Minta Pandangan "Minority SUV"..
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Sun Aug 17, 2008 12:01
Minta Pandangan "Minority SUV"..
Salam semuanya..
Mohon share dari rekan-rekan semuanya. Saya sedang menimbang-nimbang ide punya mobil bekas dengan budget sekitar atau dibawah 200 juta. Salah satu yang menarik buat sy adalah mobil-mobil yang jarang ada di jalan raya. Jadi kebalikannya Xeniavanza lah... Untuk kelas SUV, CRV jadi contoh sahih. Dalam topik ini, sy ingin pandangan dari rekan2 terhadap “Minority SUV†alias SUV yang jarang nampak klo di parkiran padahal bukan merk sembarangan.. Untuk memudahkan, kriteria yang menjadi pertimbangan sbb :
1. Minoritas.
2. Tidak baru, dengan umur minimal 3 tahun dan maksimal 5 tahun.
3. Harga yang “kompetitif†sesuai budget di atas dgn pertimbangan ekonomis melihat penyusutan thd harga baru..
Contohnya :
1. Ford Escape:
a. Baru : Rp. 299 juta
b. 2008 : Rp. 230 juta (-69 juta)
c. 2007 : Rp. 190 juta (-109 juta)
d. 2006 : Rp. 175 juta (- 124 juta)
2. Chevrolet Captiva 2.4 A/T Bensin :
a. Baru : Rp. 286 juta
b. 2008 : Rp. 235 juta (-51 juta)
c. 2007 : Rp. 220 juta (- 66 juta)
d. 2006 : Rp. -
3. Hyundai Santa Fe :
a. Baru : Rp. 300 juta
b. 2008 : Rp. 200 juta (-100 juta)
c. 2007 : Rp. 160 juta (-140 juta)
d. 2006 : Rp. 145 juta (-155 juta)
4. Merek lain..
Opini yang diharapkan dari rekan2 adalah penilaian baik objektif maupun subjektif terhadap :
1. Model
2. Ketangguhan & Kenyamanan
3. FC
4. Pengalaman adanya “penyakit bawaan†setelah mobil mulai “berumur >3 thnâ€Â.
5. Maintenance yang “tidak terlalu sulit†baik dalam hal spare part maupun service.
Mudah2an rekan2 bisa kasih pandangan sebelum saya mengambil keputusan worthed gak pakai mobil minoritas. Objective and subjective opinion welcome.. Makasih..
Mohon share dari rekan-rekan semuanya. Saya sedang menimbang-nimbang ide punya mobil bekas dengan budget sekitar atau dibawah 200 juta. Salah satu yang menarik buat sy adalah mobil-mobil yang jarang ada di jalan raya. Jadi kebalikannya Xeniavanza lah... Untuk kelas SUV, CRV jadi contoh sahih. Dalam topik ini, sy ingin pandangan dari rekan2 terhadap “Minority SUV†alias SUV yang jarang nampak klo di parkiran padahal bukan merk sembarangan.. Untuk memudahkan, kriteria yang menjadi pertimbangan sbb :
1. Minoritas.
2. Tidak baru, dengan umur minimal 3 tahun dan maksimal 5 tahun.
3. Harga yang “kompetitif†sesuai budget di atas dgn pertimbangan ekonomis melihat penyusutan thd harga baru..
Contohnya :
1. Ford Escape:
a. Baru : Rp. 299 juta
b. 2008 : Rp. 230 juta (-69 juta)
c. 2007 : Rp. 190 juta (-109 juta)
d. 2006 : Rp. 175 juta (- 124 juta)
2. Chevrolet Captiva 2.4 A/T Bensin :
a. Baru : Rp. 286 juta
b. 2008 : Rp. 235 juta (-51 juta)
c. 2007 : Rp. 220 juta (- 66 juta)
d. 2006 : Rp. -
3. Hyundai Santa Fe :
a. Baru : Rp. 300 juta
b. 2008 : Rp. 200 juta (-100 juta)
c. 2007 : Rp. 160 juta (-140 juta)
d. 2006 : Rp. 145 juta (-155 juta)
4. Merek lain..
Opini yang diharapkan dari rekan2 adalah penilaian baik objektif maupun subjektif terhadap :
1. Model
2. Ketangguhan & Kenyamanan
3. FC
4. Pengalaman adanya “penyakit bawaan†setelah mobil mulai “berumur >3 thnâ€Â.
5. Maintenance yang “tidak terlalu sulit†baik dalam hal spare part maupun service.
Mudah2an rekan2 bisa kasih pandangan sebelum saya mengambil keputusan worthed gak pakai mobil minoritas. Objective and subjective opinion welcome.. Makasih..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Minta Pandangan "Minority SUV"..
ini thread keknya bakal nikmat buat diikutin. berhubung ga pernah make yang disebutin, saya cuman bisa bantu nyundul aja. 

No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Minta Pandangan "Minority SUV"..
kebetulan pengetahuan dangkal sebatas santa fe
setahu saya, santa fe yg gen 2 (2007-present), harga barunya hampir 400 juta (375-390jt versi fwd), yg awd hampir 500 juta, kalo ga salah sekitar 470-480jutaan cm kayaknya yg versi ini sudah discontinued jualannya disini
dulu malah sempet ada versi crdi-nya juga
generasi 1 (2001-2006), umumnya yg disini fwd 2.4L, harga baru sekitar 230-250jutaan saat itu... sekarang bekasnya antara 80-130jutaan
utk yg bekas gen2, rasanya belum dapat <200jt, cmiiw...
gen2 bekas (2009) di auto safe 295jt
http://mobil.kapanlagi.com/hyundai_sant ... 70_gy.html

setahu saya, santa fe yg gen 2 (2007-present), harga barunya hampir 400 juta (375-390jt versi fwd), yg awd hampir 500 juta, kalo ga salah sekitar 470-480jutaan cm kayaknya yg versi ini sudah discontinued jualannya disini
dulu malah sempet ada versi crdi-nya juga
generasi 1 (2001-2006), umumnya yg disini fwd 2.4L, harga baru sekitar 230-250jutaan saat itu... sekarang bekasnya antara 80-130jutaan
utk yg bekas gen2, rasanya belum dapat <200jt, cmiiw...
gen2 bekas (2009) di auto safe 295jt
http://mobil.kapanlagi.com/hyundai_sant ... 70_gy.html
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Minta Pandangan "Minority SUV"..
iya nih...setelah seringnya membahas mobil2 mainstream...tret ini tentu bakalan menarik....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Minta Pandangan "Minority SUV"..
pengalaman pake santi gen1gogreen wrote:
1. Model
2. Ketangguhan & Kenyamanan
3. FC
4. Pengalaman adanya “penyakit bawaan†setelah mobil mulai “berumur >3 thnâ€Â.
5. Maintenance yang “tidak terlalu sulit†baik dalam hal spare part maupun service.
Mudah2an rekan2 bisa kasih pandangan sebelum saya mengambil keputusan worthed gak pakai mobil minoritas. Objective and subjective opinion welcome.. Makasih..
1. Melihat desain eksteriornya yg super aneh, cuman ada 2 kesimpulan, benci atau cinta

2. So far yg saya pakai cukup tangguh, body, mesin dan kaki-kaki, usia 9 tahun, odo hampir 170.000km, sering tarikan AKAP


3. Punya saya Manual, FWD, 2.400cc, kalo sopan dan kakinya sudah sekolah... dalkot bisa 1:7-8, tol 1:11-12, kombinasi 1:9-10, kompresi mesin cukup tinggi 10.5:1, bbm musti bergizi
4. Khas mobil korea jadul apalagi built up...kelistrikannya super ringkih... padahal kalau saya lihatin, hampir semua perangkat kelistrikannya merk BOSCH dan Made In Germany


5. Sejauh ini tidak pernah masalah....teknologi mesin santi gen1 belum terlalu canggih kok, sekedar DOHC 16 valve aja


kalau kriteria umur maks 5 tahun, tentu aja santi gen1 hampir engga masuk kandidat... tapi kalo gen2, rasanya 200jt belum dapat
jadi kalo mau dari keluarga H mabok dengan kriteria diatas...
1. Tucson yg lama
2. Atau tunggu 2-3 tahun lagi kalau mau pake New Tucson (ix35) atau Santi gen2
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Minta Pandangan "Minority SUV"..
Ternyata Captiva ini bagus resale valuenya, dibanding Escape dan Santi. Thanks inponya.
Aku gak banyak komen deh, seraya saya mainnya bukan di "minoritas" tapi di "endangered species".
Aku gak banyak komen deh, seraya saya mainnya bukan di "minoritas" tapi di "endangered species".
Ready to Race
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Sun Aug 17, 2008 12:01
Re: Minta Pandangan "Minority SUV"..
Mulai menghangat nih.. Tks semua.. Oya, data2 td sy ambil dr webnya autobild indonesia. Tucson baru? Impressive!! Produk Korea cukup menarik perhatian sy belakangan ini. Makanya santi jd slh satu sample.. Model 'uniknya' bikin penasaran. Tucson lama jg menarik ya..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Minta Pandangan "Minority SUV"..
asudarsono wrote:Ternyata Captiva ini bagus resale valuenya, dibanding Escape dan Santi. Thanks inponya.
Aku gak banyak komen deh, seraya saya mainnya bukan di "minoritas" tapi di "endangered species".

jangan-jangan malah sudah countdown to extinction nih om sudar?

...

serius dikit ah... mungkin captiva (chevy) membaik secara atpm dan principalnya memang serius garap jualan disini
beda banget sama si H mabuk

Last edited by imsus2c on Thu Dec 02, 2010 15:26, edited 1 time in total.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Minta Pandangan "Minority SUV"..
tucson lama bentuknya mirip santi lama...jadi bener2 mirip kakak adikgogreen wrote:Mulai menghangat nih.. Tks semua.. Oya, data2 td sy ambil dr webnya autobild indonesia. Tucson baru? Impressive!! Produk Korea cukup menarik perhatian sy belakangan ini. Makanya santi jd slh satu sample.. Model 'uniknya' bikin penasaran. Tucson lama jg menarik ya..

sedangkan tucson baru (ix35) dan santi baru sudah mulai beda penampakan
kebetulan ada tucson lama yg for sale, sudah diupgrade dan permak habis2an ama calon ex-ownernya tuh

http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =3&t=13968 saya yakin barangnya bagus, meskipun belum ngelihat sendiri....
sodara kembar tucson ada di new sportage, (sportage generasi 3) http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 12&t=12452
btw...referensi harga autobild sering ngaco tuh...terutama untuk golongan minoritas/downstream...

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Minta Pandangan "Minority SUV"..
bukannya chevrolet lebih serius jualan di indonesia?
ada 2 legenda SUV chevrolet yang pernah dijual di Indonesia... trooper dan blazer.
trooper adalah SUV 4WD yang nyaman, dan cukup mewah di zamannya. boleh dibilang, dia bermain sendiri di pasar ini saat itu.
setelah itu blazer. SUV yang kalo kita buka tretnya, racunnya sangat keras...
untuk sedannya, sepertinya kurang greget ya.. harusnya sih captiva akan menjadi "penerus" trooper dan blazer di indonesia..
ada 2 legenda SUV chevrolet yang pernah dijual di Indonesia... trooper dan blazer.
trooper adalah SUV 4WD yang nyaman, dan cukup mewah di zamannya. boleh dibilang, dia bermain sendiri di pasar ini saat itu.
setelah itu blazer. SUV yang kalo kita buka tretnya, racunnya sangat keras...

untuk sedannya, sepertinya kurang greget ya.. harusnya sih captiva akan menjadi "penerus" trooper dan blazer di indonesia..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: Minta Pandangan "Minority SUV"..
mobil saya ga masuk kriteria ya, umurnya udah 13 tahun, tp msh enak dan bandel, perawatan mudah.. Cuma agak boros aja..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Minta Pandangan "Minority SUV"..
tunggu2.....gogreen wrote:....dgn pertimbangan ekonomis melihat penyusutan thd harga baru.. Contohnya :
3. Hyundai Santa Fe :
a. Baru : Rp. 300 juta
b. 2008 : Rp. 200 juta (-100 juta)
c. 2007 : Rp. 160 juta (-140 juta)
d. 2006 : Rp. 145 juta (-155 juta)
nanti ....kalau sudah sampai kpd pembahasan ttg "penyusutan", biasanya yg jadi acuan bukanlah harga beli dari mobil terbaru.
tetapi berdasar harga beli di masing2 taun.
jd dlm contoh diatas... misalnya saja:
a. 2009 rp. 300 jt
b. 2008 rp. 200 jt (kalau harga belinya misalnya 265 jt, maka - 65jt bukan -100 jt)
c. 2007 rp. 160 jt (kalau harga belinya misalnya 240 jt, maka - 80jt bukan -140 jt)
d. 2006 rp. 145 jt (kalau harga belinya misalnya 215 jt, maka - 70jt bukan -155 jt)
dst
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Minta Pandangan "Minority SUV"..
secara subjektif, MODEL...ane plg notice sama Escape...sdgkan modelnya Santi korea banget (membulat-membulat)....sdgkan modelnya Captiva cukup korea.
tp secara KENYAMANAN, jelas Santi.
Captiva adalh spesies yg agak berbeda diantara ketiganya, krn dia 7 seater.
Captiva dan Santa Fe adalah sesama mobil fully KOREA....tp diantara keduanya, Santa Fe lbh punya advantage krn nama besar (R&D nya) Hyundai.
sdgkan kalau Escape, mmg mobilnya Ford/Mazda.... yg kalau utk pasar indonesia, dia dibikin di fasilitas pabriknya di Thailand, kalau gak salah.
mesin (yg origin nya dari) KOREA selalu kompresi tinggi >>>> gak boleh minum premium (tp toh ntar kalau aturan semua plat hitam gak boleh minum premium, ya akhirnya sama saja)
tp secara KENYAMANAN, jelas Santi.
Captiva adalh spesies yg agak berbeda diantara ketiganya, krn dia 7 seater.
Captiva dan Santa Fe adalah sesama mobil fully KOREA....tp diantara keduanya, Santa Fe lbh punya advantage krn nama besar (R&D nya) Hyundai.
sdgkan kalau Escape, mmg mobilnya Ford/Mazda.... yg kalau utk pasar indonesia, dia dibikin di fasilitas pabriknya di Thailand, kalau gak salah.
mesin (yg origin nya dari) KOREA selalu kompresi tinggi >>>> gak boleh minum premium (tp toh ntar kalau aturan semua plat hitam gak boleh minum premium, ya akhirnya sama saja)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Minta Pandangan "Minority SUV"..
Hehehe makanya aku gak menawarkan Freelander yg walau harganya masuk, tapi barangnya susah sekali.imsus2c wrote: jangan-jangan malah sudah countdown to extinction nih om sudar?![]()
Kayaknya pilihannya cuma 3 itu ya.
Ready to Race
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Minta Pandangan "Minority SUV"..
kalo menurut saya dua2nya berpengaruh om, harga dulu pas beli baru dan harga barunya sekarang karena itu mobil berada pada posisi jaman sekarang di mana nilai dari suatu barang (termasuk mobil) sangat mungkin berbeda pada waktu itu. cuman tetap porsi utama seharusnya dari harga terdahulu karena harga sekarang orientasinya untuk harga barang BARU dan bisa jadi generasi baru. satu lagi faktor yang mestinya dipertimbangkan IMO (dengan pengaruh lebih kecil dari kedua faktor yang sebelumnya disebutkan) adalah jangka waktu penghitungan depresiasi terhadap tahun pembelian mobil itu. untuk range waktu tertentu (antara kondisi sekarang dengan kondisi dulu beli baru) mestinya juga ada batasan untuk faktor harga baru sekarang bisa dimasukkan ke hitungan depresiasi atau tidak karena tentu tak logis kalo depresiasi mobil A beli tahun 1990 dihitungan dengan memasukkan faktor harga baru sekarang. yang terakhir ini mestinya bisa dihubungkan dengan harga stabil (untuk masa yang cukup lama) dari mobil tersebut. ambil kasus mobil taft rocky generasi sebelum independent suspension beberapa tahun lalu sampe sekarang bergerak di range yang segitu-segitu aja.andy1800 wrote:tunggu2.....gogreen wrote:....dgn pertimbangan ekonomis melihat penyusutan thd harga baru.. Contohnya :
3. Hyundai Santa Fe :
a. Baru : Rp. 300 juta
b. 2008 : Rp. 200 juta (-100 juta)
c. 2007 : Rp. 160 juta (-140 juta)
d. 2006 : Rp. 145 juta (-155 juta)
nanti ....kalau sudah sampai kpd pembahasan ttg "penyusutan", biasanya yg jadi acuan bukanlah harga beli dari mobil terbaru.
tetapi berdasar harga beli di masing2 taun.
jd dlm contoh diatas... misalnya saja:
a. 2009 rp. 300 jt
b. 2008 rp. 200 jt (kalau harga belinya misalnya 265 jt, maka - 65jt bukan -100 jt)
c. 2007 rp. 160 jt (kalau harga belinya misalnya 240 jt, maka - 80jt bukan -140 jt)
d. 2006 rp. 145 jt (kalau harga belinya misalnya 215 jt, maka - 70jt bukan -155 jt)
dst
mungkin ada hasil riset gimana itung2an buat depresiasi sebuah mobil? menarik kalo ada.
-----------------------------
sori kalo bikin njlimet buat yang lain. kalo menurut saya, buat simplenya itungan om andy mestinya yang lebih 'sah' dipake dibanding dengan menghitung terhadap harga sekarang karena faktor yang disebutkan di atas.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Sun Aug 17, 2008 12:01
Re: Minta Pandangan "Minority SUV"..
Om Andy dan Om zweifellos benar.. kata "penyusutan" tidak tepat dalam kasus ini. Tentang penyusutan sudah ada dalilnya, yaitu dari nilai perolehan tahun bersangkutan. Ahli akuntansi pasti lebih menguasai.. Jadi mungkin lebih tepat klo istilah "penyusutan" yang saya pakai dirubah menjadi "harga spot" atau "harga saat ini". Setuja? klo iya anggap sebagai revisi. Dari situ bisa ditimbang-timbang resale valuenya. Buat beberapa orang, resale value mungkin tidak masalah karena urusan mobil adalah urusan psikologis.. Logika jadi nomor dua. Kayaknya itu sudah hukum alamnya.. hehe.. Tapi diluar urusan "Hobi", buat pedagang warungan kayak saya ini ya menjadi penting.. Buat para karyawan di lapangan, Xeniavanza rasanya gak punya saingan. Bahkan klo dihitung versi om Andy, beli Avanza 3 tahun lalu trus dijual sekarang malah surplus alias gak ada susutnya, cuma buat peremajaan emang mesti nambah sedikit duit.. so thats good for business.. Nah pertimbangan ambil SUV yg sy maksud di trit ini adalah nyari yang tangguh buat soft offroad, enak di jalan aspal, harganya sedikit di atas avanza, tapi "kilaunya" gak sedikit gitu..zweifellos wrote:andy1800 wrote:gogreen wrote: ....kalau sudah sampai kpd pembahasan ttg "penyusutan", biasanya yg jadi acuan bukanlah harga beli dari mobil terbaru.
tetapi berdasar harga beli di masing2 taun.
kalo menurut saya dua2nya berpengaruh om, harga dulu pas beli baru dan harga barunya sekarang karena itu mobil berada pada posisi jaman sekarang di mana nilai dari suatu barang (termasuk mobil) sangat mungkin berbeda pada waktu itu. cuman tetap porsi utama seharusnya dari harga terdahulu karena harga sekarang orientasinya untuk harga barang BARU dan bisa jadi generasi baru. satu lagi faktor yang mestinya dipertimbangkan IMO (dengan pengaruh lebih kecil dari kedua faktor yang sebelumnya disebutkan) adalah jangka waktu penghitungan depresiasi terhadap tahun pembelian mobil itu. untuk range waktu tertentu (antara kondisi sekarang dengan kondisi dulu beli baru) mestinya juga ada batasan untuk faktor harga baru sekarang bisa dimasukkan ke hitungan depresiasi atau tidak karena tentu tak logis kalo depresiasi mobil A beli tahun 1990 dihitungan dengan memasukkan faktor harga baru sekarang. yang terakhir ini mestinya bisa dihubungkan dengan harga stabil (untuk masa yang cukup lama) dari mobil tersebut. ambil kasus mobil taft rocky generasi sebelum independent suspension beberapa tahun lalu sampe sekarang bergerak di range yang segitu-segitu aja.
mungkin ada hasil riset gimana itung2an buat depresiasi sebuah mobil? menarik kalo ada.
-----------------------------
sori kalo bikin njlimet buat yang lain. kalo menurut saya, buat simplenya itungan om andy mestinya yang lebih 'sah' dipake dibanding dengan menghitung terhadap harga sekarang karena faktor yang disebutkan di atas.

Sedikit melenceng, Avanza baru direndengin dengan Xtrail 2003 (note: yang masih seger), kan harga sama tapi "kilaunya beda".. apalagi yang tahunnya masih muda, selain kilaunya beda, kondisinya juga mungkin byk yg masih seger2..
Sangat subjektif sih, tapi rasanya banyak yang sependapat..
Tiga merk itu yg menyita perhatian. Santa fe sudah mantaf infonya (Thanks om imsus2c).. Captiva 2nd ada yg mau share ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Minta Pandangan "Minority SUV"..
iya meneer...santi yang gen1 memang desainnya aneh banget...banyak bulatan gituandy1800 wrote:secara subjektif, MODEL...ane plg notice sama Escape...sdgkan modelnya Santi korea banget (membulat-membulat)....sdgkan modelnya Captiva cukup korea.
tp secara KENYAMANAN, jelas Santi.
Captiva adalh spesies yg agak berbeda diantara ketiganya, krn dia 7 seater.
Captiva dan Santa Fe adalah sesama mobil fully KOREA....tp diantara keduanya, Santa Fe lbh punya advantage krn nama besar (R&D nya) Hyundai.
sdgkan kalau Escape, mmg mobilnya Ford/Mazda.... yg kalau utk pasar indonesia, dia dibikin di fasilitas pabriknya di Thailand, kalau gak salah.
mesin (yg origin nya dari) KOREA selalu kompresi tinggi >>>> gak boleh minum premium (tp toh ntar kalau aturan semua plat hitam gak boleh minum premium, ya akhirnya sama saja)

btw..., nambahin dikit, santi gen2 memang merk korea tapi berasa amerika jadi sudah bukan lagi Fully Korea....., kebalikan sama captiva, merk amerika tapi mobil korea
designed in: http://www.hatci.com/departments_design.aspx http://www.hyundaiusa.com/santa-fe/exterior.aspx
manufactured in: http://www.hmmausa.com/vehicles.aspx meskipun untuk alasan kejar setoran, sudah mulai dirakit di beberapa negaraThe Santa Fe was the first Hyundai vehicle to roll out of our new design center in California
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Minta Pandangan "Minority SUV"..
meskipun santi gen-1 bentuknya pro-kontra....tapi saya salut krn mbl itu nyaman.... 

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Minta Pandangan "Minority SUV"..
betul meneer...sangat nyamanjalu wrote:meskipun santi gen-1 bentuknya pro-kontra....tapi saya salut krn mbl itu nyaman....

konsekuensinya...suspensinya....untuk kelas "mobil korea" lumayan mahallll


pengalaman pernah ganti suspensi, ori/genuine harganya tembus 4.5 - 5 juta, belum termasuk ongkos pasang dan pernik2nya (karet bushing dll...)


si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Minta Pandangan "Minority SUV"..
sepakad....santi mmg nyaman sekali....(nyaris) setara pug tua kali (?)
kayanya typical hyundai mmg nyaman ya....
ane jg pernah pakai, pdhl mobil dg kelas yg paling simple loh, atoz...dlm keterbatasannya, "murah" nya, dan kesimple-an nya itu, atoz nyaman, lega.
jalan "sakit" pun ane suka maen hajar saja, dan gak bikin membal2....
*note: tau deh, kutub magnet dari kaki ane mmg mgkin sama dg kutub magnet dari pedal rem, jd pada suka bertolak-tolakan deh
jd, inti dar penggambaran ane ini adlh, bisa dibayangkan, kelas atoz aja kaya gitu (velg 13'), apalagi kelas santi (yg velgnya jauh lbh besar).
kalau ane pakei santi, itu bisa membuat ane makin hajar segala macem deh...separator busway, turun dari jalan, rel kereta, ujung trotoar...bahkan kalau 4x4, dlm kemacetan, itu santi pasti "memaksa" ane utk ambil jalur tanahnya deh...hahaha
makanya spy ane tetap nyetirnya tertip, ane mendingan gak punya santi aja deh
....
atoz itu pun, jg baiknya ane akhirnya jual, drpd ane nyetirnya grasak-grusuk persis berasa nyetir bajaj, manuver2nya enak banget, mobil semungil bom2car tenaga koin gituh
note: cuma, kalau kelas atoz, sok absorber nya gak mahal, kalau ga salah inget 400rb sepasang belakang,... ...merknya apa itu ya, oemnya atoz...manol, maldol, atau semacam itu lah kira2
santi: nyaman.....dan kencang!
kayanya typical hyundai mmg nyaman ya....
ane jg pernah pakai, pdhl mobil dg kelas yg paling simple loh, atoz...dlm keterbatasannya, "murah" nya, dan kesimple-an nya itu, atoz nyaman, lega.
jalan "sakit" pun ane suka maen hajar saja, dan gak bikin membal2....
*note: tau deh, kutub magnet dari kaki ane mmg mgkin sama dg kutub magnet dari pedal rem, jd pada suka bertolak-tolakan deh

jd, inti dar penggambaran ane ini adlh, bisa dibayangkan, kelas atoz aja kaya gitu (velg 13'), apalagi kelas santi (yg velgnya jauh lbh besar).
kalau ane pakei santi, itu bisa membuat ane makin hajar segala macem deh...separator busway, turun dari jalan, rel kereta, ujung trotoar...bahkan kalau 4x4, dlm kemacetan, itu santi pasti "memaksa" ane utk ambil jalur tanahnya deh...hahaha
makanya spy ane tetap nyetirnya tertip, ane mendingan gak punya santi aja deh

atoz itu pun, jg baiknya ane akhirnya jual, drpd ane nyetirnya grasak-grusuk persis berasa nyetir bajaj, manuver2nya enak banget, mobil semungil bom2car tenaga koin gituh

note: cuma, kalau kelas atoz, sok absorber nya gak mahal, kalau ga salah inget 400rb sepasang belakang,... ...merknya apa itu ya, oemnya atoz...manol, maldol, atau semacam itu lah kira2

santi: nyaman.....dan kencang!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Minta Pandangan "Minority SUV"..
hehee....pada dasarnya, sepakat dg om fellos dan om gogreengogreen wrote:Om Andy dan Om zweifellos benar.. kata "penyusutan" tidak tepat dalam kasus ini. Tentang penyusutan sudah ada dalilnya, yaitu dari nilai perolehan tahun bersangkutan. Ahli akuntansi pasti lebih menguasai.. Jadi mungkin lebih tepat klo istilah "penyusutan" yang saya pakai dirubah menjadi "harga spot" atau "harga saat ini". Setuja? klo iya anggap sebagai revisi. Dari situ bisa ditimbang-timbang resale valuenya. Buat beberapa orang, resale value mungkin tidak masalah karena urusan mobil adalah urusan psikologis.. Logika jadi nomor dua. Kayaknya itu sudah hukum alamnya.. hehe.. Tapi diluar urusan "Hobi", buat pedagang warungan kayak saya ini ya menjadi penting.. Buat para karyawan di lapangan, Xeniavanza rasanya gak punya saingan. Bahkan klo dihitung versi om Andy, beli Avanza 3 tahun lalu trus dijual sekarang malah surplus alias gak ada susutnya, cuma buat peremajaan emang mesti nambah sedikit duit.. so thats good for business.. Nah pertimbangan ambil SUV yg sy maksud di trit ini adalah nyari yang tangguh buat soft offroad, enak di jalan aspal, harganya sedikit di atas avanza, tapi "kilaunya" gak sedikit gitu..zweifellos wrote:kalo menurut saya dua2nya berpengaruh om, harga dulu pas beli baru dan harga barunya sekarang karena itu mobil berada pada posisi jaman sekarang di mana nilai dari suatu barang (termasuk mobil) sangat mungkin berbeda pada waktu itu. cuman tetap porsi utama seharusnya dari harga terdahulu karena harga sekarang orientasinya untuk harga barang BARU dan bisa jadi generasi baru. satu lagi faktor yang mestinya dipertimbangkan IMO (dengan pengaruh lebih kecil dari kedua faktor yang sebelumnya disebutkan) adalah jangka waktu penghitungan depresiasi terhadap tahun pembelian mobil itu. untuk range waktu tertentu (antara kondisi sekarang dengan kondisi dulu beli baru) mestinya juga ada batasan untuk faktor harga baru sekarang bisa dimasukkan ke hitungan depresiasi atau tidak karena tentu tak logis kalo depresiasi mobil A beli tahun 1990 dihitungan dengan memasukkan faktor harga baru sekarang. yang terakhir ini mestinya bisa dihubungkan dengan harga stabil (untuk masa yang cukup lama) dari mobil tersebut. ambil kasus mobil taft rocky generasi sebelum independent suspension beberapa tahun lalu sampe sekarang bergerak di range yang segitu-segitu aja.andy1800 wrote:tunggu2.....
nanti ....kalau sudah sampai kpd pembahasan ttg "penyusutan", biasanya yg jadi acuan bukanlah harga beli dari mobil terbaru.
tetapi berdasar harga beli di masing2 taun.
jd dlm contoh diatas... misalnya saja:
a. 2009 rp. 300 jt
b. 2008 rp. 200 jt (kalau harga belinya misalnya 265 jt, maka - 65jt bukan -100 jt)
c. 2007 rp. 160 jt (kalau harga belinya misalnya 240 jt, maka - 80jt bukan -140 jt)
d. 2006 rp. 145 jt (kalau harga belinya misalnya 215 jt, maka - 70jt bukan -155 jt)
dst
mungkin ada hasil riset gimana itung2an buat depresiasi sebuah mobil? menarik kalo ada.
-----------------------------
sori kalo bikin njlimet buat yang lain. kalo menurut saya, buat simplenya itungan om andy mestinya yang lebih 'sah' dipake dibanding dengan menghitung terhadap harga sekarang karena faktor yang disebutkan di atas.
Sedikit melenceng, Avanza baru direndengin dengan Xtrail 2003 (note: yang masih seger), kan harga sama tapi "kilaunya beda".. apalagi yang tahunnya masih muda, selain kilaunya beda, kondisinya juga mungkin byk yg masih seger2..
Sangat subjektif sih, tapi rasanya banyak yang sependapat..
Tiga merk itu yg menyita perhatian. Santa fe sudah mantaf infonya (Thanks om imsus2c).. Captiva 2nd ada yg mau share ?

mmg utk itungan simple2 aja siih, bukan ingin memperrumit....shg, itu tadinya ane kemukakan mmg cm basic titik pijak yg lbh masuk akal aja, yatiu dari harga beli.
sbenarnya, kalau menuju harga baru sebuah mobil.... technically, disitu terkandung ada dua hal yg berbeda.
dua hal yg berbeda tsb adalh:
1st: adalah penyusutan...yaitu penyusutan nilai dari si barang.... spt yg telah kita bahas, dan pada dasarnya saling sepakat tsb di atas, bahwa titik pijaknya adlh harga beli.
kedua: kalau ttg nilai akhir (nilai sekarang, dari barang) tersebut, kemudian dipakai/atau diproyeksikan, utk membeli mobil (barang) baru (yg harga jualnya adlh sekiansekian), ..... maka ini adalah step yg lain lagi....nah, faktor yg terkait dlm step ini adalh: inflasi dan/atau segala hal yg terkait dengan penyusutan nilai uang, (dan mgkin jg "penyusutan" daya beli).... jadi, sudah bukan ttg nilai/atau penyusutan (dari suatu) barang lagi..
nampkanya demikian.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: Minta Pandangan "Minority SUV"..
Mas Andy, gimana kalo saya ngitung gini:
saya beli avanza dulu tahun 2005, pricelist 107,3jt, pake kredit, jadi saya total2 semuanya abis sekitar 148jt, saya jual tahun 2008 dapet 110jt. memang lebih tinggi daripada pricelist, tapi kalo dari totalnya jadi berkurang 38jt, trus kalo mau beli avanza lagi harganya 144,5jt kalo ga salah, jadi mesti nambah lagi 34,5jt.. saya itung yang paling jeleknya, saya kena depresiasi 38+34,5jt sekitar 70jt..
pusing2 sama depresiasi, akhirnya sebagai gantinya saya beli minority SUV deh, yang harganya secara nominal sudah mulai mencapai nilai stabil.. memang untuk OPEX jadi lebih tinggi, tapi manfaat dan experiencenya lebih dari worth lah
saya beli avanza dulu tahun 2005, pricelist 107,3jt, pake kredit, jadi saya total2 semuanya abis sekitar 148jt, saya jual tahun 2008 dapet 110jt. memang lebih tinggi daripada pricelist, tapi kalo dari totalnya jadi berkurang 38jt, trus kalo mau beli avanza lagi harganya 144,5jt kalo ga salah, jadi mesti nambah lagi 34,5jt.. saya itung yang paling jeleknya, saya kena depresiasi 38+34,5jt sekitar 70jt..
pusing2 sama depresiasi, akhirnya sebagai gantinya saya beli minority SUV deh, yang harganya secara nominal sudah mulai mencapai nilai stabil.. memang untuk OPEX jadi lebih tinggi, tapi manfaat dan experiencenya lebih dari worth lah

Re: Minta Pandangan "Minority SUV"..
Memang beli mobil baru (apalagi kredit) kalo di hitung hitung rugi besar. Apalagi misalnya om gmx jual Avanzanya di 2008 dapet cuman 85 juta misalnya - pengeluaran om gmx jadi nambah lagigmx wrote:Mas Andy, gimana kalo saya ngitung gini:
saya beli avanza dulu tahun 2005, pricelist 107,3jt, pake kredit, jadi saya total2 semuanya abis sekitar 148jt, saya jual tahun 2008 dapet 110jt. memang lebih tinggi daripada pricelist, tapi kalo dari totalnya jadi berkurang 38jt, trus kalo mau beli avanza lagi harganya 144,5jt kalo ga salah, jadi mesti nambah lagi 34,5jt.. saya itung yang paling jeleknya, saya kena depresiasi 38+34,5jt sekitar 70jt..
pusing2 sama depresiasi, akhirnya sebagai gantinya saya beli minority SUV deh, yang harganya secara nominal sudah mulai mencapai nilai stabil.. memang untuk OPEX jadi lebih tinggi, tapi manfaat dan experiencenya lebih dari worth lah
Jadi kalo bisa ngerawat mobil (apalagi hobi mobil), sebaiknya memang beli bekas. Kalo mau tinggal gas aja dan gak mau pengeluaran tiba2 dr mobil non-garansi, baru deh masuk akal punya mobil baru.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Minta Pandangan "Minority SUV"..
karena sedang membahas kenyamanan, ada yang bisa ngejelasin perbandingan kenyamanan produk hyundai dengan nissan? kayanya produk nissan nyaman2 juga (cuman sempat nyoba duduk jadi penumpang di grand livina aja). kalo perlu dibandingin ama produk toyota, yang sepertinya juga (cukup) nyaman. perbedaan mendasar produk2 mereka apa aja (hal2 yang membuat beda tingkat kenyamanan dari salah satu mereka dibandingkan dengan dua yang lain)?
maaf kalo oot.
maaf kalo oot.

No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Minta Pandangan "Minority SUV"..
IMO untuk bantingan rasanya santi gen-1 msh lbh nyaman dibanding new santi, entah mungkin krn new santi yg saya tumpangi itu pelek bawaan aslinya 18, jadinya ban lbh tipisimsus2c wrote:betul meneer...sangat nyamanjalu wrote:meskipun santi gen-1 bentuknya pro-kontra....tapi saya salut krn mbl itu nyaman....mungkin karena faktor suspensi dan rancang bangun sasis (maksudnya bodynya secara dia monokok, ga pakai sasis)
konsekuensinya...suspensinya....untuk kelas "mobil korea" lumayan mahallllpadahal barang oem, bukan aftermarket
![]()
pengalaman pernah ganti suspensi, ori/genuine harganya tembus 4.5 - 5 juta, belum termasuk ongkos pasang dan pernik2nya (karet bushing dll...)padahal termasuk segmen mobil yg sudah mulai berumur dan hanya sekedar "mobil korea"


"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby