heheh liat aja di video yg di atas, di cerna baik2 nanti kelihat knp mesti di lock n open.....

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
kan uda d jelasin om gmx dgn sangat baik... hehehegmx wrote:share lebih detil dong Bill..billyd1773dz wrote:mbl bokap gw dari sma sampai gw sd hehehe.......a very nostalgic car...ak4ng wrote: ada yg pernah punya atw nyoba? share y!?![]()
Thanks Bro..mantap banget penjelasannya...diskusi makin asyik..lanjuttbillyd1773dz wrote:keypointnya dri karakternya om yang selalu ngebagi 50:50 kapan pun dan bagaimanapun...firawan6275 wrote: Om semua,
pernah donlot video penggunaan 4x4 part time di website 4xForum kebetulan contohnya Nissan Frontier, dia bilang saat hujan di jalan licin atau gravel 4x4 part time akan lebih mantap traksinya dibanding 4x4 fulltime atau malah AWD. Ada juga contohnya pake mitsu pajero kayak punya Om gmx, masalahnya 4x4 part time akan memperpendek umur transfer case dibanding 4x4 full time atau AWD. Ada beberapa mobil dlm manualnya mensyaratkan agar tidak melebihi kecepatan 80 kmh saat 4x4 part time aktif di jalan aspal. Nah, ini jadi perdebatan antara saya dan temen2 di kantor. Klo prinsip saya jika memang di aspal licin masih mungkin pake pakai 2H dgn mengontrol kecepatan sesuai kemampuan mengemudi sy nggak akan pake 4H part time kecuali jika memang terjadi gejala selip pake 2H. Klo off the road sih langsung pake 4H part time, biasanya di tambang regulasi safetynya mensyaratkan 4H part time selalu aktif.
Tolong sharingnya dong, thanks.
persis seperti yg om maskopat bilang, tc jd maksa pembagian daya ke depan dan blkng selalu sama, akibatnya traksi lebih terjamin di partitime,dibanding fulltime yang pembagian daya tergantung beban(seperti kerja gardan). atau AWD yang harus nunggu slip dulu baru sistem 4x4nya aktif.
dan benar kta om, penggunaan partitme di aspal kurang sehat bukan hanya ke TC aja tp kesumua komponen drivetrain... knp? karna sifat partime td yg memaksa selalu membagi 50:50 td.. mungkin selama di aspal lurus tidak jadi masalah malahan traksinya akan semakin mantap.. tp klw di suruh belok dmn pembagian daya tidak 50:50 nah baru deh terjadi tarik2an.. klw permukaannya licin maka bannya yg slip dan tidak ada masalah ke drivetrain efek tarik2an tidak terasa tp klw kering baru kerasa bisa ban berdecit atw suara2 gear dri drivetrain...
jd klw kta sya sih selama di pakai di jalur yg relatif lurus meskipun kecepatan cukup tinggi tidak haram pakai partitme di aspal selama tidak melakukuan belok secara tajam/patah...
umm soal maksimal 80km itu cruising speednya, atau tidak boleh masuk 4H saat lebih dari 80kmh? biasanya sih peringatannya dilarangnya saat d oper ke 4H yg ga boleh,tp klw dri awal udah masuk 4H sblm 80kmh tdk masalah.... biasanya lo yah.. hehe tp da sya jg hampir setiap hujan d tol selalu masuk 4H dan g jarang lebih dari 120kmh fine2 aja malah aman hehe....
tp klw di jalan aspal berkelok2 yang paling efektif itu AWD.... hehe meskipun membutuhkan slip dulu untuk mentrigger tapi dia bisa selalu membagi daya dgn pas meskipun saat belok patah untuk mengkoreksi arah. hehe ini baru kerasa di wj setelah "aga" kecewa dgn performa awd d tanah. namun ternyata di aspal bisa berkerja dgn sangat baik. pernah saya coba Uturn dgn sengaja sambil bejek gas (biasanya klw pke mbl lain d tmpt ini selalu iseng kepot2an hehehe). sedangkan permukaan aspal ada pasir2 tipis bekas galian jalan dan sedang hujan, masuk belokan - hentak gas - ban blkng langsng kerasa spin dan mw melintir tp hanya setengah detik, langsung d ikuti hentakan halus dri gardan depan dan langsung terkoreksi padahal gas g diangkat meskipun memang ga pol.. gagal deh mau kepot2an... hahaha di mbl ini RWD g ada ESP atw elektronik lain pure awd aja... klw dia partitme pasti malah ngebuang/gbisa belok atw udersteer klw dpaksa belok paksa.. tp klw FWD rasanya jg ga akan melintir semudah RWD yah... jd tetep aja masih penasaran klw awd d fwd nih hehehe...
cmiiw yah
thx
saya salah tulis nih, LSD adalah Limited Slip Differential, bukan Limited Differential Lock..gmx wrote: pada transfer case itulah adanya istilah parttime dan fulltime, yang melibatkan differential lock/open antara kopel belakang dan depan. di gardan juga ada differential lock antara as roda kanan dan kiri, atau yang lebih moderat yaitu Limited Differential Lock (LSD). kalo nekat sih locker2 itu bisa juga pake LMD (Las Mati Differential)
timbul pertanyaan, kenapa perlu di lock, dan kenapa perlu di open..
dari video itu walaupun yang dibahas adalah di gardan belakang, tapi prinsipnya sama di gardan depan dan di transfer case, udah jelas kan kenapa harus open, saat ban dengan permukaan jalan mempunyai traksi yang bagus, seperti di jalan aspal. jelas juga kalo di lock, yaitu kedua as roda kanan-kiri, atau kopel depan-belakang dikunci seperti dilas, menjadi bahaya bisa terjadi patah..egon wrote:![]()
trims om mw ane cerna dulu ntr nanya lg ya
![]()
menunggu pencerahan dr om gmx tntg knp di lock n knp mesti di open
udah jelas kan mas kenapa billy bilang VES kalah tangguh kaki2nya dibanding jimny..andy1800 wrote: jadi, yg ingin kita dapatkan pengetahuan dari para yg udah lbh pengalaman adalah:
mobil 4x4 yg standar
misalnya, vitara standar
trus ya spt yg billy pernah bilang itu...
"vitara escudo sidekick.....
klw di banding jimny, bukan kalah tangguh mesinya .... tapi kalah tangguh kaki-kakinya.... kalah simple ....dan kalah murah...serta kalah mudah dalam memodifikasi" (ini berarti ketersediaan aftermarket atau parts kaki copotan nya, kalau vitara lbh susah didapatkan)
nah, itu akan lbh bagus kalau sedikit dikasih alasan2 yg didapat dari pengalaman ...misalnya: "dari pengalaman kalau pas jalan bareng, vitara yg sering patah tuh axle depannya"...minsalnya gitu...
trus ditambah alasan teknis dikit.."karena ukuran as rodanya itu cuma 20 spline"...misalnya
nyangkok 4x4 di GV ngga murah lho, kalo ngga salah denger nyangkok 4x4 di XL-7 bisa abis 70jt, di GV mungkin ngga jauh beda, udah gitu dapetnya mobil kinyis2 4x4 dengan kaki2 kurang lincah, dijamin ngga akan kuat dan tega dipake blusukan .. mendingan duitnya dipake untuk beli jimny, 70jt sih dapet yang udah jadi, masih ada sisa buat traktir kita2 heheheheAbu2 wrote: btw, ikut nyelip pic dikit ya, dekan ban spt ini, trus dicangkok 4x4, spt nya dah bisa maen2 di oprot ringan kali ya...
yak yak... mulai jelas bu guru...hehehhee... verygmx wrote:udah jelas kan mas kenapa billy bilang VES kalah tangguh kaki2nya dibanding jimny..
udah dibahas ban, suspensi, axle, gardan, transfer case.. kalo udah jelas, saya akan coba masuk ke mobil2 yang saya tau dikit2.. tapi mengenai yang udah dibahas itu, udah jelas ya?
turut nebeng pertanyaan om psikedlik ini.... dg penggambaran, kita ambil saja contoh yg dlm medan nya billy itu, yg dari atas trus masuk ke ceruk ini (di nyalindung ?) (kita semua udah liat videonya kan)....psekidelik wrote:Atau juga paling enak mana antara jip/kendaraan panjang (kaya Pajero, Strada DC) dibandingkan jip pendek kaya jimny atau CJ7, beserta kelebihan dan kekurangannya..
kalo gitu, sebagai pemula yg sangt nubie, mending bangun FJ aja versi rockcrawler yg remote control kali yaaaaa, 15jt dah komplit siap tempur...gmx wrote: nyangkok 4x4 di GV ngga murah lho, kalo ngga salah denger nyangkok 4x4 di XL-7 bisa abis 70jt, di GV mungkin ngga jauh beda, udah gitu dapetnya mobil kinyis2 4x4 dengan kaki2 kurang lincah, dijamin ngga akan kuat dan tega dipake blusukan .. mendingan duitnya dipake untuk beli jimny, 70jt sih dapet yang udah jadi, masih ada sisa buat traktir kita2 hehehehe
mending unduh game aja om..... murmer,rame, mw d gulingin juga g bakal pusing hehehe.......Abu2 wrote:kalo gitu, sebagai pemula yg sangt nubie, mending bangun FJ aja versi rockcrawler yg remote control kali yaaaaa, 15jt dah komplit siap tempur...gmx wrote: nyangkok 4x4 di GV ngga murah lho, kalo ngga salah denger nyangkok 4x4 di XL-7 bisa abis 70jt, di GV mungkin ngga jauh beda, udah gitu dapetnya mobil kinyis2 4x4 dengan kaki2 kurang lincah, dijamin ngga akan kuat dan tega dipake blusukan .. mendingan duitnya dipake untuk beli jimny, 70jt sih dapet yang udah jadi, masih ada sisa buat traktir kita2 hehehehe
klw PTO OEM sih toyota dan taft juga ada om....andy1800 wrote:yak yak... mulai jelas bu guru...hehehhee... verygmx wrote:udah jelas kan mas kenapa billy bilang VES kalah tangguh kaki2nya dibanding jimny..
udah dibahas ban, suspensi, axle, gardan, transfer case.. kalo udah jelas, saya akan coba masuk ke mobil2 yang saya tau dikit2.. tapi mengenai yang udah dibahas itu, udah jelas ya?![]()
![]()
jd bikin ilfil sama VES....hahahhaa... gak diiinggg....
oks oks, mari kita lanjut....
![]()
oiya ngomong2, ....yg punya Power Take Off (PTO) tu cuma landy aja ya?...di defender msh ada kah?...
kalau mobil lain yg ada PTO nya apa ?....
pada jarang makai winch PTO tu cuma krn device nya mmg langka, atau krn dipandang enggak sip kah ? ....
pdhl, sebenarnya menurut ane, antara winch PTO dan winch elektrik tu adlh saling melengkapi....
mengingat bhw electric winch tu ada potensi utk ngaco selenoidnya (spt cerita ditto ttg bbrp "winch setan" yg diakibatkan oleh selenoid winch yg suka2 on-off sendiri...mmg siih kejadian begini statistik probabilitasnya sbenernya mmg gak besar)... maka, dlm logika gw, winch PTO tu sdikit lbh aman dibanding electric winch, maka gw berpemikiran, kalao ngewinch tu sebaiknya PTO dulu.. kalau dah gak mampu, barulah mainkan winch elektrik nya...
kyanya tetep g bisa om..... klw d lumpur gtu dimana semua roda licin + dikasih nanjak.. teman setia itu tetep momentum + suspensi yg sesuai g mesti longtravel yah agar saat ngembat guncangannya tetep nikmat stabil dan dpt traksi terus hehehe....andy1800 wrote:omong2..kalau lumpur2 macem gini ini, memungkinkan enggak sih, kita ngelewatinnya tu dg kalem2 ?....maksdunya, gak kudu maen ngembat gitu ?
kita misalkan, kalau device nya mencukupi : diff lock dan transfer case lock
.
kebetulan ada videonya nih waktu main kesana sama temen2 jimny nanti deh di cari + edit/cut + uplot dulu hehehe....andy1800 wrote:turut nebeng pertanyaan om psikedlik ini.... dg penggambaran, kita ambil saja contoh yg dlm medan nya billy itu, yg dari atas trus masuk ke ceruk ini (di nyalindung ?) (kita semua udah liat videonya kan)....psekidelik wrote:Atau juga paling enak mana antara jip/kendaraan panjang (kaya Pajero, Strada DC) dibandingkan jip pendek kaya jimny atau CJ7, beserta kelebihan dan kekurangannya..
nah, disitu, kalau kita pakenya mobil2 kecil (jangkrik, jimny410 atau sierra), gmana kira2 kemungkinan kejadiannya ?
* misalnya: "kemungkinan besar gini: waktu turun dr atas, dia akan gak bisa lurus, trus masuk ceruk hrs lbh presisi, kalau enggak maka kemungkinan besar klontang, ....krn wheelbase terlalu pendek, atau break-off angle kegedean"...atau mlh sebaliknya.... misalnya saja begitu...
.
yg blkng sih dijamin mininimal shockny uda d ganti yg longtravel tu hehehe... yg depan okelah mantap, kyanya stablizier g di lepas jg masih bisa sgtu sih yah? hehegmx wrote:pajero lepas stabilizer bisa jadi gini kali ya
abis transfercase jadi reduction gearnya d pasang 2 om?d output depan dan blkng gtu? wah kurang tw y om... hehe mungkin aja ada sih...maskopat wrote:ada satu lagi sih kalo untuk rock crawling. reduksi kopel. jadi setelah transfer case, ada satu gear yang dipasang. sebesar gear 1 di gear box. jadi total gear ratio bisa menjadi 4x dari standar. ini paling mantap digabungin dengan ban 35"++
detailnya ane kurang tahu juga. mungkin para pakar off roader bisa ngejelasin
betul om, pengemudi sangat menentukan, makanya perlu juga sekali2 main2 dengan mobil kita apa adanya, bukan untuk jadi jawara kompetisi, tapi untuk lebih mengenal kemampuan dan kekurangan mobil kita, juga sedikit mengasah driving skill, tapi ingat SAFETY FIRSTpsekidelik wrote: Mungkin bisa di sharing juga, pengalaman2 atau trik2 mengemudi seperti apa pada medan light offroad (safety drive) karena saya liat faktor pengemudi juga sangat menentukan keberhasilan melewati suatu medan.
kalo untuk melewati rintangan2 dalam offroad, lebih enak dengan jip short karena approach angle, departure angle, dan radius putar U-turn lebih baik, jalur di offroad kan sempit2, beloknya patah2, turunan dan tanjakannya kejam2..psekidelik wrote: Atau juga paling enak mana antara jip/kendaraan panjang (kaya Pajero, Strada DC) dibandingkan jip pendek kaya jimny atau CJ7, beserta kelebihan dan kekurangannya..
dulu kan infrastructure jalan kan kurang sekali, makanya jip2 dibuat siap untuk extreme.. jip2 sekarang juga banyak yang kemampuan offroadnya bagus, tapi harganya MUAAAHAAAAL..psekidelik wrote: Btw, sering saya lihat di lapangan, SUV 4WD bagus kalah dengan jip sederhana/teknologi lama.. (faktor nyali kali ya hehehe)
kalo saya antara jimny atau vitara, saya pilih vitara.. kalo mau jalan2 ke pondok saladah di papandayan dari jkt, di papandayannya sih enak pake jimny, tapi males banget ngebayangin dari jkt ke sana lewat tol cipularang pake jimny dengan perabotan lenong hahahaha... banyak orang yang mau ngajalanin, tapi count me out ya.. kalo mau itu jimny dinaikin ke trailer, tarik pake pajero sampe sana, pajeronya titipin, trus naik ke pondok saladah pake jimny..andy1800 wrote:jd bikin ilfil sama VES....hahahhaa... gak diiinggg....gmx wrote:udah jelas kan mas kenapa billy bilang VES kalah tangguh kaki2nya dibanding jimny..
gmx wrote:udah jelas kan mas kenapa billy bilang VES kalah tangguh kaki2nya dibanding jimny..andy1800 wrote: jadi, yg ingin kita dapatkan pengetahuan dari para yg udah lbh pengalaman adalah:
mobil 4x4 yg standar
misalnya, vitara standar
trus ya spt yg billy pernah bilang itu...
"vitara escudo sidekick.....
klw di banding jimny, bukan kalah tangguh mesinya .... tapi kalah tangguh kaki-kakinya.... kalah simple ....dan kalah murah...serta kalah mudah dalam memodifikasi" (ini berarti ketersediaan aftermarket atau parts kaki copotan nya, kalau vitara lbh susah didapatkan)
nah, itu akan lbh bagus kalau sedikit dikasih alasan2 yg didapat dari pengalaman ...misalnya: "dari pengalaman kalau pas jalan bareng, vitara yg sering patah tuh axle depannya"...minsalnya gitu...
trus ditambah alasan teknis dikit.."karena ukuran as rodanya itu cuma 20 spline"...misalnya
udah dibahas ban, suspensi, axle, gardan, transfer case.. kalo udah jelas, saya akan coba masuk ke mobil2 yang saya tau dikit2.. tapi mengenai yang udah dibahas itu, udah jelas ya?
hehe sya bilang kalah bukan bearti kalah tuh kalah jauh atw jd jelek yah........plz jgn salah arti hehehe.... nanti ada yg ngamuk lagi hehe... no offese...yak yak... mulai jelas bu guru...hehehhee... very![]()
![]()
jd bikin ilfil sama VES....hahahhaa... gak diiinggg....
oks oks, mari kita lanjut....
![]()
experiencenya beda om, kalo pake mobil beneran bisa jalan2 refreshing, bukan sekedar play the toy, bisa menikmati pemandangan, udara segar hehehehe..Abu2 wrote: kalo gitu, sebagai pemula yg sangt nubie, mending bangun FJ aja versi rockcrawler yg remote control kali yaaaaa, 15jt dah komplit siap tempur...
kalo yang dimaksud itu adalah istilahnya ceruk V, medannya turunan extreme, kemudian tanjakan extreme, sehingga ngga bisa ambil ancang2 untuk momentum nanjak, itu salah satu rintangan yang disukai para offroader karena tantangannya..andy1800 wrote:turut nebeng pertanyaan om psikedlik ini.... dg penggambaran, kita ambil saja contoh yg dlm medan nya billy itu, yg dari atas trus masuk ke ceruk ini (di nyalindung ?) (kita semua udah liat videonya kan)....
nah, disitu, kalau kita pakenya mobil2 kecil (jangkrik, jimny410 atau sierra), gmana kira2 kemungkinan kejadiannya ?
* misalnya: "kemungkinan besar gini: waktu turun dr atas, dia akan gak bisa lurus, trus masuk ceruk hrs lbh presisi, kalau enggak maka kemungkinan besar klontang, ....krn wheelbase terlalu pendek, atau break-off angle kegedean"...atau mlh sebaliknya.... misalnya saja begitu...
.
bener kata Billy, PTO ada juga buat toyota dan taft.. atau mau ngoprek winch electric Ramsey RE-series bisa dijadiin PTO karena arah motornya mengarah ke belakang, bukan ke sampingandy1800 wrote: oiya ngomong2, ....yg punya Power Take Off (PTO) tu cuma landy aja ya?...di defender msh ada kah?...
kalau mobil lain yg ada PTO nya apa ?....
pada jarang makai winch PTO tu cuma krn device nya mmg langka, atau krn dipandang enggak sip kah ? ....
pdhl, sebenarnya menurut ane, antara winch PTO dan winch elektrik tu adlh saling melengkapi....
mengingat bhw electric winch tu ada potensi utk ngaco selenoidnya (spt cerita ditto ttg bbrp "winch setan" yg diakibatkan oleh selenoid winch yg suka2 on-off sendiri...mmg siih kejadian begini statistik probabilitasnya sbenernya mmg gak besar)... maka, dlm logika gw, winch PTO tu sdikit lbh aman dibanding electric winch, maka gw berpemikiran, kalao ngewinch tu sebaiknya PTO dulu.. kalau dah gak mampu, barulah mainkan winch elektrik nya...
Lucu nih... PTO vs ELectric
Sebenarnya kasusnya yg kemarin (kejeblos) hanya bisa ditolong pake winch, susah dan akan ngerusak mobil kalo dibetot pake strap... Ya kalo ga as roda yg narik patah, atau chassis ketarik/copot... Dah sering kasus kayak gini... Jd next time langsung pake winch deh...
Nah back to laptorp.... PTO vs Electric...
Masing2 punya kelebihan dan kekurangan..
Gw mau sharing sedikit, biar makin anget he he.... (Di sukabumi tiris pisan... Hii hujan terus...) Tp ini pendapat pribadi ya... Jd lebih subjective... He he he....
PTO, lebih karena originalitas... Inipun mungkin pada waktu ini winch electric belon ada... Coba waktu itu udah ada, mungkin 8274 bisa jadi collector item.... Wakakaka....
Masalah tenaga, PTO sing ada lawan, tapi loyo begitu mesin mati... Nah ini agak riskan untuk mobil bensin, yg lebih gampang mati krn masuk air atau posisi mobil miring, beda sama injection dan diesel... Walaupun landy terkenal waterproof, tp kalo kejeblos kaya kmrn, dijamin mati...
Tp kalo masalah kepraktisan makenya, PTO ribet dan bolot... Makanya diciptakan PTO setan..
Safety??? PTO gw lupa ada remnya ga? Seinget gw ga ada... Nah ini ngeri.... Suer... Pernah ngerasain winch ngulur sendiri ditanjakan... Makanya salah satu syarat scrut winch harus bisa ngerem.. Nah skrg PTO setan pun udah dilengkapi rem...
Ohh iya PTO maitenance free... ga ribet sama selenoid dll..
Nah electric lawannya dari yg diatas..
Kelebihannya cuman praktis makenya.. Tp suka rewel dgn selenoid... Terutama yg Warn.. Gw sendiri, udah ganti punya Tmax, yg cmn pake 2 biji compare to warn yg 4 plus harganya mahal... Djoko jangkrik malah pake selenoid tmax seperti warn 4 buah, 2 untuk tarik dan 2 untuk ulur... Nah skrg ada yg versi albright satu untuk semua (cmn harganya 1,6 jt) he he he.....
Speed?? Variatif, dr yg std sampai super kenceng (bahkan ada yg bisa nyamain winch setan....) tergantung kekuatan motor, ratio gear (4,5 HP, 6 HP sampe double motor)
Sesuai namanya, bergantung dgn supply listrik... Aki suka tekor, kalo supply listrik dr altenator kurang, antisipasi ganti dgn alternator yg lebih besar amperenya...
Kalo mesin mati, masih bisa narik, walaupun cmn sebatas kemampuan aki.. Ya paling 2 menit juga tekor apalagi narik landy LWB dan nancep dilumpur.... He he he....
Tp bisa diakalin dengan dual battery.. Kayaknya pemakain dua aki sudah mulai lazim skrg... Bahkan di jangkrik fiddoh dan djoko yg beratnya ga sampai 1 ton, pake 2 aki kapasitas 100 A... Ini manteb, pernah merasakan ngewinch dari mobil terbalik (ga mungkin nyala lah ya... Lah wong jemur gardan, he he he... Kalo nyala pun dimatiin, takut ngebleduk) sampai berdiri lagi trus ampir finish sampe kabel dikepala aki meleleh saking panasnya disiksa...
Kalo berat, sepertinya lebih enteng electric, kecuali 8274 yg lebih berat...
Nah terakhir harga... Siapa bilang PTO murah? Menurut gw sih ampir sama bahkan kadang lebih mahal.. Di sukabumi ditawarin bikin winch setan 10 jt!
tp apapun typenya winch adalah wajib dibanding beli simex atau swamper for the sake of safety dan punya winch ga akan rugi, itung2 investasi.... Ya kalo dijual turun pun ga akan ngedrop jauh.. Ya itung2 biaya make/sewa... He he he....
Btw camel tropy pake electric atau PTO ya?
Sekali lagi ini subective ya, jd sorry sorry jek... Kalo ada yg ga setuju.... He he he...