Pengalaman Servis di Bengkel Resmi Toyota

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
balishroomz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Tue Aug 31, 2010 14:24
Location: KUTA BALI

Pengalaman Servis di Bengkel Resmi Toyota

Post by balishroomz »

sebelumnya mohon maaf kalau ternyata judul sudah pernah di pakai
saya sekedar ingin berbagi pengalaman saja

sejauh ini, saya cukup puas dengan kelengkapan fasilitas ruang tunggu. terlebih lagi dengan snack2 dan minuman bervariasi yg ditawarkan, dan GRATISSSS :D :D

mengenai teknisi, sampai hari ini, sy cuma ke bengkel resmi kalau servis per 10rb kilometer (demi menjaga garansi mesin dan nilai jual nantinya)
so far ke bengkel resmi yg sy alami lebih condong ke spending money daripada value for money.
karena ada beberapa masalah dari mobil saya yg sampai hari ini belum 100% terselesaikan.
kalaupun ditanggulangi, sifatnya hanya sementara (yang nantinya keluhan akan keluar lagi)

akan tetapi ada 1 hal yg betul2 menyesakkan buat saya

kejadiannya sekitar 2 bulan yg lalu ketika mobil sy bawa keluar kota. ketika sampai di kota tujuan. sy bermaksud untuk klaim garansi 1 minggu servis (karena keluhan saya masih belum selesai)

mungkin memang sudah diberi pertanda. jarak 5 meter persis di depan pintu gerbang auto 2000, mobil saya ditabrak motor. yang akhirnya menyebabkan radiator saya pecah
akhirnya jadilah mobil sy diinap disana
- servisnya memuaskan, garda oto pun jg sangat membantu. intinya sy tidak dipersulit sama sekali, bahkan diberikan kemudahan2 untuk mengklaim asuransi saya

akhirnya mobil saya terpaksa diinap disana 4 hari (menunggu sparepart seperangkat radiator baru, dan bumper depan baru)
ketika tiba saatnya saya mengambil mobil saya (disinilah bagian terpentingnya)

sy menyadari bahwa dompet STNK saya yg berwarna krem, DITULIS IDENTITAS PLAT MOBIL SAYA DENGAN MENGGUNAKAN PULPEN DENGAN UKURAN PANJANG X LEBAR x TINGGI, MEMENUHI PUNGGUNG DOMPET STNK MOBIL SAYA
saya sangat terkejut, marah, campur aduk rasanya
kebetulan dompet STNK sy beli dengan harga yg cukup lumayan

sy masih menahan amarah, dan sy bilang ke service advisor dan teknisi body yg menangani saya bahwa SAYA MAU BERTEMU DENGAN KEPALA BENGKEL

tapi apa yg terjadi?
kebetulan ruang kepala bengkel berbentuk sekat kaca dan bisa dilihat oleh konsumen2 bengkel
saya berdiri tepat berhadapan dengan ruang kepala bengkel.
saya harus menunggu 30 menit cuma melihat dia asik2 bercengkrama, tersenyum2 dan tertawa2 di telpon, pikir saya, ga mungkin ini telpon ke klien sampai selama ini. mana jarak bibir sama telpon sampai nempel bos, ngomongnya pelan2 ky bisik2.
dan ketika dia selesai menelpon, dia tidak mau menemui saya, dan mengatakan bahwa masalah ini akan diselesaikan oleh bawahannya

apa2an ini??!!@#$
lalu sy bilang sm service advisor dan teknisi bodynya
oke kalau atasan anda tidak mau menemui saya, saya akan lsg bypass ke Jakarta, langsung ke Toyota untuk masalah pengaduan ini

ketika sy sedang dlm perjalanan pulang, kepala bengkel menelpon saya. dia mengaku bahwa dia salah mengerti. dia pikir saya cuma mau menanyakan bagaimana cara penyelesaian dompet mobil saya.
loh bukan itu yg sy mau. saya mau penjelasan!!
siapa yg coret dompet saya? apa bawahan anda tidak pernah ditraining untuk tidak melakukan hal sebodoh itu??
sy sangat emosi ketika berbicara dengan dia. kebetulan kawan baik saya kenal baik dengan kepala cabangnya, makanya sy sebut nama bos dia (mungkin jd ngeri jg dia)

*ya gimana engga? udah disuruh nunggu 30 menit, dicuekin, trus ga mau ditemuin.

akhirnya dia berjanji akan segera mengabari saya siapa pelakunya

2-3 hari kemudian dia mengabari saya, dengan kabar bahwa pelakunya adalah satpam bengkel
dan dia menawarkan kepada saya penggantian (yg akan dibebankan ke pelaku), juga payung >> ini yg lucu. payung? buset deh

karena sy merasa cukup lucu dengan tawaran payung dan seolah2 menyepelekan harga dompet stnk saya dengan sebuah payung.
akhirnya sy anggap case closed

fyi:
sy sangat tersinggung dengan tawaran payungnya.
mengenai tawaran penggantian yg dibebankan kepada pelaku, jujur aja sy ga tega. mau dipotong brp gajinya?
bagaimana dengan kehidupan si satpam tersebut nantinya?? bagaimana kalau dia jg ada kebutuhan? keperluan2 anak, istri dll
akhirnya ujung2nya...

saya cuma bisa bilang ke kepala bengkel..
ya sudahlah pak, tolong dipastikan saja lain kali hal ini tidak terjadi ke konsumen lain. masih untung bapak ketemu saya sebagai konsumen. kalau bapak ketemu sm yg temperamental. sy ga tau deh bapak jadi apa di hari itu dengan perlakuan bapak yg seperti itu ke saya
(temen sy yg mau bantuin ke kepala cabang sampe dongkol sm saya, sy dibego2in karena terlalu lemah)

habis mau gimana? sy ga tega juga sama satpamnya. ya anggep aja emg keberuntungan lagi ga berpihak sm saya. dan biar ini jadi pelajaran berharga untuk saya juga auto2000 untuk selalu menyematkan stiker atau gantungan yg bisa ditulisi nomor plat mobil di kuncinya

semoga pengalaman saya ini bisa membantu teman2 untuk kedepannya lebih berhati2 sekalipun berurusan dengan bengkel2 bonafit / bengkel resmi



salam anak pantai
Balishroomz
Magic Mushroom Asli Bali 100%
sms only: 08970223677
PIN: 276FA719
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Pengalaman Servis di Bengkel Resmi Toyota

Post by poeticmind »

nah... pengalaman ini juga pernah saya alami dulu... tapi di nissan, bukan toyota. dompet kulit asli saya ditempel dengan lakban dan ditulis dengan spidol... no.plat mobil saya.

so... saya pikir tadinya gapapalah... sesampai dirumah, saya coba buat melepas lakban tersebut..
ah... sukses! ga bisa, lem nya rekat sekali... lakban nya copot, lemnya tidak... akhirnya dibersihkan dari mulai sabun, alkohol sampai thinner... hasilnya lumayan, kulitnya berubah warna. :big_peace:
Image
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Pengalaman Servis di Bengkel Resmi Toyota

Post by andy1800 »

balishroomz wrote:sy menyadari bahwa dompet STNK saya yg berwarna krem, DITULIS IDENTITAS PLAT MOBIL SAYA DENGAN MENGGUNAKAN PULPEN DENGAN UKURAN PANJANG X LEBAR x TINGGI, MEMENUHI PUNGGUNG DOMPET STNK MOBIL SAYA

saya harus menunggu 30 menit cuma melihat dia asik2 bercengkrama, tersenyum2 dan tertawa2 di telpon, ...
....dan ketika dia selesai menelpon, dia tidak mau menemui saya, dan mengatakan bahwa masalah ini akan diselesaikan oleh bawahannya
masa' sih beneran ada yg dicoret2 gitu?
di auto2000 dan nissan dimana itu? di kota mana?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Pengalaman Servis di Bengkel Resmi Toyota

Post by poeticmind »

kalo gue sih di bdg, dy... memang semua pasti ditempel lakban dulu, semenjak banyak komplen.. diganti pake masking tape. masalah selesai...
bukan di dompetnya... tapi di atas lakban nya kalo gue sih...

makanya, dompet gue diganti sama dompet NISSAN kulit asli... hehehehe! lumayan lah, daripada pake dompet abal2. :)

nah beda sama suzuki... kalo masih suka ke Beres waktu itu mereka selalu pak tag disatuin di ring kunci mobil. ini yg bener...
Image
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Pengalaman Servis di Bengkel Resmi Toyota

Post by andy1800 »

poeticmind wrote:kalo gue sih di bdg, dy... .
loh, elu sekarang tinggal di bandung ya, potik?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Pengalaman Servis di Bengkel Resmi Toyota

Post by poeticmind »

andy1800 wrote:
poeticmind wrote:kalo gue sih di bdg, dy... .
loh, elu sekarang tinggal di bandung ya, potik?
iya... kapan dong elo ke bdg? udah lama banget... ada kali ya 2taun ga maen2 kesini?
Image
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Pengalaman Servis di Bengkel Resmi Toyota

Post by aldy »

Wah hati2 nih bro "TM" bisa masuk ke thread ini..he2 :big_peace:
Lagian ga perlu tarik "urat leher" tinggal cuap2 aja di koran paling juga besoknya langsung diganti malah mgkin dapet voucher servis gratis ..heheheh :big_weee:
Tapi kok konyol sekali ya kejadiannya ada2 aja.. :e-snooty: :e-snooty:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
balishroomz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Tue Aug 31, 2010 14:24
Location: KUTA BALI

Re: Pengalaman Servis di Bengkel Resmi Toyota

Post by balishroomz »

sy masih kasian sm pelakunya oom. kalau dikeluarin gimana. hari gini cari kerjaan susah.

@poetic
betul oom, minimal pake kertas disemat di ring gantungannya lah.
sama, saya punya dompet jg dibersihin pake thinner, pake compound di itu bengkel, yg ada malah kremnya berubah warna.

serasa mau :big_slap: tu kepala bengkel waktu dia ga mau nemuin sy
"maaf pak, kata kepala bengkel, penggantiannya diurus sm kami, anak buahnya aja"
Balishroomz
Magic Mushroom Asli Bali 100%
sms only: 08970223677
PIN: 276FA719
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Pengalaman Servis di Bengkel Resmi Toyota

Post by poeticmind »

sebenernya kan bukan harga dompetnya ya? lebih ke tanggung jawab dan rasanya kalo mereka memberikan respon permintaan maaf tidak akan begini jadinya.
kita sebagai customer juga bisa memahami, namanya kesalahan manusia ignorance thd barang orang lain.

yg gawat itu... mengambil barang yg bukan miliknya didalam mobil. misal kacamata hitam, uang parkir... atau malah jaket dan tas kecil. kadang2 mereka menyalahkan kita karena menaruh barang berharga di mobil... lha... lantas dimana kenyamanan konsumen kalo kita tidak percaya sama keamanan BeRes? hehehe
Image
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Pengalaman Servis di Bengkel Resmi Toyota

Post by nescafe »

kalau saya pengalaman servis di beres honda, diberi tempelan seperti label nama gitu, lalu di tulis no platnya..
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Pengalaman Servis di Bengkel Resmi Toyota

Post by poeticmind »

iya label nama itu kadang di bengkel lain bukan dengan label... tapi selotip lakban atau selotip kertas (relatif lebih aman dibanding selotip lakban). alesan nya sih bisa ga mudah lepas... haha!
Image
Debiyarto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Nov 09, 2009 4:27
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2015

Re: Pengalaman Servis di Bengkel Resmi Toyota

Post by Debiyarto »

Kalo gua di Auto 2000 Karawang biasanya ada tag khususnya tuh...
Terbuat dari karton dan Tercetak tulisan AUTO 2000 lalu di gantung di kunci kita.
Jadi Alhamdulillah Gua Gak punya pengalaman kayak gitu.

Di Honda Arista juga sama, malah mereka gak nempelin apa2, jadinya si SA malah sibuk cari kunci gua ketika selesai service...xixixixixixi....
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Pengalaman Servis di Bengkel Resmi Toyota

Post by nescafe »

Debiyarto wrote:Kalo gua di Auto 2000 Karawang biasanya ada tag khususnya tuh...
Terbuat dari karton dan Tercetak tulisan AUTO 2000 lalu di gantung di kunci kita.
Jadi Alhamdulillah Gua Gak punya pengalaman kayak gitu.

Di Honda Arista juga sama, malah mereka gak nempelin apa2, jadinya si SA malah sibuk cari kunci gua ketika selesai service...xixixixixixi....
kalau ga SA, kadang2 kasirnya yang sibuk nyari kuncinya oom... :mrgreen:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
Debiyarto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Nov 09, 2009 4:27
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2015

Re: Pengalaman Servis di Bengkel Resmi Toyota

Post by Debiyarto »

:upss:
nescafe wrote:
Debiyarto wrote:Kalo gua di Auto 2000 Karawang biasanya ada tag khususnya tuh...
Terbuat dari karton dan Tercetak tulisan AUTO 2000 lalu di gantung di kunci kita.
Jadi Alhamdulillah Gua Gak punya pengalaman kayak gitu.

Di Honda Arista juga sama, malah mereka gak nempelin apa2, jadinya si SA malah sibuk cari kunci gua ketika selesai service...xixixixixixi....
kalau ga SA, kadang2 kasirnya yang sibuk nyari kuncinya oom... :mrgreen:
Kayaknya punya pengalaman yang sama neh..... :upss:
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Pengalaman Servis di Bengkel Resmi Toyota

Post by poeticmind »

di suzuki pun sama, ada tagnya... kadang2 mereka juga punya gantungan khusus kalo kendaraan diinapkan dengan label slot lepas pasang di gantungan kuncinya.

kalo di garasi saya... wakakakakaka! mana kunci....... mana kunci.....!!!!?????? :big_weee:
Image
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Pengalaman Servis di Bengkel Resmi Toyota

Post by nescafe »

Debiyarto wrote::upss:
nescafe wrote:
Debiyarto wrote:Kalo gua di Auto 2000 Karawang biasanya ada tag khususnya tuh...
Terbuat dari karton dan Tercetak tulisan AUTO 2000 lalu di gantung di kunci kita.
Jadi Alhamdulillah Gua Gak punya pengalaman kayak gitu.

Di Honda Arista juga sama, malah mereka gak nempelin apa2, jadinya si SA malah sibuk cari kunci gua ketika selesai service...xixixixixixi....
kalau ga SA, kadang2 kasirnya yang sibuk nyari kuncinya oom... :mrgreen:
Kayaknya punya pengalaman yang sama neh..... :upss:
malah ujung2nya, saya yg bantuin kasirnya buat nyari kunci saya sendiri... :mrgreen: :mrgreen:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pengalaman Servis di Bengkel Resmi Toyota

Post by maskopat »

emang kenapa kunci harus dikasih ke kasir?? :e-think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Pengalaman Servis di Bengkel Resmi Toyota

Post by nescafe »

maskopat wrote:emang kenapa kunci harus dikasih ke kasir?? :e-think:
karena.. setelah pembayaran... kalau di tempat saya servis, kunci mobil, pas keluar dan tanda terima pembayaran lsg diserahkan.

kunci tidak diserahkan ke kasir.. tapi ke SA pada saat konfirmasi untuk melakukan servis berkala
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
buatandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2541
Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11

Re: Pengalaman Servis di Bengkel Resmi Toyota

Post by buatandi »

kasir ny pasti bening tuh kalo si kopi sampe ikut"an mah :upss:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pengalaman Servis di Bengkel Resmi Toyota

Post by maskopat »

buatandi wrote:kasir ny pasti bening tuh kalo si kopi sampe ikut"an mah :upss:
maksudnya kasirnya terbuat dari kaca gitu? :e-think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Pengalaman Servis di Bengkel Resmi Toyota

Post by jalu »

maskopat wrote:
buatandi wrote:kasir ny pasti bening tuh kalo si kopi sampe ikut"an mah :upss:
maksudnya kasirnya terbuat dari kaca gitu? :e-think:
kasirnya udah dipoles sm mas kopi...jadi bening.......... :upss: :ngacir: :ngacir:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Pengalaman Servis di Bengkel Resmi Toyota

Post by nescafe »

jalu wrote:
maskopat wrote:
buatandi wrote:kasir ny pasti bening tuh kalo si kopi sampe ikut"an mah :upss:
maksudnya kasirnya terbuat dari kaca gitu? :e-think:
kasirnya udah dipoles sm mas kopi...jadi bening.......... :upss: :ngacir: :ngacir:
ya ampunnn... :e-doh:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pengalaman Servis di Bengkel Resmi Toyota

Post by maskopat »

kalo habis dipoles bukannya jadi kinclong? :e-think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
buatandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2541
Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11

Re: Pengalaman Servis di Bengkel Resmi Toyota

Post by buatandi »

kalo mobil kinclong om,,tapi kalo .... jd bening wakakakaka :big_weee:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27648
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pengalaman Servis di Bengkel Resmi Toyota

Post by DOHC »

dulu serpis honda malah perna di remote nya ane di tulis pake spidol... dudul ahh... remot warna item ditulis pake spidol item... mo dibaca jg susah bener....

kalo serpis di yoyota, dipakein kartu trus di iket di kunci... bagus jg...

kalo nissan, SA nya uda hapal sendiri konci2 customer nya... :upss: :upss: :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: