review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmission
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 102
- Joined: Thu Jan 27, 2005 8:54
review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmission
selamat pagi,
mau share sedikit review singkat mengenai kia pride 2010 hatchback manual transmission, kebetulan sejak pertengahan juli 2010 menggunakan mobil tipe tersebut.
sepanjang hampir 4 bulan ini menggunakan mobil tsb, kesan-kesannya kira-kira sbb :
pros :
- suasana kabin lebih senyap, terasa sekali efek positif dari peredaman kabin yang katanya ada 3 lapis di semua pintu, terakhir di jalur tol kanci-pejagan dimana lapisan jalan tolnya menggunakan beton yang cukup bergelombang dan beralur permukaannya, berisik suara luar lumayan bisa diminimalkan walaupun adalah sedikit suara luar masuk. di jalur tol palimanan-pejagan, dimana dominan menggunakan lapisan aspal, lebih oke lagi kesenyapan kabinnya.
- untuk kestabilan, saya anggap cukup lumayan, tidak terasa melayang di kecepatan agak tinggi ( +- 120-140km/jam ).
- kelegaan kabin lumayan, terutama headroom penumpang bagian belakang, masih cukup tinggi untuk penumpang dewasa, agak menambah sedikit kenyamanan.
- untuk eksterior, bagi saya pribadi, dengan harga yang dibayarkan, cukup sepadan, untuk ukuran standar saya anggap oke tampilan luarnya, dimana sudah ada fog lamp depan, velg alloy dan tampang muka yang lebih sporty dibanding model sebelumnya.
- 1 hal yang lumayan unik, persneling mundurnya ada clue tertentu, dengan menarik cincin di tuasnya, kemudian geser ke kiri sekali dan ke atas spt gigi 1, lumayan menambah keamanan.
cons :
- mungkin ini relatif ya, bisa juga hanya saya yang merasakan, mungkin untuk umum, warna interior bagus ( warna apa sih ya, krem atau beige, tidak tau istilahnya ), bisa menambah kesan lega dan mewah, tapi buat saya, malah jadi cepat keliatan kotor, kalau ada kotor sedikit atau bekas dipegang langsung mencolok keliatan.
- mungkin karena sudah tipikal mesin ber-cc tanggung ya, jadi tarikan bawah ( gigi 1-2 ) agak kurang ya.
- suspensi agak sedikit keras terutama bagian belakang, sepertinya ini konsekuensi agar kestabilan bisa terjaga.
bila ingin membaca info lebih detil mengenai review selama menggunakan mobil tersebut, bisa lanjut ke http://amzas.wordpress.com.
demikian sedikit review penggunaan kia pride tersebut, mudah-mudahan ada manfaatnya...
trims...
amzas.wordpress.com
mau share sedikit review singkat mengenai kia pride 2010 hatchback manual transmission, kebetulan sejak pertengahan juli 2010 menggunakan mobil tipe tersebut.
sepanjang hampir 4 bulan ini menggunakan mobil tsb, kesan-kesannya kira-kira sbb :
pros :
- suasana kabin lebih senyap, terasa sekali efek positif dari peredaman kabin yang katanya ada 3 lapis di semua pintu, terakhir di jalur tol kanci-pejagan dimana lapisan jalan tolnya menggunakan beton yang cukup bergelombang dan beralur permukaannya, berisik suara luar lumayan bisa diminimalkan walaupun adalah sedikit suara luar masuk. di jalur tol palimanan-pejagan, dimana dominan menggunakan lapisan aspal, lebih oke lagi kesenyapan kabinnya.
- untuk kestabilan, saya anggap cukup lumayan, tidak terasa melayang di kecepatan agak tinggi ( +- 120-140km/jam ).
- kelegaan kabin lumayan, terutama headroom penumpang bagian belakang, masih cukup tinggi untuk penumpang dewasa, agak menambah sedikit kenyamanan.
- untuk eksterior, bagi saya pribadi, dengan harga yang dibayarkan, cukup sepadan, untuk ukuran standar saya anggap oke tampilan luarnya, dimana sudah ada fog lamp depan, velg alloy dan tampang muka yang lebih sporty dibanding model sebelumnya.
- 1 hal yang lumayan unik, persneling mundurnya ada clue tertentu, dengan menarik cincin di tuasnya, kemudian geser ke kiri sekali dan ke atas spt gigi 1, lumayan menambah keamanan.
cons :
- mungkin ini relatif ya, bisa juga hanya saya yang merasakan, mungkin untuk umum, warna interior bagus ( warna apa sih ya, krem atau beige, tidak tau istilahnya ), bisa menambah kesan lega dan mewah, tapi buat saya, malah jadi cepat keliatan kotor, kalau ada kotor sedikit atau bekas dipegang langsung mencolok keliatan.
- mungkin karena sudah tipikal mesin ber-cc tanggung ya, jadi tarikan bawah ( gigi 1-2 ) agak kurang ya.
- suspensi agak sedikit keras terutama bagian belakang, sepertinya ini konsekuensi agar kestabilan bisa terjaga.
bila ingin membaca info lebih detil mengenai review selama menggunakan mobil tersebut, bisa lanjut ke http://amzas.wordpress.com.
demikian sedikit review penggunaan kia pride tersebut, mudah-mudahan ada manfaatnya...
trims...
amzas.wordpress.com
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 102
- Joined: Thu Jan 27, 2005 8:54
beberapa tambahan info mengenai kia pride 2010 hb mt
selamat pagi,
mau share beberapa info-info lebih lanjut mengenai kia pride 2010 hb mt selama 4 bulan pemakaian, sbb :
si pride sesampai di rumah, kondisi standar – 21 juli 2010
http://amzas.wordpress.com/2010/07/23/s ... juli-2010/
si pride dioprek – 22 juli 2010
http://amzas.wordpress.com/2010/07/24/s ... juli-2010/
si pride test drive pantura dan guci pp – 30 juli s.d. 1 agustus 2010
http://amzas.wordpress.com/2010/08/03/s ... stus-2010/
pernik-pernik si pride yang sering terlupakan dimana posisinya – 23 agustus 2010
http://amzas.wordpress.com/2010/08/23/p ... c2%a02010/
test drive cipularang – 04 september 2010
http://amzas.wordpress.com/2010/09/04/t ... mber-2010/
demikian sekedar sharing mengenai kia pride tsb, trims...
amzas.wordpress.com
note : mohon pengertiannya barangkali ada yang ingin copas link / foto ( biasanya para sales kia nih, hehehe... ), mohon kesadarannya-lah untuk paling tidak halo-halo dululah ya ke saya, jangan asal comot aja, kayaknya kurang menghargai yang sudah capek-capek membuang waktu buat me-review dan memotret kia pride tsb.
mohon maaf saya sampaikan hal ini, karena sudah ada beberapa pihak yang tidak mempunyai netiket, asal comot foto saya tsb.
mau share beberapa info-info lebih lanjut mengenai kia pride 2010 hb mt selama 4 bulan pemakaian, sbb :
si pride sesampai di rumah, kondisi standar – 21 juli 2010
http://amzas.wordpress.com/2010/07/23/s ... juli-2010/
si pride dioprek – 22 juli 2010
http://amzas.wordpress.com/2010/07/24/s ... juli-2010/
si pride test drive pantura dan guci pp – 30 juli s.d. 1 agustus 2010
http://amzas.wordpress.com/2010/08/03/s ... stus-2010/
pernik-pernik si pride yang sering terlupakan dimana posisinya – 23 agustus 2010
http://amzas.wordpress.com/2010/08/23/p ... c2%a02010/
test drive cipularang – 04 september 2010
http://amzas.wordpress.com/2010/09/04/t ... mber-2010/
demikian sekedar sharing mengenai kia pride tsb, trims...
amzas.wordpress.com
note : mohon pengertiannya barangkali ada yang ingin copas link / foto ( biasanya para sales kia nih, hehehe... ), mohon kesadarannya-lah untuk paling tidak halo-halo dululah ya ke saya, jangan asal comot aja, kayaknya kurang menghargai yang sudah capek-capek membuang waktu buat me-review dan memotret kia pride tsb.
mohon maaf saya sampaikan hal ini, karena sudah ada beberapa pihak yang tidak mempunyai netiket, asal comot foto saya tsb.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 102
- Joined: Thu Jan 27, 2005 8:54
si pride jelajah pantura dan tegal - 13 s.d. 15 november 201
sabtu s.d. senin, 13 - 15 november 2010, si pride berkesempatan melakukan perjalanan pantura - tegal.
berangkat hari sabtu siang pukul 13:30 dari bengkel resmi kia garuda, sampai di tegal +- pukul 20:00 karena menemui 2 titik kemacetan di eretan indramayu dan bulakamba brebes serta banyak jalan berlubang.
kembali dari tegal menuju tangerang pada hari senin pagi, berangkat pagi pukul 07:15 sampai di tujuan +- pukul 13:30, terhitung lancar mulai tegal - simpang jomin cikampek, hanya memerlukan +- 3 jam 15 menit, kemudian macet +- 50 menit dari simpang jomin s.d. pintu tol cikopo cikampek, dan harus memutar melalui tol cikunir - jorr bsd untuk menghindari jalur padat di tol cawang - dalam kota.
konsumsi bbm rata-rata pergi - pulang mencapai 12.66 km / liter, dan kecepatan tertinggi sempat mencapai 170 km / jam di jalur tol kanci.
klik link di bawah ini untuk info lebih detil mengenai perjalanan tersebut.
http://amzas.wordpress.com/2010/11/16/s ... c2%a02010/
demikian sedikit sharing perjalanan pantura - tegal, mudah-mudahan bermanfaat...
trims...
amzas.wordpress.com
berangkat hari sabtu siang pukul 13:30 dari bengkel resmi kia garuda, sampai di tegal +- pukul 20:00 karena menemui 2 titik kemacetan di eretan indramayu dan bulakamba brebes serta banyak jalan berlubang.
kembali dari tegal menuju tangerang pada hari senin pagi, berangkat pagi pukul 07:15 sampai di tujuan +- pukul 13:30, terhitung lancar mulai tegal - simpang jomin cikampek, hanya memerlukan +- 3 jam 15 menit, kemudian macet +- 50 menit dari simpang jomin s.d. pintu tol cikopo cikampek, dan harus memutar melalui tol cikunir - jorr bsd untuk menghindari jalur padat di tol cawang - dalam kota.
konsumsi bbm rata-rata pergi - pulang mencapai 12.66 km / liter, dan kecepatan tertinggi sempat mencapai 170 km / jam di jalur tol kanci.
klik link di bawah ini untuk info lebih detil mengenai perjalanan tersebut.
http://amzas.wordpress.com/2010/11/16/s ... c2%a02010/
demikian sedikit sharing perjalanan pantura - tegal, mudah-mudahan bermanfaat...
trims...
amzas.wordpress.com
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss
mantap reviewnya Om, keren2...
kalo ane, paling males kalo lagi nikmati mengendarai mobil tersayang, harus berenti dan turun dari mobil untuk moto2 mobilnya......... menganggu kenikmatan yang sedang dinikmati....hehehehehee
ijin mampir ke wordpress nya yaa
kalo ane, paling males kalo lagi nikmati mengendarai mobil tersayang, harus berenti dan turun dari mobil untuk moto2 mobilnya......... menganggu kenikmatan yang sedang dinikmati....hehehehehee
ijin mampir ke wordpress nya yaa
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 102
- Joined: Thu Jan 27, 2005 8:54
Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss
bener pak, kadang terus terang malas banget kalau lagi enak-enaknya nyetir kudu berhenti untuk motret, hehehe..., jadi saya pas-in sekalian kalo perlu ke toilet, hehehe...Abu2 wrote:mantap reviewnya Om, keren2...
kalo ane, paling males kalo lagi nikmati mengendarai mobil tersayang, harus berenti dan turun dari mobil untuk moto2 mobilnya......... menganggu kenikmatan yang sedang dinikmati....hehehehehee
ijin mampir ke wordpress nya yaa
trims pak sudah mampir kesini dan ke blog tsb...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss
nice review oom.......
si pride ini brapa cc yah? all n all klo d adu sama pesaingnya apa aja plus minus nya nih.....
si pride ini brapa cc yah? all n all klo d adu sama pesaingnya apa aja plus minus nya nih.....
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss
@doq: berdasarkan hasil googling, kia pride itu 1400 cc oom..
Permisii .............................
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26955
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss
beda 200cc ternyata ama bahenol nya om dog....
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss
woooo ya ya ya thx oom nes
@DOCH: beda cepe sama lipina ente yah
@DOCH: beda cepe sama lipina ente yah
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26955
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss
tapi beda ceceng ama k24 nya si om nes tuh om dog...
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 102
- Joined: Thu Jan 27, 2005 8:54
Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss
pride 1400 cc pak.doq wrote:nice review oom.......
si pride ini brapa cc yah? all n all klo d adu sama pesaingnya apa aja plus minus nya nih.....
mobil merk lain yang harganya gak beda jauh setau saya hyundai avega.
kebetulan belum pernah nyetir avega, jadi gak bisa bandingin performanya, kayaknya sih ya imbang-imbang saja, beberapa waktu lalu ada berita komparasi avega dan pride di sebuah tabloid otomotif, katanya ya relatif imbang keduanya, tergantung preferensi subyektif calon pemakainya feeling sama yang mana.
hanya saja, ini subyektif pendapat saya pribadi, kebetulan saya lebih suka sisi eksterior pride dibanding avega, tampilan tampang depan pride saya suka.
demikian pak, trims sudah mampir...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 771
- Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
- Location: tangerang <-> jakarta
Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss
untuk nyampe 170kmh tuh lama ga om?
di swift ane 150kmh cukup lama tapi berhubung udah ga ada nyali jadi terpaksa ditahan deh
di swift ane 150kmh cukup lama tapi berhubung udah ga ada nyali jadi terpaksa ditahan deh
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 102
- Joined: Thu Jan 27, 2005 8:54
Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss
kemarin berapa lama ya nyampe 170 km/jam, maaf tidak perhatiin waktunya karena mata melotot liat jalanan di depan takut melenceng, hehehe...scorpio wrote:untuk nyampe 170kmh tuh lama ga om?
di swift ane 150kmh cukup lama tapi berhubung udah ga ada nyali jadi terpaksa ditahan deh
kec itu didapat di jalur tol kanci pak, kebetulan kemarin jalurnya lumayan lengang, tidak secepat peningkatan kec dari 80-130 km/jam sih pak... kebetulan juga kemarin hanya pergi sendiri di mobil plus beberapa barang, mungkin itu juga menyumbang momen sehingga bisa nyampe kec segitu.
sama pak, karena kemarin sendirian aja makanya iseng bisa nyobain kec segitu, karena penasaran juga selama ini blm pernah bisa lebih cepat daripada dulu pake picanto, dulu pake picanto di tol kanci juga pernah coba sampe 155-160 km/jam masih dapat.
kalau perginya bareng2 sama keluarga sih pasti alarm sudah pada bunyi, hehehe...
demikian pak, trims...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss
waahhh.......masa m15a nya swift bolot gtu oom? stau sy itu mesin lumayan responsif lho udh pernah carbon clean blom oom?
@amzas: foto d atas itu apanya yg d oprek oom? interior d lapis kulit yah? ato nambah peredam?
@amzas: foto d atas itu apanya yg d oprek oom? interior d lapis kulit yah? ato nambah peredam?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 102
- Joined: Thu Jan 27, 2005 8:54
Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss
interior masih standar pak, belum dilapis kulit, nanti menyusul tunggu budgetnya tiba, hehehe...doq wrote:@amzas: foto d atas itu apanya yg d oprek oom? interior d lapis kulit yah? ato nambah peredam?
untuk peredaman juga masih standar, malah saya pikir sudah lumayan oke peredamannya, buat ukuran saya, lumayan membantu tuh pak, di jalur tol beton, suara kontak ban dengan lapisan jalan bisa tereduksi dengan baik.
foto di post sebelumnya itu saya olah dikit lightingnya pak, karena waktu jepret pake available light tanpa internal flash, maklum belum ada budget buat beli external flash, hehehe...
ini agak di-push lumayan banyak agar detil mobil lebih ter-ekspose, cuma efeknya langit-langit gerbang tol lebih nge-jreng, hehehe...
ini contoh gambar yang natural
demikian pak, trims...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss
lha......trus itu yg d oprek, d apain pak klo ga ganti kulit/pasang peredam?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 102
- Joined: Thu Jan 27, 2005 8:54
Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss
itu pak, copot headunit standar dan sepasang speaker standar di pintu depan, diganti dengan sistem audio copotan dari mobil sebelumnya, hehehe... plus pasang alarm dan ganti klakson.doq wrote:lha......trus itu yg d oprek, d apain pak klo ga ganti kulit/pasang peredam?
demikian pak, trims...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss
swift lambat ke 150kpj? kayaknya kaki kanan perlu sekolah yang bener deh...doq wrote:waahhh.......masa m15a nya swift bolot gtu oom? stau sy itu mesin lumayan responsif lho udh pernah carbon clean blom oom?
@amzas: foto d atas itu apanya yg d oprek oom? interior d lapis kulit yah? ato nambah peredam?
nempelin volvo, bmw di pantura aja gampang pake swift...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 771
- Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
- Location: tangerang <-> jakarta
Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss
besok dicoba lagi dah kick down, jadi penasaran nih masa sih pada secepet itu
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss
Mobilnya matic ya om..Coba overdrivenya di off kan dulu terus bejek abiess deh..
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss
ooh matic... mungkin aja. coba cek gear rasio... di speknya.
hm... sepertinya gear ratio yang matik agak halus yah...
Type 5MT 4AT
Gear Ratio 1st 3.545 2.875
2nd 1.904 1.568
3rd 1.310 1.000
4th 0.969 0.697
5th 0.769 -
Reverse 3.250 2.300
Final Gear Ratio 4.105 4.144
hm... sepertinya gear ratio yang matik agak halus yah...
Type 5MT 4AT
Gear Ratio 1st 3.545 2.875
2nd 1.904 1.568
3rd 1.310 1.000
4th 0.969 0.697
5th 0.769 -
Reverse 3.250 2.300
Final Gear Ratio 4.105 4.144
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss
hayo2 udah oot nih, mendingan d buat tret anyar aja mengenai problemnya oom scorpio ini, mungkin oom momod bsa bantu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 771
- Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
- Location: tangerang <-> jakarta
Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss
kaga oom, itu swiftnya manual
bingung jg ya klo begini, enteng yg dimaksud oom doq itu segimana yah 0-150kmh <10 detik kah
tapi betul sih mayan enteng, maren pas coba tarik2an lagi di tol berhasil ngasepin e46
bingung jg ya klo begini, enteng yg dimaksud oom doq itu segimana yah 0-150kmh <10 detik kah
tapi betul sih mayan enteng, maren pas coba tarik2an lagi di tol berhasil ngasepin e46
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 462
- Joined: Tue Jul 28, 2009 23:57
Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss
tenaga kia pride berapa ya om??
Ane baca di majalah katanya kurang greget tenaganya.
Dibandingin ama Ford Fiesta... CMIIW soalna ane agak lupa datanya....
Benarkah ??
Ane baca di majalah katanya kurang greget tenaganya.
Dibandingin ama Ford Fiesta... CMIIW soalna ane agak lupa datanya....
Benarkah ??