mesin diesel torsinya besar dan didapatkan di rpm rendah, lbh jago di tanjakan dibanding mesin bensin.....tapi itu bukan berarti pasti kencang di tanjakan....
realita di jalan raya yg ditemui justru unik, pada umumnya mobil disel saat ditanjakan seperti melaju alon2 asal kelakon, akselerasi ditanjakan jg biasa2 saja dan sebagian malah berasap hitam....kesan yg muncul, mesin disel lbh terseok2 dibanding mesin bensin,hehehehe....masalahnya, penilaian orang2 pada umumnya adalah yang mesin bisa ngebut ditanjakan itu berarti jago nanjak

, wajarlah orang2 berpikir begitu karena ini metode penilaian yg paling mudah dimengerti meskipun masih kurang tepat,hehehe...
jika ada 2 mbl yang merek & tipenya sama, dng rasio gigi sama tp dengan mesin berbeda (bensin vs diesel) tapi memiliki output Horsepower yg sama, maka yg mesin disel akan memiliki kemampuan menanjak dng grade yg lbh terjal, load yg bisa dibawa lbh besar dan lbh mudah untuk start di posisi tanjakan.
sekali lagi, jago tanjakan bukan berarti pasti kencang ditanjakan...so,sebagai warga SM jangan keblinger dong...
