sundul ahhh........
problem nya nongol lg nih........
baru ketauan pas hari rabu kmaren, waktu mobil sy geber cukup lama, jarum temperatur perlahan naik............tapi klo jalan normal, suhu mesin tetap normal juga. sempet berhenti utk cek kondisi radiator, berikut hasil pandangan saat itu:
-suhu mesin normal
-air d penampungan reservoir ada pada batas maksimal (bukannya klo mesin menyala pd suhu kerja, harusnya air tersedot ya??)
-ngga cek air di radiator, soale takut muncrat boo'

-kipas radiator menyala normal
dugaan pertama saya, kesalahan ada pada tutup radiator yg mulai afkir............
besoknya ke sawah besar bwat ganti baru.
setelah sampai d rumah dan kondisi mesin sudah dingin (mati sangat lama), tutup radiator d buka; air tampak penuh, cek reservoir pun air jg tetap ada di batas maksimal. kemudian mesin saya hidupkan dalam keadaan tutup radiator terlepas, tampak jelas saat mesin menyala, air radiator terlihat tenang, tapi saat bukaan gas di perbesar, air tersedot kedalam (artinya waterpump bekerja normal khan?? cmiiw). sampai di sini asumsi saya masih seperti semula, yakni tutup radiator lama yg mulai afkir.
singkatnya tutup radiator d ganti dan mulai test jalan. ternyata kejadian temperatur naik saat di geber terulang kembali (jg sempet cek air di reservoir dan kipas radiator yg kondisi nya sama persis dengan kejadian sebelumnya)
so..............skarang keraguan saya ada dua, antara waterpump sudah lemah atawa kipas radiator yg ga maksimal.....?????
perlu masukan dr rekan2 SMer nih, berdasarkan runutan d atas, kira2 apa yg menjadi biang permasalahan??

thanks sebelumnya n punten klo kepanjangan
