Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by ZombiEE »

Kalo mnrt ane 5w30 redline recommended:)
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by andy1800 »

leonheart wrote:Numpang nanya bro, sekarang mobil saya pake Elf Excellium SM 5w-30 (dari bengkel resmi). Nah denger2 shell helix ultra 5w-40 juga yahud.

Manual Book CX7 :
Use SAE 5W-30 engine oil (2.3-liter
engine). Oil container labels provide important
information.
A chief contribution this type of oil makes
to fuel economy is reducing the amount of
fuel necessary to overcome engine
friction.


Kalau menurut spec (5w30 versus 5w40), which one is better bro?

Harga Shell 150rb/liter, si Elf 130rb/liter.

Image Image
none is better then the other.
keduanya baik....menyesuaikan dg kebutuhan....kebutuhan/dan driving style nya kalem ataukah cukup suka kickdown.

yg jelas, pada suhu kerjanya mesin, viskositas yg terjadi adlh yg tertinggi, yaitu 30W dan 40W utk masing2 tsb.
viskositas 5w hanya didapat pada saat mulai start engine di pagi hari (terutama di negara2 winter)...jd, gak terlalu penting, apalagi utk suhu udara luar jkt/indonesia, yg tidak pernah dibawah 15 celcius, 5W pun adlh sebuah kemewahan...10W sudah sangat mencukupi dan aman.

ane sndiri msh berpandangan bhw viskositas 40W adlh lbh aman, utk kondisi temperatur udara luar jkt/indonesia.
konsekuensinya, tarikan mnjadi agak sedikit lbh berat drpd 30W.

kalau butuh bejek membejek, tentu saja 30W lah yg memenuhi kebutuhan....berasa lbh enteng
*note: ane jg bisa paham, mazda gitu loh, masa' dilewati sm CRV mugen trus cuma diem aja :mrgreen:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by ZombiEE »

Mnrt opini nubie pribadi, lbh baik stick to manufacturer recommendation, secara sae 30 antar produsen oli aja bisa berbeda kekentalannya bisa diliat dari angka cst rilisan produsen bersangkutan:)..cmiiw...
Karena mesin skg yg notabene oil passage nya rada kecil dan oil sum yg kecil, contoh xtrail t31 mesin 2500cc beserta saringan cuman 4.6 liter oli, jelas oli encer lebih meringankan kerja mesin tersebut dimana disaat start up juga akan lebih gampang terpompa ke atas mesin yg akhirnya menjaga keawetan HLA mesin kita...cmiiw...mengenai 5w atau 10w, oli dgn viskositas 5w30 biasanya jauh lebih encer dr 10w30:)...
Kalo penguapan dan degradasi sih umum nya oli full sintetik bukan sintetik blend yah...lebih tahan thd penguapan dan degradasi oli tsb, palagi mazda ini mesinnya turbo...:):):)
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

om jemb, maksud nya biar sama2 10W-30, tapi kalo beda merek,beda kekentelan nya yah ?? :ungg: :ungg: :e-think: :e-think: :e-think: :e-think:

btw, kalo utk tingkatan 10W-30, ada beberapa oli nehh yg ane temuin di pasaran, ada oli nissan genuine oil, hyundai genuine oil, tgmo (mineral based), valvoline, petronas syntium 800, dgn range harga 50-60an rebu perliter dan smua nya kelas semi synthetic...

ane jg mo nanya donk, semingguan lalu, ada kejadian aneh di ipah ane, mendadak waktu ane ngecek oli di dipstick pas pagi2 sblom nyalain mesin, lvel oli cuman di atas dikittt level titik terendah nya... uda ane coba berkali2 jg masi sgitu aja.... lalu ane tambahin kira2 200ml oli, dan level oli naek jadi pas ditengah2 antara level terendah dan tertinggi... nahh stelah seminggu dipake, level oli ga berkurang2... kira2 kenapa yahh...

oli yg dipakai total quartz 7000 10w-40... sblom nya jg pake oli ini... dan sejak ganti oli terakhir uda jalan kira2 ampir 4000 km...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by ZombiEE »

Mnrt nubie ada bbrp kmgknan nih bang klep....kemungkinan oli nguap, oli merembes...nah utk oli merembes itu ane punya pengalaman seal kepala busi nya soak, jd merembes oli nya..apa cover mesinnya dkt coil nya basah ga bang?
Yg terakhir wkt pengukuran mgkn ground nya ga rata?ehehehe

Yup...bisa lain kekentalannya, tp itu harus liat rilis data dr oli bersangkutan..cmiiw...:)
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by m4rio »

DOHC wrote:om jemb, maksud nya biar sama2 10W-30, tapi kalo beda merek,beda kekentelan nya yah ?? :ungg: :ungg: :e-think: :e-think: :e-think: :e-think:

btw, kalo utk tingkatan 10W-30, ada beberapa oli nehh yg ane temuin di pasaran, ada oli nissan genuine oil, hyundai genuine oil, tgmo (mineral based), valvoline, petronas syntium 800, dgn range harga 50-60an rebu perliter dan smua nya kelas semi synthetic...

ane jg mo nanya donk, semingguan lalu, ada kejadian aneh di ipah ane, mendadak waktu ane ngecek oli di dipstick pas pagi2 sblom nyalain mesin, lvel oli cuman di atas dikittt level titik terendah nya... uda ane coba berkali2 jg masi sgitu aja.... lalu ane tambahin kira2 200ml oli, dan level oli naek jadi pas ditengah2 antara level terendah dan tertinggi... nahh stelah seminggu dipake, level oli ga berkurang2... kira2 kenapa yahh...

oli yg dipakai total quartz 7000 10w-40... sblom nya jg pake oli ini... dan sejak ganti oli terakhir uda jalan kira2 ampir 4000 km...
mksdnya sebelomnya juga pake oli ini itu apa klep???
apa mksdnya dulu2 waktu pake oli ni gk pernah kejadian kyk gini?????

coba di liat klep, di bagian bawah mesin ada kebocoran gk tuh, rembes di seal carter atau yg lainnya... trus knalpot ngebul n berminyak gk???
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

gini mar... sblom nya ane jg pake oli si total quartz ini, dan stelah dipake 5000 km jg ga terjadi penguapan... nah lalu ane pake oli ini lg, nah scara mendadak minggu lalu pas ane cek berkurang nya cukup drastis tuh... deket ama level terendah di dipstick... stelah ane tambahin 200 cc baru deh posisi nya di tengah2 antara level tertinggi dan terendah... stelah mobil nya ane pake seminggu jg ane cek barusan ga berkurang level oli nya...

seal carter kering, seal enjin head kering, knalpot ga ngebul... kalo yg bagian atas deket distributor sana emang dari beli nya uda berminyak, males ane bersihin....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by m4rio »

hmm... bisa gitu ya.... kira2 kenapa tuh klep menurut ente????
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

kalo yg ane pikir sehh kayanya ada 2 kemungkinan, entahlah bener atau kaga...

yg pertama tuh ada sejumlah oli yg stuck di bagian mesin mana gt, jadi oli nya kaga turun smua ke panci oli... bisa stuck di bagian filter oli, atau di upper enjin...

yg kedua tuh, ring2 piston dah mulai aus jadi oli menyusup ke ruang bakar... tp kalo yg ini ane sangsi, karena knalpot ga ngebul, dan stelah seminggu dipake normal koq kaga berkurang lagi level oli nya....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by m4rio »

ahh.. kalo stuck di upper engine masa banyak amat...
kalo stuck di filter juga gk mungkin gitu banyak.
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by ZombiEE »

Coba ente bersihin dulu bang minyak dkt koil tsb,,,ane curiga dkt situ..krn situ titik lemah nya mnrt SA auto 2000:)
Trus ring piston aus juga gampang dideteksi, cmn perlu mbl 1 lg ngekor aja dr blkg,, kalo gas rpm tinggi on load biasanya ngebul, cmiiw:)
Kalo stuck...ini yg mnrt ane plg parah selain tentunya ring piston aus..krn besar kemungkinan sudah terjadi sludge..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

kalo sludge jg ane sangsi bang jemb... scara service record nya dari pemilik sblom nya sehh ini mobil rajin bener ganti oli nya... tiap 5 rebu ganti oli, lengkap smua kwitansi ganti oli di toda nya....

btw yg posisi di deket koil situ emang bisa ampe kluar oli banyak bgt yah bang jemb ??... trus kalo uda ane bersihin ntar dia kluar lagi gmana donk... solusi nya diapain yahh... bsok2 ane fotoin dehh posisi yg berminyak itu...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by ZombiEE »

Yah..byk sih ngak,,cuman basah aja, tp ga nyampe netes sih...abis dibersihin coba dipakai dl bbrp hari, nah kalo kembali berminyak yah confirmed seal busi nya sudah soak bang...:)
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

dah ane bersihin bang jemb... dan tetep kering... bahkan batang distributor nya satu persatu jg tetep kering seperti dulu nya.... dan level oli jg blom berkurang ampe ari ini (mobil total sudah jalan kira2 600an km sejak penambahan oli terakhir).... kayanya kmaren itu emang aneh dehh... mendadak level oli mendadak berkurang gt....

dah mo ganti oli jg nehh... rencananya ane mo cobain cekokin pake oli nissan genuine oil yg 10W-30 ke ipah ane.... mnurut bang jemb, dan yg lain gmana tuh.... gpp kali yahh... soalnya utk tingkatan oli semi syn yg beredar, kayanya pilihan nya dikit utk 10W-30 (petronas nya malingsh*t, valvoline, atau NGO nya nissan)....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by m4rio »

klep.. bearti kuarnya di cover valve ya?????
hmm.. kalo gk salah ipah itu seal busi nya itu jadi 1 deh ma seal cover valve... coba deh diganti klep...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

maksud nya seal yg ada di batang distributor nya mar ??
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by m4rio »

mank ipah masih pake distributor ya klep????? bukan udah kyk avanza xenia gitu ya????? coba deh di foto kalo sempet, biar ane mudeng.. hehehe.

klep. kasih coment dnk di forum panther tuh.. need jawaban ente nih ane..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

tuh mar, yg ane kotakin warna merah itu lah tempat yg maksud ane yg berminyak atau ber oli gt.... tempat laen sehh keringg....
P1030783.JPG
P1030785.JPG
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by m4rio »

ahh.. itu mah bukan distributor atu klep....
ya ente coba ja ganti sealnya... ane rasa masalahnya dari situ.. tapi sealnya nyambung ama seal cover valve kalo gk salah..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

ane ga tau istilah nya apa mar... maklum bukan anak tehnik ane...

nah ganti nya itu yg ane ga ngerti... yg pasti buka ntuh coil2 kan... lalu ane musti buka apa lagi ...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by m4rio »

kalo mau ganti itu ribet broo kalo mau ngerjain sendiri. mending bawa ke bengkel aja deh.. habis buka coil, musti buka cover valve dulu.. nah baut2nya dmn ane gk hapal tuh...

coba tanya dulu ke bengkel resmi to langganan ente, seal yang di busi jadi 1 gk ama seal cover. kalo jadi 1 ya udah ganti aja..
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by ZombiEE »

Kl punya ane dulu tuh dari cover nya dah berminyak loh abang2 sekalian.....
Tp skg uda kaga kurang kan? Kl sangsi,better stick with 10w40 aja bang, klo 10w30 ntar mkn encer loh...xixixi
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

bang jemb... cover yg nt maksud itu yg ane kotakin merah yah ?? itu dari ane beli ini ipah jg uda berminyak mulu....

10W-30 ama 10W-40 beda dikit kan bang jemb... bisa lhar yahhh, ga ada masalah... :upss: :upss: :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by ZombiEE »

Bisa sih bisa aja.hahahaha
Klo itu stlh dibersihkan masih berminyak Dan dibarengi oli berkurang besar kemungkinan seal busi bocor bang.....btw,berminyak nuya itu mcm oli atau apa ya?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

bocor banyak seh kaga bang... cuman yah kliatan "basah" aja gt... oli jg ga berkurang2 lagi tuh.... dan dari dulu ampe skrg jg kondisi nya basah2 gt doank... tapi ga ampe banjir oli sgala...

yg fenomena oli berkurang drastis mendadak itu ane ampe skrg jg masi blom ngerti knapa tuh... tapi kalo diitung2 cuman berkurang 300 cc doank sehhh...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: