masi aseli dari pabrik.... kaga ada yg karat sigh, cuman yah waktu ane coba2 mo ganti coolantnya, cairan nya jadi kentel banget.... dan mesin jadi lebih panas....
tapi kalo yg uda bertahun2 pake air biasa, ane perna denger katanya mendingan jgn dikutak katik karena alesan yg sama ama bro risol blg itu, kotoran yg mengendap ilang dan jadi bocor dehh
tapi kalo yg uda bertahun2 pake air biasa, ane perna denger katanya mendingan jgn dikutak katik karena alesan yg sama ama bro risol blg itu, kotoran yg mengendap ilang dan jadi bocor dehh
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator
Wah gak keliatan nih post nya bro Sjam.....sjamsul wrote:wlp ane belon menjadi suhu aliran radiator...... ane berusaha menjawab bro...........Risol1 wrote:Suhu2 dunia persilatan SM terutama suhu2 aliran radiator, ane mao nanya nih:
Bener ngga kata orang kalo radiator gak pernah diganti selama kurang lebih 7 tahun (cuma ditambah aja kalo kurang), mending jangan dikuras2....karena kalo dikuras, malahan bisa cepet bocor. Karena mungkin kotoran (atau karat) udah mengendap, jadi kalo di flush malah bocor jadinya......ini mitos apa beneran???
Sbg catatan kayaknya sih radiatornya belom berkarat karena dari baru udah dipakein radiator coolant dan kalo nambah juga selalu pake coolant.
ane misalkan obat aja deh.............. khan ada masa kadaluarsanya....... klo dah lewat bukannya jadi baik, tp kebalikannya.............. nah di radiator (menurut ane) juga sama........ setelah sekian lama itu coolant akan menjadi kadaluarsa, so sebaiknya diganti secara teratur.......... mengingat klo lagi berkendara ke luar kota trus radiatornya bocor (amit2 deh... sambil ketok meja 10 kali) bisa2 biaya yg dikeluarkan akan menjadi lbh besar ketimbang harga coolant itu sendiri............
trus menurut ane... ini bukan mitos....... tp logika ajah........... (cieeeee.......... ane spt propesor ajah)........... wakakaka........
smoga bisa diterima pemikiran ane ini............
Sorry nih bro mungkin ane kurang jelas ngejelasin pertanyaannya :
Gini bro Sjam, kalo soal penggantian air radiator secara berkala, ane sangat setuju. Tapi yg mao ane tanyakan disini adalah kalo misalkan udah terlanjur 7 tahun air radiator kaga pernah diganti, nah pas sekarang lagi inget (atau diingetin), mending kita buru2 ganti atau malah mendingan didiemin aja bro?
Karena ada yg bilang kalo udah kelamaan gak diganti, mending gak usah dikuras sekalian karena malahan bikin radiator jadi jebol karena endapan2 kotoran/karat jadi kebuang yang mengakibatkan radiator jadi cepet bocor. Istilahnya sekarang udah terlanjur basah gitu bro.....hehehe....