halah, elu roy, pake ngetes segala.FortunerMan wrote:Memang beli mobil baru (apalagi kredit) kalo di hitung hitung rugi besar. Apalagi misalnya om gmx jual Avanzanya di 2008 dapet cuman 85 juta misalnya - pengeluaran om gmx jadi nambah lagigmx wrote:Mas Andy, gimana kalo saya ngitung gini:
saya beli avanza dulu tahun 2005, pricelist 107,3jt, pake kredit, jadi saya total2 semuanya abis sekitar 148jt, saya jual tahun 2008 dapet 110jt. memang lebih tinggi daripada pricelist, tapi kalo dari totalnya jadi berkurang 38jt, trus kalo mau beli avanza lagi harganya 144,5jt kalo ga salah, jadi mesti nambah lagi 34,5jt.. saya itung yang paling jeleknya, saya kena depresiasi 38+34,5jt sekitar 70jt..
pusing2 sama depresiasi, akhirnya sebagai gantinya saya beli minority SUV deh, yang harganya secara nominal sudah mulai mencapai nilai stabil.. memang untuk OPEX jadi lebih tinggi, tapi manfaat dan experiencenya lebih dari worth lah
Jadi kalo bisa ngerawat mobil (apalagi hobi mobil), sebaiknya memang beli bekas. Kalo mau tinggal gas aja dan gak mau pengeluaran tiba2 dr mobil non-garansi, baru deh masuk akal punya mobil baru.
ok deeeh, entah itu ngetes atau apa....tapi, gw respon deh....krn ini bukan cuma buat elu aja.
jadi gini roy.
dlm case tsb, disitu ada terkandung 3 hal yg harus dipandang secara terpisah.
yg dua faktor, udah gw kemukakan sebelumnya, yaitu:
1. 'penyusutan' (depresiasi atau mlh apresiasi) dari nilai barang, dan
2. penyusutan nilai uang, bila uang hasil jual akan dipakai utk membeli mobil yg baru (yg selalu terjadi di negara kita sih selalu depresiasi nilai uang ya...walaupun teoritically, bisa saja terjadi apresiasi bila di sebuah negara tsb ygterjadi adlh deflasi, bukan inflasi)
nah, faktor yg ketiga adalah: kehilangan uang karena kena bunga pinjaman,
jadi, ingat, 3 hal yg jelas2 terpisah.
dlm case itu, sederhananya begini (hitung dg cara total saja ya, bukan detail perbulan).
1. apresiasi
waktu itu loe beli dg harga 107.3 juta., dan jual 110 juta.....ini jelas apresiasi 2.7 juta. (dlm wktu 3 tahun)
2. penyusutan nilai uang.
nilai (intrinsik) dari mobil baru, sebenarnya bisa dipandang tetap, nilainya sama saja dg mobil baru yg dibuat 3 th yg lalu. ...lalu, knp harga mobil (dan barang2 lain) dari waktu ke waktu (nampak kasat matanya) hampir selalu naik ??....bisa begitu, karena terjadinya inflasi (depresiasi mata uang) ....maka nominal harga sebuah mobil baru terpaksa dinaikkan (oleh pabrikan/penjual) utk mengejar inflasi dll tsb.
harga loe beli baru lagi pd 2008 adlh 144.5 juta....nah, jadi nilai nominal mata uang loe, menyusut.. secara sederhana, penyusutannya total dlm 3 tahun itu adalh sebesar 34.5 juta, dlm case ini.
3. 'loss' akibat bunga pinjaman.
dalam case ini adlh 148 - 107.3 = 30.7 juta.
done -----------------------------------------------
nah, skrg ke hal lain...tp msh sangat erat berkaitan dg kasus loe.
FM bilang: beli mobil secara kredit, kalo di hitung-hitung rugi besar.
gue jelas-jelas nggak selalu setuju dg pandangan FM tsb.
ini nothing's personal loh, FM ...

itu gw pandang conditional..... tergantung kepada kondisi, state-awal, dan cara pikir dari sseseorang/ si individu tersebut.
ok, gw kasih contoh sederhana saja ya, knp buat sebagian org, itu tidak rugi sama sekali.
yaitu bila terutama dari sudut pandang seseorang dg cara pikir enterpreneur....dg kondisi loe punya duit
jadi gini roy,
let's say: loe punya duit 120 juta in cash. loe beli Xenia baru, pas seharga itu.
case 1...
loe beli cash, maka lsg serta merta 120 juta loe habis. bis bis bissss.!
case 2...
loe beli secara kredit, misalnya dg total DP 20 juta....maka loe akan masih pegang 100 juta in cash...karena loe kredit tu mobil dg pinjaman 100 jt.
disisi lain, krn loe seorang (dg cara pikir) enterpreneur, maka loe bisa melakukan usaha, atau investasikan 100 juta loe itu...dg profit net 3% perbulan.
mari kita hitung saja.
100 juta pinjaman.... jgn salah, utk mobil baru, seringkali ada program bunga murah (atau juga tergantung pinternya loe negosiasi bunga dg si credit analyst/boss di leasing tsb)....bahkan bisa serendah 4% pertahun...tp okelaah, dlm hal ini, kita pakai saja perhitungan 6% flat pertahun (gw nyata2 pernah dpt bunga segini) ...misalnya, tenor 4 tahun, maka total bunga = 6% x 4 tahun = total 24%
(kita bisa hitung dg cara dan detail prosentase perbulan, tp disini spy kasat mata maka baiknya kita itung lsg dg cara nominal aja ya).
maka pinjaman + total bunga = 100 jt + 24 juta = total pinjaman 124 juta ....ini membuat cicilan perbulannya menjadi 124 / 48 ~~ kira-kira 2.6 juta per bulan.
nah, sekarg kita liat lagi duit yg loe pegang...100 juta.
dg duit itu loe jalanin usaha....atau disini kita kasih lsg saja contoh/pemisalan simplenya ya...yaitu loe investasi di danareksa dg perolehan 3% per bulan.
loe pilih, investasi yg likuid, dlm arti: tiap bulan profitnya bisa loe withdraw.... maka disini, perbulan loe akan mendapat 3 juta.
nah, jelas kaan, sampai di titik ini saja udah lsg terlihat..... bahwa utk kondisi tertentu dari seseorang, kredit sama sekali gak rugi...sekali lagi, sama sekali enggak rugi....apalagi dlm perhitungan yg gw kemukakan tsb, angka asumsinya kebanyakan adlh worst case....jd, dlm kenyataannya, profit yg bisa loe dapetin kemungkinan besar akan lbh tinggi. bahkan jauh lbh tggi.
lanjutin sedikit perhitungan tadi ya,....
maka, di akhir tahun ke 4, loe akan dapet 3.0 - 2.6 = 400 ribu perbulan ...dikalikan 48 bulan = 19.2 juta !
yg mana, ingat ya..... 100 juta (modal) loe tadi pun, dalam kondisi utuh. !! tuh tuh tuh ...
total di akhir th ke-4, loe medapatkan 100 juta + 19.2 juta + mobil Xenia, yg apes2nya loe jual seharga loe beli....
itu tadi pun krn loe kredit dg DP...coba kalau loe bisa cari atau nego, shg dapetin pinjaman tanpa DP. maka 120 juta tsb bisa seluruhnya loe bikin usaha/invest....
trus stlh 4 th itu loe mau ganti/beli mobil baru lagi ?...ya subroutine/cycle ini bisa loe ulang lagi kan...
*note:
utk detail perbulan....dan perhitugan dg angka2 lain, ataupun kondisi2 lain, loe sendiri bisa dg mudah tuangkan itu semua di spreadsheet, right?
jadi? kredit = rugi besar ?...nope.... jelas untung besar laaah.
tentu saja ini disclaimer on ya. terms and conditions berlaku...misalnya: kondisi negara stabil begini rupa, dan resiko2 investasi loe tidak terjadi (curcol nyelip ye: keberanian dan perhitungan ambil resiko.. disinilah salah satu yg membedakan jiwa enterpreneur dg non-enterpreneur)....dan tentu saja msh ada bbrp TnC yg lain2.
lalu, bagaimana bila kondisi seseorang itu bukan cara pikir enterpreneur, dan mmg seorang karyawan dg penghasilan tetap perbulan, dan gak punya uang cash beli mobil, sehingga memutuskan beli secara kredit?....nah, kondisi itu sbnernya adalah kondisi "terpaksa". ...terpaksanya dlm tanda kutip ya... krn dia memaksakan diri (utk beli mobil sekarang)...pdhal kalau mau, dia tabung dulu saja penghasilannya selama 4 tahun toh akan terkumpul juga yg 120 juta itu, lalu baru lah dia beli mobil secara kredit.
wuah, puanjang buanget ya.... tp gpp, meskipun gak semuanya, tp semoga ada yg bisa dipetik dr panjang x lebar ini

last but not least, mohon maaf juga kpd para enterpreuner, krn "rahasia kecil" anda2 ini, gue kemukakan disini...


tp tetep ya, pls feel free kalau ada yg keberatan, silakan diskusikan dg saya...dan kalau dianggap perlu dan sepakat, kita bisa minta moderator utk hapus "rahasia umum" nan basic ini.....halaaaahhh,apa siiiiihhh.

cheers.