billyd1773dz wrote:^^
hehe soalnya orang yg mikir mw ngelumpur g bakal beli ctv hahaha.......
zweifellos wrote:masih ragu saya ama kemampuan AWD+feature pendukung lainnya dari captiva buat maen di offroad ringan. kayanya itu semua lebih buat jalan2 licin model salju misalnya. kalo jalan becek bolehlah. CMIIW
hehe itulah yang saya bilang dan berusaha jelaskan sebelumnya di sini.
billyd1773dz wrote:4x2 yg ada lsd stw gw cuma ford ranger 2.5tdci om..... klw di luar mungkin ada terutama d negara dgn 4musim...
sangat ringan? gmn maksudnya om?becek? kubangan? ummm... tetep AWD jauh lebih baik di banding 4x2 pke locker sekalipun... apalgi klw dikasih nanjak licin....(note bawanya gentle yah... bukan tukang embat inget mobil 400jt klw asal embat sih pke sedan juga bisa di paksa haha)
sangat ringan bukan kubangan om, tapi lumpur biasa yang ga sampe bikin ban tenggelam cukup dalam. mobil biasa 4x2 bisa lewat asal sopirnya rada pengalaman di jalan lumpur. jadi ga bener2 butuh bgt penggerak 4 roda buat ngelewatin itu jalan. (sopir di sini bukan supir yang jago kaya di daerah pengalaman ya, kalo mereka lumpur medium pun mereka bisa lewat dengan mobil 4x2 hehe).
billyd1773dz wrote:well seengaknya gw coba d WJ yg AWDnya mirip ctv minus ESP dan kontrol traksi tp ada LSD d blkg.... cuma memang siap2 aja ada jeda saat engage axle dpannya... tp mending bisa enggage, klw 4x2 sih ya tinggal nunggu tarik atw nekat di embat gas pol...
nah itu yang saya blom liat di youtube, ada AWD yang dicoba bawa lumpur ringan (bukan sangat ringan ya). adanya cuman lumpur sangat ringan alias jalan lumpur becek. yang model kaya gini 4x2 dengan LSD juga bisa lewat. makanya perbandingan saya tadi karena memang blom pernah liat AWD maen lumpur agak beratan dikit (bukan offroad berat loh, offroad ringan aja, agak beratan dari jalan lumpur becek).
kalo dibuat tiga kategori (bukan buat pehobi tapi ya, buat orang awam) kaya lumpur berat, sedang dan ringan, yang saya maksud sangat ringan masuk kategori ringan kalo baginya jadi 3 kategori. ringan artinya jalan becek berlumpur, tapi lumpur paling membenamkan ban cuman sampe sekitar 5 cm -10 cm. kalo sedang itu lumpur bisa bikin ban tenggelam sekitar setengah roda. kalo berat bikin lumpur membenamkan ban lebih dari setengah roda. tapi ini kita ngomongnya lumpur yang licin ya (model kebanyakan lumpur di kita), bukan lumpur yang ga licin (kayanya kalo di youtube, lumpur2nya banyak yang ga licin, warnanya coklat gitu kaya warna tanah alias tanah becek doang). itu defenisi saya buat 3 kategori lumpur buat orang awam alias bukan buat penghobi atau kejuaraan offroad).
billyd1773dz wrote:
yup memang jauh lebih baik klw ada mode partime lebih asik lagi ada partime low kya AWDnya WJ.... jd axlenya selalu engage 4x4 tdk selip dulu.... klw awd yg otomatis jd kya tebak2an hahaha.... kta gtw kapan dia engage.....
sistem AWD itu lah sebenarnya yang bikin saya ragu karena memang ga jelas kapan dia jadi AWD atau gimana pembagiannya. kecuali seperti yang om bilang, ada buat nguncinya kaya di mitsubishi outlander, ada nguncinya (lupa saya ada low gearnya juga apa ga).
billyd1773dz wrote:masalahnya terbesarnya ctv bukan di sistem AWDnya sj, tp di suspensi FISSnya yg minim travel dan tidak sekuat rigid, dan kemampuan kontrol traksinya jg blm tw sejauh mana fungsinya nih..... klw seandainya kontrol traksinya baik, fungsinya akan lebih efektif dri LSD biasa... setelah itu tentu masalah durabilitas d post atas td...
iya saya setuju om. kalo yang saya bahas tadi lebih ke masalah sistem penggeraknya aja terlepas dari suspensi dan jenis ban nya.
billyd1773dz wrote:OOT aja nih... klw control traksinya kelas dewa sih kya subaru forester awd atw landrover selama g mallfunction masih berani di adu dgn 4x4 partime konvensional + LSD biasa hehehe..... tp murni adu sistem 4x4nya dalam close course/ruang pke roller murni adu traksi, dulu pernah d share videonya d SM...
asal bukan durability challenge atw d test d tempat oprut beneran aja karna banyak hal lain selain sistem 4x4....

iya om, itu punya forester emang ngeri. keliatan bgt kan, yang lain AWD nya cuman abal2 termasuk merek dewa di sini. hehehe
kalo AWD ya mestinya gitu, ada slip langsung si komputer ngasih perintah gimana pembagian torsi buat roda2nya, bukan malah jadi bikin mobil slip.
kaya forester itulah yang saya bayangkan kalo mobil ada AWD dan kontrol traksi. jadi si computer bener2 pintar. pas ga ada traksi di satu roda, itu roda kaya dikunci (direm) buat ngalirin torsi ke roda2 lainnya (kalo yang kaya gini saya liat iklannya mitsubishi pajero 1,2 M pas lagi nanjak bukin berbatu, keliatan bgt 'maen' itu kontrol traksinya).
jadi intinya, saya cuman meragukan sistem AWD captiva beserta kontrol traksinya buat jalan offroad karena ga semua sistem AWD+kontrol traksi kaya punya forester. di video itu bisa kita liat, merk mana aja yang bagus sistem kontrol traksi beserta AWD nya. sedikit bgt!
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.