Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Sering kali kita mendengar kecelakaan kendaraan di lintas rel kereta api. Entah itu angkutan umum, bis, ataupun kendaraan pribadi. Sering kali salah satu faktor penyebab kecelakaan itu adalah karena ada pihak pihak yang tidak disiplin. Contoh ketika palang telah di tutup. Ada saja beberapa orang yang tidak disiplin dan dengan sengaja nya menerobos palang yang telah tertutup. Dari kendaraan yang melintas yang paling banyak tidak disiplin adalah Angkot dan motor. Tapi dari beberapa hal yang di jelaskan salah satu faktor kecelakaan tersebut adalah mati nya mesin kendaraan ketika berada di rel kereta api.
Banyak orang yang mengatakan bahwa faktor kecelakaan di rel ketika kendaraan mati adalah gugup nya pengendara ketika berada di dalam rel. Tapi ternyata pernyataan itu di sanggah oleh beberapa orang. Terutama dari “ahliâ€Â. Ternyata rel kereta menghantarkan listrik dan magnet yang membuat mesin yang berada di kendaraan terganggu dan mengakibatkan kendaraan tersebut tidak dapat di hidupkan. Banyak juga yang mengatakan bahwa salah satu faktor kendaraan berhenti ketika berada di rel kereta api adalah karena pengaruh gesekan yang akhirnnya menimbulkan efek impedansi. Efek ini akan mengganggu kinerja mesin kendaraan terutama dynamo stater yang berdasarkan medan magnet. Ketika kendaraan sudah terkena efek dari inpedansi, maka kendaraan tersebut akan sulit di hidupkan kembali. Oleh sebab itu ada beberapa tips supaya kecelakaan seperti itu tidak terjadi. Antara Lain:
Sebisa Mungkin Berhenti Ketika Kereta Api Mau Melintas
Ketika palang sudah di tutup atau sudah ada sirine bahwa Kereta Api mau melintas, usahakan jangan melintasi rel walau jarak kereta api cukup jauh. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan efek impedansi tersebut.
Jika Mobil berada dalam keadaan mendadak mati di atas rel, bunyikan klakson
Hal ini wajib di lakukan, ketika mobil atau kendaraan anda berhenti mendadak di rel kereta api. Bunyikan klakson dan coba starter terus menerus. Karena beberapa para “ahli†mengungkapkan bahwa klakson dapat memutuskan aliran listrik dan magnet yang mengakibatkan mesin kendaraan mati.
Usahakan Jangan panic
Faktor tersebut sering di derita oleh pengemudi yang mengalami kejadian tersebut. Usahakan jangan panic , coba terus dan tetap tenang.
Segera keluar jika waktu tidak sempat, dan kereta api sudah dekat
Segera keluar secepat mungkin dari kendaraan anda, Lebih baik kehilangan mobil daripada kehilangan nyawa. Mobil bisa di beli lagi sedangkan nyawa hanya satu. Jika hal ini terjadi secepat mungkin keluar dari kendaraan anda dan menjauh ke tempat aman Hal – hal seperti itu harus diperhatikan oleh pengendara. Karena banyak para pengendara yang tidak mengetahui hal tersebut. Sebisa mungkin periksakan kendaraan anda di bengkel untuk mengetahui kerusakan mesin yang akan anda derita jika dalam keadaan ketika kendaraan mati mendadak.
Hal – hal seperti itu harus diperhatikan oleh pengendara. Karena banyak para pengendara yang tidak mengetahui hal tersebut. Sebisa mungkin periksakan kendaraan anda di bengkel untuk mengetahui kerusakan mesin yang akan anda derita jika dalam keadaan ketika kendaraan mati mendadak.
ada juga sih yg bilang kalo pas lewat rel kereta usahakan rpm agak tinggi.
dulu pernah liat supir angkot (kebetulan duduk didepan) waktu lewatin rel kereta (alias nerobos pintu kereta) selalu main setengah kopling dg gas agak dibejek. kayak kalo lewatin banjir.
Tipsnya memang bagus, tapi penyebab kemacetan mendadak gara² timbulnya magnetis di atas rel itu hoax.
Kalau memang benar demikian, sudah tentu akan sangat banyak mobil macet di atas rel.
Sekedar share, dulu sy perna dengar tips jika mendadak mbl mati d tengah rell utk mbl transmisi manual, bs mencoba dgn memasukkan gigi satu lantas d stater shg mbl kondisi bergerak maju ke depan/lompat, menrt para suhu bgmn tips ini, efektif kah?
mending dicoba aja tuh tips nya Xous. Berhubung di rel biasanya jalannya jelek, bisa di coba dengan melewati polisi tidur. apa tidak khawatir roda gigi stater nya aus?
Anakku kalau disuruh pakai mobil MT kayak gitu : masukin gigi, lepas rem tangan, lepas kopling, baru distarter. Udah 6 bulan begitu, Lipinanya masih gak masalah.
Gak rekomended sih. Tapi di kondisi darurat boleh juga tuh. Pertanyaannya : apakah gelombang elektromagnetik itu kayak di Wars of the Worldsnya Tom Cruise, yang kena malah solenoid starternya.
ilhami wrote:mending dicoba aja tuh tips nya Xous. Berhubung di rel biasanya jalannya jelek, bisa di coba dengan melewati polisi tidur. apa tidak khawatir roda gigi stater nya aus?
Kayaknya opsi terbaik deh bro itu..Daripada mobil dan nyawa yg jadi korban Tapi yg jadi pertanyaan gimana kalo mobilnya matik
Xous wrote:Sekedar share, dulu sy perna dengar tips jika mendadak mbl mati d tengah rell utk mbl transmisi manual, bs mencoba dgn memasukkan gigi satu lantas d stater shg mbl kondisi bergerak maju ke depan/lompat, menrt para suhu bgmn tips ini, efektif kah?
bukan hanya di rel kereta aja, tp di saat macetpun hal ini efektif, biar ga bikin jalanan tambah macet. Cuma yg harus diingat adalah kondisi akinye..... usahakan aki selalu dlm kondisi prima.... klo akinya udah soak, gimana mau distarter ?.......
Xous wrote:Sekedar share, dulu sy perna dengar tips jika mendadak mbl mati d tengah rell utk mbl transmisi manual, bs mencoba dgn memasukkan gigi satu lantas d stater shg mbl kondisi bergerak maju ke depan/lompat, menrt para suhu bgmn tips ini, efektif kah?
bukan hanya di rel kereta aja, tp di saat macetpun hal ini efektif, biar ga bikin jalanan tambah macet. Cuma yg harus diingat adalah kondisi akinye..... usahakan aki selalu dlm kondisi prima.... klo akinya udah soak, gimana mau distarter ?.......
selalu aki yang jadi patokan ya prop.. hihihihihihi
jgn lupa, selain tips yang di atas pastikan ruang di depan mobil cukup buat nampung mobil kita, karena kan percuma mesin udah idup tapi mobil gk bisa maju gara2 gk cukup tempatnya...
Magnet ? Elektromagnet kamsudnya?
Masalah ini sudah disanggah oleh para banyak ahli , dan tidak masuk akal.
Elektromagnet hanya muncul kalau ada media berbentuk kumparan , dan listrik yang mengalir di dalamnya , sehingga membentuk gaya magnet karena listrik mengalir melingkar membentuk kutub seperti kutup utara selatan pada magnet alam.
Kalau rel yang hanya lurus begitu , mana bisa membentuk medan magnet ya??
Maaf, tapi kabel busi yg juga lurus juga katanya bisa keluarkan EMF (gelombang elektromagnet). Kalau dulu namanya kabelnya storing dan mengganggu daya tangkap radio mobil
yup bener , gelombang elektromagnetik pada kabel busi keluar karena kabel menghantarkan listrik dengan voltage sangat tinggi , sekitar 30 ribu Volt , dimana aliran tersebut di cut off dan on secara cepat , menghasilkan percikan bunga api pada celah busi.
jadi gelombang elektromagnetik tersebut muncul karena ada frekuensi dari listrik yang mengalir dalam kabel busi secara rapid. Pada kabel busi yang tingkat isolasinya rendah , frekuensi ini bocor dan mengganggu peralatan listrik di sekitarnya.
^^ hayoh, mantan momod, harap memindahkan thread ini ke business corner.
bbrp thread spt ini, jg cukup byk yg nyasar di lounge atau common topics... hayoh, pindahin !
ah, mantan momod males kerjanya niiih....