kode komunikasi antar kendaraan.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
kode komunikasi antar kendaraan.
broo.. mau tanya dnk nih..
ada yang tau dengan benar dan pasti gk ya tentang kode2 antar kendaraan gitu?
misalnya : menghidupkan sein kanan to kiri pada saat jalan 2 arah, menghidupkan sein kanan pada saat di lajur paling kanan jalan tol, dll..
bingung nih arti yang sebenernya..
ada yang tau dengan benar dan pasti gk ya tentang kode2 antar kendaraan gitu?
misalnya : menghidupkan sein kanan to kiri pada saat jalan 2 arah, menghidupkan sein kanan pada saat di lajur paling kanan jalan tol, dll..
bingung nih arti yang sebenernya..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 202
- Joined: Fri Jan 23, 2009 6:14
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
kalo gw si ada yg klakson dr blakang brrti dia pngn buru2,,kalo angkot/metro mini gw biarin aja nglakson ampe mampus..!!!!!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
Kalau lampu putih menyala, artinya doi udah rabun
Kalau lampu putih yg menyala kecil, artinya dia belum rabun tapi takut ketemu yg lebih rabun
Kalau lampu putih cuma nyala sebentar, artinya udah malam dan dia kepingin buru2 sampai alamat
Kalau lampu putih yang nyala di belakang, artinya jangan berdiri di belakang mobilnya
Kalau yg nyala lampu merah di belakang, artinya kita kudu ngerem
Kalau lampu putih yg menyala kecil, artinya dia belum rabun tapi takut ketemu yg lebih rabun
Kalau lampu putih cuma nyala sebentar, artinya udah malam dan dia kepingin buru2 sampai alamat
Kalau lampu putih yang nyala di belakang, artinya jangan berdiri di belakang mobilnya
Kalau yg nyala lampu merah di belakang, artinya kita kudu ngerem
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
kalu lampu hazard nyala (sein nyala barengan kanan kiri), berenti pinggir jalan=lagi darurat (kalu jalan berarti gi ga mau ke kanan atawa kiri) ...
kalu kanan trusss yang nyala gi di lajur kanan tol = tuh lampu sein rusak switchnya, kalu kaga tuh sopir ga tau aturan, wong lari 40km/jam kok keukeuh ambil jalur kanan pake sein segala ..
*piss ah, intermezzo ..*

kalu kanan trusss yang nyala gi di lajur kanan tol = tuh lampu sein rusak switchnya, kalu kaga tuh sopir ga tau aturan, wong lari 40km/jam kok keukeuh ambil jalur kanan pake sein segala ..
*piss ah, intermezzo ..*

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1633
- Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
- Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup
Re: kode komunikasi antar kendaraan.



@asudarsono : maksudnya? blom ngerti nih om...
kalo yg saya perhatikan sih :
- kalo pas malem ada mobil yg kasih ritting kanan berarti gak mau didahului.
- kalo mau mendahului truk (biasanya sih yg kyk gini wkt lewatin truk) didepan biasanya kasih klakson sekali. tar kalo dah mendahului kasih klakson dua kali
terjemahannya gini kali yak: klakson sekali "misi mas, mau lewat." klakson dua kali " makasih ya mas da dkasih lewat." biasanya sih dg supir truk suka dibales dg klakson sekali.


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 387
- Joined: Fri Feb 12, 2010 1:07
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
soal beginian tanya sopir2 pantura dah, pada apal. haha, soalnya udah jadi aturan tidak tertulis
kalo mau nyalip bis malam (kalo jalan malem) malah gak suka di klakson bos, karena menggangu penumpang yg pada tidur. kasih aja lampu dim sekali. ntar dikasih jalan. kalo kepepet ya klakson aje
sein kanan buat nyalip...kadang bis yg mau kita salip malah ngasih sein kanan?itu artinya anda dilarang menyalip. artinya bisa didepan ada kendaraan, atau dia mau belok kanan cari makan. hehehe
apalagi ya...banyak sih, tapi klo dipikir2 malah lupa.
kalo mau nyalip bis malam (kalo jalan malem) malah gak suka di klakson bos, karena menggangu penumpang yg pada tidur. kasih aja lampu dim sekali. ntar dikasih jalan. kalo kepepet ya klakson aje

sein kanan buat nyalip...kadang bis yg mau kita salip malah ngasih sein kanan?itu artinya anda dilarang menyalip. artinya bisa didepan ada kendaraan, atau dia mau belok kanan cari makan. hehehe
apalagi ya...banyak sih, tapi klo dipikir2 malah lupa.

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 111
- Joined: Sun Sep 05, 2010 5:08
Re: kode komunikasi antar kendaraan.

1. Kalo lg papasan trus nyalain sein kanan berarti posisi lawan/kita melewati marka jalan.
2. Kalo papasan ma mobil/truk lain trus sama2 ngedim berarti kenal/ketemu temennya hehehe..
3. Mobil/truk ditancepin tangkai pohon berarti mogok
4. Kendaraan di depan nyalain sein kiri tanpa mengerem berarti minta didahului (kadang2)
5. Kendaraan di depan nyalain sein kiri tiba2, ngerem, agk minggir, berati di depan ada konvoi/kampanye/apa aja yg jelas ngabisin jalan. Klo yg nglakuin itu bis berarti ada penumpang naik/turun.
6. Mengacungkan jari telunjuk & tengah (peace) berarti yg bersangkutan habis nglewati razia polisi hehehe

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
salah satu hal yg mesti jadi perhatian adalah, bukan hanya memerhatikan lampu2 yang ada dikendaraan lain.
Mata kita harus lebih teliti dan awas terhadap objek disekitar kita..ya sekaligus memantau lampu2 kendaraan lain
jalur lintas sumatera, kebanyakan truk, bus yang lebih sopan dalam memberi kode2 seperti ini..spt bang brekele tulis di atas, "kadang bus nya nyalain sen kanan, sewaktu kita mau melewatinya". itu memberitahu kita yg dibelakang, agar sabar dulu, kalo mau nyalip ntar yaaa..
kalo mobil2 pribadi malah lebih "nakal"..gak pake kode2an..
yang pasti, jika melakukan perjalanan malam keluarkota , jgn nyalakan lampu kabin terlalu lama....
Mata kita harus lebih teliti dan awas terhadap objek disekitar kita..ya sekaligus memantau lampu2 kendaraan lain
jalur lintas sumatera, kebanyakan truk, bus yang lebih sopan dalam memberi kode2 seperti ini..spt bang brekele tulis di atas, "kadang bus nya nyalain sen kanan, sewaktu kita mau melewatinya". itu memberitahu kita yg dibelakang, agar sabar dulu, kalo mau nyalip ntar yaaa..

kalo mobil2 pribadi malah lebih "nakal"..gak pake kode2an..
yang pasti, jika melakukan perjalanan malam keluarkota , jgn nyalakan lampu kabin terlalu lama....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
knp wan?Abu2 wrote:yang pasti, jika melakukan perjalanan malam keluarkota , jgn nyalakan lampu kabin terlalu lama....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
bisa jadi inceran mahluk2 yg ga jelas..........misalkan perampokan dll......andy1800 wrote:knp wan?Abu2 wrote:yang pasti, jika melakukan perjalanan malam keluarkota , jgn nyalakan lampu kabin terlalu lama....

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
andy1800 wrote:knp wan?Abu2 wrote:yang pasti, jika melakukan perjalanan malam keluarkota , jgn nyalakan lampu kabin terlalu lama....
mengganggu konsentrasi mengemudi.....
mengemudi malem2, lebih enak kalo suasana kabin gelap...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
hmm... jadi kyknya peraturan kode2 lampu itu gk da standardnya ya??? to gimana??
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
oh, kirain apa wan...Abu2 wrote:andy1800 wrote:knp wan?Abu2 wrote:yang pasti, jika melakukan perjalanan malam keluarkota , jgn nyalakan lampu kabin terlalu lama....
mengganggu konsentrasi mengemudi.....
mengemudi malem2, lebih enak kalo suasana kabin gelap...
jadi gini...dlm hal itu, ada minoritas perilaku spt gw...yg kalau nyetir malam jarak jauh/lama...justru gw nyalain lampu kabin...
jadi gini...teorinya.... spt pesan semua org tua kepada anaknya "kalau nonton tv, lampu ruangan jgn dimatiin."
knp gitu? krn, klau lampu ruangan dimatiin, maka kontras/intensitas cahaya yg diterima mata menjadi besar, dan itu memaksa mata melakukan effort besar utk melakukan adjustment...
dlm jangka panjang, itu akan merusak (syaraf dan kemampuan mekanisme) mata.
dlm jangka pendek, itu akan membuat mata cepat lelah
dg dasar persis spt itu, ..maka gw justru lbh sering nyalain lampu kabin pd saat nyetir jarak jauh....supaya mata (dan otak) tidak cepat lelah. (dan menjaga semoga dlm jgka panjang, mata gw tetep keren2 aja, gak cepat menurun performanya).
notes:
** dlm hal mengemudi malam, intensitas/kontras cahaya itu terutama berasal dari lampu2 mobil lain, baik headlamp maupun taillamp.
** kebetulan jg, gw beruntung punya mata yg gak terganggu konsentrasi mengemudinya kalau lampu kabin nyala.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
menurut saya kenapa lampu kabin ga dinyalain pas malam:
1. supaya terjadi perbedaan yang signifikan antara kondisi luar kabin dan dalam kabin. ini membantu mata melihat objek di luar lebih baik dibanding kalo lampu kabin dinyalain.
2. ada kemungkinan dan cukup besar akan ada pantulan ditampilkan kaca depan kalo lampu dalam kabin hidup, artinya akan semakin susah melihat yang di luar di depan kita.
kalo dalam kota mungkin tidak terlalu berpengaruh, tapi luar kota sangat berpengaruh mematikan lampu kabin dimana dibutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi dari mata karena mobil bergerak dengan kecepatan tinggi (jarang mobil2 di jalanan luar kota cuman lari 20 kmh s/d 60 kmh).
mengenai komunikasi antar mobil, sempat dibahas (mungkin tak benar2 sesuai yang diinginkan TS tapi sangat nyambung) di thread tentang bis malam antar kota antra propinsi. tapi lupa pulak aku judulnya apa. yang lain mungkin bisa bantu.
1. supaya terjadi perbedaan yang signifikan antara kondisi luar kabin dan dalam kabin. ini membantu mata melihat objek di luar lebih baik dibanding kalo lampu kabin dinyalain.
2. ada kemungkinan dan cukup besar akan ada pantulan ditampilkan kaca depan kalo lampu dalam kabin hidup, artinya akan semakin susah melihat yang di luar di depan kita.
kalo dalam kota mungkin tidak terlalu berpengaruh, tapi luar kota sangat berpengaruh mematikan lampu kabin dimana dibutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi dari mata karena mobil bergerak dengan kecepatan tinggi (jarang mobil2 di jalanan luar kota cuman lari 20 kmh s/d 60 kmh).
mengenai komunikasi antar mobil, sempat dibahas (mungkin tak benar2 sesuai yang diinginkan TS tapi sangat nyambung) di thread tentang bis malam antar kota antra propinsi. tapi lupa pulak aku judulnya apa. yang lain mungkin bisa bantu.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
Biar tambah binun :
Kalau ada lampu muter2 di atas mobil :
a. Kalau warna lampunya kuning : pelan2, lokasi ini banyak kendaraan super gede, bisa 747 bisa truk tanah.
b. Kalau warna merah bentuk MPV : segera minggir, di dalam udah mau koit .... kadang2 malah udah otw ke liang lahat. Mau cepet2an sama mayat?
c. Kalau warna lampu merah, mobilnya gede banget : Awas di depan mungkin jalanan ditutup, soalnya lagi disemprot2
d. Kalau warna lampunya biru, bentuk sedan : yg naik lagi jalan2 sama pejabat, kalau kita buntutin persis di belakangnya kita bisa lebih cepet sampai di tujuan.
e. Kalau warna lampunya biru, bentuk truk di belakangnya narik trailer : minggir - minggir, teroris aja takut sama yang satu ini.
f. Kalau warna lampunya biru, bentuk SUV hitam : ya itu mobil satpam
Kalau ada lampu muter2 di atas mobil :
a. Kalau warna lampunya kuning : pelan2, lokasi ini banyak kendaraan super gede, bisa 747 bisa truk tanah.
b. Kalau warna merah bentuk MPV : segera minggir, di dalam udah mau koit .... kadang2 malah udah otw ke liang lahat. Mau cepet2an sama mayat?
c. Kalau warna lampu merah, mobilnya gede banget : Awas di depan mungkin jalanan ditutup, soalnya lagi disemprot2
d. Kalau warna lampunya biru, bentuk sedan : yg naik lagi jalan2 sama pejabat, kalau kita buntutin persis di belakangnya kita bisa lebih cepet sampai di tujuan.
e. Kalau warna lampunya biru, bentuk truk di belakangnya narik trailer : minggir - minggir, teroris aja takut sama yang satu ini.
f. Kalau warna lampunya biru, bentuk SUV hitam : ya itu mobil satpam
Last edited by asudarsono on Thu Nov 18, 2010 1:18, edited 1 time in total.
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
sama satu lagi om.... lampu biru, atas sedan, apalagi sedan yg ukuran mid size... mending jgn cari masalah ama mereka, kalo dikejar mending give up kalo ga mau kalah dgn tidak terhormat....
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
O ya om DOHC, aku pernah lihat Ferrari vs mereka, masih bisa kekejar. walau sedan 4 pintu tapi udah teknologi DOHC sih.
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
kayanya kalo gt bukan masalah mobil nya om, tp ke masalah skill driver nya.... rata2 pulisi pjr apalagi yg di tol gt punya modal nekat... lah ane aja perna liat mreka pake fortuner ngejar sedan ampe ke bahu jalan sgala gt.... mungkin gara2 dulu mereka ilmu nya di tempa dgn mobil2 miris macam kijang kotak bertaon2..
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
kenapa ya orang sering menyalakan Foglamp di jabodetabek. Padahal Lampu ini letaknya di bawah, dan bola lampunya tidak pakai payung, jadi silau menn ..
Trus untuk fortuner dan CRV, lampu senja (?) nya kok menyorot sekali, silau juga. Dan pemilik mobil ini kebanyakan mematikan lampu proyektor nya.
Trus untuk fortuner dan CRV, lampu senja (?) nya kok menyorot sekali, silau juga. Dan pemilik mobil ini kebanyakan mematikan lampu proyektor nya.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
imho, harusnya fog lamp tidak silau. karena pencahayaannya menyebar secara horizontal dan di bawah horizon sedikit. karena fog lamp ini ditujukan untuk pencahayaan di dekat bumper depan. dan jarak pencahayaan harusnya sekitar 20-30m. kalau silau, berarti arah pencahayaan fog lamp tersebut sudah ngaco.ilhami wrote:kenapa ya orang sering menyalakan Foglamp di jabodetabek. Padahal Lampu ini letaknya di bawah, dan bola lampunya tidak pakai payung, jadi silau menn ..
Trus untuk fortuner dan CRV, lampu senja (?) nya kok menyorot sekali, silau juga. Dan pemilik mobil ini kebanyakan mematikan lampu proyektor nya.
kalo lampu senja harusnya sih tidak silau. karena bohlam yang digunakan berdaya rendah.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
sebenernya tergantung orangnya sih dan juga posisi lampu kabin. kalo posisi lampu kapin terlihat oleh spion dalem, menurut ane cukup ngeganggu. kalo ane sih prefer lampu kabin dimatiin.andy1800 wrote:oh, kirain apa wan...Abu2 wrote:mengganggu konsentrasi mengemudi.....andy1800 wrote:knp wan?
mengemudi malem2, lebih enak kalo suasana kabin gelap...
jadi gini...dlm hal itu, ada minoritas perilaku spt gw...yg kalau nyetir malam jarak jauh/lama...justru gw nyalain lampu kabin...
jadi gini...teorinya.... spt pesan semua org tua kepada anaknya "kalau nonton tv, lampu ruangan jgn dimatiin."
knp gitu? krn, klau lampu ruangan dimatiin, maka kontras/intensitas cahaya yg diterima mata menjadi besar, dan itu memaksa mata melakukan effort besar utk melakukan adjustment...
dlm jangka panjang, itu akan merusak (syaraf dan kemampuan mekanisme) mata.
dlm jangka pendek, itu akan membuat mata cepat lelah
dg dasar persis spt itu, ..maka gw justru lbh sering nyalain lampu kabin pd saat nyetir jarak jauh....supaya mata (dan otak) tidak cepat lelah. (dan menjaga semoga dlm jgka panjang, mata gw tetep keren2 aja, gak cepat menurun performanya).
notes:
** dlm hal mengemudi malam, intensitas/kontras cahaya itu terutama berasal dari lampu2 mobil lain, baik headlamp maupun taillamp.
** kebetulan jg, gw beruntung punya mata yg gak terganggu konsentrasi mengemudinya kalau lampu kabin nyala.
toh intensitas cahaya di dalam kabin tidak terlalu jauh ketika lampu menyala ataupun padam. mungkin bagi sebagian orang cukup membantu. ini sih tergantung kesukaan masing2...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
mungkin link ini bisa menambah wawasan ketika night driving.. http://www.carazoo.com/article/14072008 ... --Darkness
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
kalau lampu kabin menyala, otomatis pupil mengecil. Sehingga situasi di luar yang gelap, kurang ditangkap oleh mata, sehingga makin tidak jelas. Masalah mata capek ketika melihat lampu yang menyorot, itu memang kesadaran pengemudi, agar menyetel lampu sesuai aturan, dan intensitasnya bola lampu normal, jangan juga pakai lampu yang super bright. Kalau lampu kita terlalu terang, maka lawan akan memberikan isyarat dengan ngedim berkali-kali. Hal ini harus disadari pengemudi, jangan malah bales2an 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
bicara lampu kabin, kalu ga salah ada fitur di salah satu mobil, PUG kalu ga salah ...
jadi kalau dari arah belakang ada kendaraan lain yang memberikan lampu jauh yang menyilaukan spion tengah, secara otomatis lampu kabin, terutama lampu dekat sopir/spion tengah tersebut akan menyala, hal ini untuk mengurangi tingkat kesilauan tersebut ...
pernah nyobain, dan ternyata memang benar mengurangi silau nya ....
kira-kira mobil apa lagi ya yang kayka gitu ..
kalu kijang kapsul kayknyaa ngga tuch ....
jadi kalau dari arah belakang ada kendaraan lain yang memberikan lampu jauh yang menyilaukan spion tengah, secara otomatis lampu kabin, terutama lampu dekat sopir/spion tengah tersebut akan menyala, hal ini untuk mengurangi tingkat kesilauan tersebut ...
pernah nyobain, dan ternyata memang benar mengurangi silau nya ....
kira-kira mobil apa lagi ya yang kayka gitu ..
kalu kijang kapsul kayknyaa ngga tuch ....

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: kode komunikasi antar kendaraan.
zweifellos wrote:menurut saya kenapa lampu kabin ga dinyalain pas malam:andy1800 wrote:oh, kirain apa wan...Abu2 wrote:mengganggu konsentrasi mengemudi.....
mengemudi malem2, lebih enak kalo suasana kabin gelap...
jadi gini...dlm hal itu, ada minoritas perilaku spt gw...yg kalau nyetir malam jarak jauh/lama...justru gw nyalain lampu kabin...
jadi gini...teorinya.... spt pesan semua org tua kepada anaknya "kalau nonton tv, lampu ruangan jgn dimatiin."
knp gitu? krn, klau lampu ruangan dimatiin, maka kontras/intensitas cahaya yg diterima mata menjadi besar, dan itu memaksa mata melakukan effort besar utk melakukan adjustment...
dlm jangka panjang, itu akan merusak (syaraf dan kemampuan mekanisme) mata.
dlm jangka pendek, itu akan membuat mata cepat lelah
dg dasar persis spt itu, ..maka gw justru lbh sering nyalain lampu kabin pd saat nyetir jarak jauh....supaya mata (dan otak) tidak cepat lelah. (dan menjaga semoga dlm jgka panjang, mata gw tetep keren2 aja, gak cepat menurun performanya).
notes:
** dlm hal mengemudi malam, intensitas/kontras cahaya itu terutama berasal dari lampu2 mobil lain, baik headlamp maupun taillamp.
** kebetulan jg, gw beruntung punya mata yg gak terganggu konsentrasi mengemudinya kalau lampu kabin nyala.
1. supaya terjadi perbedaan yang signifikan antara kondisi luar kabin dan dalam kabin. ini membantu mata melihat objek di luar lebih baik dibanding kalo lampu kabin dinyalain.
2. ada kemungkinan dan cukup besar akan ada pantulan ditampilkan kaca depan kalo lampu dalam kabin hidup, artinya akan semakin susah melihat yang di luar di depan kita.
kalo dalam kota mungkin tidak terlalu berpengaruh, tapi luar kota sangat berpengaruh mematikan lampu kabin dimana dibutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi dari mata karena mobil bergerak dengan kecepatan tinggi (jarang mobil2 di jalanan luar kota cuman lari 20 kmh s/d 60 kmh).
exactly !maskopat wrote: sebenernya tergantung orangnya sih ...
ini sih tergantung kesukaan masing2...
cuma, kebetulan, org yg menyalakan lampu ruangan ketika nonton tv dan ketika nyetir, itu mmg minoritas.
