kenapa innova d4d ku koq boros?? ada yg bisa bantu ??

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

ah79
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sun Oct 17, 2010 6:56

kenapa innova d4d ku koq boros?? ada yg bisa bantu ??

Post by ah79 »

salam kenal agan2 master dan suhu innova d4d sekalian...
ane br nebus innova d4d 2005 m/t, rasanya koq boros banget ya, pernah ngitung 1:7 gitu deh, cara bawanya juga ga maen bejek koq, maklum kaki kanan ane udah disekolahin. abis nebus langsung diganti oli mesin, transmisi n gardan pake standar oli TAM di beres. minumnya solar biasa soalnya di daerah ane kagak ada yg namanya biosolar, shell or pertadex. musti diapain ya gan biar innova ane jd rada irit...trims :big_peace:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10473
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: kenapa innova d4d ku koq boros?? ada yg bisa bantu ??

Post by ak4ng »

ad fto2nya ga?
:big_smoking: :big_smoking:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: kenapa innova d4d ku koq boros?? ada yg bisa bantu ??

Post by m4rio »

bawanya kebanyakan di RPM tinggi gk broo??? kalo di urut tapi selalu hampir redline baru pindah gigi kyknya bisa boros juga deh...
di beres cuman ganti oli lengkap aja??? gk di tune up gitu???? karena setau ane kalo diesel itu kalo saringan udara kotor pengaruh ke konsumsi bahan bakar..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27674
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: kenapa innova d4d ku koq boros?? ada yg bisa bantu ??

Post by DOHC »

oli nya ntuh smua merek TGMO yah ?? kalo emang pake TGMO, ane curiga oli mesin nya dikasi yg tingkatan 15W-40 punya, scara ane perna ke beres toyota, dan utk yg TGMO diesel ane liat mereka cuman punya yg tingkatan 15W-40... ntuh oli ane rasa seh kekentelan tuh buat diesel modern macam d4d... lumayan tuh bikin boros dikit kalo pake oli yg ga sesuai...

sperti saran2 yg om turboman sering blg, gmana dgn filter2 solar nya, uda dibersihkan atau diganti blom kalo odometer uda tinggi... gmana jg dgn filter udara nya... bisa jg di purging dulu biar kaga mampet saluran2 bensin dan injector nya... biasanya sehh kalo langkah2 diatas uda dijalanin, ipah d4d harus nya irit...

btw, ntuh ipah nya uda brpa odo nya, dan gmana kondisi kopling nya... masi bagus kah atau uda tipis... ipah bensin ane jg waktu kopling nya uda ga beres, lumayan boros tuh, FC nya drop jadi 1:6, stelah ganti kopling lgs membaik jadi 1:7an...

sisanya biar master turbo diesel yg jelasin dahh... bro turboman...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: kenapa innova d4d ku koq boros?? ada yg bisa bantu ??

Post by AD74YA »

ah79 wrote:salam kenal agan2 master dan suhu innova d4d sekalian...
ane br nebus innova d4d 2005 m/t, rasanya koq boros banget ya, pernah ngitung 1:7 gitu deh, cara bawanya juga ga maen bejek koq, maklum kaki kanan ane udah disekolahin. abis nebus langsung diganti oli mesin, transmisi n gardan pake standar oli TAM di beres. minumnya solar biasa soalnya di daerah ane kagak ada yg namanya biosolar, shell or pertadex. musti diapain ya gan biar innova ane jd rada irit...trims :big_peace:
DOHC wrote:oli nya ntuh smua merek TGMO yah ?? kalo emang pake TGMO, ane curiga oli mesin nya dikasi yg tingkatan 15W-40 punya, scara ane perna ke beres toyota, dan utk yg TGMO diesel ane liat mereka cuman punya yg tingkatan 15W-40... ntuh oli ane rasa seh kekentelan tuh buat diesel modern macam d4d... lumayan tuh bikin boros dikit kalo pake oli yg ga sesuai...

sperti saran2 yg om turboman sering blg, gmana dgn filter2 solar nya, uda dibersihkan atau diganti blom kalo odometer uda tinggi... gmana jg dgn filter udara nya... bisa jg di purging dulu biar kaga mampet saluran2 bensin dan injector nya... biasanya sehh kalo langkah2 diatas uda dijalanin, ipah d4d harus nya irit...

btw, ntuh ipah nya uda brpa odo nya, dan gmana kondisi kopling nya... masi bagus kah atau uda tipis... ipah bensin ane jg waktu kopling nya uda ga beres, lumayan boros tuh, FC nya drop jadi 1:6, stelah ganti kopling lgs membaik jadi 1:7an...

sisanya biar master turbo diesel yg jelasin dahh... bro turboman...
bukannya inova diesel emang 1:7 an yak?... :e-think:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22082
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: kenapa innova d4d ku koq boros?? ada yg bisa bantu ??

Post by Turboman »

ah79 wrote:salam kenal agan2 master dan suhu innova d4d sekalian...
ane br nebus innova d4d 2005 m/t, rasanya koq boros banget ya, pernah ngitung 1:7 gitu deh, cara bawanya juga ga maen bejek koq, maklum kaki kanan ane udah disekolahin. abis nebus langsung diganti oli mesin, transmisi n gardan pake standar oli TAM di beres. minumnya solar biasa soalnya di daerah ane kagak ada yg namanya biosolar, shell or pertadex. musti diapain ya gan biar innova ane jd rada irit...trims :big_peace:
Silahkan di :
1. Purging
2. Kuras tangki dan bersihkan filter screen di dalam tangki

Detailnya semua ada di : mesin-diesel.dinogroups.com

including daftar bengkel2 Purging di luar Jakarta.
* Bukan ajakan Beli *
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27674
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: kenapa innova d4d ku koq boros?? ada yg bisa bantu ??

Post by DOHC »

AD74YA wrote:
ah79 wrote:salam kenal agan2 master dan suhu innova d4d sekalian...
ane br nebus innova d4d 2005 m/t, rasanya koq boros banget ya, pernah ngitung 1:7 gitu deh, cara bawanya juga ga maen bejek koq, maklum kaki kanan ane udah disekolahin. abis nebus langsung diganti oli mesin, transmisi n gardan pake standar oli TAM di beres. minumnya solar biasa soalnya di daerah ane kagak ada yg namanya biosolar, shell or pertadex. musti diapain ya gan biar innova ane jd rada irit...trims :big_peace:
DOHC wrote:oli nya ntuh smua merek TGMO yah ?? kalo emang pake TGMO, ane curiga oli mesin nya dikasi yg tingkatan 15W-40 punya, scara ane perna ke beres toyota, dan utk yg TGMO diesel ane liat mereka cuman punya yg tingkatan 15W-40... ntuh oli ane rasa seh kekentelan tuh buat diesel modern macam d4d... lumayan tuh bikin boros dikit kalo pake oli yg ga sesuai...

sperti saran2 yg om turboman sering blg, gmana dgn filter2 solar nya, uda dibersihkan atau diganti blom kalo odometer uda tinggi... gmana jg dgn filter udara nya... bisa jg di purging dulu biar kaga mampet saluran2 bensin dan injector nya... biasanya sehh kalo langkah2 diatas uda dijalanin, ipah d4d harus nya irit...

btw, ntuh ipah nya uda brpa odo nya, dan gmana kondisi kopling nya... masi bagus kah atau uda tipis... ipah bensin ane jg waktu kopling nya uda ga beres, lumayan boros tuh, FC nya drop jadi 1:6, stelah ganti kopling lgs membaik jadi 1:7an...

sisanya biar master turbo diesel yg jelasin dahh... bro turboman...
bukannya inova diesel emang 1:7 an yak?... :e-think:

gilee... kalo ipah diesel cuman 1:7 an... bearti pantesan aja yg bensin laku banget....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: kenapa innova d4d ku koq boros?? ada yg bisa bantu ??

Post by m4rio »

m4rio wrote:bawanya kebanyakan di RPM tinggi gk broo??? kalo di urut tapi selalu hampir redline baru pindah gigi kyknya bisa boros juga deh...
di beres cuman ganti oli lengkap aja??? gk di tune up gitu???? karena setau ane kalo diesel itu kalo saringan udara kotor pengaruh ke konsumsi bahan bakar..
coba aja yg ini dulu... hehehehe
Knalpot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 325
Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49

Re: kenapa innova d4d ku koq boros?? ada yg bisa bantu ??

Post by Knalpot »

Buset..!! Borosnya ngalahin yg bensin.. Beneran gak nih ?? Kalau standarnya berapa sih konsumsi rata2 ?
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4635
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: kenapa innova d4d ku koq boros?? ada yg bisa bantu ??

Post by Profith83 »

Harusnya Innova diesel kalau dipakai dalam kota dan jarak pendek pendek dapatnya 1L=9.xx KM --> bolak balik di test
Kalau dalam kota tetapi jarak panjang bisa dapat 1L=10.xx KM --> belum pernah test
Kalau luar kota mungkin bisa dapat 1L=12.xx KM --> belum pernah test

asumsi driving style biasa ... jalan kosong digas ...

Kalau dapatnya dibawah 1L=9.xx KM berarti ada something wrong ... entah ada kebocoran di saluran ataukah pembakarannya kurang sempurna
handoko_1010
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Tue Jun 22, 2010 13:14
Location: Depok City

Re: kenapa innova d4d ku koq boros?? ada yg bisa bantu ??

Post by handoko_1010 »

hhhm, sebagai pengiler d4d mau tanya: berarti d4d itu lebih boros dari tbr 54 dan tbr541 ya? padahal sama2 2,5l. bisakah d4d lebih irit dari tbr541?

makasih....
I am dreaming of a Hino RK8 260 PS
Knalpot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 325
Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49

Re: kenapa innova d4d ku koq boros?? ada yg bisa bantu ??

Post by Knalpot »

Profith83 wrote:Harusnya Innova diesel kalau dipakai dalam kota dan jarak pendek pendek dapatnya 1L=9.xx KM --> bolak balik di test
Kalau dalam kota tetapi jarak panjang bisa dapat 1L=10.xx KM --> belum pernah test
Kalau luar kota mungkin bisa dapat 1L=12.xx KM --> belum pernah test

asumsi driving style biasa ... jalan kosong digas ...

Kalau dapatnya dibawah 1L=9.xx KM berarti ada something wrong ... entah ada kebocoran di saluran ataukah pembakarannya kurang sempurna
Solar yg dipake apa om profit? Solar biasa atau bukan?
sympomplay
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Fri Jul 24, 2009 16:03

Re: kenapa innova d4d ku koq boros?? ada yg bisa bantu ??

Post by sympomplay »

Jangan lupa cek tekanan ban siapa tau kurang angin.
imez
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Tue Dec 15, 2009 7:24

Re: kenapa innova d4d ku koq boros?? ada yg bisa bantu ??

Post by imez »

mungkin cara mengemudinya disamakan dengan membawa mobil bensin :big_smoking:
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
Location: Surabaya

Re: kenapa innova d4d ku koq boros?? ada yg bisa bantu ??

Post by Xous »

1:7, sama dgn ipah ane dunk bro, gasoline 2005, milage 100++. Hehe. Mestie bisa 1:10an lho,testi temen2 sy (surabaya). Maybe mesti tune up or purging tuh, jg cek filter solar, kuras tangki n setuju ma bro imez, cara bawanya jg mesti d bedakan
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: kenapa innova d4d ku koq boros?? ada yg bisa bantu ??

Post by maskopat »

emang ada cara berbeda antara bawa diesel dan bensin? :e-think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
imez
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Tue Dec 15, 2009 7:24

Re: kenapa innova d4d ku koq boros?? ada yg bisa bantu ??

Post by imez »

maskopat wrote:emang ada cara berbeda antara bawa diesel dan bensin? :e-think:
jelas beda

mobil disel torsinya gede di putaran bawah
start jalan ato mau pindah gigi suara mesinnya gak usah ampe meraung-raung
alus aja rrrrrr....

mobil bensin (kecuali toyota hardtop kale...) torsinya kecil
butuh putaran tinggi (karna ngejar HP) untuk start go dan shifting
wenggggg....wengggg......

:big_weee:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: kenapa innova d4d ku koq boros?? ada yg bisa bantu ??

Post by maskopat »

imez wrote:
maskopat wrote:emang ada cara berbeda antara bawa diesel dan bensin? :e-think:
jelas beda

mobil disel torsinya gede di putaran bawah
start jalan ato mau pindah gigi suara mesinnya gak usah ampe meraung-raung
alus aja rrrrrr....

mobil bensin (kecuali toyota hardtop kale...) torsinya kecil
butuh putaran tinggi (karna ngejar HP) untuk start go dan shifting
wenggggg....wengggg......

:big_weee:
pointnya adalah bawa di putaran torsi kan? menurut ane sih sama aja gaya bawa bensin atau diesel. yang penting kita tahu torsi max berada pada putaran mesin berapa.

satu lagi, selama ane bawa mobil bensin, walau gak semua, gak harus sampe meraung koq. biasanya oper gigi di 4000RPM, kecuali saat nyalip dan ditanjakan, bisa sampe 5000RPM...
mobil yang biasa ane bawa sih gak sampe 1600cc koq...

malah kalo pake SL, sering banget ninggalin panther di tanjakan cipularang yang katanya panther kuat nanjak.... tapi kayaknya panther gak kuat lebih dari 100kpj... apalagi tanjakan... :big_weee:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
imez
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Tue Dec 15, 2009 7:24

Re: kenapa innova d4d ku koq boros?? ada yg bisa bantu ??

Post by imez »

maskopat wrote:
malah kalo pake SL, sering banget ninggalin panther di tanjakan cipularang yang katanya panther kuat nanjak.... tapi kayaknya panther gak kuat lebih dari 100kpj... apalagi tanjakan... :big_weee:
:upss:
jelas kalah dong, panther tu torsi maksimalnya cuma di 1800 RPM yang gigi 5 aja gak nyampe 80 KMj
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: kenapa innova d4d ku koq boros?? ada yg bisa bantu ??

Post by aldy »

Tergantung muatan juga bro kopat mungkin..Kemarin nglibas tanjakkan tawangmangu yg lumayan ekstrim (sering gigi 1)..ISPAN touring, TOKIDIS cuma bisa nempel ane aja bahkan kadang ane tinggalin jauh bgt :big_peace:
Padahal ane pake mobil yg konon katanya paling lemah di tanjakkan.. :mrgreen:
Kuncinya mesin bensin tega main rpm tinggi dan selalu jaga torsi maxnya.. :off_good_job:
Emang ini mobil harus ada perlakuan khusus kalo berhenti total ditanjakkan ekstrim.. :mrgreen:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: kenapa innova d4d ku koq boros?? ada yg bisa bantu ??

Post by maskopat »

aldy wrote:Tergantung muatan juga bro kopat mungkin..Kemarin nglibas tanjakkan tawangmangu yg lumayan ekstrim (sering gigi 1)..ISPAN touring, TOKIDIS cuma bisa nempel ane aja bahkan kadang ane tinggalin jauh bgt :big_peace:
Padahal ane pake mobil yg konon katanya paling lemah di tanjakkan.. :mrgreen:
Kuncinya mesin bensin tega main rpm tinggi dan selalu jaga torsi maxnya.. :off_good_job:
Emang ini mobil harus ada perlakuan khusus kalo berhenti total ditanjakkan ekstrim.. :mrgreen:
bukannya mesin diesel juga harus ngatur gas untuk jaga torsi kalo di tanjakan? :e-think:
sama aja sih menurut ane...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: kenapa innova d4d ku koq boros?? ada yg bisa bantu ??

Post by jalu »

mesin diesel torsinya besar dan didapatkan di rpm rendah, lbh jago di tanjakan dibanding mesin bensin.....tapi itu bukan berarti pasti kencang di tanjakan.... :D

realita di jalan raya yg ditemui justru unik, pada umumnya mobil disel saat ditanjakan seperti melaju alon2 asal kelakon, akselerasi ditanjakan jg biasa2 saja dan sebagian malah berasap hitam....kesan yg muncul, mesin disel lbh terseok2 dibanding mesin bensin,hehehehe....masalahnya, penilaian orang2 pada umumnya adalah yang mesin bisa ngebut ditanjakan itu berarti jago nanjak :mrgreen: , wajarlah orang2 berpikir begitu karena ini metode penilaian yg paling mudah dimengerti meskipun masih kurang tepat,hehehe...

jika ada 2 mbl yang merek & tipenya sama, dng rasio gigi sama tp dengan mesin berbeda (bensin vs diesel) tapi memiliki output Horsepower yg sama, maka yg mesin disel akan memiliki kemampuan menanjak dng grade yg lbh terjal, load yg bisa dibawa lbh besar dan lbh mudah untuk start di posisi tanjakan.

sekali lagi, jago tanjakan bukan berarti pasti kencang ditanjakan...so,sebagai warga SM jangan keblinger dong... :frm_tumbright:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: kenapa innova d4d ku koq boros?? ada yg bisa bantu ??

Post by aldy »

Masak sih bro jalu soalnya banyak mobil kemarin justru yang "alon2" akhirnya ditengah tanjakkan berhenti terus ngasih jalan ane :big_peace:
Ya intinya kalo diesel ga sesulit mesin bensin ngatur kopling dan gasnya..CMIIW
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
silverlining
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Mon Aug 10, 2009 9:02

Re: kenapa innova d4d ku koq boros?? ada yg bisa bantu ??

Post by silverlining »

imo.
diesel gede torsi di rpm relatif rendah.
bensin gede hp di rpm relatif tinggi.
utk akselerasi torsi bicara.
utk top speed hp bicara.
utk nanjak curam dgn load berat krn torsi diesel besar..mobil jauh lbh mudah laju/akselerasi dr posisi diam drpd bensin.
klo salah mohon koreksi.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: kenapa innova d4d ku koq boros?? ada yg bisa bantu ??

Post by maskopat »

silverlining wrote:imo.
diesel gede torsi di rpm relatif rendah.
bensin gede hp di rpm relatif tinggi.
utk akselerasi torsi bicara.
utk top speed hp bicara.
utk nanjak curam dgn load berat krn torsi diesel besar..mobil jauh lbh mudah laju/akselerasi dr posisi diam drpd bensin.
klo salah mohon koreksi.
untuk akselerasi, sepertinya hp juga bicara deh. karena mobil2 truk yang torsinya besar, akselerasinya gak segalak sedan yang torsinya kecil.
oke lah bobot sedan lebih kecil.
sebagai perbandingan, torsi max Pajero Sport sekitar 32kg.m, torsi max vios sekitar 14.5kg.m. sedangkan power 136PS vs 109PS..
berat PS sekitar 1945kg dan vios sekitar 1050kg... dari data ini, torsi to weight ratio PS lebih besar daripada vios. tapi power to weight ratio besaran vios.
kira2 kalo akselerasi 0-400m dan 0-100kpj, cepatan mana?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green