Abu2 wrote:calz wrote:pingin share aja ama kawan2 sekalian. yg telah mengganti velgnya ke 20" atau over gitu, pada merasa gak bantingan nya jadi super keras yah?? padahal ban nya gua masi pake yg 50 lohh..shock dan per masi standard pabrikan.. rasanya udah kek ada batu gitu.. haikz...alhasil skrg kalo ketemu jalanan jelek, jalan nya super pelan supaya bantingan gak gila2an, kalo gak mah menyeramkan bener bantingannya

.. apa bro2 sekalian kek gitu juga? ato cuman PS gua yg kek gitu yah ?? huuff...

ukuran ban pajero 2WD exceed
std = 265 / 65 = 172.25 mm
mod= 275 / 50 = 137.50 mm
berkurang nya ketebalan ban, pasti banyak mengurangi keempukan dibanding standar.
karena tidak ada parameter ukuran untuk mengukur keempukan, jadinya harus mengandalkan perasaaan, sugesti.
Yang pasti menurut ane , berkurangnya ketebalan Ban, pasti mengurangi keempukan.
Turboman wrote:calz wrote:lebarnya 275 om.. merk nya si falken ziex .. wah kalo tekanan lom sempet cek sih,tapi yg pasti diisiin ama tukang bengkelnya pake nitro... selaen tekanan angin,apa lagi yah faktor2 yg mempengaruhi bantingan nya gitu ??

keknya kalo shock + per nya pasti masi ok2 aja kan.. wong baru jalan 1200km an...

Coba di cek tekanan anginnya, setahu ane falken Ziex termasuk ban yg komponnya empuk.
Eniwei shock arbsorber juga ada masa break in, coba nanti selepas 3000 Km mestinya bantingannya akan lebih elastis.
Kalo saya pernah coba PS teman yg pake shock & per dari RAW Nitro.......bantingannya enak, firm tapi smooth.
kondisi skrg dan sebelum diganti ban, per/shock nya masih sama....berartti per/shocknya msh sama2 msh belum lewat masa break-in, kalau ada.
jadi seharusnya, sebelum velg/ban nya diganti, harusnya mmg juga berasa super keras ya....begitu kah bung calz ?
kalau sebelum diganti ban tsb dirasakan bantingannya cukup empuk, berarti dlm hal ini, masalah super kerasnya tidak terlalu relevan dg masa break-in. ...lbh relevannya mmg dg penggantian velg dan ban tsb.
+++++++
ketebalan dinding ban skrg, spt dihitung sm wan abu itu, adlh 13.75 cm....cukup mepet juga siih.. itu pun kalau dipasangkan pada velg dg lebar yg direkomendasikan.
jd, yg jg sering dilupakan, adalh faktor lebar velg... bukan cm lebar ban.
lebar ban sama-sama 275, kalau dipasangkan di velg yg lebarnya 7.5 JJ ...dg dipasangkan di velg dg lebar 10.5 JJ...akan membuat ketinggian profil, karakter kelenturan profilnya, dan juga karakter menapaknya ...semestinya menjadi berbeda pula kan.. ....
dlm hal ini, velgnya melebar brp stop itu om calz ?
jd, kalau velgnya (terlalu) lebar, profil dinding juga merendah (dari perhitungan seharusnya), ...merendahnya si profil mgkin gak seberapa, tp karakter melenturnya dinding itu jadi berkurang signifikan.
kelebaran menapak, pd bebrp mobil tertentu menjadikannya jg cukup signifikan utk faktor kenyamanan..... krn makin banyak permukaan jalan yg terlintasi, makin byk pula peluang kekeritingan terlindasi....
misalnya, sewaktu pakai ban standar ada lobang atau benjolan kecil di jalan yg nggak terlindas... .tp lalu melebar tapaknya, -misalnya saja- nambahnya 5 cm, maka, itu lobang atau benjolan kecil yg tadinya berada di luar lintasan injak, skrg jadi terlindas deh....
klau mau lbh yakin lagi knp masalahnya super keras, silakan coba saja ganti lagi dg velg/ban standarnya...msh disimpan kan?
lalu ditest drive pd jalan yg sama, dan dinotice dg sungguh2: seberapa signifikan perbedaan kerasnya bantingannya itu.