^^katana long (kalong) sih bisa banget, lagi naik daun nih, harganya melambung
Mas Andy mau everest seperti di fotonya Billy? wah itu sih udah bukan pemula lagi om, bahkan Camel Trophy pun gagal di route tersebut, tapi berhasil dilewati oleh Team Borneo Equator Expedition tahun lalu, tracknya kambing pun ngga bisa lewat. ini cuplikan dari majalah Land Rover, lengkapnya bisa diliat di
http://www.mobiljip.com/viewtopic.php?f=33&t=439
kalo mau adventure ofroad dg jalan tanah yg becek2 doang, licin2 dikit, sampai lumpur2 dikit, masih bisa pakai mobil yang bisa juga dipakai jadi mall cruiser. pilih mobil yang masih bisa dipakai nyaman bisa yang FISS seperti Pajero Gen 3, IFS seperti Pajero Gen 2, Vitara, PS, Fortuner, Everest, Taft F73 dan F78, dll atau twin axle yang masih nyaman seperti cherokee, Nissan Patrol GQ (KTT), Land Cruiser 80, range rover discovery dll. FYI, sekarang ini majalah jip sedang ada acara fun offroad ke teluk kiluan lampung, bener2 untuk fun dengan sedikit tantangan karena salah satu pesertanya bawa bayinya yang baru 7,5 bulan, yang jalan mobil2 bagus, salah satunya Jeep JK-nya om GSA. ada satu peserta yang "salah costum" bawa taft kebo standard (standard kompetisi maksudnya), dijamin jadi perjalanan yang menyiksa..
Ini saya rangkum dari obrolan2 kita selama ini ya, bahwa yang perlu diperhatikan adalah dari bagian yang bersentuhan dengan tanah sampai dengan power factorynya
pertama adalah Ban, disesuaikan dengan trek dan mobil. dengan trek maksudnya kalo dipakenya becek2 dikit masih bisa pake ban AT, tambah becek lagi pake ban MT misal dueler MT, Maxxis Bighorn, Savero, wrangler. untuk kompetisi, atau adventure berat seperti Borneo Expedtion itu pakai Simex Extreme Trekker, Extra Grip, Super swamper, Jeep Service, tapi dijamin jadi berisik dan cepat habis kalo dipake di aspal.
Besarnya ban berpengaruh mempertinggi ground clearance, dihitung dari titik terendah mobil yang biasanya adalah bonggolan gardan, yang tiap jenis gardan beda2 besarnya. misal gardan FJ yang besar dengan ban ukuran 35 akan sama ground clearancenya dengan Taft dengan Ban 32. Makin besar ban juga resiko tinggi kendaraan bertambah dan mempertinggi resiko mobil terbalik (klontang kalo katanya offroader) bila berjalan di trek yang miring, dan juga mempersulit mblusukan karena bakal sering nyangkut ke batang2 pohon. ngga usah aneh dengan kata2 mobil terbalik, udah biasa dalam offroad, makanya peralatan recovery hukumnya wajib
Makin besar ban juga akan menambah beban bagi perangkat kaki2, drivetrain dan mesin. dengan mesin kecil bisa aja pakai final gear yang rendah, tapi kompensasinya top speed akan berkurang, lari 60 di jalan aspal udah top speed, seperti rata2 land rover series larinya cuma 65kmph max. dan tentu FC akan semakin boros. ban yang besar juga perlu modifikasi di kaki2 dan suspensi supaya ngga mentok, bahkan sering sampai harus coak fender.
segini dulu, silakan ditambahkan atau dikoreksi bila saya ada yang salah
ini maksudnya kita bahas dulu dikit2, nanti pada akhirnya sampai ke pemilihan mobilnya, biar rame pembahasannya dan panjang, trit tetap hidup dan bermanfaat bagi rekan2